Bacaterus / Nugget / Yuk, Cari Tahu 3 Cara Menyimpan Nugget Tanpa Kulkas

Yuk, Cari Tahu 3 Cara Menyimpan Nugget Tanpa Kulkas

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Makanan beku seperti sosis atau nugget merupakan solusi bagi kita yang tidak sempat memasak. Kita hanya perlu menyimpannya di dalam kulkas dan bisa memasaknya kapanpun. Namun, bagaimana jika tidak memiliki lemari es? Apakah itu artinya kamu tidak bisa menikmati gurihnya nugget jika tak ada kulkas untuk menyimpannya?

Sebagai makanan beku, nugget memang harus disimpan di dalam tempat dengan suhu dingin. Sayangnya, beberapa orang tidak memiliki lemari es untuk menyimpan nugget tersebut. Bacaterus akan berbagi informasi mengenai cara menyimpan nugget tanpa kulkas nih! Jadi, orang yang tidak memiliki kulkas tetap bisa menyimpan nugget untuk sementara waktu.

Cara Menyimpan Nugget Tanpa Kulkas

1. Letakkan di Baskom Berisi Air Dingin

Letakkan di Baskom Berisi Air Dingin

* sumber: www.videoblocks.com

Hari ini kamu sudah membeli nugget, tapi kamu baru sempat memasaknya besok. Bagaimana cara menyimpan nugget ini, ya? Kalau hanya untuk disimpan semalaman, manfaatkan air dingin yang dihasilkan dari dispensermu.

Ambil sebuah wadah yang cukup untuk menampung bungkusan nugget, lalu isi wadah tersebut dengan air dingin yang diambil dari dispenser. Kemudian, rendam bungkus nugget di dalam wadah tersebut selama 2 jam.

Setiap 2 jam sekali kamu harus mengganti air yang ada di wadah itu dengan air dingin yang baru. Suhu dingin dari air yang diambil di dispenser tergolong cepat hilang. Untuk menjaga nugget agar tetap dingin, kamu harus mengganti airnya setiap 2 jam.

2. Masukkan dalam Wadah Berisi Es Batu

Masukkan dalam Wadah Berisi Es Batu

* sumber: www.hgtv.com

Tak ada kulkas untuk menyimpan nugget? Manfaatkan saja es batu. Tak perlu punya lemari es untuk bisa memiliki es batu. Beli saja es batu di warung. Kemudian, cari wadah tertutup untuk menyimpan es batu dan nugget di dalamnya.

Kami menyarankanmu untuk menggunakan wadah dari plastik atau styrofoam. Pasalnya, es batu itu akan meleleh menjadi air sehingga kamu memang harus menggunakan wadah yang kedap air. Pastikan juga bahwa wadah yang digunakan bervolume besar untuk menampung air dari es batu yang meleleh.

3. Letakkan Tepat di Bawah AC

Letakkan Tepat di Bawah AC

* sumber: twintechheating.ca

Kalau di tempatmu menggunakan AC, coba tempatkan nugget yang masih berada di dalam bungkusnya tepat di bawah saluran udara AC. Biarkan udara dingin yang dihasilkan oleh AC-mu itu mendinginkan nugget.

Akan tetapi, cara ini sebenarnya hanya efektif untuk 8 jam saja. Biar bagaimana pun, suhu dingin yang dihasilkan lemari es tentu berbeda dengan yang dihasilkan AC. Sedingin apapun kamu mengatur AC, tetap saja tidak bisa sedingin suhu yang berasal dari lemari es.

Tips Menyimpan Nugget Tanpa Kulkas

Sebagaimana namanya, nugget adalah makanan beku yang tidak bisa disimpan lama dalam suhu ruangan. Sesejuk apapun ruangannya, tetap saja tidak bisa membuat nugget lebih awet seperti ketika disimpan di dalam kulkas.

Nah, bagi kamu yang tidak punya kulkas untuk menyimpan nugget, kamu tetap bisa membelinya kok. Hanya saja, ikuti beberapa tips penyimpanannya berikut ini, ya!

  • Langsung Dimasak Setelah Beli
Langsung Dimasak Setelah Beli

* sumber: www.videoblocks.com

Apabila kamu tidak mempunyai lemari es untuk menyimpan nugget, sebaiknya jangan terburu-buru membeli nugget. Beli saja nugget ketika kamu memang hendak memasaknya. Jadi, kamu tidak perlu menyimpan nugget sampai berhari-hari karena dalam hitungan jam setelah membeli kamu sudah langsung memasaknya.

  • Habiskan Setelah Dibuka
Habiskan Setelah Dibuka

* sumber: www.consumerreports.org

Ketiga cara menyimpan nugget tanpa kulkas yang kami bagikan di atas hanya berlaku untuk nugget kemasan yang masih belum dibuka. Nugget curah atau nugget yang kemasannya sudah dibuka tidak akan bertahan lama di luar lemari es. Daya tahan nugget yang kemasannya telah dibuka hanya 5-8 jam saja bila disimpan di suhu ruangan.

  • Ambil Nugget Usai Berbelanja
Ambil Nugget Usai Berbelanja

* sumber: www.thisisinsider.com

Bagi kamu yang sering belanja bulanan di supermarket, sebaiknya ambil nugget atau makanan beku lainnya setelah kamu selesai mengambil barang-barang lainnya. Semakin lama nugget dibawa keluar dari freezer, tentu saja daya tahannya juga semakin menurun.

Apabila kamu berbelanja dengan teman atau keluarga, minta bantuan teman untuk mengantre di kasir dan ambil nugget saat belanjaan sudah hampir mendekati kasir.

  • Pertimbangkan Membeli Makanan Kaleng
Pertimbangkan Membeli Makanan Kaleng

* sumber: www.thekitchn.com

Apapun caranya, nugget memang sebaiknya disimpan di dalam freezer lemari es. Kamu tidak bisa berlarut-larut menyimpan nugget dalam suhu ruangan selama berjam-ham bahkan berhari-hari.

Jadi, bila kamu tidak memiliki kulkas untuk menyimpan nugget, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli makanan kaleng saja, seperti kornet dan sarden. Makanan kaleng bisa bertahan lama meskipun disimpan dalam suhu ruangan. Rasanya pun tak kalah enak dibanding nugget.

Kesimpulannya, ketika kamu ingin menyimpan nugget selama berhari-hari tapi kamu tidak memiliki lemari es, sebaiknya hindari membeli nugget. Jika tetap ingin membeli nugget, sebaiknya segera masak nugget tersebut setelah kamu membelinya. Jangan ambil risiko menyimpan nugget di luar ruangan karena nugget-mu akan menjadi rusak dan mubazir.

Ciri Nugget Rusak (Basi)

Youtube

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=dS_FKnKuGmU

Menyimpan nugget di suhu ruangan sangat berisiko mempercepat kerusakannya. Jika kamu menyimpan nugget di luar kulkas, khususnya dengan cara-cara di atas, sebaiknya cek nugget sebelum digoreng. Kali ini, Bacaterus akan memberikan cara mengenali nugget yang rusak alias basi.

  • Berlendir

Nugget mungkin akan bertahan di suhu ruangan selama 24 jam sejak keluar dari freezer. Jika kamu menyimpannya di luar lemari es selama seharian penuh atau lebih, cek dulu nugget tersebut sebelum digoreng. Nugget yang basi akan mengeluarkan lendir.

  • Bau Tak Sedap

Nugget yang fresh dan layak makan umumnya memiliki aroma daging ayam atau daging ikan (tergantung pada bahan pembuatannya). Jika kamu membuka bungkus nugget dan mendapati baunya apek cenderung tengik, kemungkinan besar nugget itu sudah bau dan tidak layak dikonsumsi.

  • Perubahan Warna

Pada umumnya, nugget berwarna kuning karena dibalut dengan tepung panir. Setelah digoreng, warna nugget akan berubah jadi cokelat keemasan. Akan tetapi, jika nugget tersebut berwarna kuning pucat atau nyaris putih, itu tandanya nugget-nya sudah basi.

Kenali dulu ciri khas nugget yang sudah rusak ini agar kamu bisa mengetahui nugget tersebut aman dikonsumsi atau tidak. Ingat, nugget yang disimpan di luar kulkas sangat berpotensi mengalami kerusakan yang lebih cepat.

Cara-cara di atas sejatinya hanya merupakan cara menyimpan nugget  secara darurat dalam waktu beberapa jam. Saran kami, jangan menyimpan nugget di luar kulkas lebih dari 12 jam. Jika tak ada kulkas, sebaiknya tidak memaksa membeli nugget. Masih ada banyak pilihan makanan kaleng yang bisa dijadikan solusi.

Kunjungi artikel cara menyimpan sosis untuk mengetahui panduan penyimpanan sosis yang benar agar lebih tahan lama.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar