Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / 8 Cara Menyetrika Kemeja yang Benar dan Paling Mudah

8 Cara Menyetrika Kemeja yang Benar dan Paling Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Oktober 2018

Menyetrika pakaian, khususnya kemeja ternyata ada caranya tersendiri, lho. Kali ini, Bacaterus akan membagikan informasi mengenai 8 cara menyetrika kemeja yang benar.

Agar kamu, terutama para pria, dapat menyetrika kemejamu sendiri tanpa bantuan asisten rumah tangga atau isterimu di rumah. Karena menyetrika kemeja yang sebetulnya simpel bisa jadi merepotkan kalau kamu tidak mengerti caranya. Nah, ingin tahu, kan, bagaimana cara menyetrika kemeja dengan baik dan benar? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini, ya.

8 Cara Menyetrika Kemeja

1. Menyiapkan Alat

cara menyetrika kemeja iron-shirts-4 (Copy)

* sumber: www.fashionbeans.com

Nah, sebelum mulai menyetrika kemeja, tentu kamu harus menyiapkan alatnya terlebih dahulu, yakni sebuah setrika yang masih berfungsi dengan baik serta panasnya dapat diatur dengan baik pula.

Selain setrika, tentu kamu harus menyiapkan papan setrika atau alat alternatif lain yang dapat digunakan sebagai alas untuk menyetrika pakaian. Kamu juga dapat menyiapkan pelicin pakaian untuk mempermudah membantu mengurangi lipatan serta membuat kemejamu wangi.

2. Menyetrika Kerah Belakang

Shirt-Ironing-Guide-step-1 (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Menyetrika kerah kemeja sangatlah mudah. Pertama, balikkan kemeja hingga tampak bagian belakangnya. Kemudian, setrika kerah kemejamu dimulai dari ujungnya mengarah ke bagian tengah. Mudah sekali, bukan? Oh ya, hindari menyetrika kerah kemeja dari bagian tengah agar tidak menimbulkan lipatan di daerah kerah kemeja.

3. Menyetrika Manset Tangan

Shirt-Ironing-Guide-step-2

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Nah, setelah bagian kerah selesai, kamu bisa mulai menyetrika bagian manset tangan kemejamu. Pertama-tama, setrikalah bagian dalam manset untuk menghilangkan lipatan yang ada di sana. Sama seperti menyetrika bagian kerah, setrikalah bagian manset tangan dari ujung ke tengah.

Nah, setelah bagian dalam manset tangan kemeja selesai disetrika, kamu bisa mulai menyetrika bagian luarnya. Hati-hati, jangan sampai membahayakan kancing yang ada pada manset, ya. Setrikalah bagian dekat kancing secara perlahan.

4. Menyetrika Lengan Kemeja

Shirt-Ironing-Guide-step-3 (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Setelah kerah dan manset tangan, kamu bisa mulai menyetrika lengan kemeja. Untuk menghindari lipatan di lengan kemejamu, sebelum mulai menyetrikanya, sebaiknya kamu rapikan dulu lengan kemeja dengan tanganmu. Setelah rapi, barulah kamu bisa menyetrika. Mulailah kembali dari bagian manset tangan, lalu arahkan setrikamu ke bagian bahu. Ulangi lagi prosesnya hingga lengan kemejamu rapi.

5. Menyetrika Bagian Punggung

Shirt-Ironing-Guide-step-4 (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Selanjutnya, kamu bisa mulai menyetrika bagian punggung atau belakang kemeja. Jika kemejamu punya pelisir atau pita yang dijahit di tepi pakaian, kamu bisa mulai menyetrika dari bagian bawah pelesirnya, sebelum mulai menyetrika seluruh bagian punggung kemeja.

Setelahnya, baru kamu boleh memulai untuk menyetrika bagian punggung kemejamu. Menyetrika bagian belakang kemeja membutuhkan beberapa kali menyesuaikan posisi kemeja agar dapat menyetrika seluruh bagian belakangnya.

6. Menyetrika Bagian Bahu

Shirt-Ironing-Guide-step-5 (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Untuk menyetrika bagian bahu kemeja, kamu harus menaruh bagian lengan kemeja di ujung papan setrika, dan membiarkan ujung dari papan setrikamu masuk ke dalam bagian lengan kemeja. Lalu, mulailah menyetrika bagian bahu kemeja dari ujung bahu ke bagian tengah. Ulangi proses yang sama ke bagian bahu kemeja yang satunya.

7. Menyetrika Bagian Depan Kemeja

Shirt-Ironing-Guide-step-6 (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Nah, setelah bagian belakang selesai, balikan kemeja dan mulailah menyetrika bagian depannya. Setrikalah bagian depan kemeja dari bagian ujung ke bagian tengah, tepat di mana kancing kemeja berada. Tapi, hati-hati ya, saat menyetrika bagian dekat kancing. Setrikalah secara perlahan agar tidak mengenai kancing dan merusaknya.

8. Menyetrika Kerah Depan

Shirt-Ironing-Guide-step-7 (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Nah, step yang terakhir adalah menyetrika kerah bagian depan kemeja. Ulangi proses yang sama seperti ketika menyetrika kerah bagian belakang, yakni dengan cara menyetrika dari ujung kerah ke bagian tengah. Dan, voila! Kamu sudah selesai menyetrika kemejamu dengan baik.

Tips Menyetrika Kemeja Berdasarkan Bahannya

Menyetrika pakaian yang bersablon atau mengandung rubber

  • Menyetrika Kemeja Berbahan Katun

Untuk kemeja berbahan katun, gunakan setrika yang panas. Basahi sedikit bagian samping dari bagian yang ingin kamu setrika. Jika bahannya lebih tebal, untuk mendapatkan hasil terbaik kamu dapat menyetrika kedua bagian sisi kainnya.

  • Menyetrika Kemeja Berbahan Polyester

Agar tidak merusak bahan, gunakanlah kain atau saputangan untuk memisahkan antara setrika dengan pakaian yang terbuat dari bahan polyester. Bahan polyester diketahui sangat sensitif terhadap panas. Jadi, hati-hati ketika menyetrika kemeja dengan bahan polyester, ya. Gunakan tips ini agar kemejamu tetap aman.

  • Menyetrika Kemeja Berbahan Cotton-Blend

Untuk menyetrika kemeja dengan bahan cotton-blend atau campuran kapas, menurut fashionbeans, kamu harus menggunakan setrika dengan panas yang rendah.

Aturlah agar setrika tidak terlalu panas dan merusak bahan dari pakaian. Setrikalah bagian luar dan dalam pakaian berbahan cotton-blend. Atau, kamu bisa gunakan kain tipis yang ditempatkan di antara setrika dan pakaian untuk menghindari bekas hangus yang ditimbulkan oleh panasnya setrika.

  • Menyetrika Kemeja Berbahan Linen

Jika kemeja yang kamu setrika berbahan linen, kamu harus menggunakan setrika yang tidak terlalu panas, tapi juga tidak kurang panas. Atur panas setrika sedemikian rupa hingga menjadi hangat, lalu semprotkan cairan pelican setrika ke bagian yang ingin kamu setrika. Usahakan untuk membasahi bagian yang tidak ingin kamu setrika terlebih dahulu, sebelum menyetrika bagian pakaian yang kamu inginkan.

Setrikalah kemeja berbahan linen pada bagian luar serta dalamnnya, terutama kalau kemeja yang disetrika memiliki warna yang gelap agar tidak ada bekas setrikaan yang tertinggal pada kemeja kamu.

Tips Menyetrika Lainnya

Cara menyetrika jaket parasut

Jika kamu menggunakan mesin cuci di rumah, usahakan untuk tidak selalu menggunakan mesin pengering saat mencuci, agar pakaian kamu tidak terlalu banyak memiliki lipatan saat disetrika nanti. Selain itu, pastikan kemejamu bersih dari noda sebelum menyetrikanya, ya.

Karena menyetrika kemeja, apalagi kemeja yang ada nodanya dengan menggunakan setrika panas, dapat membuat noda tersebut tetap menempel atau bahkan berubah warna. Jadi, usahakan mencuci kemeja atau pakaian lainnya hingga benar-benar bersih dan tak ada noda yang tertinggal.

Oh ya, jika kamu menyetrika pakaian berwarna gelap seperti warna hitam, usahakan untuk menyetrika bagian dalamnya agar tidak meninggalkan bekas setrika pada pakaian tersebut. Jangan lupa untuk selalu merawat setrikamu, ya. Setelah selesai menyetrika, gulunglah kabelnya kembali dengan cara melingkar.

Hal ini dapat menghindari terjadinya korsleting. Pastikan juga kabel setrikamu tetap utuh. Hindarkan juga setrika dari bahan logam lain, agar tidak menyebabkan lapisan anti-lengketnya terkikis dan menghasilkan goresan pada bagian bawah setrika. Jika sudah seperti ini, hasil setrikamu tidak akan bisa maksimal.

Nah, itu dia delapan cara menyetrika kemeja yang benar, beserta tips menyetrika sesuai bahan pakaian dan tips bermanfaat lainnya. lainnya. Bagaimana, sekarang sudah tahu, kan, cara menyetrika kemeja dengan baik dan benar? Menyetrika pakaianmu sendiri bisa menghemat biaya tentunya. Jadi nggak harus selalu memanfaatkan jasa laundry, deh!

Oh ya, kalau kamu bingung untuk menggunakan setrka uap, bisa cari tahu cara termudahnya di artikel 10 Cara Menggunakan Sterika Uap ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment