Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Merawat Muka Berminyak dengan Langkah Sederhana

10 Cara Merawat Muka Berminyak dengan Langkah Sederhana

Kulit manusia memproduksi minyak yang dapat berguna dan berfungsi sebagai pelindung kulit dari polusi, debu, dan sinar matahari yang dapat masuk ke dalam kulit melalui pori-pori. Minyak alami kulit juga dapat menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit menjadi tidak cepat keriput dan tetap kenyal.

Akan tetapi, jika minyak alami kulit terproduksi terlalu banyak, tentunya tidak akan memberikan manfaat lebih untuk kulit Anda dan justru menciptakan masalah baru. Jika produksi minyak di kulit wajah Anda terlalu banyak, maka kulit Anda akan menjadi terlihat mengkilap dan kusam. Hal ini dapat membuat Anda menjadi kurang percaya diri.

Selain itu, minyak berlebih pada kulit wajah Anda bukannya menangkal debu dan polusi, justru malah memerangkapnya sehingga menumpuk dan menutupi pori-pori wajah. Perangilah minyak berlebih di wajah dengan 10 cara merawat muka berminyak dengan langkah-langkah simpel yang telah Bacaterus rangkum berikut ini.

10 Cara Merawat Muka Berminyak Dengan Langkah Sederhana

1. Mencuci Muka

cara memakai serum wajah

Seperti proses perawatan wajah pada umumnya, menjaga kebersihan kulit dengan rutin mencuci muka adalah langkah paling utama sebagai cara merawat muka berminyak. Rutinlah mencuci muka Anda sebanyak dua kali sehari, yaitu saat sebelum beraktivitas dan sebelum pergi tidur. Selain pada dua waktu itu, Anda tidak perlu mencuci muka lagi.

Jika terlalu banyak mencuci muka, kulit wajah Anda lama-kelamaan akan menipis, sehingga debu, polusi, dan sinar matahari akan mudah masuk ke dalam kulit Anda. Bahkan terlalu sering mencuci muka akan membuat produksi minyak pada kulit wajah Anda meningkat, sehingga wajah Anda akan semakin berminyak.

2. Menggunakan Pelembab

pelembab wajah

Cara merawat muka berminyak selanjutnya adalah dengan rutin menggunakan pelembab. Mungkin Anda berfikit pelembab akan membuat kulit Anda semakin berminyak, padahal apa pun jenisnya, kulit wajah selalu membutuhkan pelembab. Jika Anda mengkhawatirkan minyak di kulit wajah Anda semakin banyak jika menggunakan pelembab, maka gunakanlah pelembab wajah khusus untuk kulit berminyak.

3. Selektif Memilih Make Up

make up

Cara merawat muka berminyak yang selanjutnya adalah berhati-hati dalam memilih kosmetik. Mungkin hampir setiap hari Anda menggunakan make up, dan akan menempel seharian hingga kegiatan Anda selesai.

Maka dari itu, selektiflah dalam memilih make up yang akan Anda gunakan. Mulai dari pelembab, foundation, bedak, dan sebagainya. Pilihlah kosmetik dengan kadar minyak rendah, lebih bagus lagi jika Anda memilih kosmetik dengan water based alias dari bahan dasar air.

4. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Cara merawat muka berminyak

Gaya hidup sehat dapat Anda mulai dari minum air putih sebanyak 1-2 liter per hari. Air putih dapat menutrisi kulit Anda sekaligus mengeluarkan racun dan kotoran dari tubuh melalui keringat. Dengan produksi keringat yang cukup banyak, maka minyak pada kulit wajah Anda pun menjadi berkurang.

Selain minum air putih, Anda harus mengatur pola makan Anda. Kurangi junk foods yang mengandung banyak minyak dan perbanyak sayur, buah, biji-bijian, dan daging rendah lemak seperti ikan. Sempatkan juga berolahraga dengan rutin. Dengan melaksanakan gaya hidup sehat, maka tubuh dan kulit Anda pun akan terbawa menjadi sehat juga.

5. Terapi Air Hangat

Basmi tungau dengan air garam

Air Hangat dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak yang menempel pada kulit wajah Anda. Cara merawat muka berminyak yang selanjutnya adalah dengan terapi air hangat. Air hangat akan membuka pori-pori kulit wajah Anda, sehingga membuat segala kotoran yang menyumbat di pori-pori keluar dengan sendirinya. Hal ini akan membuat minyak pada kulit Anda terangkat juga.

Cara melakukan terapi air hangat sangatlah mudah. Pertama, siapkan air hangat, handuk tangan (waslap), mangkuk, dan garam. Kedua, campurkan air hangat dengan garam, aduk hingga garam larut. Ketiga, celupkan waslap ke dalam larutan air garam dan peras hingga agak kering. Terakhir, usapkan waslap ke seluruh permukaan wajah secara perlahan-lahan.

