Bacaterus / Bersalin / Inilah 8 Cara Tepat Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Inilah 8 Cara Tepat Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Setelah menunggu kurang lebih 9 bulan, sang buah hati pun lahir! Menyambut kelahiran bayi menjadi momen paling membahagiakan bagi kedua pasangan. Tetapi momen setelah melahirkan menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi sang ibu. Sebagian orang mengalami beberapa perubahan fisik dan emosional setelah melahirkan dan hal itu membuat sang ibu harus mengontrol keduanya.

Kamu harus belajar bagaimana menghadapi semua perubahan yang dibutuhkan untuk menjadi ibu baru. Periode ini juga harus melibatkan pasanganmu untuk belajar cara merawat bayi yang baru lahir. Selain merawat bayi, kamu juga harus merawat diri sendiri untuk membangun kembali kekuatanmu. Tentunya kamu membutuhkan beberapa hal yang harus dilakukan selama beberapa minggu pertama.

Sebenarnya apa saja sih yang harus dilakukan untuk merawat tubuh setelah melahirkan? Simak beberapa cara merawat tubuh pasca persalinan dari Bacaterus berikut, yuk!

1. Harus Istirahat yang Cukup

Harus Istirahat yang Cukup

* sumber: anneematthew.com

Menjadi orangtua baru membuat kamu memiliki jam yang berbeda dari sebelumnya. Bayi yang baru lahir biasanya akan bangun setiap 3 jam dan perlu diberi makan, dihibur, atau mengganti popoknya. Terutama jika kamu baru memiliki bayi, tentunya kamu dan pasangan bisa kewalahan karena kelelahan.

Kamu mungkin tidak bisa tidur selama 8 jam untuk beberapa bulan pertama. Namun kamu harus tetap mendapatkan istirahat yang cukup. Tidurlah saat bayi sedang tidur, karena tidur sangat penting untuk masa pemulihan. Mungkin kamu hanya bisa tidur beberapa menit, tetapi hal itu akan bertambah dan berpengaruh pada istirahatmu.

Jaga supaya kamar tetap tenang dan gelap terutama pada malam hari untuk membuat bayi tidur dengan nyenyak. Selain itu dalam beberapa minggu pertama, kamu bisa meminta tolong kerabat terdekat untuk membantumu mengurus sang buah hati. Serta batasi kunjungan dari teman atau keluarga supaya tidak mengganggu jam istirahatmu.

2. Luangkan Waktu untuk Memanjakan Diri

Luangkan Waktu untuk Memanjakan Diri

* sumber: www.hellomagazine.com

Salah satu cara merawat diri adalah dengan membiarkan tubuhmu lebih rileks. Kamu bisa mulai melakukan aktivitas sederhana seperti berendam di bak mandi selama 10 menit sementara pasanganmu mengawasi bayi. Atau kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk spa malam hari. Cobalah meluangkan waktu selama 5 hingga 10 menit sehari untuk merawat diri dengan cara-cara kecil sehingga membuat kamu merasa lebih positif.

Selain itu kamu juga bisa melakukan hobi yang kamu inginkan seperti menggambar, menyanyi, memasak, dan lain-lain. Atau kamu juga bisa melakukan meditasi saat bayi sedang tidur. Coba meminta saran kepada ibu lainnya tentang bagaimana melakukan hal-hal tersebut. Penting untuk mempertahankan rutinitas perawatan diri selama waktu tersebut.

3. Olahraga Ringan di Sekitar Rumah

Olahraga Ringan di Sekitar Rumah

* sumber: www.inyourhometherapy.com

Melakukan olahraga ringan dapat membuat tubuh kamu merasa lebih baik. Sebagai ibu baru, kamu mungkin tidak punya waktu untuk melakukan aktivitas kebugaran selama satu jam secara intensif. Sebagai gantinya, kamu bisa melakukan olahraga yang ringan dan cepat di rumah saat bayi sedang tidur.

Kamu bisa berjalan-jalan atau jogging ringan di sekitar rumah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa sambil mengajak bayi berjalan-jalan menghabiskan waktu di luar. Namun pastikan bayi kamu terlindungi dari sinar matahari dan debu saat mengajaknya keluar. Atau kamu bisa mengunjungi pusat kebugaran yang menyediakan penitipan anak. Sebelum melakukan olahraga secara rutin, pastikan kamu sudah mendapatkan rekomendasi yang tepat dari dokter.

4. Jangan Mengeluhkan Bentuk Tubuh Barumu

Jangan Mengeluhkan Bentuk Tubuh Barumu

* sumber: theeverymom.com

Umumnya wanita yang telah melahirkan mengalami perubahan fisik yang signifikan. Namun ingat kamu tidak boleh membandingkan tubuhmu dengan tubuh orang lain. Karena hal itu hanya akan mengarahkan pikiranmu pada hal yang tidak realistis dan membuat pikiran selalu negatif.

Gunakan afirmasi positif seperti sering mengucapkan hal-hal yang positif pada diri sendiri. Selain itu mulailah berhenti mengikuti akun sosial media yang menunjukkan bentuk tubuh yang sempurna. Dengan begitu, periode setelah melahirkan ini tidak akan membuat kamu merasa tertekan.

5. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

* sumber: www.freepik.com

Setelah melahirkan, kamu perlu mendapatkan nutrisi yang baik untuk mempercepat pemulihan dan memberi energi yang dibutuhkan. Sebaiknya konsumsi makanan tinggi protein, vitamin C, dan zat besi. Protein membantu proses penyembuhan dan dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan baru.

Vitamin C berperan penting dalam penyembuhan melawan infeksi. Sedangkan zat besi membantu sistem kekebalan tubuh dan dibutuhkan untuk hemoglobin. Kamu bisa mendapatkan sumber protein dari ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, dan daging. Sedangkan sumber vitamin C yang baik adalah jeruk, melon, dan pepaya. Untuk makanan tinggi zat besi kamu bisa mendapatkannya dari sereal, daging merah, dan kacang kering.

Selain makanan, kamu juga membutuhkan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Jika kamu menyusui, konsumsi setidaknya 4 gelas susu rendah lemak atau yogurt rendah lemak untuk mendapatkan kalsium yang cukup.

6. Mengatasi Keputihan

Mengatasi Keputihan

* sumber: flo.health

Setelah melahirkan, biasanya tubuh akan membuang darah dan jaringan yang ada di dalam rahimmu. Hal ini disebut sebagai keputihan. Pada beberapa hari pertama, keputihan tersebut terasa berat, merah terang atau mungkin mengandung gumpalan darah. Tetapi seiring waktu, aliran tersebut akan semakin sedikit dan menjadi lebih ringan warnanya.

Kemungkinan kamu akan mengalaminya selama beberapa minggu atau selama satu bulan lebih. Biasanya keputihan tersebut akan membuat kamu tidak nyaman. Cara mengatasinya adalah kamu bisa menggunakan pantyliner atau pembalut wanita sampai kotoran berhenti keluar.

7. Merawat Payudara

Merawat Payudara

* sumber: www.refinedprose.com

ASI kamu akan muncul pada hari ketiga atau keempat setelah melahirkan. Jadi sangat penting bagi kamu untuk merawat payudara dengan baik. Dengan adanya ASI, maka payudara akan terisi dengan susu dan biasanya terjadi pembengkakan. Namun hal itu adalah normal. Untuk meringankan rasa tidak nyaman tersebut, kamu bisa menempelkan kompres hangat atau dingin ke payudara.

Puting yang terasa sakit akibat menyusui bayi biasanya akan hilang saat tubuh kamu sudah bisa menyesuaikan diri. Selain itu gunakan bra yang baik dan bersih supaya bebas dari infeksi dan masalah kulit. Bra pendukung yang paling nyaman adalah bra yang dapat mengangkat payudara ke atas. Sebaiknya pakai bra dengan tali lebar yang tidak meregang karena akan mendistribusikan berat lebih dengan baik dan tidak akan membuat bahu kamu terasa pegal.

8. Minta Bantuan dan Dukungan Kerabat Dekat

Minta Bantuan dan Dukungan Kerabat Dekat

* sumber: pregnancytobaby.com

Menjadi orangtua baru tentunya membuat kamu membutuhkan banyak pengetahuan baru mengenai cara merawat bayi sekaligus merawat diri. Selain bekerjasama dengan pasangan untuk bergantian merawat bayi, kamu juga bisa meminta bantuan kerabat dekat atau teman untuk membantu di rumah. Dengan begitu kamu bisa memiliki waktu luang untuk merawat diri.

Seseorang yang bisa kamu minta bantuan seperti ibu, teman dekat, nenek, bibi, atau menyewa perawat bayi untuk di rumah. Atau kamu bisa meminta bantuan mereka untuk mengerjakan sebagian pekerjaan mengurus rumah seperti memasak, mencuci, dan berbelanja bahan makanan.

Selain itu kamu juga bisa berbagi cerita tentang tubuh kamu dan pasangan. Beritahu orang terdekatmu dan minta saran sebelum melakukan sesuatu. Atau kamu juga bisa mengobrol dengan ibu lain yang sudah berpengalaman mengenai periode setelah melahirkan ini. Sehingga membuat kamu tidak merasa khawatir dan mendapatkan cukup dukungan dari orang-orang terdekat.

Masa melahirkan memang akan mengubah beberapa hal dan rutinitas dalam diri kamu. Tetapi pada akhirnya kamu akan terbiasa dan bisa menyesuaikan diri. Setiap perubahan fisik dan emosional yang terjadi akan perlahan membaik. Jangan ragu untuk berbicara dengan orang yang sudah berpengalaman dan konsultasi dengan dokter tentang masalah apa pun. Sehingga hal itu akan meringankan kamu dalam proses penyembuhan.

Jika kamu punya tips lainnya mengenai cara merawat tubuh setelah melahirkan, kamu bisa berbagi dengan kami di kolom komentar ya! Kunjungi artikel cara mengecilkan perut setelah melahirkan untuk membantumu memiliki perut yang rata.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar