Bacaterus / Rumah / 10 Cara Meredam Suara Bising dari Luar Rumah yang Efektif

10 Cara Meredam Suara Bising dari Luar Rumah yang Efektif

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Oktober 2019

Suara bising dari luar rumah memang bisa menggangu situasi yang ada di rumah. Terutama untuk Anda yang tinggal di perkomplekan atau di pemukiman yang padat, suara bising dari luar rumah tidak terhindarkan.

Suara bising seperti pedagang keliling, suara motor yang berisik, atau suara tetangga yang teriak-teriak tentu akan mengganggu ketenangan Anda di rumah. Jika Anda menganggap hal ini bukanlah sebuah masalah besar, Anda bisa abaikan hal-hal tersebut.

Lain cerita jika Anda merasa bahwa kebisingan di luar rumah menggangu Anda atau orang-orang di rumah. Misalnya, jika Anda punya bayi yang sensitif dengan kebisingin di luar saat tidur. Atau Anda yang bekerja dari rumah dan merasa terganggu dengan kebisingan dari luar rumah. Atau Anda seorang content creator atau Youtuber yang ingin membuat sebuah video.

Langkah yang paling mudah menghindari kebisingan adalah pindah ke apartemen. Kamar di apartemen umumnya relatif sepi dari gangguan suara dari luar. Tapi tentu tidak semua orang mau pindah ke apartemen. Jika pun mau, harga apartemen yang mahal bisa jadi alasan Anda untuk urung membeli apartemen.

Jika Anda tidak mau pindah ke apartemen, ada cara lain agar Anda tetap ada di rumah dan terhindar dari kebisingan dari luar rumah. Caranya adalah dengan mendekorasi rumah, ruangan, atau kamar Anda yang ingin bebas dari suara luar. Dekorasi yang dilakukan tergolong mudah, Anda cukup menerapkan 10 cara meredam suara bising dari luar rumah berikut ini.

10 Cara Meredam Suara Bising dari Luar Rumah

1. Menggunakan Karpet

soundproof carpet

* sumber: www.lifrighthouse.com

Tak banyak yang tahu kalau karpet punya manfaat besar dari sekadar tikar. Karpet ternyata bisa menjadi salah satu barang yang mampu meredam suara berisik. Mengapa bisa? Karena dengan memasang karpet di lantai dapat membuat suara langkah kaki tidak terlalu terdengar.

Anda dapat memasang karpet permadani yang besar dan tebal. Anda bisa memasang karpet di dekat pintu untuk meredam suara dari bawah. Anda juga bisa meletakan karpet di berbagai sudut atau ruangan lain.

2. Tirai

sound curtain

* sumber: www.acoustic-curtains.com

Yang kedua adalah dengan memasang sound curtain (tirai). Anda cukup memasang sound tirai di bagian dinding. Penggunaan sound curtain di dinding kamar merupakan salah satu cara membuat kamar menjadi kedap suarra.

Jika Anda mempunya dana yang lebih besar, Anda juga bisa memilih sound curtain yang lebih tebal. Dijamin, kamar Anda akan bebas suara bising, terlebih jika kamar Anda memiliki dinding yang tebal.

3. Rak Buku

rak buku

* sumber: commons.wikimedia.org

Rak buku bukan hanya dimanfaatkan sebagai tempat untuk menyimpan buku. Benda ini juga bisa jadi benda yang membantu Anda menghindari suara bising dari luar. Anda bisa memasang rak buku besar di dinding yang menempel dengan tetangga. Rak buku juga bisa jadi benda di kosan Anda untuk menghindari suara bising di kamar sebelah.

Tentu saja Anda yang suka membaca dan menumpuk buku juga bisa menempatkan banyak buku di rak buku. Itu berarti penggunaan rak buku ini ibarat peribahasa “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.”

4. Lembar Gabus

gabus

* sumber: www.nauticexpo.com

Salah satu penyerap alami yang bisa Anda gunakan untuk meredam suara adalah dengan gabus. Gabus ini merupakan penyerap suara alami yang bisa membuat ruangan kedap suara. Anda bisa memasang gabus di setiap lapisan dinding rumah Anda.

5. Door Sweep

door sweep

* sumber: www.diyit.co.nz

Jika Anda membutuhkan kamar kedap suara, jangan lupakan bagian bawah pintu yang selalu ada celah udara untuk masuk. Celah ini biasanya masih bisa menyebabkan kamar Anda belum bebas dari suara bising dari luar.

Untuk itu, Anda bisa memakai alat peredam suara bising yang berbentuk seperti sapu di bawah pintu. Alat yang dinamakan door sweep atau bantalan karet cukup ampuh untuk menutupi sumber suara. Jika bagian celah ini terlalu lebar, Anda bisa memasang kayu terlebih dulu sebelum memakai door sweep.

6. Acoustic Foam

Acoustic Foam

* sumber: www.flickr.com

Jika Anda butuh alat peredam suara bising yang ampuh dan banyak digunakan di studio musik atau oleh Youtuber terkemuka, maka Anda bisa memilih acoustic foam atau panel akustik. Benda ini punya busa lembut yang dapat menyerap suara sehingga bising dari luar maupun dari dalam tidak akan terdengar.

7. Karpet Telur

karpet telur

* sumber: helgelange.blogspot.co.id

Bagi yang belum tahu, acoustic foam adalah benda yang punya bentuk mirip dengan karpet telur. Nah, jika Anda kesulitan mencari acoustic foam, Anda bisa menggunakan karpet telur sebagai alternatifnya. Hanya saja jika Anda akan memakai karpet teluar, Anda perlu menyiapkan dalam jumlah banyak.

Selain itu, Anda perlu memerhatikan hal-hal berikut ini jika ingin menggunakan karpet telur sebagai alat untuk meredam bising:

  • Usahkan untuk tidak memakai karpet telur di ruangan yang lembap karena karpet telur rentan air. Jika ada kebocoran pada dinding, segera perbaiki.
  • Pasang dua karpet telur secara bersamaan atau sekaligus.
  • Bila bosan dengan warna dasar karpet telur, Anda bisa mewarnainya dengan kuas. Tapi lakukan dengan hati-hati dan warnai jika karpet telur sudah terpasang di dinding.

8. Menggunakan Drywall

drywall

* sumber: www.publicdomainpictures.net

Cara lainnya untuk meredam suara dari luar adalah memakai drywal atau papan gypsum. Anda bisa memasang drywall di permukaan dinding rumah atau kamar Anda. Jika di bagian rumah, Anda bisa memasang pada bagian satu dinding tertentu yang dibutuhkan.

9. Mendekorasi Tanaman

tanaman hias

* sumber: pixabay.com

Batang dan daun pada tanaman ternyata punya kemampuan membinasakan suara bising. Hanya saja mungkin memasang tanaman tidak cocok di kamar Anda. Benda ini memang lebih cocok di luaran rumah. Tapi untuk kebutuhan menyerap dan membelokan suara yang bising, Anda bisa memasang tanaman dan mendekornya di rumah sesuai bentuk atau ruangan rumah Anda.

10. Memakai Pintu Flat

flat door

* sumber: sunrocbuildingmaterials.com

Anda bisa mengecek jenis pintu yang Anda gunakan. Pintu yang lebih flat atau datar lebih baik dibandingkan pintur berukir untuk menangkis suara bising masuk ke ruangan Anda. Jika Anda masih menggunakan pintu berukir dan ingin terhindar dari suara bising dari luar, segera ganti pintu Anda dengan pintu yang lebih flat.

Cara Lain untuk Menangkis Kebisingan

Masih terlalu sulit dengan kesepuluh cara di atas? Tenang saja, Kami masih memiliki cara lainnya untuk meredam suara yang terlalu bising dari luar. Apa sajakah itu? Anda bisa langsung simak ulasannya berikut ini.

11. Barang Seni dengan Kanvas

lukisan

* sumber: pixabay.com

Tahukah Anda bahwa lukisan bisa meredam getaran suara? Jika Anda tak percaya, Anda bisa membuktikannya dengan memasang lukisan atau barang seni berbahan kanvas di dinding kamar Anda.

Anda bisa memasang lukisan terlebih dulu sebelum Anda memasang panel akustik. Tujuan pemasangan lukisan, selain untuk meredam suara juga supaya dinding tidak terlalu membosankan dan punya dekorasi yang lebih estetik

12. Acoustical Ceiling Tiles

acoustica ceilings tiles

* sumber: www.alpinepainting.com

Anda bisa mengganti langit-langit dengan acoustical celling tiles atau ubin selulosa yang bisa kedap suara. Ubin jenis ini tergolong dalam memantulkan suara dari dalam, sehingga selain suara bising dari luar tidak masuk, suara bising dari dalam juga tidak akan menggangu ke luar. Oh yah, jangan lupa juga untuk memberi dempul pada celah yang ada di langit-langit seperti pada bagian pinggir atau bagian lampu.

13. Bantalan Peredam Suara

bantal

* sumber: www.aluglass.co.za

Kalau yang satu ini efektif untuk meredam suara dari dalam ruangan ke luar. Anda cukup memasangkan bantalan peredam suara pada benda-benda yang menghasilkan suara bising, speaker misalnya. Anda juga bisa menyarankan tetangga Anda yang sering memutar musik keras agar memasang bantalan peredam di bagian speaker mereka supaya Anda tidak terganggu.

14. Cat Peredam Suara

cat peredam suara

* sumber: www.pcimag.com

Cara lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan cat peredam suara. Cat jenis ini ada di pasaran dan memang dibuat khusus untuk keperluan mengurangi kebisingan. Jika Anda menggunakan cat jenis ini, kebisingan bisa turun sampai 30%. Caranya, Anda tinggal mengecatkan pada bagian dinding.

15. Insulasi

insulasi

* sumber: www.kingspan.com

Anda bisa melakukan insulasi atau memasang insulator di bangunan rumah Anda. Benda ini selain bisa menurunkan intensitas panas ke dalam rumah, juga bisa meredam suara yang bising dari dalam ruangan atau ke luar ruangan. Hanya saja pemasangan insulator tidak disarankan jika Anda sudah punya rumah yang sudah dibangun.

Anda perlu memasang insulator saat rumah Anda baru dibangun atau dalam proses kosntruksi. Jika Anda memaksa menggunakan insulator, Anda perlu membongkar bagian dinding ruangan rumah Anda. Sebaiknya lakukan saat akan merenovasi rumah Anda.

Itulah berbagai cara meredam suara bising dari luar rumah yang bisa Anda coba. Untuk Anda yang ingin membangun studio dalam rumah atau hanya butuh ketenangan bisa mencoba cara-cara yang sudah dipaparkan tersebut. Punya cara lainnya? Beri sarannya di kolom komentar, ya. Semoga bermanfaat!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar