Bacaterus / Jeruk / 8 Cara Minum Jeruk Lemon yang Paling Enak dan Menyegarkan

8 Cara Minum Jeruk Lemon yang Paling Enak dan Menyegarkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2019

Lemon bisa diminum, dimakan atau pun dimasak. Lemon bisa digunakan sebagai obat juga, karena buah kuning ini mampu menyembuhkan batuk dan sakit tenggorokan.

Cara termudah untuk minum lemon tentu membuatnya menjadi infused water. Tinggal masukkan beberapa potongan lemon + air es, selesai! But, what’s the fun from that? Inilah cara minum jeruk lemon yang enak dan menyenangkan versi Bacaterus!

1. Lemon Water

* sumber: www.acouplecooks.com

Air lemon merupakan tren kesehatan yang sangat disukai saat ini. Lihat saja postingan orang-orang di Instagram, banyak sekali yang memamerkan botol minum berisi lemon. Rasa air lemon juga enak dan menyegarkan. Plus, air lemon sangat mudah dibuat.

Siapkan 1 lemon dan 1.800 ml (sekitar 8 gelas) air dingin. Cuci bersih lalu iris tipis lemon. Tambahkan irisan lemon ke dasar pitcher (teko). Gunakan sendok kayu untuk sedikit menumbuk lemon beberapa kali untuk mengeluarkan sarinya. Tambahkan air dingin. Lalu, masukkan ke lemari es setidaknya 1 jam sebelum disajikan.

2. Lemonade

* sumber: www.simplyrecipes.com

Lemonade adalah versi lebih enak dari lemon water. Isian lemonade adalah air, jus lemon dan gula. Mudah sekali, bukan? Masalahnya, ketika Anda menggunakan gula pasir biasa, maka gula tidak akan larut dan tenggelam ke dasar pitcher.

Jadi, cara terbaik untuk membuat lemonade adalah dengan menyulap gula menjadi simple syrup terlebih dulu. Caranya dengan memanaskan air dan gula bersama-sama sampai gula larut sepenuhnya. Baru, deh, simple sirupnya dicampur ke air lemon.

3. Citrus Iced Tea

* sumber: www.godairyfree.org

Citrus iced tea, atau bisa dibilang juga lemon tea, merupakan minuman yang paling asyik diminum siang-siang pas hari lagi panas. Teh lemon ini bisa menjadi alternatif juga kalau Anda tidak terbiasa minum air dengan lemon saja.

Anda bisa menggunakan teh celup biasa, lalu tambahkan gula (bisa gula batu, gula caster, apapun terserah Anda). Siapkan juga lemon dan daun mint. Bisa tambah perasan jeruk dan limau juga supaya tambah segar!

4. Mock Margarita

* sumber: www.recipegirl.com

Margarita adalah koktail yang terbuat dari tequila, minuman beralkohol dan sari jeruk nipis yang sering disajikan dengan garam di tepi gelasnya. Tapi, kalau mock margarita adalah cara yang baik untuk menikmati rasa margarita tanpa alkohol. Dari namanya saja sudah bisa ditebak, mock yang berarti tiruan, berarti margarita ini dibuat dengan resep yang mirip hanya saja tidak pakai alkohol.

Ini merupakan jalan keluar yang baik bagi Anda yang suka rasa margarita, tetapi Anda tidak minum alkohol, atau sedang tidak ingin minum alkohol. Bahan yang dibutuhkan:

  • Sari lemon, limau dan jeruk beku, cairkan
  • 120 gr gula bubuk
  • 6 gelas es, hancurkan
  • irisan jeruk nipis
  • garam margarita untuk hiasan di gelas
  • 1 liter botol soda, dinginkan

Langkah membuat:

Campurkan sari lemon, jeruk dan limau dengan gula bubuk dan es batu yang telah dihancurkan. Masukkan ke dalam tempat besar (yang muat di freezer). Bekukan sampai margarita mengeras. Keluarkan margarita 30 menit sebelum disajikan. Tuang ke gelas yang sudah diberi hiasan garam di pinggirannya. Jangan lupa tambahkan air soda dingin ke margarita Anda.

5. Morning Detox Drink

* sumber: www.theharvestkitchen.com

Memang, waktu yang paling cocok untuk minum lemon adalah pagi hari. Karena, lemon akan membantu mendetoksifikasi tubuh Anda jika diminum saat pagi hari, sebelum Anda mengonsumsi apapun lagi.

Untuk membuat detox drink dari lemon yang lebih kuat, Anda bisa menambahkan kunyit. Hasilnya, minuman ini dipenuhi dengan vitamin c, antioksidan, anti-inflamasi dan detoksifikasi yang akan membuat alkali tubuh dan membantu membersihkan tubuh Anda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan: lemon, jahe, kunyit (bisa kunyit segar yang diparut atau kunyit bubuk), madu, cabai merah (opsional) dan purified water (air yang dimurnikan, kalau tidak ada pakai air biasa juga tak apa).

Didihkan air dalam panci. Sambil menunggu, iris lemon dan jahe. Matikan api, lalu masukkan lemon, jahe, kunyit, madu dan cabai. Biarkan selama 30 menit. Saring air tersebut dan simpan di suhu ruangan.

6. Jus Lemon Mentimun

* sumber: thebusybaker.ca

Pernah membayangkan minum jus mentimun? Sayuran yang satu ini memang lebih populer dijadikan lalapan, atau mungkin dessert seperti es timun serut. Kalau sengaja dijus? Pasti jarang sekali orang yang melakukannya. Tapi, jangan underestimate dulu, karena jus mentimun ini enak rasanya. Untuk membuat jus ini semakin segar, tentu kita tambahkan lemon, di mana kita sedang membahas aneka minuman dari lemon, hihi.

Bahan-bahan: 1 mentimun besar, 2 gelas air, 125 ml madu, 7 lemon, 3-4 gelas air mineral. Instruksi: Masukkan potongan mentimun, air, madu, dan jus lemon ke blender Anda dan blend dengan kecepatan tinggi hingga jadi sangat lembut.

Saring jus mentimun dan lemon ke dalam pitcher besar. Tambahkan air ke dalam pitcher dan es jika diinginkan. Anda bisa memasukkan beberapa irisan lemon dan mentimun juga untuk mempercantik tampilan minuman. Aduk perlahan agar minuman tercampur rata.

7. Homemade “Sprite”

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=3vSuBubEdWQ

Siapa, sih, yang tidak tahu Sprite? Minuman soda dengan rasa lemon dan jeruk nipis ini satu atap dengan The Coca-Cola Company. Sprite tidak berwarna, tidak mengandung kafein dan punya rasa yang menyegarkan. Tahukah Anda, kalau Sprite bisa Anda bisa bikin sendiri di rumah? Dan tanpa soda!

180 ml simple syrup (masak air dan gula di air mendidih), 60 ml sari jeruk nipis, 480 ml sparkling water, irisan lemon dan jeruk nipis sesuai selera. Masukkan semua bahan ke dalam pitcher dan aduk agar tercampur sempurna. Tambahkan gula jika “Sprite” abal-abal ini dirasa kurang manis.

8. Oliveto Cocktail

* sumber: www.usatoday.com

Marvel Bar di Minneapolis telah membuat oliveto sejak dibuka pada 2011 silam. Pada intinya, minuman ini dibuat dari gin sour, licor 43 dan extra virgin olive oil. Tetapi ada keajaiban dalam minuman ini, minyak zaitun dan putih telur menghasilkan tekstur yang tidak biasa yang mengangkat rasa asam dari bahan-bahan lainnya. Ya, Anda tidak salah baca, minuman ini pakai telur juga!

Oliveto cocktail bisa dibuat dengan bahan-bahan yang tidak terlalu banyak dan teknik yang sederhana pula. Bahan-bahan:

  • 2 ounces gin
  • 1 buah lemon, peras
  • 10 ml simple syrup kental (gula 2:1 air)
  • 10 ml Licor 43
  • 15 ml extra virgin olive oil
  • 1 putih telur

Dalam pengocok koktail, tuang semua bahan lalu tambahkan tiga es batu. Kocok sampai esnya hampir larut. Saring sambil tuang ke stemless wine glass (gelas anggur tanpa gagang).

Ya, itulah beberapa cara meminum lemon yang menyenangkan. Terus, kapan waktu terbaik mengonsumsi lemon? Jawabannya adalah pagi hari! Saat tidur, kita kehilangan banyak cairan melalui pernapasan. Kembalikan hidrasi tubuh Anda dengan segelas air lemon hangat.

Selain menambah rasa pada air pertama Anda setelah bangun tidur, lemon akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membentuk kolagen di dalam tubuh Anda. Tapi, lemon enak diminum kapan saja, kok. Apalagi kalau diminum dingin pada saat siang hari, segar!

Oh iya, tapi jangan samakan lemon dengan jeruk nipis, ya. Pasalnya, lemon dan jeruk nipis itu berbeda. Apa saja perbedaannya? Yuk, ketahui selengkapnya di artikel Perbedaan Lemon dan Jeruk Nipis.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *