Bacaterus / Daging / Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus dengan Benar

Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus dengan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada beraneka cara untuk menyimpan daging, salah satunya adalah dengan merebus daging itu terlebih dahulu, baru disimpan di dalam kulkas. Teknik ini dianggap dapat menjaga cita rasa dari daging itu sendiri. Selain itu, merebus daging terlebih dahulu juga dapat membuat daging supaya tahan lama.

Apakah Anda sering menyimpan daging mentah di dalam kulkas? Jika ya, cobalah untuk merebus daging terlebih dahulu agar lebih awet. Berikut ini Bacaterus akan memberikan panduan seputar cara menyimpan daging yang sudah direbus dengan atau tanpa kulkas.

Cara Merebus Daging yang Akan Disimpan

Tips Merebus Daging yang Akan Disimpan

Sebelum membahas seputar cara menyimpan daging yang sudah direbus, Anda perlu mengetahui cara merebus dagingnya terlebih dahulu. Ada beberapa teknik yang harus Anda lakukan untuk menjaga daging agar lebih empuk dan awet setelah direbus. Berikut ini adalah tips dan trik merebus daging sapi atau daging kambing yang akan disimpan:

  1. Potong daging menjadi beberapa bagian (jangan terlalu kecil)
  2. Rebus daging di dalam air mendidih bersama bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Untuk merebus daging Anda bisa menambahkan garam karena daging sapi memiliki kadar air yang lebih banyak dibanding daging ayam, sehingga daging sapi tidak mudah kering ketika dibumbui dengan garam
  3. Pastikan Anda merebus daging selama 30 menit agar teksturnya lebih empuk
  4. Setelah itu, angkat daging dan diamkan sejenak sampai panasnya hilang

Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus

Cara Menyimpan Daging yang Sudah Direbus

Setelah Anda merebus daging sampai 30 menit, kini saatnya Anda menyimpan daging tersebut di dalam kulkas atau di luar kulkas. Berikut adalah panduan cara menyimpan daging yang sudah direbus ke dalam kulkas:

  • Masukkan daging ke dalam wadah tertutup (jika perlu gunakan tupperware untuk menyimpan daging ini)
  • Letakkan wadah berisi daging ke dalam rak lantai 2 atau 3 di dalam kulkas
  • Daging yang sudah matang bisa disimpan hingga 2-3 hari, usahakan jangan terlalu lama menyimpan daging yang sudah dimasak agar teksturnya tidak menjadi keras

Sekedar informasi, daging yang sudah direbus tidak bisa dimasukkan ke dalam freezer, terlebih jika daging itu sudah dibumbui. Masukkan saja daging ke rak lantai 2 atau 3 di dalam kulkas. Dijamin, daging tersebut bisa bertahan dalam waktu 2-3 hari. Ketika lewat dari 3 hari, daging itu tidak akan rusak tetapi teksturnya jadi lebih keras.

Cara Mengawetkan Daging Tanpa Kulkas

Cara Mengawetkan Daging Tanpa Kulkas

Jika sebelumnya kami membahas cara menyimpan daging rebus di dalam kulkas, kini kami akan berbagai cara mengawetkan daging tanpa kulkas. Anda bisa menggunakan cara berikut ini untuk mengawetkan daging mentah atau yang sudah direbus, tapi untuk menjaga cita rasa sebaiknya biarkan saja daging dalam keadaan mentah.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengawetkan daging tanpa perlu menyimpannya di dalam kulkas:

  1. Cucilah tangan dengan sabun anti bakteri sebelum memulai proses pengawetan daging ini.
  2. Potong daging sapi menjadi beberapa bagian. Setelah itu, Anda bisa melakukan langkah selanjutnya atau merebus daging dulu sampai setengah matang.
  3. Buang darah dari daging, lalu oleskan seluruh bagian daging dengan garam dapur dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, balik daging dan kembali oleskan dengan garam dapur pada sisi sebelahnya lalu biarkan sampai 30 menit.
  4. Lanjutkan dengan kembali mengoleskan garam ke seluruh bagian daging, lalu tutup dengan plastic wrap yang kedap udara selama 24 jam.
  5. Setelah 24 jam, buka daging dan bilas daging dengan menggunakan air mineral. Jangan menggunakan air kran karena di dalam air kran mengandung sejumlah bakteri yang dapat mempercepat proses pembusukan daging.
  6. Taburkan kembali garam dapur ke seluruh bagian daging. Usahakan untuk menutup daging dengan garam setebal 2cm di seluruh sisi daging.
  7. Masukkan daging ke dalam wadah kedap udara (boleh menggunakan tupperware atau sejenisnya).
  8. Tutup wadah rapat-rapat dan letakkan di tempat yang sejuk tanpa perlu memasukkannya ke dalam lemari es.

Metode pengawetan daging sederhana ini bisa membuat daging bertahan hingga 1 tahun. Meskipun daya tahan daging kembali lagi pada kualitas daging yang Anda beli, tetapi cara ini bisa mengawetkan daging yang kualitasnya tidak terlalu baik sampai berbulan-bulan.

Aneka Cara Mengawetkan Daging

Bila sebelumnya Bacaterus membahas cara menyimpan daging yang sudah direbus sebagai metode pengawetan daging yang paling sederhana, ternyata ada beberapa metode pengawetan daging lainnya yang bisa Anda pakai. Berikut adalah macam-macam cara mengawetkan daging secara sederhana tanpa perlu menyimpan daging di dalam kulkas:

  • Pengeringan

Pengeringan

Bukan hanya ikan saja yang bisa diawetkan dengan metode pengeringan, ternyata daging juga bisa diawetkan dengan metode ini, lho. Metode ini bekerja dengan menghilangkan kelembaban di dalam daging. Jenis daging yang dikeringkan juga sebaiknya yang tidak berlemak.

Anda harus mengiris daging setipis mungkin sebelum dikeringkan. Setelah itu, rendam daging di dalam larutan garam. Anda juga dapat menambahkan oregano untuk membuat aroma daging jadi semakin sedap. Sebelumnya Anda harus merebus daging terlebih dahulu sebelum dikeringkan. Daging rebus yang diawetkan dengan metode pengeringan ini bisa langsung dimakan.

  • Pengalengan

Pengalengan

Anda pasti pernah mengonsumsi acar mentimun, bukan? Acar mentimun terbiat dari mentimun yang diawetkan dengan larutan air garam. Bukan hanya mentimun yang bisa diawetkan dengan cara tersebut, tetapi daging sapi juga bisa, lho.

Sebelumya, tumis daging yang sudah dipotong dadu dengan sedikit minyak sampai warnanya jadi kecoklatan. Masukkan daging ke dalam toples dan lapisi dengan kain yang sudah direndam di dalam cuka, baru tutup toples dengan penutupnya.

Masukkan toples ke dalam panci presto yang sudah dipanaskan selama 10-15 menit sebelumnya, kukus toples berisi daging itu selama 60-90 menit. Cara mengawetkan daging dengan metode pengalengan secara alami ini bisa membuat daging bertahan hingga bertahun-tahun.

  • Pengasapan

Pengasapan

Siapa yang tak kenal bacon? Irisan daging tipis-tipis ini memang sangat nikmat. Anda bisa membuat bacon dari daging sapi atau babi. Gunakan daging dari bagian perut untuk membuat bacon. Bumbu yang dipakai untuk membuat bacon ini bisa dikreasikan sesuai selera, tapi resep standarnya adalah garam kosher, garam merah muda, gula merah, madu, lada merah, paprika, dan biji jintan.

Daging akan dimasukkan ke dalam plastik kedap udara bersama bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. Kemudian, daging tersebut disimpan di kulkas selama 7-10 hari. Setelah 7-10 hari, daging akan dicuci dan segera diasapi sampai matang. Bacon bisa bertahan sampai berbulan-bulan, lho.

Serba-serbi cara menyimpan daging yang sudah direbus ini akan membantu Anda membuat daging rebus jadi lebih awet. Bahkan, jika Anda menggunakan metode pengawetan daging lainnya, daging tersebut bisa bertahan lama tanpa perlu dimasukkan ke dalam kulkas, lho.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *