Bacaterus / Food and Recipe / Makanan dan Minuman / Cara Menyimpan Susu Murni yang Baik agar Tetap Awet

Cara Menyimpan Susu Murni yang Baik agar Tetap Awet

Ditulis oleh

Susu adalah minuman untuk segala usia. Tak hanya anak-anak saja yang mengonsumsi susu sapi, orang dewasa pun juga bisa meminumnya setiap hari. Selain sehat, susu juga bisa membuat perut terasa lebih kenyang. Namun, bagaimana cara menyimpan susu murni yang tepat agar tidak basi? Pasalnya, susu tergolong sebagai minuman yang cepat basi.

Faktanya, Anda bisa menyimpan susu murni dengan atau tanpa kulkas, lho. Meskipun diklaim sebagai minuman yang cepat rusak, ternyata ada beberapa tips agar susu murni bisa tahan hingga beberapa hari. Bacaterus sudah mengumpulkan serba-serbi cara menyimpan susu murni yang benar. Yuk, cek informasi selengkapnya di sini.

Cara Menyimpan Susu Murni yang Benar

1. Masak Sebelum Disimpan

Masak sebelum disimpan Cara Menyimpan Susu

Manakah yang benar, memasak susu dulu baru disimpan atau sebaliknya? Cara menyimpan susu murni yang tepat adalah dengan memasak susu tersebut terlebih dahulu. Susu murni segar tidak dilengkapi dengan pengawet sehingga lebih muda rusak.

Setelah memasak susu murni, diamkan sejenak sampai dingin. Jangan menyimpan susu di kulkas dalam keadaan panas karena hal tersebut bisa membuat susu cepat basi. Apabila susu yang tadi dimasak sudah dingin, Anda bisa segera menyimpannya di dalam lemari es.

2. Simpan di Wadah Tertutup

Simpan di wadah tertutup

Kebanyakan orang tidak menutup wadah susu dengan alasan agar susu tidak rusak. Sayangnya, membiarkan wadah berisi susu dalam keadaan terbuka hanya akan membuat rasa dan aroma susu tercemar.

Ketika Anda meletakkan wadah berisi susu di dalam lemari es yang diisi dengan makanan-makanan lain, maka susu akan terkontaminasi aroma dari makanan lain. Hal tersebut disebabkan karena sifat susu yang mudah menyerap aroma yang ada di sekitarnya.

Jadi, untuk menjaga citarasa dan aroma susu murni sebaiknya simpan susu di dalam wadah tertutup. Gunakan wadah plastik atau kaca agar rasa susu tidak berubah.

3. Tambahkan Baking Soda

Tambahkan baking soda

Cara yang satu ini boleh dicoba jika memang Anda ingin membuat susu murni lebih tahan lama. Anda hanya perlu menambahkan sedikit baking soda ke dalam susu yang akan disimpan. Susu tersebut akan bertahan lebih lama.

Caranya adalah dengan menambahkan ½ sendok teh baking soda ke dalam panci berisi susu murni. Kemudian, panaskan susu hingga mendidih lalu matikan api. Biarkan susu dingin dalam suhu ruangan, selanjutnya Anda bisa menyimpan susu ini di dalam atau luar kulkas dalam waktu yang lebih lama dari biasanya.

Usia Penyimpanan Susu Murni

Usia penyimpanan susu murni

Lantas, berapa usia penyimpanan susu murni yang layak untuk dikonsumsi? Ketika membeli susu murni kita tidak memperoleh informasi tanggal kadaluarsa susu. Akibatnya, kita harus segera menghabiskan susu tersebut agar tidak cepat basi. Nah, berikut ini adalah informasi mengenai usia penyimpanan susu murni yang tepat:

  • 5 Jam

Susu murni dapat bertahan selama 5 jam setelah diperah dari sapi. Apabila susu murni tidak segera dimasak maka usia layak konsumsinya hanya 5 jam saja semenjak diperah. Jadi, ketika mendapatkan susu yang baru diperah langsung dari sapinya sebaiknya Anda segera memasak susu tersebut agar bisa diminum nanti.

  • 24 Jam

Setelah dimasak sampai mendidih, susu murni bisa langsung dikonsumsi apabila Anda tidak ingin langsung mengonsumsi susu tersebut. Dinginkan susu dalam suhu ruangan lalu simpan di dalam lemari es dengan suhu 4-10o celcius.

