Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Januari 2019

Teh hijau dikenal sebagai minuman yang sehat. Bahkan, khasiat yang ditawarkan oleh teh hijau lebih banyak dibanding teh hitam. Salah satu manfaat teh hijau adalah untuk membantu diet sehat. Ya, minuman yang satu ini diklaim dapat menurunkan berat badan asalkan dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Tahukah Anda bahwa teh hijau dapat membakar lemak di dalam tubuh? Jadi, ketika sedang diet, minuman yang satu ini sangat cocok untuk mendukung diet Anda. Bacaterus telah merangkum 10 cara minum teh hijau untuk diet menurunkan berat badan. Cara-cara ini akan membantu Anda mengonsumsi teh hijau secara tepat agar Anda pun dapat memperoleh khasiatnya untuk mengurangi berat badan berlebih.

10 Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

1. Minum dalam Keadaan Hangat

Minum dalam Keadaan Hangat Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

Saat ini, teh hijau memang bisa dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin. Namun, teh hijau sebaiknya dinikmati dalam keadaan hangat untuk memperoleh khasiatnya.

Jika Anda menyeduh langsung daun teh hijau asli, sebaiknya seduh dengan air panas di suhu 80-90 derajat celcius. Biarkan sejenak sampai tehnya menjadi hangat, lalu minum sampai habis. Hindari mencampur teh hijau dengan es batu karena hal tersebut akan mengurangi khasiat teh hijau untuk diet.

2. Minum Sebanyak 3-4 Kali Sehari

Minum Sebanyak 3-4 Kali Sehari

Buat Anda yang masih bingung mencari cara minum teh hijau untuk diet, Anda bisa mengikuti aturan sederhana dalam meminum teh hijau. Teh yang satu ini sebaiknya dikonsumsi sebanyak 3-6 kali sehari. Waktu terbaik untuk minum teh hijau adalah setelah sarapan karena minum teh dalam kondisi perut yang kosong dapat merangsang produksi asam lambung.

Setelah itu, di siang hari nikmati kembali teh hijau untuk menyegarkan tubuh dan pikiran setelah menjalankan aktivitas yang padat. Setelah makan malam, Anda dapat kembali meneguk secangkir teh hijau. Selain di waktu-waktu tersebut, Anda juga bisa menikmati teh hijau di sore hari setelah pulang bekerja. Teh hijau tak hanya membantu proses diet Anda, tapi juga bisa membuat tubuh jadi lebih segar.

3. Tidak Menambahkan Campuran Apapun

Tidak Menambahkan Campuran Apapun

Suka dengan matcha latte atau minuman teh hijau campuran lainnya? Kalau sedang diet, sebaiknya Anda tidak menambahkan campuran apapun ke dalam teh hijau. Teh hijau yang dicampur dengan susu, madu, atau jeruk nipis sangat tidak disarankan untuk diet. Alangkah lebih baik jika Anda benar-benar mengonsumsi seduhan daun teh hijau murni.

Penambahan susu atau madu dapat meningkatkan kandungan kalori di dalam teh hijau Anda. Sementara jeruk nipis memang memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, teh hijau yang sudah dicampur dengan jeruk nipis sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh Anda yang memiliki riwayat penyakit maag.

4. Pilih Merk Teh Hijau Berkualitas

Pilih Merk Teh Hijau Berkualitas

Tidak sulit untuk menemukan merk teh hijau berkualitas yang dijual di pasaran. Anda dapat menemukan merk teh hijau dari harga yang terjangkau sampai dengan yang mahal. Akan tetapi, Anda harus memilih teh hijau asli yang benar-benar murni.

Alangkah lebih baik jika Anda mengonsumsi teh hijau yang diseduh dari daun teh asli. Hindari membeli teh hijau dalam kemasan bubuk karena khasiat teh hijau bubuk tidak sebanyak teh hijau yang berasal dari seduhan daun teh asli.

5. Konsumsi Sebagai Penahan Lapar

Konsumsi Sebagai Penahan Lapar

Apakah Anda memiliki kebiasaan snacking sebelumnya? Jika ya, Anda harus mengurangi kebiasaan ini karena Anda sedang menjalankan program diet. Cara minum teh hijau untuk diet adalah meminumnya sebagai penahan lapar. Ketika Anda merasa lapar sebelum jam makan siang atau jam makan malam, minumlah secangkir teh hijau hangat.

Teh hijau dapat menunda lapar sesaat meskipun tidak terlalu mengenyangkan seperti susu. Diet dengan menggunakan teh hijau sebagai penahan lapar memang terasa berat bagi pemula. Namun, lama kelamaan Anda akan terbiasa dan mulai meninggalkan kebiasaan ngemil.

6. Minum Teh Hijau Sebelum Makan

Minum Teh Hijau Sebelum Makan

Bukankah minum teh hijau sebelum makan dapat meningkatkan asam lambung? Betul, tapi bagi orang-orang yang tidak memiliki asam lambung tentu tidak masalah minum teh hijau sebelum makan.

Teh hijau bisa membuat Anda sedikit kenyang sehingga ketika makan maka Anda akan membatasi makan yang dikonsumsi karena merasa tidak terlalu lapar. Minumlah secangkir teh hijau 30 menit sebelum makan. Dijamin, porsi makan Anda akan berkurang dari yang biasanya.

7. Konsumsi Saat Berolahraga

Konsumsi Saat Berolahraga

Salah satu cara minum teh hijau untuk diet adalah mengonsumsinya saat berolahraga. Senyawa aktif di dalam teh hijau dapat menghancurkan lemak di dalam tubuh. Selain itu, teh hijau juga mengandung epigalokatekin galat, antioksidan yang dapat menghambat enzim yang memecah hormon norepinefrin. Hormon ini dapat mengirim sinyal untuk menghancurkan lemak dan memindahkannya ke dalam darah.

Minum teh hijau sambil berolahraga juga dapat membantu proses hidrasi tubuh. Saat berolahraga, tubuh terancam mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan. Teh hijau akan membantu hidrasi tubuh dengan menggantikan cairan yang hilang.

8. Jadikan Kebiasaan Sehari-hari

Jadikan Kebiasaan Sehari-hari

Terkadang sangat sulit untuk melakukan kebiasaan baik sehari-hari. Apabila Anda ingin serius menekuni diet sehat dengan teh hijau, maka konsumsi teh hijau setiap hari. Jika Anda ingin menggunakan teh hijau sebagai minuman pendukung diet, konsumsi teh hijau minimal 3 cangkir setiap hari.

Biasakan diri Anda untuk selalu ingat mengonsumsi teh hijau di waktu yang sudah ditentukan. Bila Anda sudah berhasil membiasakan diri sendiri untuk rutin meminum teh hijau, maka Anda hanya perlu mendukung diet ini dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan lebih rajin berolahraga.

9. Hindari Konsumsi Teh Hijau Sebelum Tidur

Hindari Konsumsi Teh Hijau Sebelum Tidur

Teh hijau mengandung kafein meskipun jumlahnya tidak sebanyak kopi. Kandungan kafein ini dapat menyebabkan Anda jadi susah tidur jika Anda meminumnya kurang dari 2 jam sebelum tidur. Oleh karena itu, hindari minum teh hijau sebelum tidur untuk mencegah insomnia.

Kurang tidur justru akan mengacaukan proses metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak di dalam tubuh tidak optimal. Minumlah teh hijau setelah makan malam. Itu artinya, Anda harus makan malam kurang dari 4 jam sebelum waktu tidur. Setelah makan, minumlah teh hijau yang baru diseduh.

10. Jangan Mengandalkan Teh Hijau Saja

Jangan Mengandalkan Teh Hijau Saja

Berbagai cara minum teh hijau untuk diet ini memang bisa membantu proses menurunkan berat badan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa teh hijau bukan jalan pintas untuk memiliki berat badan yang ideal.

Teh hijau memang mengandung epigalokatekin galat (EGCG) untuk memproduksi hormon yang mampu mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh, tapi Anda juga harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi.

Layaknya seorang yang sedang diet, Anda harus mengurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi. Di samping itu, Anda pun harus rutin berolahraga untuk mempercepat proses pembakaran lemak dan kalori di dalam tubuh.

Cara minum teh hijau untuk diet ini bisa membantu Anda memanfaatkan teh hijau untuk menurunkan berat badan. Namun sekali lagi, perlu Anda ingat bahwa mengandalkan teh hijau saja tidak cukup untuk melangsingkan tubuh. Imbangi diet Anda dengan menganut pola makan sehat dan olahraga secara teratur.