Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / Cara Menyimpan Ikan yang Benar dengan atau Tanpa Kulkas

Cara Menyimpan Ikan yang Benar dengan atau Tanpa Kulkas

Ditulis oleh

Setelah mengetahui tips memilih ikan segar rasanya ada yang kurang jika kami tidak membahas cara menyimpan ikan yang benar. Terkadang kita tidak langsung memasak ikan yang baru saja dibeli. Namun, bagaimana cara menyimpan ikan tersebut agar tetap segar sampai akan dimasak nanti? Berapa lama waktu menyimpan ikan yang benar?

Apapun jenis ikan yang Anda beli, baik itu ikan mas, ikan salmon, atau ikan nila semua cara menyimpannya sama. Kali ini, Bacaterus akan membahas teknik penyimpanan ikan dari beragam jenis. Yuk, buat ikan yang baru dibeli tetap segar dan layak dikonsumsi dengan cara menyimpan yang benar.

Cara Menyimpan Ikan di Kulkas

1. Bersihkan Ikan Sebelum Disimpan

Bersihkan ikan sebelum disimpan Cara Menyimpan Ikan

Cara menyimpan ikan mentah yang baru saja dibeli adalah mencucinya terlebih dahulu dan membuang sisiknya. Buang sisik dan jeroan ikan lalu bilas ikan dengan air bersih.

Menyimpan ikan di freezer tanpa dicuci terlebih dahulu hanya akan menyebabkan ikan memproduksi lendir yang bau amisnya sangat menyengat. Bau amis ikan akan mencemari seluruh bagian freezer. Jadi, cucilah ikan sebelum disimpan agar bau amisnya sedikit berkurang.

2. Beri Air Perasan Peruk Nipis

cara mengatasi anyang anyangan jeruk nipis

Untuk mengurangi bau ikan yang sangat menyengat Anda memang perlu membersihkan ikan terlebih dahulu. Akan tetapi, mencuci ikan dan membersihkan kotorannya saja tidak cukup meredakan bau amis ikan.

Berikan sedikit air perasan jeruk nipis di seluruh bagian tubuh ikan. Jeruk nipis akan mengurangi aroma amis ikan dengan membasmi bakteri-bakteri yang masih melekat pada ikan. Setelah diberi sedikit air perasan jeruk nipis, Anda bisa menyimpan ikan di freezer.

3. Garam Sebagai Pengawet Alami

Garam sebagai pengawet alami

Banyak orang yang bertanya-tanya seputar cara menyimpan ikan agar lebih tahan lama. Anda bisa memberikan pengawet alami pada ikan, yaitu garam. Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas sebaiknya taburkan ikan dengan garam terlebih dahulu.

Garam memiliki kemampuan untuk menyerap kadar air di dalam ikan dan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga dapat menunda kebusukan. Anda bisa mengombinasikan garam dengan jeruk nipis atau hanya menggunakan garam saja.

4. Simpan Dalam Wadah Tertutup

Simpan dalam wadah tertutup

Sebelum dimasukkan ke dalam freezer alangkah baiknya jika kita meletakkan ikan mentah di dalam sebuah wadah yang tertutup. Kita semua tahu bahwa aroma amis ikan yang sangat kuat dapat mencemari udara di dalam freezer.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyimpan ikan di dalam wadah tertutup agar tidak mencemari sirkulasi udara di dalam freezer. Gunakan wadah plastik sejenis tupperware untuk menyimpan ikan segar.

5. Pisahkan dengan Makanan Lain

Pisahkan dengan makanan lain

Ketika hendak menyimpan ikan di dalam freezer, sebaiknya pisahkan makanan yang sebelumnya berada di dalam freezer, entah itu es krim atau makanan beku. Walaupun sudah disimpan di dalam wadah tertutup, Anda tetap harus berjaga-jaga agar aroma amis ikan tidak mencemari makanan lain yang berada di dalam freezer.

Ikan yang dibekukan di dalam freezer tentu lebih tahan lama dibanding ikan yang berada di suhu ruangan. Kesegaran ikan yang berada di suhu ruangan hanya bisa bertahan selama 24 jam saja. Sementara itu, jika Anda menyimpan ikan di dalam freezer maka daya tahannya bisa mencapai 3-5 hari. Untuk menjaga kesegaran ikan sebaiknya Anda tidak menyimpannya lebih dari 3 hari.

Setelah dikeluarkan dari dalam freezer, bilas dengan air agar ikan tidak beku. Selanjutnya, Anda hanya perlu membumbui ikan yang akan dimasak tersebut. Sekedar tips untuk Anda sebaiknya biarkan ikan sampai udara dinginnya benar-benar hilang baru digoreng dalam minyak panas. Ikan yang digoreng dalam keadaan dingin akan membuat letusan minyak yang cukup besar.

Cara Menyimpan Ikan Tanpa Kulkas

Pernahkah Anda melihat pedagang ikan di pasar yang meletakkan ikannya begitu saja di atas meja dagangan? Apakah ikan tersebut tidak busuk? Ikan yang langsung dijual tanpa diletakkan di dalam kotak es biasanya adalah ikan segar.

Namun, Anda bisa mendapatkan ikan yang segar dengan beberapa tips memilih ikan di artikel ini. Nah, bagi Anda yang ingin menyimpan ikan tanpa kulkas, Anda dapat mengikuti beberapa teknik penyimpanan ikan berikut ini:

  • Diasinkan

Diasinkan

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, garam bisa menjadi bahan alami untuk mengawetkan ikan. Lantas, dapatkan kita mengawetkan ikan yang diasinkan tanpa memasukkannya ke dalam kulkas? Tentu saja bisa, Anda bisa membuat ikan asin dengan metode yang sangat sederhana.

Balut ikan segar dengan garam, lalu jemur ikan di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Tentu saja ikan Anda jadi memiliki tekstur yang sangat kering. Ikan yang diasinkan bisa bertahan hingga berminggu-minggu jika Anda sudah menjemurnya sampai benar-benar kering.

  • Diasapi

Diasapi

Teknik penyimpanan ikan yang lainnya ini adalah dengan cara diasapi. Anda pasti sudah pernah mendengar makanan yang bernama bandeng asap, bukan? Bandeng asap adalah hidangan khas Jawa Timur, terutama Sidoarjo dan Gresik.

Anda hanya perlu mencuci dan membersihkan ikan sampai bersih, lalu bumbui dengan garam, kunyi, dan bawang putih. Ikan yang sudah dibumbui akan diikat di atas bara api yang mengeluarkan asap. Aroma asap yang khas pasti langsung terasa ketika Anda menyantap ikan tersebut.

  • Dibungkus dengan Kain Basah

Dibungkus dengan kain basah

Satu lagi cara menyimpan ikan tanpa kulkas yang bisa membuat ikan bertahan selama 24 jam. Anda hanya perlu menyiapkan kain, lalu basahi kain tersebut cuka. Selanjutnya, bungkus ikan dengan kain tersebut. Cuka juga bisa menggantikan peran jeruk nipis atau garam yang memang merupakan bahan pengawet alami. Namun, sebaiknya segera masak ikan sebelum 24 jam setelah membeli.

Semua jenis ikan seperti mujaer, lele, nila, dan mas memang seharusnya segera disimpan di dalam freezer. Akan tetapi, ada juga beberapa jenis ikan yang memang sebaiknya tidak disimpan di dalam freezer, seperti ikan salmon, tongkol, dan tuna. Jenis ikan impor tersebut memang disarankan untuk disimpan di lemari es biasa.

Pada dasarnya membeli ikan segar yang masih hidup memang lebih aman dan terjamin kesegarannya. Anda tak perlu mengecek mata atau tubuh ikan jika memang membelinya dalam kondisi hidup. Untuk menyimpan ikan dalam kondisi hidup Anda bisa meletakkanya di dalam kotak berisi air. Usahakan kotak tersebut cukup luas untuk ukuran tubuh ikan.

Ikan segar yang masih hidup bisa disimpan dalam jangka waktu panjang selama yang Anda mau. Akan tetapi, untuk berjaga-jaga agar ikan tidak segera mati sebaiknya segera olah ikan tersebut setelah membeli.

Agar tidak menyimpan ikan selama berhari-hari atau berminggu-minggu, biasakan untuk membeli ikan sejumlah yang Anda butuhkan saja. Jangan membeli lebih banyak ikan dari yang bisa Anda masak hari tersebut. Meskipun ada cara menyimpan ikan yang benar, tapi tentu saja akan jauh lebih menyenangkan jika kita langsung mengolah ikan segar yang masih hidup.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

2 Comments

  1. Nensi herbal at - Reply

    Artikelnya sangat bagus

    • Bacaterus
      Bacaterus at - Reply

      Terima kasih. Semoga bermanfaat. 🙂

Leave A Comment