Susu yang setelah dimasak tidak segera disimpan di dalam lemari es akan mengalami kerusakan dalam waktu 12 jam saja. Susu sapi akan pecah dan sudah tidak layak dikonsumsi lagi bila dalam waktu 12 jam tidak diminum dan tidak dimasukkan dalam kulkas.

  • 3 Hari

Susu murni yang sudah dimasak dan disimpan di dalam freezer ternyata bisa bertahan dalam waktu 3 hari. Namun, jika ingin mengonsumsi susu yang baru saja disimpan di dalam freezer sebaiknya panaskan kembali susu tersebut agar lebih nikmat.

Akan tetapi, ada juga susu murni yang bisa bertahan selama 5 hari di dalam freezer. Sayangnya, semakin lama susu tersebut disimpan maka kesegarannya pun akan berkurang. Jadi, pertimbangkan kembali sebelum menyimpan susu di dalam freezer untuk jangka waktu lebih dari 3 hari.

Cara Mengetahui Susu yang Tidak Layak Dikonsumsi

Cara mengetahui susu yang tidak layak dikonsumsi

Sebagai manusia kita memiliki beberapa indera untuk mendeteksi makanan dan minuman yang masih layak dikonsumsi. Ciri susu murni basi ternyata bisa dikenali dari penampilan, aroma, bahkan rasanya.

Sebelum Anda terlanjur mengonsumsi susu yang sudah rusak, sebaiknya simak cara mengetahui susu yang tidak layak dikonsumsi berikut ini. Gunakan indera penglihatan, penciuman, dan pengecapan Anda untuk menilai apakah susu tersebut masih layak dikonsumsi atau tidak.

  • Dilihat

Tahap pertama untuk mendeteksi kelayakan minum susu adalah melihat teksturnya. Susu murni pecah atau berkerak merupakan tanda bahwa susu tersebut sudah kadaluarsa dan sebaiknya tidak dikonsumsi.

Susu murni yang segar bertekstur cair dan tidak terlalu kental. Selain itu, warna susu murni yang masih fresh adalah putih tulang. Jika susu yang akan diminum memiliki gumpalan-gumpalan menyerupai santan yang pecah, itu tandanya susu tersebut sudah basi.

  • Dicium

Selanjutnya, Anda harus mengerahkan indera penciuman untuk mencium aroma susu. Perlu Anda ketahui bahwa aroma susu yang masih segar adalah creamy dan tidak bikin eneg.

Sementara itu, jika Anda mencium aromanya sudah masam dan tidak sedap, maka susu tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Apabila Anda sudah melihat dan mencium susu yang sepertinya sudah tak layak diminum, sebaiknya buang saja susu tersebut.

  • Dicicipi

Cara ketiga ini bisa Anda lakukan jika tidak yakin dengan cara pertama dan kedua. Tak ada salahnya Anda mengambil sedikit sample susu yang dirasa basi. Kemudian, kecap susu tersebut di lidah.

Bila rasanya masam dan tidak sedap sebaiknya muntahkan susu tersebut dan berkumurlah dengan air. Indera pengecapan tidak akan menipu Anda, buang segera susu basi tersebut sebelum terminum oleh anggota keluarga lainnya.

Sejatinya, susu murni harus segera dikonsumsi agar citarasanya tetap segar dan tidak berubah. Agar Anda tidak perlu menyimpan susu dalam jumlah banyak, belilah sejumlah yang akan dikonsumsi langsung.

Walaupun Anda sudah melakukan cara menyimpan susu murni yang benar, tetapi akan lebih baik jika Anda minum susu yang masih segar setiap hari. Jika indera pengecapan Anda sangat peka, maka Anda akan mengetahui perbedaan susu murni segar yang baru diperah dan dimasak dengan susu yang sudah disimpan berhari-hari di lemari es kemudian dipanaskan.

Dengan cara menyimpan susu murni ini Anda jadi memahami panduan cara penyimpanan dan durasi waktu menyimpan susu murni. Jika terpaksa harus disimpan untuk keesokan harinya, sebaiknya letakkan susu tersebut di freezer.

Jangan lupa untuk turut menggunakan wadah yang tutupnya rapat agar susu murni tersebut tidak terkontaminasi dengan aroma makanan lainnya. Jika Anda ingin tahu rekomendasi merk susu rendah lemak untuk diet, silakan klik di sini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment