Bacaterus / Kulkas / Cara Menyimpan Buah di Kulkas yang Benar agar Tetap Segar

Cara Menyimpan Buah di Kulkas yang Benar agar Tetap Segar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selama ini kita mengira bahwa semua jenis buah-buahan harus disimpan di dalam kulkas agar selalu segar. Faktanya, tidak semua jenis buah-buahan bisa disimpan di dalam kulkas. Ada buah yang sebaiknya disimpan di dalam suhu ruangan saja agar tetap segar dan layak dikonsumsi.

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, beberapa jenis buah-buahan justru tidak tahan terhadap suhu dingin di dalam lemari es. Jadi, kita harus cermat dalam memilih buah yang layak disimpan di dalam kulkas atau dalam ruangan. Bacaterus akan memberikan panduan cara menyimpan buah di kulkas secara tepat. Yuk, langsung simak panduan selengkapnya di sini.

Cara Menyimpan Buah Berdasarkan Jenisnya

Cara Menyimpan Buah Berdasarkan Jenisnya

Tahukah Anda bahwa tidak semua buah bisa disimpan di dalam kulkas? Beberapa jenis buah justru akan cepat membusuk jika disimpan di dalam kulkas. Jika diperhatikan di supermarket modern, memang ada beberapa jenis buah yang tidak diletakkan di lemari pendingin. Nah, berikut ini adalah petunjuk cara menyimpan buah di kulkas maupun di luar kulkas sesuai dengan jenis buahnya:

  • Apel

Apel

Ketika membeli beberapa kilogram apel, kita pasti tidak akan menghabiskannya dalam hari yang sama. Buah yang satu ini bisa disimpan di dalam kulkas agar awet dan segar lebih lama. Namun, ada catatan yang perlu Anda ketahui yakni apel memproduksi gas etilen lebih banyak dibanding buah lain.

Kandungan gas etilen yang terlalu banyak dapat mempercepat proses pembusukan. Oleh karena itu, sebaiknya simpan apel secara terpisah agar tidak memicu pembusukan pada buah-buahan lainnya.

  • Pisang

Pisang Cara Menyimpan Buah di Kulkas

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang sering menyimpan pisang di dalam kulkas? Jika ya, hentikan kebiasaan tersebut karena pisang tidak seharusnya disimpan di dalam kulkas. Suhu dingin di dalam kulkas dapat mengurangi aroma dan cita rasa dari buah pisang tersebut. Jadi, alangkah baiknya jika Anda menyimpan pisang di suhu ruangan saja ketimbang memasukkannya ke dalam lemari es.

  • Nanas

Nanas

Buah tropis yang satu ini sebenarnya cukup fleksibel. Nanas bisa disimpan di luar maupun di dalam kulkas. Akan tetapi, kami menyarankan Anda agar menyimpan nanas yang belum dikupas di luar ruangan saja.

Namun, bila buah nanasnya sudah dipotong memang seharusnya disimpan di dalam kulkas. Masukkan buah nanas yang sudah dipotong ke dalam sebuah wadah, lalu tutup dengan plastik bening untuk menghambat penguapan kadar air di dalam nanas.

  • Melon

Melon

Buah melon yang belum dipotong tidak perlu disimpan di dalam kulkas. Akan tetapi, jika buah sudah dipotong sebaiknya simpan melon di kulkas. Hanya saja Anda harus mengemas melon dalam wadah tertutup untuk mencegah aroma makanan lain melekat pada melon.

  • Anggur

Anggur

Buah yang hadir dalam warna ungu dan hijau ini ternyata harus disimpan di dalam kulkas agar kesegarannya terjaga. Apalagi anggur adalah buah dengan kadar air yang tinggi sehingga membutuhkan suhu yang selalu dingin.

Yang perlu Anda garis bawahi, anggur harus disimpan di dalam wadah lalu ditutup dengan plastik bening. Kulit buah anggur cenderung sangat sensitif sehingga tidak bisa hawa dingin di dalam kulkas, sehingga Anda harus menutupnya dengan plastik agar kulit anggur tidak kering.

  • Semangka

Semangka

Sama seperti anggur, semangka adalah buah yang tinggi kadar air dan harus disimpan di dalam kulkas. Cara menyimpan buah di kulkas ini bisa langsung diletakkan di dalam kulkas tanpa ditutupi apapun.

Namun, agar aroma semangka tidak tercampur dengan aroma bahan makanan lain sebaiknya simpan semangka dalam sebuah wadah. Menyimpan semangka di luar kulkas hanya akan membuat rasanya menjadi asam.

Tips Menyimpan Buah di Kulkas

Setiap orang tentu ingin mengonsumsi buah yang masih segar meskipun sudah dibeli sejak beberapa hari yang lalu. Kulkas dapat membantu Anda untuk mengonsumsi buah-buahan segar setiap hari. Namun, ada beberapa tips dan cara menyimpan buah di kulkas yang harus Anda ketahui:

1. Sari Lemon untuk Mencegah Perubahan Warna Buah

Lemon

Tak banyak yang tahu bahwa sari lemon atau jeruk nipis dapat menjadi bahan alami yang ampuh untuk menghambat oksidasi buah yang menyebabkan daging buah berubah warna menjadi kecoklatan.

Apel dan pir adalah buah tinggi kadar air yang sering mengalami perubahan warna pada dagingnya. Jika Anda ingin menyimpan buah apel atau pir yang sudah dipotong, tuangkan sedikit sari lemon di atas buahnya, lalu masukkan ke dalam lemari es. Buah potong bisa bertahan hingga 12 jam dan kerenyahan buah tetap terasa.

2. Bungkus Buah Potong dengan Plastik

Bungkus Buah Potong dengan Plastik

Pernah melihat plastic wrap untuk membungkus buah agar kedap udara? Hal tersebut juga harus Anda lakukan kala ingin menyimpan buah potong dengan plastik. Letakkan buah di atas wadah dan tutup dengan plastic wrap. Dijamin buah potong akan tetap segar dan tidak berubah warna ketika dikonsumsi.

3. Perhatikan Suhu Lemari Es

Atur Temperatur Secara Berkala

Pengaturan suhu di dalam lemari es sangat penting untuk melengkapi cara menyimpan buah di kulkas. Suhu penyimpanan buah adalah 3 – 7 derajat celcius. Suhu di dalam kulkas yang terlalu dingin dapat membuat kulkas bekerja lebih ekstra. Di samping itu, suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan kulit buah mengering.

4. Pisahkan Buah yang Sudah Matang atau Membusuk

Pisahkan Buah yang Sudah Matang atau Membusuk

Setiap hari Anda harus mengecek kulkas secara berkala. Sisihkan buah-buahan yang sudah matang dan busuk. Buah yang sudah matang dapat mengeluarkan gas yang dapat memicu pembusukan pada buah lain.

Sementara buah yang busuk juga tidak seharusnya diletakkan pada bersama dengan buah segar. Pisahkan buah yang matang dan buang buah yang busuk agar tidak mencemari buah-buahan lain.

5. Bekukan Buah-buahan Tertentu

Bekukan Buah-buahan Tertentu

Satu lagi tips untuk menyimpan buah di kulkas secara aman dan nyaman. Anda perlu tahu bahwa ada beberapa jenis buah yang sangat mudah sekali membusuk. Buah-buahan tersebut adalah ceri, strawberry, dan anggur. Sebaiknya simpan dalam plastik yang tertutup rapat, lalu bekukan buah-buahan tersebut di dalam freezer. Buah beku tidak akan membusuk selama 4-6 bulan.

6. Jangan Mencuci Buah Sebelum Dimasukkan ke dalam Kulkas

Jangan Mencuci Buah Sebelum Dimasukkan ke dalam Kulkas

Maksud hati ingin mencuci buah agar langsung bersih dan disimpan di dalam kulkas, tetapi kenyataannya mencuci buah hanya dapat memicu pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan kebusukan. Jadi, simpan saja buah ketika baru dibeli dan cucilah ketika Anda akan memakannya.

Berbagai cara menyimpan buah di kulkas ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda yang masih ragu menyimpan semua jenis buah di dalam kulkas. Asalkan buahnya memang kompatibel pada suhu rendah, maka tak ada salahnya jika Anda menyimpan buah tersebut di dalam kulkas.

Jika Anda ingin mengetahui merk kulkas yang bagus, silakan kunjungi artikel berikut ini agar Anda bisa menemukan kulkas yang tepat untuk menyimpan buah-buahan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *