Bacaterus / Serba Serbi / 10 Cara Merawat Perhiasan Perak agar Tidak Menghitam

10 Cara Merawat Perhiasan Perak agar Tidak Menghitam

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2018

Jika perhiasan emas dirasa terlalu mahal, coba pertimbangkan untuk membeli perhiasan perak. Perhiasan dari logam perak memiliki estetika yang tak kalah bagus dari emas. Warnanya yang silver terlihat lebih mewah dan berkelas. Hanya saja, perhiasan perak lebih mudah menghitam dibanding emas. Jadi, Anda harus memperhatikan perawatannya untuk mempertahankan kecantikan perhiasan perak tersebut.

Bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dalam merawat perhiasan perak, Bacaterus akan berbagi sejumlah cara merawat perhiasan perak agar tidak menghitam. Panduan ini meliputi cara membersihkan dan menyimpan perak yang benar. Yuk, langsung intip panduan perawatan perak di sini.

10 Cara Merawat Perhiasan Perak

1. Hindari Menyimpan dan Memakai Terlalu Lama

Hindari Menyimpan dan Memakai Terlalu Lama Cara Merawat Perhiasan Perak

Salah satu cara merawat perhiasan perak agar tetap berkilau adalah menyeimbangkan penggunaan dan penyimpanannya. Perak tidak dapat disimpan terlalu lama karena warnanya akan menjadi kusam. Pun begitu sebaliknya, logam ini juga tidak dapat dipakai terlalu sering.

Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk memakai perak sesekali waktu. Misalnya, ketika hendak menghadiri pesta, gunakan perhiasan perak ini. Usai digunakan, bersihkan perhiasan sebelum disimpan kembali di tempatnya.

Kesimpulannya, jika Anda mengoleksi perhiasan perak, sesekali perak tersebut harus dipakai. Begitu juga dengan pemakaiannya, sebaiknya tidak terlalu lama untuk menjaga kilau perhiasan perak Anda.

2. Simpan di Tempat yang Kering dan Sejuk

Simpan di Tempat yang Kering dan Sejuk

Kondisi tempat penyimpanan perhiasan perak ternyata menentukan tampilan perak tersebut, lho. Sebagai contoh, jika Anda menyimpan di tempat yang lembab dan kurang bersih, maka seiring berjalannya waktu kilau perhiasan tersebut akan memudar dan lama kelamaan jadi menghitam.

Tempat terbaik untuk menyimpan perhiasan perak adalah kotak yang tertutup rapat dan di bagian dalamnya telah dilapisi kain flanel. Apabila tidak ada kain flanel, Anda boleh menggunakan tisu untuk membungkus perhiasan perak.

Ketika hendak menyimpan perhiasan perak, hal yang harus Anda perhatikan adalah hindari perhiasan dari barang-barang besi, berkarat, cat, dan karet. Bahan-bahan ini dapat merusak perhiasan perak dan membuat warnanya jadi menghitam dengan cepat.

3. Pisahkan dengan Perhiasan Lainnya

Pisahkan dengan Perhiasan Lainnya

Cara merawat perhiasan perak memang tergantung dengan bagaimana cara kita menyimpannya. Perak adalah logam yang cukup sensitif dan dapat menghitam lebih cepat dibanding emas. Anda harus menyimpan perak secara terpisah dengan jenis perhiasan lainnya, entah itu perhiasan yang terbuat dari emas, platina, paladium, tembaga, dan lainnya.

Hal yang sama juga berlaku ketika dipakai. Hindari menggunakan gelang perak bersamaan dengan gelang emas atau gelang dari jenis logam lainnya. Gesekan yang terjadi antara perak dan jenis logam lainnya dapat membuat warna perak Anda jadi cepat kusam.

4. Oleskan Minyak Zaitun untuk Penyimpanan Jangka Waktu Lama

Minyak Zaitun dan Minyak Jojoba

Pada poin pertama, kami menyarankan Anda untuk sesekali menggunakan perhiasan perak dan tidak disimpan terlalu lama. Hal tersebut untuk menjaga kilau perhiasan perak agar tetap terlihat seperti baru. Namun, bagaimana jika Anda memang tidak bisa menggunakan perhiasan perak itu sama sekali karena berbagai hal?

Apabila Anda berencana menyimpan perhiasan perak dalam jangka waktu yang lama, Anda harus mengoleskan minyak zaitun terlebih dahulu pada perhiasan tersebut. Minyak zaitun akan menjaga kilau warna perak tidak memudar meskipun disimpan dalam waktu yang cukup lama. Oleskan minyak zaitun di seluruh permukaan perhiasan perak, lalu simpan di tempat yang bersih dan sejuk.

5. Lepas Perhiasan Ketika Mandi dan Berenang

Lepas Perhiasan Ketika Mandi dan Berenang

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, perak adalah logam yang cukup sensitif. Jika Anda berencana memakai perak dalam kehidupan sehari-hari, Anda harus rutin melepas perhiasan sebelum mandi. Air dan sabun dapat membuat perhiasan perak lebih cepat menghitam.

Saat berenang di kolam renang atau laut, Anda juga harus melepas perhiasan perak. Kaporit di dalam kolam renang akan mempercepat proses penghitaman perhiasan perak. Sementara kandungan garam pada air laut berpotensi merusak perhiasan perak kesayangan Anda.

Cara merawat perhiasan perak ini memang sedikit ribet. Akan tetapi, Anda harus melakukannya jika ingin menjaga kilau perhiasan perak Anda tetap terlihat sempurna.

6. Hindari Perhiasan dari Parfum atau Lotion

Hindari Perhiasan dari Parfum atau Lotion

Suka menyemprotkan parfum ke bagian leher? Anda harus hati-hati jika Anda memakai kalung perak. Kandungan di dalam parfum akan menghitamkan warna kalung perak yang Anda pakai, lho. Jadi, Anda harus menyemprot parfum di bagian tubuh yang tidak menggunakan perhiasan.

Selain parfum, lotion juga berpotensi menghitamkan warna perhiasan perak. Anda harus melepas perhiasan terlebih dahulu sebelum mulai mengaplikasikan lotion ke tubuh. Setelah lotion-nya meresap ke pori-pori, baru Anda boleh mengenakan perhiasan perak kembali.

7. Sering Mengelap Perhiasan Jika Anda Berkeringat

Sering Mengelap Perhiasan Jika Anda Berkeringat

Penggunaan perhiasan perak memang terkadang merepotkan. Anda harus sering-sering mengelap perhiasan perak jika Anda sedang berkeringat. Keringat yang dibiarkan begitu saja akan membuat perhiasan perak menjadi kotor dan lama-lama menghitam.

Selalu sedia tisu atau sapu tangan untuk mengelap perhiasan perak ketika Anda berkeringat. Apabila Anda tidak ingin repot mengelap perhiasan terus menerus, sebaiknya lepas perhiasan perak ketika Anda hendak melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat.

8. Lakukan Pembersihan Secara Teratur

Lakukan Pembersihan Secara Teratur

Dari sekian banyak cara merawat perhiasan perak yang telah kami bagikan di sini, satu-satunya cara terbaik untuk merawat perhiasan perak adalah rutin melakukan pembersihan, apalagi jika perhiasan tersebut selalu dipakai setiap hari.

Pembersihan perak bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda dapat menggunakan bahan-bahan, seperti pasta gigi atau baking soda. Akan menjadi lebih bagus lagi jika Anda menggunakan produk khusus untuk membersihkan perak. Untuk panduan membersihkan perak yang benar, Anda dapat berkunjung ke artikel cara membersihkan perak dengan mudah ini.

9. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

Maksud hati ingin menjemur perhiasan perak agar cepat kering. Namun, menjemur di bawah sinar matahari secara langsung justru akan membuat warna perak lebih cepat pudar dan menghitam. Solusinya, jemur saja di tempat yang berangin tanpa terpapar sinar matahari secara langsung. Bila perlu tempatkan kipas angin yang menyala di depan perhiasan perak yang baru dicuci agar lebih cepat kering.

10. Simpan Perhiasan dalam Keadaan Kering

Simpan Perhiasan dalam Keadaan Kering

Menyimpan pakaian basah dapat membuat pakaian tersebut berbau apek dan berjamur. Namun, bagaimana jika kita menyimpan perhiasan perak dalam keadaan basah? Apakah hal tersebut berdampak pada tampilan perak itu?

Ya, menyimpan perhiasan perak dalam kondisi basah memang tidak disarankan. Perak memang tidak bisa berjamur, tapi air dapat menciptakan noda kerak pada perak sehingga membuat perhiasan terlihat lebih kusam. Pastikan Anda selalu menyimpan perhiasan perak dalam keadaan kering dan bersih.

Inilah panduan cara merawat perhiasan perak agar tidak menghitam. Cara ini akan menjaga perhiasan perak Anda tetap cantik dan berkilau meskipun disimpan atau dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment