Bacaterus / Lifestyle / Romansa / Tips Pejuang LDR: 10 Cara Pacaran Jarak Jauh agar Tidak Bosan

Tips Pejuang LDR: 10 Cara Pacaran Jarak Jauh agar Tidak Bosan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

LDR, long distance relationship, hubungan jarak jauh, adalah sebuah hubungan romantis yang dijalani dua orang yang tinggal berjauhan dan tidak bisa sering bertemu. Jika ditanya, setiap pasangan pasti lebih memilih untuk menghindarinya. Dan memang, LDR biasanya menjadi pilihan yang terpaksa dijalani karena suatu hal yang tak bisa diganggu gugat, seperti kewarganegaraan, pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Namanya juga pacaran, pasti ingin selalu bersama, bukan? Atau setidaknya tidak perlu menyebrangi lautan dan membelah angkasa dulu untuk dapat bertemu. Para pejuang LDR bisa dibilang jauh lebih kuat daripada pasangan yang tidak menjalaninya, karena mereka harus bisa menjaga rindu, menjaga komunikasi, dan yang paling penting adalah menjaga hati agar tetap setia terhadap pasangan masing-masing.

LDR bukanlah akhir dunia. Banyak, kok, pasangan LDR yang berhasil melalui semuanya dan berakhir bahagia. Akan tetapi, sama seperti semua pasangan lainnya di dunia ini, pasangan LDR juga pasti melalui yang namanya bosan. Yang membuat kasus ini spesial adalah, jika pasangan biasa merasa bosan, mereka bisa berhenti bertemu secara intens dan memberi me time untuk masing-masing.

Lalu, bagaimana dengan pejuang LDR yang kesehariannya tidak bisa bertemu? Sudah sedang bosan, tidak bertemu, dan malas berkomunikasi pula. Tentunya hubungan LDR jauh lebih rentan, bukan? Tapi, tenang saja karena Bacaterus akan memberi tahu Anda 10 cara pacaran jarak jauh agar tidak bosan dan bagaimana cara mengatasi rasa bosan tersebut.

10 Cara Pacaran Jarak Jauh agar Tidak Bosan

1. Keep in Touch

Keep in Touch cara pacaran jarak jauh agar tidak bosan

* sumber: idealistcareers.org

Cara pacaran jarak jauh agar tidak bosan yang pertama, Anda dan pasangan harus menjaga kelancaran komunikasi. Para pejuang LDR masa kini jauh lebih mudah sebenarnya daripada zaman dulu.

Zaman dulu, jika pasangan LDR saling rindu, mereka hanya bisa mengandalkan surat yang mungkin sampainya berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Kalau mau telepon juga harus menunggu teleponnya dihubungkan oleh server yang sistemnya ribet.

Kalau sekarang ada ponsel, laptop, dan internet yang dapat memudahkan Anda terkoneksi dengan si dia yang nan jauh di sana. Aplikasi yang biasa digunakan adalah aplikasi chatting seperti WhatsApp, LINE, KakaoTalk, Facebook Messenger, iMessage, dan yang kekinian seperti Snapchat serta Instagram. Dengan aplikasi-aplikasi ini Anda bisa langsung menghubungi pacar ketika terhubung ke internet.

Jangan hanya mengandalkan via chat saja, kalau bisa jadwalkan video call rutinan. Soalnya Anda dan pasangan tetap membutuhkan asupan wajah pujaan hati, bukan cuma pesan teks saja. Ada berbagai macam cara untuk video call, Anda bisa memanfaatkan aplikasi chatting yang telah didukung telepon video, Anda bisa juga menggunakan FaceTime, Facebook, Skype, dan YM.

Walaupun begitu, jangan sampai Anda malah mengganggu pasangan dengan komunikasi yang terlalu intens. Misalnya, seperti men-chat pasangan setiap 10 menit, telepon setiap jam, video call di saat pasangan sedang sibuk, dsb.

Jangan sampai pasangan merasa jenuh dengan pesan-pesan Anda. Karena, tujuan saling menjaga komunikasi dengan baik adalah untuk memberi tahu kabar agar tidak membuat kedua pihak khawatir, bukannya meneror.

2. Jangan Menyinggung Jarak

Jangan Menyinggung Jarak

Poin ke-2 dalam cara pacaran jarak jauh agar tidak bosan adalah, jangan pernah menyinggung tentang jarak. Kita semua tahu yang namanya LDR itu pasti berurusan dengan jarak. Tapi, dengan Anda mengeluh dan menyinggung tentang jarak, apakah jarak tersebut akan memendek? Tidak, kan?

Justru, jika Anda sering merengek kangen, benci jarak yang memisahkan, kapan bertemu, dan menuntut pasangan cepat pulang, yang ada pasangan Anda malah jadi kesal. Pasangan Anda juga pasti kesal dengan jarak, apalagi ditambah dengan Anda yang marah-marah karena tidak bisa bertemu, pasti pasangan Anda BT banget, deh.

Daripada membicarakan hal yang membuat Anda dan pasangan sedih—yaitu jarak—lebih baik Anda menceritakan kejadian seru yang Anda alami hari ini, menanyakan bagaimana harinya di sana, dan hal lain yang lebih menyenangkan lainnya.

3. Saling Terbuka

Saling Terbuka

* sumber: pplware.sapo.pt

Saling terbuka, jangan biarkan diri Anda berbohong padanya barang sedikit saja walaupun dia tidak melihat Anda. Supaya LDR berhasil, kedua belah pihak harus saling terbuka, saling jujur, dan kalau mau apa-apa bilang dulu. Dengan begini, pasangan akan merasa dihargai sebagai pacar walaupun jarak Anda berjauhan.

4. Jangan Dengar Omongan Orang

Jangan Dengar Omongan Orang

* sumber: www.istockphoto.com

Tidak sedikit orang yang menyangsikan hubungan jarak jauh, apalagi kalau baru pacaran saja (belum ada ikatan pernikahan atau pertunangan). Orang-orang akan mengusik Anda dengan perkataan “Memangnya kamu percaya dia di sana nggak selingkuh?” dan semacamnya.

Bahkan tak hanya orang luar saja, orang terdekat Anda seperti teman dan keluarga pun mungkin saja tidak mendukung hubungan Anda seutuhnya karena masalah jarak.

Cara pacaran jarak jauh agar tidak bosan adalah dengan tidak menghiraukan omongan negatif dari orang sekitar. Ketika pemikiran negatif memasuki relung Anda, perasaan Anda akan selalu bad mood dan hal ini mau tidak mau akan mempengaruhi mood pasangan Anda juga.

5. Beri Kejutan Kecil

cara pacaran jarak jauh agar tidak bosan Beri Kejutan Kecil

* sumber: fishingstudio.com

Pernah dengar ada yang bilang pasangan LDR jauh lebih romantis daripada pasangan lainnya? Sepertinya memang benar, sih. Soalnya, Anda dan dia bisa main surat-suratan seperti zaman dulu. Anda juga bisa tiba-tiba mengirimkan sesuatu yang dijamin bakal membuat senyum lebar menempel di wajah pasangan Anda.

Supaya pacaran tidak membosankan, sekali-kali beri si dia kejutan yang out of the box. Misalnya, Anda bisa mengirimkan selusin surat secara sekaligus. Setiap suratnya berisi kalimat atau quote yang barangkali bakal pasangan Anda butuhkan. Misalnya amplop satu bertuliskan “Buka kalau kamu sedang sedih”, lalu amplop lainnya bertuliskan “Buka kalau lagi kangen aku.”

Beri tahu pacar Anda untuk membuka surat Anda benar-benar sesuai dengan mood-nya saat itu, supaya jadi lebih terkesan. Selain surat, Anda bisa mengirimkan barang, seperti boneka, sepatu, makanan khas, buku, CD lagu, apa pun itu yang sekiranya disukai pacar Anda. Hadiahnya tak perlu mahal, yang penting kan maknanya.

Jadikan pula hal ini sebagai tradisi gantian kado supaya dia dan Anda sama-sama senang. Kalau misalnya Anda dan pasangan tidak bisa terlalu sering bertukar kado juga tidak apa-apa, jangan dipaksakan. Anda bisa menggantinya dengan yang lebih murah meriah seperti mengirimkan tanda hati ke e-mailnya saat dia akan berangkat kerja, mengirimkan selfie Anda ke Snapchat-nya, dan lain sebagainya.

6. Buat Jadwal Bertemu

Buat Jadwal Bertemu 

* sumber: bummyldrcouple.online

Cara pacaran jarak jauh agar tidak bosan yang selanjutnya adalah dengan menjadwalkan pertemuan rutin, jika memungkinkan. LDR bukan berarti tidak bertemu selamanya, bukan? Makanya, jika Anda punya waktu, ada budget-nya, diizinkan orang tua, dan semuanya memungkinkan, kenapa tidak?

Jadwalnya tidak perlu terlalu sering, lihat saja kondisi keuangan dan waktu yang Anda dan pasangan miliki. Pastikan schedule pasangan Anda sedang kosong, jadi ketika Anda ke sana, kalian bisa meluangkan waktu berdua dengan maksimal.