6. Gunakan Pisang

Pisang Buah yang Bagus untuk Kulit

Seperti yang telah di bahas pada artikel cara merawat wajah agar tidak berjerawat, pisang mengandung aneka nutrisi yang sangat bermanfaat seperti zat besi, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, dan masih banyak lagi yang dapat menyehatkan tubuh. Tapi, ternyata pisang juga dapat Anda manfaatkan sebagai cara merawat muka berminyak.

Cara membuat masker pisang untuk merawat muka berminyak: Pertama, siapkan 1 buah pisang matang, haluskan. Kedua, campurkan 1 sendok teh madu, aduk rata. Ketiga, oleskan adonan masker pisang ke seluruh wajah dan leher Anda untuk hasil maksimal. Terakhir, diamkan masker selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas.

7. Gunakan Kentang

Gunakan Kentang

Mungkin Anda belum tahu kalau kentang dapat Anda manfaatkan sebagai cara merawat muka berjerawat. Cara menggunakan masker kentang sangatlah mudah. Sebelum Anda pergi tidur, cuci muka Anda seperti biasa. Setelah itu, iris tipis kentang. Lalu ambil satu irisan kentang dan usapkan pada kulit wajah Anda. Diamkan semalaman. Pada pagi harinya, basuh wajah Anda menggunakan air hangat.

8. Gunakan Daun Seledri

cara merawat muka berminyak

Ada beberapa orang yang tidak mau makan jika terdapat daun seledri pada makanan mereka, alasannya karena bau dan rasanya tidak enak. Padahal, seledri punya banyak sekali manfaat untuk tubuh dan untuk kulit. Daun seledri dapat membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah, loh.

Cara merawat muka berminyak menggunakan daun seledri:

  1. Pertama, masukkan 2 gelas air ke dalam panci kecil, rebus hingga mendidih.
  2. Kedua, siapkan daun seledri secukupnya, potong kecil-kecil.
  3. Ketiga, masukkan potongan daun seledri ke dalam air, rebus hingga 15 menit-an.
  4. Keempat, angkat, lalu diamkan hingga mendingin.
  5. Terakhir, oleskan rebusan daun seledri pada seluruh permukaan kulit wajah, tunggu hingga meresap, lalu cuci muka seperti biasa.

9. Gunakan Pepaya

gunakan pepaya

Pepaya mengandung kadar antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah kerusakan sel kulit dan juga penuaan dini. Pepaya juga mengandung zat papain yang dapat menghilangkan sel kulit mati, sehingga kulit wajah Anda akan terlihat lebih cerah. Cara merawat muka berminyak menggunakan pepaya cukup mudah:

Pertama, siapkan buah pepaya matang, lalu haluskan menggunakan garpu atau menggunakan blender. Kedua, oleskan pepaya yang sudah halus ke seluruh permukaan wajah, bisa menggunakan jari tangan atau menggunakan kuas masker. Terakhir, diamkan masker pepaya selama 10-15 menit atau hingga mengering, lalu bilas hingga bersih.

10. Gunakan Lemon

gunakan lemon

Cara merawat muka berminyak yang terakhir adalah menggunakan masker lemon. Buah yang satu ini sangat terkenal untuk dijadikan bahan utama atau bahan tambahan perawatan kulit. Terang saja, karena lemon mengandung vitamin C yang tinggi yang mampu mencerahkan kulit dan mengusir minyak berlebih pada kulit Anda.

Masker lemon dapat dibuat dengan cara memeras setengah buah lemon, lalu ditambahkan dengan satu sendok teh madu. Aduk rata adonan lalu oleskan pada kulit wajah dan leher Anda. Tunggu hingga masker mengering, lalu bilas hingga bersih.

Itulah 10 cara merawat muka berminyak dengan langkah-langkah simpel. Betul-betul simpel, bukan? Anda tahu cara lainnya untuk membasmi muka berminyak? Bagikan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

2 Comments

  1. electricscootershq.org at - Reply

    Langkah kedua yaitu membersihkan lagi kulit yang sudah dibersihkan melalui langkah pertama tadi dengan cleansing milk dan cuci muka menggunakan facial foam cleanser yang lembut dan cocok untuk kulit anda. Orang Korea dalam menggunakan Cleanser dilakukan sambil memijit halus dengan gerakan memutar dan dillakukan sekitar satu menit lebih.

    • Syuri
      SKN at - Reply

      terimakasih untuk komentarnya, dan terimakasih juga karena sudah mau berbagi informasi 🙂

Leave A Comment