Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam & Kembali Cerah

10 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam & Kembali Cerah

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Oktober 2018

Sepertinya wajah yang cerah dan bening adalah idaman semua orang. Saat bertemu dengan orang-orang, yang pertama kali akan diperhatikan adalah wajah. Jika kulit wajah Anda kusam, maka orang-orang akan berfikir kalau Anda adalah orang yang tidak memperhatikan kebersihan dan penampilan.

Maka dari itu, Bacaterus akan membagikan 10 cara merawat wajah agar tidak kusam. Jika kulit wajah Anda bersih dan mulus tentu rasa percaya diri Anda pun akan meningkat, bukan?

Sebelum itu, mari ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab kulit wajah menjadi kusam:

  • Genetik

Jika Anda terlahir dengan jenis kulit berminyak, maka kemungkinan besar wajah Anda akan terlihat kusam. Hal ini dikarenakan produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah Anda.

Jika Anda terlahir dengan jenis kulit cenderung kering pun, wajah Anda akan terlihat tidak segar dan kusam. Kekurangan minyak alami pada kulit juga tidak bagus. Maka dari itu, ketahuilah cara memerangi kulit berminyak di sini, dan pembersih wajah yang cocok untuk kulit kering di sini.

  • Pola Hidup

Jika Anda melakukan pola hidup yang tidak teratur, seperti jarang berolahraga, sering makan dan minum yang instan-instan, malas merawat tubuh, merokok, kurang tidur, dan stres, maka besar kemungkinannya kulit Anda menjadi kusam. Kenapa? Karena kulit juga membutuhkan nutrisi.

  • Lingkungan

Udara, debu, sinar matahari, asap kendaraan.. semua itu sangat berpengaruh pada kulit Anda. Semakin sering Anda terpapar polusi, maka kulit Anda akan menjadi kusam.

  • Kosmetik

Salah menggunakan kosmetik juga dapat membuat kulit Anda berubah menjadi kusam. Alih-alih membuat Anda nampak lebih cantik, salah penggunaan kosmetik malah dapat membuat wajah Anda kering, berminyak, berjerawat, dan terlihat kusam.

Untuk dapat membuat wajah Anda kembali cerah dan mulus, atau jika Anda memiliki kulit normal tapi ingin menjaga agar tidak menjadi kusam, Bacaterus akan membagikan 10 cara merawat wajah agar tidak kusam dan menjadi cerah kembali:

10 Cara Merawat Wajah Agar Tidak Kusam

1. Mencuci Muka

bersihkan tubuh

Sebenarnya cara merawat wajah agar tidak kusam mirip dengan cara merawat muka berminyak dan cara merawat muka berjerawat, yaitu dengan rutin mencuci muka. Cucilah muka Anda sebanyak dua kali sehari, yaitu saat sebelum beraktivitas dan sebelum pergi tidur. Selain pada dua waktu itu, Anda tidak perlu mencuci muka lagi.

Jika terlalu banyak mencuci muka, kulit wajah Anda lama-kelamaan akan menipis, sehingga debu, polusi, dan sinar matahari akan mudah masuk ke dalam kulit Anda.

Bahkan terlalu sering mencuci muka akan membuat produksi minyak pada kulit wajah Anda meningkat, sehingga wajah Anda akan semakin berminyak. Jika kulit wajah Anda berminyak, tentunya wajah Anda akan menjadi kusam. Maka dari itu, cuci mukalah sebanyak dua kali sehari saja.

2. Bersihkan Tubuh

mandi

Cara merawat wajah agar tidak kusam selanjutnya adalah dengan rutin membersihkan tubuh. Anda dapat membersihkan tubuh dengan cara mandi minimal dua kali sehari, yaitu sebelum dan sesudah beraktivitas. Dengan tubuh yang bersih, tentunya kulit Anda akan terbebas dari dehidrasi dan kotoran, sehingga otomatis kulit wajah Anda pun akan terbebas dari kusam.

Pada siang hari dan sore hari (di antara jam mandi Anda) usahakan untuk membasuh wajah Anda menggunakan air dingin. Jika Anda beragama Islam tentunya Anda akan melaksanakan sholat lima waktu, dan sebelum melaksanakan ibadah sholat Anda pasti wudhu terlebih dahulu. Berwudhu dapat membuat wajah Anda lebih cerah karena Anda sering membasuh wajah Anda menggunakan air.

3. Hindari Stres

mengurangi stres

Stres bisa menjadi salah satu penyebab kulit Anda terlihat kusam. Maka dari itu, cara merawat wajah agar tidak kusam selanjutnya adalah dengan menghindari penyebab stres, misalnya menonton drama yang tidak Anda sukai, tetap meneruskan game yang sangat sulit sehingga membuat Anda frustasi, pekerjaan yang menumpuk, mengerjakan tugas mendekati deadline, dan lain sebagainya.

Selain menghindari penyebab stres, sebaiknya Anda juga rutin melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti piknik, jalan-jalan, makan makanan yang enak, membaca buku atau menonton film yang membuat Anda nyaman, dan sebagainya. Jangan memforsir diri Anda untuk terus bekerja, karena tubuh dan kulit Anda membutuhkan refreshment juga.

4. Menggunakan Pelembab

menggunakan pelembab

Sama dengan cara merawat muka berminyak, cara merawat wajah agar tidak kusam adalah dengan menggunakan pelembab wajah. Kulit Anda terlihat kusam jika terlalu kering dan terlalu berminyak, maka dari itu gunakanlah krim atau lotion pelembab wajah sebelum menggunakan make up dan sebelum pergi tidur.

5. Say NO to Begadang!

say no to begadang
Kurang-kurangi lah begadang, dan kalau bisa hindari sama sekali. Kurang tidur atau sering begadang akan membuat kulit Anda menjadi kering dan kusam. Maka dari itu, cara merawat wajah agar tidak kusam adalah dengan tidur teratur dengan waktu yang cukup. Jika Anda masih remaja, waktu tidur yang dibutuhkan adalah 6-8 jam. Jika Anda sudah dewasa, waktu tidur yang dibutuhkan adalah 6 jam.

6. Atur Pola Makan

makanan sehat untuk diet

Dengan mengatur pola makan Anda tetap sehat, maka kulit wajah Anda pun akan terbebas dari kusam. Jangan terlalu sering memakan fast food seperti burger dan ayam goreng tepung, juga hindari frozen food seperti kentang goreng dan sosis. Lebih baik Anda mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

7. Rutin Berolahraga

cara merawat wajah agar tidak kusam

Luangkan lah waktu untuk berolahraga setiap hari. Jika Anda sangat sibuk, lakukanlah sebanyak 3-5 kali dalam satu minggu. Kenapa? Karena dengan berolahraga rutin, tubuh Anda akan menjadi sehat, dan tubuh yang sehat akan membuat kulit Anda menjadi sehat juga.

Anda tidak perlu melakukan olahraga berat yang akan menyulitkan Anda. Lakukanlah stretching dan pemanasan setelah Anda bangun tidur pada pagi hari. Atau Anda bisa juga jogging selama 30 menit mengelilingi komplek perumahan Anda.

8. Peeling

peeling

Peeling merupakan cara mengeksfoliasi (mengelupas) kulit wajah. Anda dapat membeli masker peeling di supermarket dan menggunakannya sendiri di rumah atau bisa mendatangi salon atau dokter kecantikan dan menjalani proses chemical peeling. Dengan melakukan peeling, sel kulit mati akan terangkat dan digantikan oleh sel kulit baru. Sel kulit mati adalah penyebab wajah Anda terlihat kusam.

9. Facial

facial

Facial dapat dilakukan oleh segala jenis kulit, karena sifatnya yang merawat dan mengembalikan kekenyalan kulit. Apalagi jika kulit wajah Anda kusam, facial sangatlah disarankan untuk Anda lakukan. Biasanya facial dilakukan setelah melakukan peeling. Jadi, setelah sel kulit mati Anda terangkat, kulit wajah Anda akan diberi nutrisi dari krim facial. 

10. Totok Aura

Totok wajah

Totok wajah atau totok aura adalah sebuah terapi yang memadukan teknik pijat dan tekanan tenaga dalam terapis. Totok aura akan membuat aura Anda ‘keluar’, sehingga wajah Anda akan nampak cerah dan tidak kusam. Anda dapat melakukan totok aura di salon atau spa.

Itulah 10 cara merawat wajah agar tidak kusam dan menjadi cerah seperti sedia kala ala Bacaterus. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Apakah Anda pernah melakukan salah satu dari sepuluh cara di atas? Bagikan pengalaman Anda di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment