Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Januari 2019

Ulang tahun merupakan peristiwa berulangnya tanggal dan bulan dilahirkannya seseorang, menandai hari dimulainya kehidupan di luar rahim sang Ibu. Orang-orang biasanya merayakan ulang tahunnya dengan berbagai macam perayaan.

Beberapa kebudayaan biasanya merayakan hari ulang tahunya bersama orang-orang terkasihnya, baik itu keluarga, sahabat, teman, atau orang terkasih. Saat perayaan ulang tahun seseorang, biasanya orang lain memberikan kejutan-kejutan istimewa berupa bingkisan atau kado.

Selain kado atau bingkisan yang diberikan, biasanya orang-orang menyematkan harapan serta doa-doa untuk orang yang sedang ulang tahun tersebut. Bahkan tak banyak dari mereka memberikan kejutan berupa keusilan-keusilan sebelum memberinya kejutan yang sebenarnya, misalkan kue ulang tahun, kado, serta ucapan dan doa-doa.

Apa saja, sih, bentuk dari keusilan yang biasanya diberikan orang-orang kepada seseorang yang sedang ulang tahun? Dan cara apa saja yang dianggap ampuh untuk memberi kejutan tersebut? Di bawah ini kami berikan beberapa ide untuk kalian yang akan memberikan kejutan untuk seseorang di hari ulang tahunnya dan siap membuat seseorang itu terkesan.

10 Cara Ngerjain Orang Ulang Tahun

1. Jutekin

Jutekin

* sumber: www.google.com

Ide pertama membuat kejutan untuk seseorang yang sedang ulang tahun adalah menjahili dengan cara jutekin dia. Hal ini sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang yang sering melakukannya. Dengan catatan, jika biasanya kamu jutekin dia sebelum hari ulang tahunnya, maka kali ini cobalah jutekin dia setelah hari ulang tahunnya.

Kalau kamu jahilin dia sebelum hari ulang tahunnya, bisa jadi dia sudah curiga atau bahkan sudah diprediksi sebelumnya bahwa itu hanya sekedar kejahilan kamu atau kegeeran duluan. Jadi, disarankan bagi kamu yang mau bikin kejutan buat seseorang, lakukanlah setelah ulang tahunnya saja, ya!

Untuk jutekin seseorang, tidak mungkin jika tidak ada sebabnya, maka dari itu kamu harus membuat skenario terlebih dahulu untuk mencari masalah yang akhirnya membuat kalian tidak saling berkomunikasi baik lagi satu sama lain (tapi ini hanya sekedar candaan ya, jangan sampai malah masalah ini jadi benar-benar serius terjadi di luar skenario).

Setelah kalian tidak saling berkomunikasi dengan baik satu sama lain selama beberapa saat, barulah kamu mempersiapkan kejutan-kejutan sebenarnya kepada orang tersebut dengan penuh keceriaan. Jangan lupa, berilah kejelasan bahwa kejahilan yang kamu lakukan hanyalah skenario semata.

2. Buat Dia Kaget

* sumber: www.feedme.id

Ide selanjutnya adalah buat dia yang sedang ulang tahun merasa kaget dan shock. Membuat seseorang kaget bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya simpan sesuatu milik orang lain ke dalam tasnya, lalu semua orang berpura-pura mencari barang yang dianggap hilang tersebut.

Setelah barang ditemukan di dalam tas milik dia yang sedang ulang tahun, pura-puralah salahkan dia dan berikan tindakan yang tegas untuknya. Agar menambah suasana yang lebih tegang lagi, laporkan kejadian ini kepada pihak ketiga sebagai penengah, misalnya seorang guru di sebuah sekolah (namun perlu diingat bahwa ini hanyalah candaan semata dan telah dibuat skenarionya sebaik mungkin agar tidak terjadi kesalahpahaman).

Setelah adanya pihak ketiga, suasana akan semakin tegang, di situlah waktu yang tepat untuk memberikan kejutan yang sesungguhnya kepada orang yang sedang ulang tahun tersebut.

3. Buat Dia Lelah

Buat Dia Lelah

* sumber: www.indosister.com

Ide ketiga adalah buat si dia merasa capek atau kelelahan. Caranya mudah sekali, pastikan kamu dan dia berbeda tempat, lalu teleponlah dia dengan nada yang tergesa-gesa atau resah. Buatlah skenario yang sangat baik, misalnya katakan kepada dia bahwa kamu terkena tilang di jalan A dan membutuhkan bantuannya segera.

Mohonlah pada dia untuk segera datang ke tempat yang kamu bilang tadi. Setelah dia datang, maka berilah kejutan yang sebenarnya kepada si dia yang sedang berulang tahun.

4. Siram dengan Air

Siram dengan Air

* sumber: www.vemale.com

Next, ide selanjutnya adalah siram dengan air. Hal ini sudah tidak asing lagi bagi banyak orang, tapi coba buatlah sesuatu yang berkesan dan anti mainstream. Pertama-tama, tangkaplah dia yang sedang ulang tahun, lalu ikat di sebuah tiang yang dianggap aman (jangan ikat di tiang yang beralirkan tegangan listrik atau sesuatu yang membahayakan lainnya).

Setelah diikat, langsung siramkan air ke tubuhnya. Selain air, banyak benda-benda lain lagi yang bisa ditumpahkan di atas tubuhnya, misalnya tepung terigu, telur (disarankan untuk diretakkan terlebih dahulu agar tidak terlalu keras), lumpur, dan masih banyak lagi.

5. Beri Sesuatu yang Ia Takuti

Beri Sesuatu yang Ia Takuti

* sumber: www.idntimes.com

Selanjutnya adalah ide yang sangat menarik, yaitu berilah dia sesuatu yang ia takuti. Misalkan dia takut terhadap kecoa, maka berilah kecoak baik secara langsung, ataupun dibungkus dengan sesuatu terlebih dahulu agar tidak merasa curiga.

6. Beri Kado Berukuran Besar

Beri Kado Berukuran Besar

* sumber: ngomongbae.com

Selanjutnya adalah berilah ia kado dengan ukuran besar. Kado yang berukuran besar biasanya lebih membuat seseorang penasaran akan sesuatu yang ada di dalamnya, maka dari itu berilah ia sesuatu dengan ukuran bungkus yang sangat besar, misalnya kardus bekas televisi atau mie instan.

Namun, isi dari sesuatu yang besar itu harus berlainan dengan harapan. Jadi, kamu bisa isi kardus tersebut dengan sesuatu yang sama sekali tidak berarti, misalkan gulungan-gulungan kertas, atau hanya sebuah kertas dengan tulisan sederhana.

Dengan hal itu, dia yang sedang ulang tahun akan merasa terjebak akan bungkusnya yang besar sehingga mengharapkan sesuatu yang besar pula. Saat dia merasa bingung, itulah saat yang tepat untuk kamu memberinya kejutan yang sebenarnya.

7. Sembunyikan Sesuatu Miliknya

* sumber: madchen-reisen.blogspot.com

Ide ketujuh adalah sembunyikan suatu barang miliknya. Diusahakan barang yang disembunyikan adalah barang berharga atau barang yang sering digunakan, misalkan uang atau dompet. Namun, saat ia kebingungan mencarinya, kamu pun harus berpura-pura ikut mencarinya agar tidak menimbulkan kecurigaan.

Ketika ia sudah merasa bingung dan pasrah akan barangnya yang hilang, di situlah kamu harus memberikan kejutan yang sebenarnya kepada dia dengan klarifikasi akan skenario yang telah kamu buat sebelumnya.

8. Beri Makanan atau Minuman Aneh

* sumber: pelangidipagihari.blogspot.com

Ide kedelapan yaitu beri dia makanan atau minuman aneh yang tidak semestinya. Misalkan, ketika ia merasa haus, berpura-puralah kamu akan mentraktirnya dengan minuman. Namun, pastikan minuman tersebut berkebalikan dengan rasa semestinya.

Taburkan garam atau sesuatu yang lainnya ke dalam minuman tersebut agar dia merasa ada yang tidak beres dengan minumannya. Tapi ingat, sesuatu yang ditaburkan ke dalam minuman tidak boleh membahayakan bagi kesehatan. Setelah berhasil menjahilinya, lalu berikanlah kejutan sebenarnya untuknya yang sedang ulang tahun.

9. Beri Ucapan dengan Foto Konyolnya

* sumber: www.mimimememe.com

Selanjutnya adalah beri ucapan kepadanya lewat social media dengan fotonya yang konyol dan caption semenarik mungkin. Beritahulah yang lainnya agar mereka juga ikut mengunggah foto konyol dia yang tengah berulang tahun itu.

10. Biarkan Dia Sendirian dalam Satu Ruangan

* sumber: rianahapsari.blogspot.com

Ide terakhir untuk ngerjain orang yang sedang ulang tahun adalah membiarkannya berada di dalam sebuah ruangan seorang diri. Namun, tempat yang menjadi latarnya telah di-setting terlebih dahulu.

Misalkan saat ia sendirian, sebuah audio seram tiba-tiba terdengar olehnya yang menyebabkan ia tak betah di ruangan tersebut. Lalu, tiba-tiba pintu menutup sendiri sementara lampu berkedap-kedip. Setelah ia merasa resah dan memilih untuk keluar, di situlah kamu segera memberinya kejutan yang sebenarnya di balik pintu yang tertutup tadi.

Itu dia 10 ide-ide konyol yang bisa kamu lakukan untuk ngerjain seseorang yang sedang ulang tahun. Menurutmu, mana ide yang paling menarik dan tertantang untuk mencobanya? Semoga ide yang kamu pilih bisa berjalan sukses sesuai dengan skenario, ya! Dan jangan lupa perhatikan keselamatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Semoga informasi di atas dapat berguna untuk kamu yang ingin ngerjain seseorang yang sedang berulang tahun. Untuk segala saran dan masukan, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Temukan ide-ide yang lainnya pada artikel 10 Ide Surprise Ulang Tahun yang Unik ini.