Makanya, jangan sekali-kali Anda datang dengan mendadak (walaupun surprise terkesan romantis), tapi sangat tidak efektif. Kecuali, jika Anda sudah joinan dengan temannya pacar Anda untuk menanyakan jadwal sang pacar. Kalau bisa sebelum bertemu buat daftar hal-hal yang ingin dilakukan berdua di sana. Misalnya mengunjungi restoran yang terkenal, ke taman bermain, dan sebagainya.

Relationship is about give and take. Dalam LDR, menunggu adalah hal yang biasa namun menjengkelkan. Satu hari terasa seperti satu minggu, dan seterusnya. Maka dari itu, Anda dan pasangan sebaiknya memiliki jadwal mengunjungi yang adil. Misalnya, kali ini Anda yang mengunjungi dia, tapi di pertemuan berikutnya dialah yang mengunjungi Anda.

7. Melakukan Kegiatan secara Normal

Melakukan Kegiatan secara Normal

* sumber: www.atl.org.uk

Di luar pacaran, tentu Anda dan pasangan memiliki kehidupan masing-masing yang perlu dijalani. Lakukanlah kegiatan Anda seperti biasa. Sekolah, kuliah, kerja, main, nonton tv, main game, ngobrol sama teman, pokoknya lakukan aktivitas harian Anda seperti biasa tanpa beban.

Jangan pernah berpikir kalau Anda merasa kesepian, merasa sendiri, dan merasa jomblo karena pacar ada di belahan dunia yang berbeda. Kalau pemikiran seperti ini sudah merasuki otak Anda, dijamin Anda bakal uring-uringan terus setiap hari.

Untuk menghilangkan perasaan negatif seperti itu, lakukanlah kegiatan yang menyenangkan. Misalnya kemping sama teman-teman, pergi karaoke rame-rame, atau aktif dalam kegiatan sosial di lingkungan kampus juga seru.

8. Berpikir Positif

Berpikir Positif

Harus banget dimiliki oleh setiap pasangan, mau yang pacarannya jarak dekat atau pun jarak jauh, yaitu positive thinking. Sebelum setuju melakukan hubungan jarak jauh, Anda tentunya harus memiliki patokan apakah pasangan Anda orang yang dapat diajak berkomitmen jarak jauh atau tidak, apakah dia dapat dipercaya atau tidak.

Jika sejak awal sudah ada mindset seperti itu, maka perjalanan ke depan tentunya tidak akan jadi terlalu sulit. Anda dan pasangan harus menghilangkan sifat-sifat buruk seperti posesif—sedikit-sedikit melarang, egois—tidak mau menelepon duluan/gantian mengunjungi, curigaan—menuduh pasangan selingkuh, cemburuan, dsb. Dengan berpikir positif, hati Anda dan pasangan akan lebih tenang dan hubungan kalian pun dapat berjalan lancar.

9. Saling Jujur & Percaya

Saling Jujur & Percaya

* sumber: www.etsy.com

Masih berhubungan dengan cara pacaran jarak jauh agar tidak bosan di atas, yaitu sifat saling jujur, perasaan saling percaya satu sama lain, bahwa Anda dan dia dapat menjaga komitmen bersama. Saling jujur dalam semua hal, baik itu hal yang pahit sekalipun, karena white lie sekalipun tidak akan berujung baik.

10. Set Goal

Keseriusan itu Penting

Cara pacaran jarak jauh agar tidak bosan yang ke-10 adalah dengan memiliki goal yang mau dituju. Untuk apa pacaran jika tidak memiliki tujuan yang pasti. Sebelum hubungan Anda semakin dalam, lebih baik bicarakan goal dari hubungan kalian akan seperti apa.

Yang namanya hubungan pasti membutuhkan kepastian, apalagi yang dijalani dengan jarak yang jauh. Buatlah komitmen yang pasti. Dengan akhir tujuan yang jelas, Anda dan pasangan pun akan lebih siap dan kuat dalam menjalani LDR ini.

Sering membahas masa depan juga penting dalam hubungan. Dengan begitu, Anda berdua jadi diingatkan akan goal yang mau kalian tuju. Dan, bukankah hati Anda jadi berbunga-bunga kalau membayangkan hari-hari bahagia bersama pasangan?

Ya, itu lah sepuluh tips dan cara pacaran jarak jauh agar tidak bosan versi Bacaterus. Jangan memancing hal-hal yang membuat pertengkaran, jangan sengaja membuat pasangan cemburu karena ingin mengetesnya, dan jangan rusak kepercayaan yang susah payah dibangun. Semoga Anda dan pasangan bisa bertahan dalam hubungan jarak jauh ini, ya.

Untuk kamu yang ingin hubungan jarak jauh tetap awet dan langgeng, disarankan untuk baca juga artikel 10 cara menjaga hubungan jarak jauh yang paling ampuh untuk hubungan yang lebih romantis.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment