Bacaterus / Fashion / Tips Fashion / Inilah 10 Cara Menyetrika Jas dengan Mudah dan Benar

Inilah 10 Cara Menyetrika Jas dengan Mudah dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2018

Tahu nggak sih, ternyata menyetrika pakaian, terutama jas memiliki metode khusus, lho. Nah, dalam artikel kali ini, Bacaterus akan membagikan informasi mengenai cara menyetrika jas dengan benar. Khususnya buat para pria, agar kamu dapat menyetrika jas sendiri tanpa perlu repot pergi ke laundry atau meminta bantuan istrimu di rumah.

Nah, ingin tahu, kan, bagaimana cara menyetrika jas dengan baik dan benar? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Cara Menyetrika Jas yang Benar

1. Menyiapkan Alat

CARA MENYETRIKA JAS IRON (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Sebelum mulai menyetrika, kamu harus menyiapkan alatnya terlebih dahulu. Alat yang kamu perlukan di sini adalah sebuah setrika yang masih berfungsi dengan baik, semprotan yang diisi air yang telah melalui proses penyulingan (jika setrika tidak dilengkapi penyemprot otomatis), papan setrika, dan kain bersih atau sapu tangan berbentuk persegi.

Pastikan bagian aluminium setrikamu bersih dari kotoran atau noda. Kotoran dan noda yang ada pada setrika dapat menempel pada jas dan merusak warna dari jasmu. Jadi, usahakan bersihkan setrika jika terdapat noda di bagian penghantar panasnya.

Oh ya, biasanya jas terbuat dari bahan wol atau katun yang jika terkena setrika panas dapat meninggalkan endapan pada jas. Maka dari itu, kami sangat menyarankan agar kamu menggunakan kain bersih atau saputangan saat menyetrika agar tidak ada endapan dan tidak cepat hangus.

Penggunaan air yang telah disuling juga memiliki manfaat tersendiri. Jika menggunakan air biasa, maka potensi timbulnya endapan yang bisa merusak jas akan lebih besar dibanding menggunakan air yang disuling atau difilter terlebih dulu.

 2. Pastikan Jas dalam Keadaan Bersih

CLe (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Selain alat menyetrika, kamu juga harus memastikan bahwa jas yang akan kamu setrika juga bebas dari noda atau kotoran. Menyetrika pakaian, baik kemeja, sprei, atau jas yang ada nodanya dapat membuat noda tersebut semakin sulit hilang. Jadi, usahakan untuk membersihkan atau mencuci jas yang terkena noda sebelum menyetrikanya.

Selain menggunakan air yang disuling, untuk mendapatkan hasil terbaik dari menyetrika jas adalah dengan membiarkan jasmu terkena uap dan menjadi lembab. Kamu bisa menggantung jasmu di kamar mandi, lalu biarkan jas terkena uap dari air panas yang kamu gunakan saat mandi dengan memakai shower.

3. Atur Panas Setrika

PREHEAT (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Jika kamu sudah menyiapkan semua alat dan memastikan jasmu dalam keadaan bersih, kamu bisa mulai menyetrika jasmu. Namun, sebelumnya pastikan kamu sudah mengatur atau menyesuaikan suhu setrika dengan bahan dari jasmu. Untuk jas yang berbahan wol kamu dapat menggunakan suhu rendah sampai medium.

Untuk jas berbahan katun dan linen kamu dapat menggunakan suhu dengan tingkatan paling tinggi dan untuk jas berbahan kain sintetis, kamu dapat menggunakan suhu paling rendah. Nah, cari tahulah bahan kain dari jasmu sebelum menyetrika dan sesuaikan suhu panas setrika agar tidak merusak jas. Biasanya bahan kain yang digunakan tercantum di label yang ada pada jas.

4. Gunakan Metode Pressing

PRESS (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Untuk menyetrika jas, usahakan agar tidak menggunakan cara umum yakni dengan cara menggeserkan setrika pada kain. Menggerakkan setrika dengan cara menggesernya akan meninggalkan noda kilap pada kain. So, gunakanlah metode pressing, yakni dengan cara menekan setrika ke bagian kain yang telah ditutupi oleh saputangan atau kain bersih tadi. Tekan beberapa kali hingga bagian yang disetrika tersebut rapi.

5. Menyetrika Bagian Punggung

PRESSTHEIRONBRUH (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Selanjutnya, kamu bisa mulai menyetrika bagian punggung atau belakang jas. Rapikan terlebih dulu jas agar tidak kusut, kemudian taruh kain bersih atau saputangan di atas bagian yang ingin ditekan menggunakan setrika. Lalu tekan bagian tersebut dengan setrika secara perlahan.

6. Menyetrika Bagian Depan Jas

https://www.youtube.com/watch?v=EiGs4Coy1SA

* sumber: www.youtube.com

Setelah bagian belakang selesai, balikan jas dan mulailah menyetrika bagian depannya. Sama seperti menyetrika bagian belakang, taruh kain di bagian yang kamu ingin setrika, kemudian tekan bagian tersebut dengan setrika dengan perlahan. Hindari menekan jas dengan setrika terlalu keras.

7. Menyetrika Saku Jas

POCKET (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Sebelum menyetrika bagian saku, pastikan untuk mengeluarkan bagian lapisan saku terlebih dahulu. Lalu setrikalah bagian saku jasmu dengan cara yang sama, yakni ditekan dengan perlahan.

8. Menyetrika Bagian Kerah

press-suit-jacket-lapels (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Menyetrika secara perlahan bagian kerah dari jas adalah cara terbaik yang dapat dilakukan agar tidak ada lipatan yang tertinggal pada bagian kerah jas. Jadi, setrikalah bagian kerah dengan perlahan dan hati-hati. Jangan lupa taruh kain bersih di atas bagian kerah juga, ya.

9. Menyetrika Lengan Jas

press-suit-jacket-sleeves (Copy)

* sumber: www.realmenrealstyle.com

Pertama-tama, taruhlah bagian lengan jas di atas papan setrika dan rapikan bagian lengan jas dengan tangan agar tidak kusut. Kemudian, taruh kain bersih yang telah disemprot menggunakan air sulingan, lalu setrikalah lengan jas dengan memulainya dari bagian tengah. Ulangi cara ini pada lengan yang satunya.

10. Menggantung Jas

HANGTHESUIT (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Setelah proses menyetrika jas selesai, gantungkanlah jas di dalam lemari dengan menggunakan gantungan yang memiliki ukuran sesuai. Usahakan untuk menggantung jas setelah dalam keadaan dingin sehabis disetrika, ya. Jadi, setelah proses menyetrika selesai, tunggulah beberapa saat lalu gantung jas dengan menggunakan gantungan. Dan, voila! Proses menyetrika jas sudah selesai.

Tips Memilih Jas

CHOOSETHASUIT (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Tahu nggak, sih, memilih jas yang cocok juga punya caranya tersendiri, lho. Berikut kami bagikan tips memilih jas berdasarkan warna dan ukurannya.

  • Memilih Jas Berdasarkan Ukuran

Menurut IDNTimes, cara memilih jas berdasarkan ukuran adalah dengan memperhatikan bagian bahu, dada, panjang lengan dan jasnya serta jumlah kancing yang ada pada jas. Usahakan untuk memilih jas dengan bagian bahu berukuran pas, jangan memilih jas dengan ukuran terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Mengukur bagian dada bertujuan untuk mengetahui jarak dari kancing bagian atas dengan dada. Jarak di antara keduanya tidak boleh melebihi satu jengkal tangan. Sedangkan untuk panjang lengan dan panjang jas adalah jika lengan jas tidak menutupi bagian tangan, maka ukuran tersebut pas untukmu. Ukuran jas yang dapat menutupi bagian bokong adalah yang terbaik.

Masih menurut IDNTimes, jas berukuran panjang akan membuat kamu terlihat lebih ramping, sedangkan yang pendek akan membuatmu terlihat tampak tinggi. Tentu, kamu harus memilih ukurannya sesuai dengan bentuk tubuhmu.

Sementara untuk jumlah kancing pada jas, buat kamu yang bertubuh kurus, disarankan untuk memilih jas yang dilengkapi dengan dua kancing. Kalau kamu bertubuh gempal, pilihlah jas berkancing satu agar menciptakan kesan ramping.

  •  Memilih Jas Berdasarkan Warna

Kalau kamu ingin menghadiri acara formal atau bertemu dengan bos, kamu bisa memilih jas berwarna abu-abu tua atau hitam. Jika kamu tidak mau terkesan berpenampilan terlalu formal, kamu bisa menggunakan jas berwarna cokelat atau abu-abu dengan tone yang lebih cerah.

Nah, itulah kesepuluh tips menyetrika jas dengan benar, beserta tips memilih jas berdasarkan ukuran dan warnanya. Cara menyetrika jas ini bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Cukup mudah, bukan? Menyetrika sendiri dapat menjadi alternatif pilihan ketika kamu malas pergi ke laundry atau ingin menghemat pengeluaran.

Selain jas, kamu juga dapat menyetrika kemejamu dengan mudah dan cepat. Penasaran, bagaimana caranya? Simak langsung saja artikel yang membahas mengenai 8 Cara Menyetrika Kemeja dari Bacaterus.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment