Bacaterus / Menambah Berat Badan / 10 Cara Agar Nafsu Makan Bertambah dengan Mudah dan Cepat

10 Cara Agar Nafsu Makan Bertambah dengan Mudah dan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan asupan makanan untuk keberlangsungam hidupnya. Khususnya pada manusia, ada sebagian orang yang memang mudah merasa lapar dan bisa menyantap berbagai macam jenis makanan, tetapi ada juga yang susah untuk makan. Ini tidak hanya dialami oleh anak-anak. Orang dewasa pun bisa mengalaminya.

Kelelahan fisik, faktor usia, penyakit yang diderita, kondisi fisik, dan kondisi mood dapat menjadi salah satu faktor penyebab kurangnya nafsu makan. Hal ini sebaiknya diatasi supaya kesehatan tubuh tetap terjaga. Lalu bagaimana cara agar nafsu makan bertambah? Berikut diantaranya:

10 Cara Agar Nafsu Makan Bertambah

1. Suguhkan makanan favorite

Setiap orang pasti memiliki menu makanan favorite. Suguhkanlah makanan favorite itu pada salah satu jam makan atau mungkin pada seluruh waktu makan. Porsinya secukupnya ya. Jangan sampai kekenyangan dan malah akan malas beraktifitas setelahnya. Biasanya seseorang yang sedang kurang nafsu makan, akan lebih berselera makan bila melihat menu makanan favorite -nya tersedia di meja makan.

Meskipun makanan favorit tetap pilih menu makanan yang sehat ya, supaya kesehatan tubuh tetap terjaga dan tidak menimbulkan penyakit seperti kolesterol, diabetes dan penyakit lainnya. Hindari juga makanan yang dimasak dengan cara digoreng dan dibakar.

Imbangi pula dengan konsumsi buah penambah nafsu makan, seperti melon, semangka, apel, pir, atau buah-buahan lain sesuai selera. Anda bisa membuat jus yang bisa menambah nafsu makan dengan mengolah buah-buahan favorit Anda. Minuman yang enak akan merangsang nafsu makan Anda, lho.

2. Konsumsi multivitamin

konsumsi multivitamin

* sumber: www.amazon.com

Vitamin B, zinc, dan tembaga adalah asupan utama dalam menambah nafsu makan. Tetapi sebelum mengkonsumsi multivitamin penambah nafsu makan, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gizi. Hal ini untuk mengetahui multivitamin merek apa yang sebaiknya dikonsumsi. Banyak merek yang tersedia dipasaran. Serta kelengkapan vitamin didalamnya pun beragam.

Sebaiknya Anda memilih yang sudah terdaftar di BPOM atau Badan Pemeriksaannya Obat dan Makanan ya, supaya kualitas dan keamanan produk multivitamin tersebut sudah terjamin. Minumlah multivitamin tersebut sesuai dosis yang disarankan.

3. Makan bersama orang-orang terdekat

makan bersama terdekat

* sumber: www.thestar.com

Makan sendirian terkadang membuat kita menjadi merasa kesepian, sehingga membuat kita kurang menikmati makanan yang kita santap. Ubahlah kebiasaan ini dengan makan bersama keluarga, atau teman-teman dekat Anda, sehingga acara makan pun menjadi lebih semarak.

Mungkin dengan sedikit perbincangan akan membuat Anda lebih bersemangat dalam menyantap makanan. Tetapi usahakan untuk tidak sambil bercanda ya. Alih-alih makan enak, Anda malah tersedak.

Makan bersama orang-orang terdekat tidak harus di restoran mewah. Anda bisa melakukannya dirumah. Penataan meja makan yang rapih dan menarik bisa membuat acara makan Anda lebih menyenangkan.

4. Makan lebih sering dalam porsi kecil

makan sering

* sumber: brainstrom.org

Biasanya kebanyakan orang akan makan nasi sehari 3 kali. Diantara jam-jam makan tersebut juga biasanya akan diselingi dengan ngemil. Kegiatan ngemil ini kurang baik jika yang dikonsumsi adalah cemilan yang kurang menyehatkan seperti makanan mengandung gula, keripik, dan juga minuman bersoda. Untuk itu Anda bisa mengganti 3 jam makan ini dengan 6-7 kali jam makan dalam sehari. Tentunya dalam porsi kecil ya.

Pilihlah makanan yang mengandung kalori tinggi, dan padat nutrisi seperti selai kacang, yoghurt, kacang-kacangan, smoothie buah, buah kering, mashed potato, pasta, alpukat, susu, ubi, singkong, dan keju. Jenis makanan dan minuman tersebut jika dikonsumsi secukupnya,tidak akan menimbulkan rasa begah pada perut dan juga tidak membuat kita mengantuk setiap setelah makan besar.

5. Menyajikan makanan dengan lebih menarik

sajikan makanan menarik

* sumber: id.pinterest.com

Penyajian makanan menjadi salah satu faktor pendukung untuk membangkitkan selera makan. Jika mata sudah disuguhi penyajian makanan yang indah, maka biasanya kita akan lebih berselera untuk menyantap makanan yang sudah disajikan.

Tidak hanya dari hiasan di meja makan dan suasana ruangan tempat kita makan, tetapi juga pada komposisi warna yang ditata pada piring saji dan aroma pada makanan juga harus diperhatikan.

Anda juga bisa membuat bentuk yang menarik dari bahan-bahan makanan, misalnya bentuk gurita dari potongan sosis, bunga dari potongan wortel, dan lainnya.

Anda juga bisa membentuk nasi menyerupai karakter atau tokoh tertentu, seperti pada konsep membuat bento, menyajikan saus di wadah yang unik, atau mungkin menggunakan piring yang unik sehingga membuat Anda berselera dan tergugah untuk menyantap makanan tersebut dengan nikmat.

6. Minum air diantara waktu makan

minum air

* sumber: healthyfoodforever.com

Pada saat makan, sebaiknya Anda tidak terlalu sering minum karena akan membuat Anda kenyang lebih cepat. Boleh sesekali minum, akan tetapi lebih baik jika Anda minum air setelah Anda selesai makan. Terlebih, Anda sebaiknya lebih sering minum air putih diantara waktu makan. Hindarilah minum minuman bersoda karena hal tersebut kurang baik untuk kesehatan.

Anda juga bisa membuat jus buah dan sayur tanpa gula atau minuman smoothie buah dan sayur. Buatlah variasi buah dan sayur yang Anda sukai. Tambahkan yoghurt plain supaya rasanya lebih menarik.

7. Berolahraga

berolahraga

* sumber: www.qx104fm.com

Melakukan aktifitas fisik seperti berjalan kaki selama 30 menit atau latihan kardiovaskular setiap seminggu dua kali, akan membangkitkan selera makan Anda. Karena aktifitas fisik dapat menimbulkan senyawa kimia dalam otak yang dapat meningkatkan mood Anda dan merangsang nafsu makan Anda. Bahkan keinginan Amda untuk makan, akan lebih banyak dari biasanya.

Jangan takut akan menjadi gemuk, karena Anda tetap harus mengatur seberapa banyak porsi makanan yang Anda konsumsi dalam sekali makan, jenis makanan yang Anda pilih, dan jumlah kalori didalam makanan tersebut.

8. Menghirup aroma jahe atau kayu manis

menghirup aroma

* sumber: www.chfi.com

Saat Anda kehilangan nafsu makan, cobalah untuk menghirup aroma jahe atau kayu manis. Jahe dan kayu manis dapat mencegah kondisi mual dan muntah, yang diketahui menjadi salah satu penyebab kurangnya nafsu makan. Selain menghirup aroma jahe atau kayu manis, kedua bahan ini juga dapat Anda campurkan kedalam minuman hangat seperti teh atau susu. Dengan kata lain, minuman yang dicampur dengan jahe atau kayu manis akan menjadi minuman penambah nafsu makan yang alami.

Anda cukup memasukan seiris jahe atau sepotong kecil kayu manis ke dalam minuman hangat yang Anda sukai. Boleh dimasukan setiap kali Anda membuat minuman tersebut, atau cukup sehari sekali dalam salah satu waktu minum minuman hangat tersebut. Anda juga boleh menambahkan gula secukupnya.

9. Redakan penyebab bad mood dan stress

redakan penyebab stress

* sumber: corporatemonks.com

Tahukah Anda bahwa perasaan ternyata merupakan salah satu penyebab turunnya nafsu makan? Pada saat Anda sedang mengalami bad mood dan stress, biasanya dapat membuat nafsu makan Anda berkurang. Sebaiknya Anda mencari tahu penyebab Anda menjadi bad mood atau stress.

Lalu cobalah tangani penyebab bad mood dan stress tersebut, sehingga Anda bisa kembali memiliki mood yang baik dan dapat menjalani hari-hari Anda dengan nyaman. Cara tersebut juga akan membuat Anda kembali memiliki nafsu makan yang normal.

10. Memeriksakan diri ke dokter

periksa ke dokter

* sumber: www.newscientist.com

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan meneliti penyebab Anda kehilangan nafsu makan. Sebutkan pula gejala-gejala yang Anda rasakan ketika merasa lapar tapi tidak selera makan agar dokter bisa mencermati penyebab Anda kehilangan nafsu makan.

Biasanya dokter akan meresepkan vitamin atau obat nafsu makan di apotik yang mengandung zinc yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Jadi dari pada Anda mengonsumsi jamu nafsu makan yang belum tentu kejelasannya, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter.

Itulah 10 cara agar nafsu makan bertambah yang bisa Anda lakukan. Cari tahu penyebab utama Anda kehilangan nafsu makan, atasi penyebab tersebut, maka Anda bisa mendapatkan keinginan untuk makan seperti orang-orang pada umumnya.

Ingin memiliki tubuh yang lebih berisi? Jangan lupa untuk mengecek artikel cara membuat badan berisi. Jika Anda memiliki pengalaman berbeda, atau memiliki tipe lainnya. Silahkan berbagi pada kolom yang tersedia. Selamat hidup sehat ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *