Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Desember 2018

Nama Kopi Vietnam mendadak populer di Indonesia semenjak kasus kematian Wayan Mirna Salihin, wanita muda yang meninggal setelah minum Kopi Vietnam di salah satu kafe di Grand Indonesia Mall – Jakarta. Sejak kasus itu mencuat, banyak masyarakat Indonesia yang penasaran dengan cita rasa kopi khas Vietnam. Alhasil, menu Kopi Vietnam jadi tersedia di berbagai coffee shop.

Seperti apa rasa Kopi Vietnam? Bagaimana cara minum Kopi Vietnam yang benar? Bacaterus akan mengulas serba-serbi cara menyeduh dan menikmati Kopi Vietnam yang benar. Bahkan, dengan panduan ini Anda jadi tak perlu repot-repot membeli Kopi Vietnam di coffee shop karena Anda bisa membuatnya sendiri.

Sekilas Tentang Kopi Vietnam

Sekilas Tentang Kopi Vietnam

Kopi Vietnam sudah masuk ke Indonesia sejak puluhan tahun yang lalu. Hanya saja masih belum banyak masyarakat Indonesia yang mau menikmati kopi ini karena dianggap rasanya aneh. Baru setelah kasus kematian Wayan Mirna Salihin, masyarakat Indonesia mulai tertarik untuk mencicipi Kopi Vietnam.

Saat berkunjung ke Vietnam, tak banyak kedai kopi internasional yang bisa Anda temukan. Pasalnya, masyarakat Vietnam memiliki tradisi minum kopi yang sudah turun temurun dan tetap dilestarikan hingga saat ini. Cara penyeduhan Kopi Vietnam umumnya menggunakan phin atau yang lebih dikenal sebagai Vietnam Drip, alat pembuat kopi manual.

Cara kerja Vietnam Drip adalah menunggu tetesan kopi yang jatuh dari saringan di atasnya. Kopi yang dihasilkan jadi lebih kental dan pekat. Cara minum Kopi Vietnam ini membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit jika Anda membuat kopinya sendiri. Jadi, jenis kopi ini memang sangat cocok untuk Anda yang sedang tidak terburu-buru.

Kopi yang dihasilkan dari Vietnam Drip ini memiliki rasa yang lebih asam dan pekat. Oleh karena itu, masyarakat Vietnam selalu menambahkan susu kental manis di gelas yang akan dituang dengan Kopi Vietnam. Kombinasi rasa kopi alami yang sedikit asam berpadu dengan susu kental manis, sehingga menghasilkan cita rasa kopi yang luar biasa nikmat.

Cara Minum Kopi Vietnam yang Benar

Cara Minum Kopi Vietnam yang Benar

* sumber: kopijayakarta.com

Ada banyak jenis kopi luar negeri yang populer di Indonesia. Salah satu yang populer dan banyak peminatnya hingga saat ini adalah Kopi Vietnam. Untuk menikmati Kopi Vietnam, Anda bisa berkunjung ke kedai kopi yang menawarkan menu ini.

Ada kedai kopi yang menyajikan Kopi Vietnam langsung dengan alat Vietnam Drip, tapi ada juga yang sudah disajikan di dalam gelas dan siap untuk diminum langsung. Sebelum membahas cara minum Kopi Vietnam yang benar, ada baiknya jika Anda menyediakan peralatan membuat kopi terlebih dahulu. Simak tips untuk membuat Kopi Vietnam berikut ini:

  • Gunakan biji kopi jenis apapun untuk membuat Kopi Vietnam. Akan tetapi, bila perlu gunakan biji dark roast coffee dengan rasa yang kuat. Dark roast coffee adalah jenis kopi yang paling mirip dengan biji kopi yang biasa dipakai untuk membuat Kopi Vietnam.
  • Siapkan grinder untuk mengolah biji kopi menjadi bubuk. Dengan memakai grinder secara manual, bubuk kopi yang dihasilkan jadi lebih kasar. Namun, bubuk kopi yang kasar inilah yang cocok untuk membuat Kopi Vietnam.
  • Timbang biji kopi terlebih dahulu. Untuk membuat segelas Kopi Vietnam dibutuhkan biji kopi seberat 22 gram. Penimbangan biji kopi ini sangat penting untuk menciptakan cita rasa Kopi Vietnam yang pas.
  • Siapkan susu kental manis di dalam gelas. Ingat, Anda harus menggunakan susu kental manis untuk menciptakan rasa Kopi Vietnam asli. Jangan mengganti susu kental manis dengan susu bubuk atau susu cair karena rasanya pasti berbeda.

Setelah semua bahan dan peralatan tersedia, saatnya kita menyeduh bubuk kopi yang sudah digiling dengan menggunakan grinder manual. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menyeduh Kopi Vietnam dengan benar:

Cara Membuat Kopi Vietnam

* sumber: macaronlaboratoire.wordpress.com

  1. Masukkan 2 sendok makan bubuk kopi ke dalam drip dan ratakan bubuk kopi dengan sendok.
  2. Tekan bubuk kopi dengan alat penekan dan tinggalkan alat penekan tersebut di dalam drip.
  3. Letakkan drip di atas gelas atau cangkir yang sudah diberi susu kental manis di dalamnya. Susu kental manis bisa ditambahkan sesuai selera.
  4. Tuang air panas yang mendidih sebanyak 45-50 ml ke dalam drip, tetesan kopi perlahan-lahan akan memenuhi gelas di bawahnya.
  5. Tambahkan air panas sekitar 20-30 ml ke dalam drip untuk memenuhi gelas kopi.
  6. Setelah air di dalam drip habis menetes ke dalam gelas, angkat drip dari atas gelas.
  7. Kopi Vietnam siap untuk disajikan. Jika ingin diminum dalam keadaan dingin, Anda hanya perlu menambahkan es batu.

Setelah ditambahkan es batu, Kopi Vietnam akan langsung disajikan. Jadi, penampilan kopi ini tampak seperti dua lapisan, yakni lapisan bawah berwarna putih (susu kental manis) dan lapisan atas adalah kopi. Konsumen harus mengaduk kopi tersebut agar susu kental manis dan kopinya larut menjadi satu.

Bagaimana rasa Kopi Vietnam sebenarnya? Seperti yang sudah disampaikan di awal, Kopi Vietnam memiliki rasa yang tidak terlalu pahit dan justru cenderung sedikit asam. Rasa manis yang terasa pada kopi ini berasal dari susu kental manis di dasarnya. Bila Anda merasa kopinya kurang manis, jangan tambahkan gula pasir, melainkan tambahkan saja susu kental manis.

Tempat Minum Kopi Vietnam di Jakarta

Meskipun Anda sudah mengetahui cara minum Kopi Vietnam yang benar, tetapi Anda juga masih bisa menikmati kopi ini di coffee shop atau café lainnya yang menawarkan menu tersebut. Jika Anda sedang berada di Jakarta, melipirlah sejenak untuk berkunjung ke beberapa tempat yang menjual minuman Kopi Vietnam yang enak.

Dimana sajakah tempat minum Kopi Vietnam yang wajib untuk dicoba saat berada di ibu kota? Simak ulasan selengkapnya di sini:

1. NamNam

NamNam

* sumber: www.nibble.id

Minum Kopi Vietnam ya harus di tempat yang memang khusus menjual hidangan khas Vietnam, Seperti di NamNam yang berlokasi di beberapa tempat di Jakarta, mulai dari Plaza Indonesia, Pantai Indah Kapuk, Senayan City, dan Gandaria City. Walaupun penyajian Kopi Vietnam di sini tidak menggunakan drip, tapi cita rasa Kopi Vietnamnya benar-benar authentic.

2. Do An

Do An

Satu lagi restoran Vietnam yang menawarkan Kopi Vietnam sebagai minuman andalannya. Kali ini, Anda akan disuguhkan dengan segelas kopi lengkap dengan drip-nya. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa rasa kopi di sini sangat kuat dan bisa membuat Anda tidak bisa tidur jika meminumnya di malam hari.

3. Olivier

Olivier

* sumber: www.pegipegi.com

Takut untuk minum Kopi Vietnam di Olivier? Sudah bertahun-tahun berlalu sejak kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin, akan tetapi, hal tersebut tidak mengurangi minat masyarakat untuk datang ke Olivier dan mencicipi Kopi Vietnam yang legendaris ini. Justru semakin banyak orang yang suka dengan Kopi Vietnam khas Olivier ini.

Serba-serbi cara minum Kopi Vietnam ini bisa Anda pakai ketika ingin menyeduh Kopi Vietnam sendiri. Selalu gunakan biji kopi utuh yang baru saja digiling untuk menghasilkan Kopi Vietnam dengan rasa yang kuat.