Bacaterus / Buku / Pecinta Buku Wajib Tahu 11 Cara Merawat Buku dengan Baik Ini

Pecinta Buku Wajib Tahu 11 Cara Merawat Buku dengan Baik Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2019

Bagi kamu yang senang membaca buku, tidak diragukan lagi jika memiliki beberapa koleksi buku di rumah. Atau bahkan sudah memiliki banyak buku yang menumpuk dan hampir terlihat seperti perpusatakaan kecil? Sama halnya dengan benda lain, buku juga perlu dirawat supaya tetap awet dan terhindar dari kerusakan.

Tidak bisa dibiarkan sembarangan, buku-buku kesayanganmu juga perlu perawatan khusus lho! Tidak mau kan kalau tiba-tiba buku-buku tersebut rusak begitu saja? Supaya lebih awet dan tahan lama, Bacaterus akan berbagi cara merawat buku dengan baik berikut ini.

1. Simpan Buku di Rak

Simpan Buku di Rak

* sumber: makespace.com

Jika kamu memiliki jumlah koleksi buku yang banyak, sebaiknya letakkan di dalam rak buku. Selain membuat buku kamu terlihat lebih rapi, rak buku juga akan melindungi buku-bukumu dari paparan debu secara langsung.

Tetapi untuk buku berukuran besar sebaiknya letakkan dengan posisi rata di permukaan daripada posisi tegak untuk mencegah tulang punggung buku yang besar melemah atau terpisah dari strukturnya.

2. Hindari Tempat yang Lembap

Hindari Tempat yang Lembap

* sumber: www.lib.uci.edu

Salah satu penyebab terbesar dari buku yang rusak adalah lingkungan yang lembap. Lingkungan yang sangat lembap akan mengembangkan jamur dari waktu ke waktu. Jika lembap, hasilnya tidak hanya menyebabkan buku kamu rapuh atau retak tetapi juga berbau apek.

Selalu ingat untuk menyimpan buku-buku kamu di tempat dengan aliran udara yang cukup, sebaiknya diletakkan di rak terbuka daripada tempat atau kotak yang tertutup. Jika kamu tidak punya pilihan selain menyimpan buku di ruang pengap, gunakan kipas angin supaya ada udara yang bergerak.

3. Hindari dari Sinar Matahari Langsung

Hindari dari Sinar Matahari Langsung

* sumber: www.sciencefocus.com

Jauhkan buku kamu dari sinar matahari langsung. Sinar UV dari matahari dapat menyebabkan sampul buku memudar seiring waktu. Sama seperti kulit yang terbakar sinar matahari, jika buku terlalu banyak terpapar sinar UV makan akan mengubah warna buku.

Selain mengubah warna, sinar matahari juga menyebabkan kerutan pada kertas dan cover buku. Sebaiknya tempatkan rak buku di sudut ruangan yang teduh atau beli penutup anti sinar UV seperti kaca film atau gorden supaya buku kamu aman dari sinar matahari langsung.

4. Bersihkan Buku Secara Rutin

Bersihkan Buku Secara Rutin

* sumber: saveyourbooks.com

Debu akan mengumpul di rak buku seiring waktu. Untuk mengatasinya bersihkan buku-buku kamu setidaknya sekali setiap bulan. Gunakan kain bersih, lap bulu, atau vakum pembersih. Selalu bersihkan buku kamu dari tulang belakang ke luar untuk mencegah debu mengumpul di tulang belakang buku.

Jika tumbuh jamur pada buku, pisahkan koleksi buku kamu dan hilangkan dengan kain kering atau spons. Kemudian jemur buku di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam untuk menghilangkan spora.

Atau masukkan buku yang berjamur ke dalam freezer selama satu atau dua hari dengan dibungkus plastik bersih. Setelah dikeluarkan dari freezer gunakan vakum untuk menyedot jamur beku atau sikat dengan lembut.

5. Jaga Buku Tetap Wangi

Jaga Buku Tetap Wangi

* sumber: www.creema.jp

Jika buku kamu sudah bebas dari jamur tetapi masih bau, cobalah gunakan kantong plastik sealable yang cukup besar untuk memuat buku, taburkan baking soda di dalamnya dan biarkan selama beberapa jam. Setelah itu bersihkan dan bau buku akan hilang. Atau kamu bisa menggunakan pewangi khusus lemari supaya menghilangkan bau tidak sedap pada rak buku milikmu.

6. Gunakan Pembatas Buku

Gunakan Pembatas Buku

* sumber: www.shopladyjayne.com

Tidak semua orang memiliki waktu, perhatian, atau kemampuan menyelesaikan membaca satu buku hanya dalam sekali duduk. Biasanya jika hal itu terjadi, sebagian orang akan melipat sedikit halaman untuk menandai. Terutama jika buku yang dibaca tidak memiliki pembatas buku. Sebaiknya hal itu tidak dilakukan karena bisa membuat lembar buku mengerut atau bahkan merusak halamannya.

Jika buku yang kamu baca tidak memiliki pembatas buku bawaan sebaiknya kamu beli pembatas buku atau gunakan penjepit kertas atau potongan kertas kecil sebagai penanda. Tentunya akan membuat buku kamu tidak meninggalkan bekas bookmark dan akan membuat bukumu terlihat awet.

7. Lindungi Buku dengan Sampul

Lindungi Buku dengan Sampul

* sumber: www.ypo.co.uk

Bagi kamu yang senang membaca dimana pun atau senang membawa buku saat bepergian, mungkin kamu merasa menyimpan buku di dalam tas atau ransel sudah cukup untuk melindunginya. Padahal sebenarnya hal itu tidak cukup untuk melindungi buku kamu. Untuk melindungi buku dari kerusakan seperti sampul yang kusut atau terlipat sebaiknya gunakan sampul plastik bening.

Atau jika kamu tidak sempat membelinya, bisa gunakan kantong plastik bening. Selain memberinya sampul karena untuk urusan bepergian, sebaiknya gunakan sampul bening pada semua bukumu supaya terhindar dari debu yang akan mengotori sampul buku secara langsung dan akan membuat bukumu lebih terlihat rapi dan bagus dalam waktu yang lama.

8. Jangan Menarik Punggung Buku

Jangan Menarik Punggung Buku

* sumber: unsplash.com

Sama seperti manusia, buku juga memiliki bagian belakang yang disebut sebagai tulang punggung buku. Bagian tersebut adalah fondasi utama yang membuat lembaran-lembaran menyatu menjadi sebuah buku. Tanpa tulang belakang tersebut, buku kamu hanyalah set kertas longgar.

Saat sedang membaca buku mungkin kita secara tidak sadar sering membuka atau membengkokkan buku terlalu lebar. Dan terkadang hal tersebut membuat lem tulang punggung mengelupas dan membuat buku rentan lepas. Sebaiknya jangan membuka buku terlalu lebar supaya bukumu tidak cepat rusak.

9. Susun Buku Secara Berurutan

Susun Buku Secara Berurutan

* sumber: homesfeed.com

Untuk menyusun buku di dalam rak, sebaiknya posisikan buku kamu dengan buku yang berukuran sama. Mulai dari buku saku dan buku bersampul kecil. Sejajarkan di sebelah buku yang ukurannya sama untuk mencegahnya melengkung keluar. Pastikan posisi buku kamu tidak condong dan gunakan ujung buku jika perlu untuk membuat posisinya tetap tegak.

Jika buku yang terlalu besar tidak bisa disimpan dalam posisi tegak, sebaiknya baringkan buku dengan tidak menumpuknya lebih dari dua buku di atasnya.

10. Hindari Memperbaiki Buku Sobek dengan Selotip

Hindari Memperbaiki Buku Sobek dengan Selotip

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/514395588681997480/?lp=true

Jika terdapat halaman buku yang sobek, sebaiknya jangan diperbaiki dengan selotip. Pita perekat atau selotip yang berada di pasaran tidak boleh digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada buku.

Karena jenis selotip tersebut peka terhadap tekanan dan dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada buku dari waktu ke waktu. Lebih baik jika dibiarkan saja daripada buku kamu akan rusak nantinya.

11. Baca Buku dengan Tangan Bersih

Baca Buku dengan Tangan Bersih

* sumber: www.bustle.com

Sebagian orang senang membaca buku sambil makan camilan atau minum. Tetapi sebaiknya hal itu harus dihindari. Karena kemungkinan remahan dari makanan atau minuman yang tumpah akan membekas pada bukumu dan dapat membuat serangga datang ke buku yang bahkan dapat membuat buku rusak.

Selain itu pastikan kamu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membaca buku. Minyak, kotoran, dan serpihan debu dari tangan dapat menyebabkan banyak kerusakan pada sampul dan halaman. Noda semacam ini akan menumpuk dan tidak bisa dihilangkan.

Jaga buku-buku kamu supaya tetap awet dan nyaman dibaca kembali suatu saat nanti. Karena bagaimana pun juga buku bisa menjadi salah satu warisan berharga untuk masa depan. Jika suatu hari kamu memberikan buku yang dalam kondisi bagus pada orang lain, mereka akan merasa dihargai karena bisa mendapatkan buku yang bagus dan bermanfaat.

Bagi kamu yang ingin berbagi tips lainnya mengenai cara merawat buku, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar. Kunjungi juga artikel cara membaca buku secara efisien ini, yuk!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *