Bacaterus / Yogurt / Cara Minum Yogurt yang Benar dan Menyehatkan Tubuh

Cara Minum Yogurt yang Benar dan Menyehatkan Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yogurt merupakan superfood yang dapat membantu program diet menurunkan berat badan. Berbagai merk yogurt untuk diet sudah banyak dijual di Indonesia. Namun, bagaimana sebenarnya cara minum yogurt yang benar? Pasalnya, ada banyak cara untuk menikmati yogurt. Bahkan, salah satu produk dairy food ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.

Jika ingin serius menjalankan diet, mulailah mengonsumsi yogurt setiap hari. Bacaterus akan berbagi beberapa cara minum yogurt yang enak dan tidak mengganggu program diet yang Anda jalankan. Yuk, langsung saja cari baca panduan selengkapnya berikut ini.

Cara Minum Yogurt yang Benar

1. Sarapan pagi

Sarapan pagi Cara Minum Yogurt

Ingin mencoba sarapan dengan yogurt? Boleh-boleh saja sih. Akan tetapi, pastikan Anda tidak memiliki riwayat penyakit maag. Pasalnya, yogurt adalah makanan yang melalui proses fermentasi dan memiliki rasa yang asam. Jika Anda memiliki penyakit maag, maka perut akan terasa melilit dan begah jika Anda sarapan pagi dengan menyantap yogurt.

Namun, bila Anda tidak memiliki riwayat penyakit maag dan sehat secara jasmani, cobalah cara minum yogurt sebagai sarapan di pagi hari. Untuk menambah energi, tambahkan potongan buah segar dan madu pada yogurt Anda. Pasti rasanya sangat yummy!

2. Makan siang

Makan siang

Lunch time! Sudah bawa bekal untuk makan siang? Biar bagaimana pun perut Anda harus tetap terisi dengan makanan pokok. Misalnya, menu makan siang Anda hari ini adalah nasi merah, sayuran, dan ikan. Tentu saja Anda harus menghabiskan menu makan siang ini agar tubuh memiliki stamina untuk melanjutkan aktivitas.

Untuk minumnya, konsumsi yogurt cair agar lebih segar. Ketimbang minum sirup atau soda, lebih baik Anda minum yogurt saat makan siang. Pilih minuman yogurt yang rendah kalori agar tidak mempengaruhi program diet yang sedang dilakukan.

3. Makan malam

Makan malam

Usai makan malam, rasanya tidak lengkap jika tidak menyantap makanan penutup. Berpikir untuk makan es krim atau cake? Hmm.. Sebaiknya Anda menjauhi makanan sweet-tooth seperti itu saat sedang diet. Ganti makanan penutup tinggi kalori dengan yogurt rendah kalori.

Saat ini, sudah banyak es krim yogurt yang dijual di mall-mall. Es krim yogurt ini bisa menjadi makanan penutup yang segar dan manis. Apalagi jika es krim yogurt dikombinasikan dengan buah-buahan segar. Rasanya pasti bikin nagih banget deh!

4. Cemilan

Cemilan

Kebiasaan ngemil memang sulit dihilangkan. Bahkan, saat diet pun Anda pasti kesulitan menjauhi kebiasaan ini. Namun, sekarang Anda bisa tetap ngemil dengan menyantap cemilan sehat, lho. Ya, ganti cemilan Anda sehari-hari dengan yogurt. Makanan yang satu ini hadir dalam bentuk krim maupun cair. Anda tinggal memilih tekstur yogurt sesuai selera.

Makanlah yogurt secara langsung atau dibuat smoothie bowl. Sekedar informasi, smoothie bowl merupakan jus campuran beberapa buah-buahan. Kemudian, di atas smoothie akan diberi potongan buah segar yang sesuai selera. Cara minum yogurt sebagai cemilan ini banyak diminati oleh pelaku diet. Pasalnya, yogurt bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

5. Bahan dasar pembuatan makanan

Bahan dasar pembuatan makanan

Saat ini sudah banyak makanan kekinian yang proses pengolahannya ditambahkan dengan yogurt. Apakah hal itu benar adanya? Menurut Anda, apakah yogurt benar-benar bisa dipakai sebagai bahan pembuatan makanan. Tentu saja bisa, yogurt cake adalah salah satu contoh kue modern yang rupanya mirip seperti chiffon cake tapi bahan utamanya menggunakan yogurt.

Selain itu, yogurt juga bisa diolah menjadi es krim, lho. Jika ingin menghilangkan dahaga dengan mencari minuman dingin, sebaiknya minum es krim yogurt ini. Walaupun rasanya sedikit asam, tapi es krim yogurt ini tetap menjadi idola, apalagi jika di atasnya diberi topping kacang-kacangan atau buah-buahan.

6. Saat berpergian jauh

Saat berpergian jauh

Pernahkah Anda mengalami diare saat sedang menempuh perjalanan jauh? Bisa jadi diare tersebut disebabkan oleh makanan yang baru dikonsumsi di perjalanan atau di tempat wisata. Untuk mencegah diare saat sedang berpergian, bawalah yogurt ke mana saja Anda pergi.

Yogurt mengandung probiotik yang dapat menyeimbangkan bakteri jahat dalam sistem pencernaan. Anda jadi terbebas dari risiko diare dan perut pun terasa kenyang lebih lama jika mengonsumsi yogurt.

Hal yang harus diperhatikan saat menyantap yogurt

Hal yang harus diperhatikan saat menyantap yogurt

Selama ini sebagian orang mengklaim bahwa yogurt adalah makanan yang sehat dan baik untuk membantu kelancaran diet. Namun, tidak semua yogurt terbukti aman untuk pelaku diet. Ada yogurt yang justru tinggi gula dan kalori, sehingga menyebabkan diet menjadi gagal.

Sebelum menyantap yogurt kesukaan Anda, perhatikan terlebih dahulu hal-hal berikut ini untuk memilih yogurt yang benar-benar tepat untuk diet:

  • Kalori

Kandungan kalori di dalam yogurt seringkali terlupakan bagi sebagian orang. Bahkan, orang menganggap yogurt adalah makanan yang aman untuk diet. Ya, yogurt yang rendah kalori memang bagus untuk diet. Akan tetapi, Anda juga harus waspada karena saat ini banyak yogurt yang kandungan kalorinya cukup tinggi.

Oleh karena itu, sebelum membeli yogurt sebaiknya baca dulu label kandungan nutrisi yang terdapat pada kemasan yogurt. Carilah yogurt yang kandungan kalorinya paling rendah untuk membantu diet Anda.

  • Plain belum tentu bebas gula

“Aku kan sedang diet, jadi pilih yogurt tanpa rasa saja, ah!” Apakah Anda satu dari sekian banyak orang yang mengira bahwa yogurt plain adalah yogurt yang benar-benar bebas gula? Jangan salah, tidak semua yogurt tanpa rasa benar-benar tidak mengandung gula.

Anda tidak akan menemukan kandungan gula dalam yogurt plain, tapi Anda akan menemukan lactose (laktosa) yang merupakan pemanis alami dalam produk susu. Tak masalah mengonsumsi yogurt yang mengandung laktosa, asalkan pilih yang kandungan laktosanya rendah.

  • Kalsium

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang suka makan yogurt adalah makanan ini menyediakan kebutuhan kalsium sehari-hari. Kandungan kalsium di dalam setiap produk yogurt berbeda-beda. Jika ingin memperoleh kalsium yang tinggi, makanlah yogurt plain. Sementara itu, greek yogurt dan soy yogurt adalah jenis yogurt yang kandungan kalsiumnya paling sedikit.

  • Lemak

Setiap produk yogurt pasti mengandung lemak walaupun jumlahnya tidak banyak. Bagi penderita penyakit jantung yang ingin menikmati yogurt, sebaiknya baca label nutrisi yang tertera pada kemasan dan pilih yogurt yang kandungan lemaknya hanya 2 gram dalam sekali saji. Yogurt yang rendah lemak tentu lebih sehat untuk dikonsumsi.

  • Buah

Di supemarket banyak dijual yogurt yang memiliki rasa buah. Bahkan, di antaranya menawarkan potongan buah. Sayangnya, tidak semua buah yang digunakan dalam yogurt kemasan adalah buah asli. Beberapa di antaranya hanya kombinasi antara pewarna dan pemanis buatan. Jika ingin mengonsumsi yogurt dengan buah sebaiknya beli yogurt plain dan tambahkan potongan buah segar saat menyantapnya.

Itulah cara minum yogurt yang benar bagi Anda yang sedang diet maupun tidak. Kini, Anda jadi mengetahui waktu yang tepat untuk menikmati yogurt yang lezat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Rata2 yogurt mengandung lemak 4,5 g gg sihh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *