Bacaterus / Kasur / Cara Merapikan Tempat Tidur dengan Cepat dan Mudah

Cara Merapikan Tempat Tidur dengan Cepat dan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tempat tidur seharusnya menjadi tempat yang paling nyaman untuk beristirahat. Akan tetapi, kebiasaan meletakkan barang-barang di atas tempat tidur dapat membuatnya terlihat tidak rapi. Keberadaan barang-barang yang menumpuk di tempat tidur juga bisa membuat tempat tidur jadi lebih sempit.

Merapikan tempat tidur seharusnya dilakukan setiap hari. Setelah bangun tidur kita wajib membersihkan dan merapikan tempat tidur agar selalu nyaman ketika digunakan. Bagi Anda yang merasa malas membereskan tempat tidur, simak beberapa cara merapikan tempat tidur sampai dengan memasang sprei dari Bacaterus ini.

Cara Merapikan Tempat Tidur Sehari-hari

Cara Merapikan Tempat Tidur Sehari-hari

Bangun tidur kuterus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi kutolong Ibu, membersihkan tempat tidurku…” Sebuah lagu yang populer di masa kanak-kanak ini mengajarkan kita untuk tetap rajin di pagi hari.

Setelah mandi dan menggosok gigi, kita wajib membersihkan dan merapikan tempat tidur. Bukan hanya agar lebih sedap dipandang, tetapi untuk membuat tempat tidur terasa lebih nyaman ketika akan digunakan kembali. Berikut ini Bacaterus akan berbagi cara merapikan tempat tidur sehari-hari yang paling mudah:

  1. Tepuk tempat tidur menggunakan penebah agar debu-debu dan kotoran yang berada di atas tempat tidur hilang
  2. Rapikan sprei yang membungkus kasur Anda. Jika Anda menggunakan sprei dengan ujung karet, maka Anda hanya perlu menarik keempat ujungnya. Namun, bila sprei Anda terlalu panjang dan tidak dilengkapi dengan karet, tarik sprei dari keempat ujung tempat tidur, masukkan sprei yang menjalar ke bagian bawah kasur
  3. Ambil bantal dan guling, lalu tepuk dengan penebah untuk membersihkan debu
  4. Letakkan bantal dan guling dengan rapi di atas tempat tidur Anda
  5. Bentangkan selimut atau bed cover, lalu kibaskan agar debunya hilang. Selanjutnya lipat selimut secara rapi

Cara Memasang Sprei

Cara Memasang Sprei

Banyak orang yang mengira bahwa memasang sprei adalah kegiatan yang menyusahkan. Butuh waktu lama untuk memasang sprei agar selalu rapi. Kalau Anda menggunakan sprei yang ujungnya diberi karet tentu akan lebih mudah. Namun, bagaimana jika sprei yang dipakai hanya berupa kain tanpa karet di setiap ujungnya? Berikut ini adalah cara memasang sprei yang rapi agar tidak mudah acak-acakan setiap hari:

  1. Bentangkan sprei ke tempat tidur secara simetris (jangan sampai sisi sebelah kanan lebih panjang dibanding sisi sebelah kiri atau sebaliknya)
  2. Angkat tempat tidur dan masukkan kain sprei ke bawah tempat tidur sampai benar-benar rapi
  3. Pasang peniti di setiap sisi tempat tidur untuk mengunci sprei agar tidak mudah berantakan. Banyaknya peniti tergantung dengan besar tempat tidur Anda. Jika Anda king size bed pasang 7-8 peniti masing-masing di sisi kanan dan kiri, lalu di sisi atas kepala dan bawah kaki masing-masing 5 peniti

Dengan memasang peniti di setiap sisi tempat tidur, maka sprei tidak akan terlalu berantakan setelah digunakan. Cara merapikan tempat tidur juga jadi lebih mudah jika Anda sudah memasang peniti di setiap sisi tempat tidur.

Apabila Anda menggunakan sprei yang masing-masing ujungnya sudah dilengkapi dengan karet, maka Anda tak perlu lagi memasang peniti. Akan tetapi, tak ada salahnya juga jika Anda tetap memasang peniti agar sprei lebih rapi.

Cara Melipat Selimut

Cara Melipat Selimut

Bagaimana cara Anda melipat selimut sehari-hari? Apakah Anda melipat selimut tebal seperti melipat sarung lalu meletakkannya begitu saja di atas tempat tidur? Anda bisa mencoba cara yang lebih rapi dalam melipat selimut seperti lipatan selimut di hotel atau rumah sakit.

Melipat selimut adalah bagian dari cara merapikan tempat tidur yang benar. Kali ini, kami akan memberikan panduan cara melipat selimut yang cukup mudah untuk Anda lakukan di rumah:

  1. Bentangkan selimut di atas tempat tidur Anda dan pastikan bahwa lebar selimut sudah simetris di setiap sisinya
  2. Buat lipatan seperti kasur rumah sakit, yakni dengan memasukkan kedua ujung bawah selimut ke bawah tempat tidur Anda
  3. Sementara itu, bagian atas selimut harus berjarak sekitar 25-30 cm dari ujung tempat tidur
  4. Masukkan bagian selimut yang menjuntai ke bawah kasur tempat tidur Anda
  5. Lipat bagian atas selimut ke dalam dan kegiatan melipat selimut telah selesai

Jika Anda merasa bahwa cara melipat selimut ini terlalu ribet, sejatinya tak masalah jika Anda melipat selimut seperti sarung. Hanya saja, cara ini membuat tampilan tempat tidur lebih rapi dan memudahkan Anda memakai selimut saat hendak tidur.

Cara Menata Bantal dan Guling

Cara Menata Bantal dan Guling

Bantal dan guling adalah bagian terpenting untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak. Penataan bantal dan guling ini sangat penting untuk mempercantik tampilan tempat tidur. Akan tetapi, masih banyak orang yang sekedar meletakkan bantal dan guling begitu saja di atas tempat tidur tanpa ditata sedemikian rupa. Berikut ini adalah panduan cara menata bantal dan guling agar tempat tidur terlihat lebih rapi dan luas:

  1. Pasang sarung bantal dan guling yang senada motif dan warnanya dengan sprei Anda
  2. Letakkan guling secara horisontal di atas tempat tidur (tepatnya di ujung tempat tidur)
  3. Selanjutnya, letakkan dua buah bantal secara vertikal hingga menutupi guling tersebut

Guling bisa diletakkan di mana saja sesuai dengan keinginan Anda. Cara menata bantal dan guling di atas tempat tidur akan memberikan kesan luas pada tempat tidur. Selain itu, Anda bisa langsung berbaring di atas tempat tidur tanpa terganggu oleh guling.

Tips Membersihkan Tempat Tidur

Tips Membersihkan Tempat Tidur

Kebersihan tempat tidur akan memberikan kenyamanan bagi setiap orang yang berbaring di atasnya. Jadi, Anda harus membersihkan tempat tidur setiap hari untuk menjaga kenyamanannya. Simak beberapa tips berikut ini agar Anda tidak malas membersihkan tempat tidur:

1. Bersihkan Setiap Hari

Bersihkan tempat tidur setiap hari untuk menghilangkan debu dan kotoran di atasnya. Sekedar informasi, debu atau kotoran bisa membuat kulit gatal dan terasa tidak nyaman ketika berbaring

2. Penggunaan Pelapis Sprei

Pertimbangkan kembali jika Anda ingin memakai pelapis sprei. Pasalnya, pelapis sprei akan menambah pekerjaan merapikan tempat tidur sehari-hari. Hanya saja manfaat dari pelapis sprei ini adalah melindungi kulit dari permukaan selimut atau sprei yang kasar dan membuat sprei lebih mudah dicuci karena tidak terlalu kotor

3. Gunakan Sprei Berukuran Besar

Selalu gunakan sprei dengan ukuran yang lebih besar sedikit dari ukuran kasur Anda. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam merapikan sprei. Silakan baca 10 merk sprei yang bagus untuk rekomendasi sprei yang cocok untuk Anda.

Itulah berbagai cara merapikan tempat tidur yang paling mudah dan bisa Anda coba di rumah. Pada dasarnya, merapikan tempat tidur akan membuat tampilan kamar jadi terlihat lebih rapi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *