Bacaterus / Kulkas / Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tidak Cepat Basi

Cara Menyimpan Makanan di Kulkas Agar Tidak Cepat Basi

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Januari 2019

Setelah membahas seputar cara menyimpan ayam, daging, dan telur, rasanya ada yang kurang jika kami tidak turut membahas cara menyimpan makanan di kulkas. Yang dimaksud di sini adalah makanan matang atau bahan makanan yang sudah diolah. Kulkas akan membantu untuk mengawetkan makanan-makanan sisa agar Anda bisa mengonsumsinya keesokan hari.

Tak perlu berlama-lama lagi, Bacaterus akan membahas seputar cara menyimpan makanan di kulkas agar tidak basi. Pilih cara penyimpanan yang sesuai dengan jenis makanan yang akan disimpan. Manfaatkan kulkas untuk membuat makanan matang atau produk makanan lain jadi lebih awet.

Cara Menyimpan Makanan Matang yang Sudah Dimasak

Cara Menyimpan Makanan Matang yang Sudah Dimasak

Ada makanan sisa dari hidangan makan malam? Kalau masih layak dikonsumsi jangan keburu dibuang. Makanan matang yang sudah dimasak bisa bertahan hingga berhari-hari bila disimpan di dalam kulkas. Jadi, Anda bisa menyimpannya untuk dikonsumsi beberapa hari ke depan. Berikut adalah aturan mengenai cara menyimpan makanan di kulkas, khususnya untuk masakan yang sudah dimasak hingga matang:

1. Simpan di Wadah Horisontal

Simpan makanan matang di dalam wadah horisontal agar suhu dingin di dalam kulkas dapat mengawetkan makanan secara merata. Di samping itu, gunakan tempat makan yang kedap udara agar masakan tidak tercemar oleh aroma dari bahan makanan lain yang juga disimpan di dalam kulkas.

2. Jangan Langsung Memasukkan ke Kulkas

Jangan langsung memasukkan makanan yang baru dimasak ke dalam kulkas. Sebaiknya tunggu sampai 2 jam terlebih dahulu baru masukkan masakan tersebut ke dalam lemari es.

3. Jauhkan dari Makanan Mentah

Hindari meletakkan makanan matang di dekat bahan makanan mentah, baik itu sayuran maupun daging. Selain untuk mencegah aroma makanan mentah mencemari makanan matang, ini juga merupakan langkah antisipasi untuk mencegah perpindahan bakteri dari makanan mentah.

4. Perhatikan Waktu Penyimpanan

Ada banyak masakan yang bisa disimpan di kulkas, tetapi untuk makanan yang mengandung daging sebaiknya tidak disimpan dalam waktu lebih dari 3 hari di chiller atau rak kulkas. Sementara itu, jika Anda menyimpan makanan matang di dalam freezer daya tahannya dapat mencapai 4-5 hari.

Cara Menyimpan Salad

Cara Menyimpan Salad Cara Menyimpan Makanan di Kulkas

Salah adalah makanan yang bahan utamanya adalah buah dan sayuran. Makanan ini memang menggunakan sayuran dan buah yang tidak dimasak alias mentah. Meskipun mentah, cara menyimpan salad buah dan sayuran tidak sama dengan cara menyimpan sayuran dan buah di dalam kulkas. Pasalnya, sayur dan buah di salad sudah dipotong-potong terlebih dahulu.

Bingung bagaimana cara menyimpan salad buah dan sayur di kulkas? Ikuti tips menyimpan salad di dalam kulkas berikut ini:

  1. Simpan sayuran dan buah salad secara terpisah dengan dressing-nya. Mencampur salad dengan saus dressing hanya akan mempercepat pembusukan buah dan sayuran pada salad.
  2. Masukkan salad ke dalam wadah kedap udara (sejenis tupperware) untuk mencegah kontaminasi bakteri dan aroma dari bahan makanan lainnya.
  3. Pisahkan sayuran dan buah dengan irisan ikan salmon atau ayam yang dipakai sebagai topping. Untuk topping sebaiknya dibungkus dengan plastic wrap dan bisa dihangatkan menggunakan microwave.
  4. Simpan salad di dalam kulkas selama 3- 4 hari ke depan. Kami tidak menjamin kesegaran salad jika sudah melewati waktu 4 hari.

Cara Menyimpan Cake

Cara Menyimpan Cake

Ketika membahas cara menyimpan makanan di kulkas, ada salah satu jenis makanan yang sering tersisa ketika kita membelinya. Ya, makanan tersebut adalah cake. Ketika membeli satu loyang cake, kita tidak mungkin menghabiskannya hari itu juga. Alhasil, kita memilih untuk menyimpan sisa cake di dalam kulkas. Berikut adalah tips menyimpan cake agar tetap awet sampai 1-2 hari ke depan:

  1. Masukkan cake ke dalam wadah tertutup atau dibungkus dengan plastic wrap.
  2. Letakkan cake di rak lantai 2 atau 3 di bagian dalam kulkas. Jangan meletakkan cake di freezer karena bisa membeku.
  3. Jika Anda ingin menyimpan cake buatan sendiri di dalam kulkas, sebaiknya biarkan di luar kulkas selama 2 jam setelah proses pembuatan cake Setelah 2 jam, Anda bisa memasukkan cake ini ke dalam kulkas.

Daya tahan cake di dalam kulkas bisa mencapai 2 hari. Selanjutnya, tekstur kue akan jadi mengeras dan rasanya pun menjadi berbeda. Untuk merasakan cita rasa terbaik dari cake, memang sebaiknya cake langsung dikonsumsi sebelum 2 hari mendatang. Kulkas hanya bisa mengawetkan selama 1-2 jam, jika lebih dari itu sebaiknya Anda lebih waspada.

Cara Menyimpan Kacang-kacangan

Cara Menyimpan Kacang-kacangan

Proses penyimpanan kacang-kacangan bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan. Namun, jika Anda ingin cita rasa kacang tetap renyah dan gurih ketika Anda membelinya, maka Anda harus memasukkan kacang-kacangan ke dalam kulkas. Untuk menyimpan kacang-kacangan, terutama kacang yang sudah digoreng dan disangrai terlebih dahulu, Anda harus menyiapkan beberapa buah toples.

Satu toples hanya untuk diisi dengan salah satu jenis kacang-kacangan saja, misalnya kacang tanah harus disimpan bersama dengan kacang tanah pada satu toples, sedangkan toples lain bisa dipakai untuk menyimpan kacang almond, kacang hijau, atau kacang jenis lainnya.

Cara Menyimpan Bumbu

Cara Menyimpan Bumbu

Bahan makanan yang sudah diolah menjadi bumbu ternyata juga bisa disimpan di dalam kulkas, lho. Akan tetapi untuk bumbu yang sudah diolah, apalagi jika Anda mengolahnya sendiri dengan cara alami, maka daya tahannya hanya 1-2 hari.

Yang harus Anda lakukan adalah menutup rapat wadah penyimpanan bumbu agar cita rasa dari bumbu tersebut tidak menyebar ke aroma lain, pun begitu sebaliknya aroma dari makanan lain juga bisa menulari aroma bumbu masakan yang sudah diolah. Bumbu buatan sendiri ini tidak mengandung bahan pengawet sehingga tidak bisa bertahan lebih lama.

Cara Menyimpan Jus Buah

Cara Menyimpan Jus Buah

Terbiasa membuat jus buah dalam jumlah banyak? Meskipun sebenarnya jus buah lebih enak dikonsumsi pada saat segar, tapi tidak masalah jika Anda membuat jus dalam jumlah yang lebih banyak kemudian sisa jus buah disimpan di dalam kulkas.

Jus yang terbuat dari buah-buahan segar memang rentan sekali basi. Oleh karena itu, Anda harus lebih cerdik dalam menyimpan jus buah. Proses menghaluskan buah dan sayur (jus) sebaiknya dilakukan pada saat hari di mana Anda akan mengonsumsi jus tersebut.

Apabila ada sisa jus, masukkan ke dalam sebuah wadah plastik (seperti Tupperware), lalu masukkan di rak lantai paling atas dalam kulkas Anda (di bawah freezer). Jus buah ini hanya bisa bertahan 24 jam saja jika dimasukkan ke dalam kulas. Sebelum 24 jam tiba, sebaiknya habiskan jus buah tersebut.

Inilah 10 cara menyimpan makanan di kulkas sesuai dengan jenis makanannya. Menyimpan makanan di kulkas memang baik agar makanan tidak menjadi terbuang sia-sia. Akan tetapi, akan lebih baik jika Anda menghabiskan makanan di hari yang sama dengan proses memasaknya agar cita rasanya tetap terjaga.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *