Bacaterus / Bantal / 10 Cara Menyembuhkan Sakit Leher Akibat Salah Bantal

10 Cara Menyembuhkan Sakit Leher Akibat Salah Bantal

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mengalami sakit leher saat bangun tidur memang kerap dialami oleh sebagian besar masyarakat. Meskipun terdengar biasa, namun bila dibiarkan berlarut-larut hal tersebut tentu sangat mengganggu dan juga berbahaya.

Nyeri otot atau dalam istilah medis dikenal dengan Myalgia biasa terjadi pada bagian-bagian kecil tubuh manusia seperti leher, lengan, kaki, atau punggung. Meskipun begitu hal itu juga dapat mempengaruhi kinerja otot yang ada di sekitar area nyeri.

Myalgia sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor, dimana salah satunya seperti yang akan kita bahas saat ini. Rasa sakit sendiri biasanya akan berangsur pulih dalam waktu lama. Nah, bagi kamu yang sedang mengalami masalah tersebut. Kali ini Bacaterus telah rangkum 10 Cara menyembuhkan sakit leher akibat salah bantal yang bisa kamu coba. Adapun ulasannya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Bantal yang Tepat

Menggunakan Bantal yang Tepat

Bantal kerap menjadi salah satu penyebab nyeri pada bagian leher. Kesalahan dalam memilih bantal memang dapat mengganggu waktu istirahat kamu di malam hari. Selain membuat tidurmu kurang nyaman dan nyenyak, salah memilih bantal juga bisa membuat kamu kurang semangat ketika menjalani aktivitas karena rasa nyeri, pegal, atau otot leher yang kaku.

Nah, untuk itu menggunakan bantal yang tepat saat tidur menjadi sangat penting. Pilihlah ukuran serta material bantal yang sesuai dengan kebutuhan. Bantal berbahan lateks biasanya banyak dipilih orang-orang karena nyaman untuk dipakai, tidak panas dan bebas dari kutu. Bantal ini juga sangat cocok digunakan oleh orang yang memiliki alergi.

2. Menggunakan Minyak Gosok/Balsem

Menggunakan Minyak Gosok

Kamu juga bisa menggunakan balsem atau minyak gosok untuk mengurangi rasa nyeri atau pegal pada bagian leher ketika bangun. Cara ini memang umum dilakukan oleh orang-orang saat mengalami gangguan nyeri otot. Meskipun dapat mengurangi rasa nyeri, namun pemakaian obat gosok atau balsem memang tidak menghilangkan masalah utama sakit leher.

Hal itu disebabkan karena kandungan senyawa yang terdapat dalam obat gosok sendiri sifatnya hanya merelaksasi otot sementara. Sehingga rasa nyeri atau pegal akan kembali sewaktu-waktu. Oleh karena itu kamu pun harus melakukan tindakan preventif lainnya untuk mencegah rasa nyeri tersebut datang kembali.

3. Mengompres Leher

Mengompres Leher

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menyembuhkan sakit leher akibat salah bantal adalah dengan mengompres bagian leher yang sakit atau pegal dengan air es atau air hangat. Penggunaan air es sendiri berguna untuk mengurangi rasa sakit akibat perdagangan. Sementara penggunaan air hangat biasanya untuk membuat kondisi lebih relaks dan nyaman.

Kedua cara tersebut memang efektif untuk menghilangkan rasa nyeri. Waktu kompres sendiri biasanya disesuaikan dengan tingkat keparahannya. Umumnya kedua cara tersebut bisa dilakukan sekitar 20-30 menit sampai rasa nyeri reda.

4. Lakukan Meditasi

Lakukan Meditasi

Melakukan kesibukan yang luar biasa setiap hari ditambah dengan kurangnya waktu tidur akibat salah bantal memang dapat meningkatkan stres. Stres sendiri merupakan salah satu faktor yang kerap menjadi pencetus berbagai permasalahan kesehatan dalam tubuh.

Selain dapat meningkatkan asam lambung, kepala pusing, stres berlebih juga bisa membuat otot-otot yang ada di sekitar leher menjadi tegang. Nah, untuk mencegah hal itu kamu bisa melakukan meditasi seperti Yoga. Hal itu memang cukup efektif untuk meredakan  ketegangan akibat stres.

5. Merubah Posisi Tidur

Merubah Posisi Tidur

Nyeri leher akibat salah bantal memang bisa dihindari dengan merubah kebiasaan posisi tidur. Biasanya posisi tidur juga menjadi salah satu hal yang ikut andil dalam membuat leher sakit atau merasakan pegal. Nah, untuk mencegah itu semua kamu pun bisa mulai merubah kebiasaan tidur kamu yang sesuai dengan saran ahli.

Bila kamu penganut agama Islam, kamu pun bisa mengikuti sunah nabi dengan tidur posisi miring menghadap ke kanan. Cara tersebut memang bisa membuat kerja jantung kamu saat tidur tidak terlalu berat atau mengalami gangguan karena tekanan.

Baca jugaJenis Bantal yang Akan Membuat Tidur Lebih Nyaman

6. Gunakan Penyangga Leher

Gunakan Penyangga Leher

Kamu juga bisa menggunakan penyangga leher ketika kamu merasakan rasa sakit atau pegal pada bagian leher. Penyangga leher sendiri dapat  membuat otot atau jaringan yang ada pada bagian leher beristirahat untuk sementara waktu sampai kondisinya perlahan membaik.

Penggunaan penyangga leher sendiri biasanya disesuaikan dengan tingkat cedera leher yang dialami. Bila cedera yang kamu alami tidak terlalu parah, biasanya kamu hanya memerlukan bantuan penyangga tersebut dalam waktu singkat begitu pun sebaliknya.

7. Melakukan Terapi

Melakukan Terapi

* sumber: www.health.harvard.edu

Tindakan yang juga bisa kamu lakukan bila mengalami rasa nyeri atau pegal pada leher adalah dengan memberi pijatan ringan pada bagian leher yang sakit. Kamu bisa meminta bantuan tukang pijat yang sudah terpercaya atau berpengalaman menangani kasus-kasus yang serupa.

Atau bila hal itu tidak memungkinkan dan cukup berisiko bila dilakukan orang yang kurang ahli, kamu pun bisa melakukan terapi dengan pergi ke ahli fisioterapi profesional yang ada di klinik atau rumah sakit terdekat. Cara ini memang diketahui lebih aman, hanya saja cost terapi yang harus kamu keluarkan mungkin jauh lebih besar.

8. Lakukan Stretching

Lakukan Stretching

* sumber: www.self.com

Salah bantal juga bisa diatasi dengan cara melakukan stretching. Stretching sendiri memiliki beberapa manfaat seperti dapat meningkatkan elastisitas otot serta dapat meningkatkan kinerja otot jauh lebih baik. Kamu juga bisa melakukan gerakkan sederhana dengan menggerakkan kepala ke kiri dan kanan secara perlahan dan tidak terburu-buru.

Hindari gerakan menghentak yang akan menimbulkan rasa sakit pada bagian leher. Gerakan stretching juga bisa kamu lakukan tidak hanya pada saat merasa bagian leher kamu sakit tapi juga saat menjelang tidur untuk membuat otot-otot sekitar leher lebih relaks.

9. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup

* sumber: www.remediesforme.com

Rasa nyeri atau pegal pada leher memang bisa semakin buruk jika dibiarkan tanpa penanganan yang tepat. Meskipun begitu aktivitas yang terlalu berat juga dapat memicu hal tersebut semakin parah. Sehingga langkah selanjutnya yang bisa kamu ambil adalah dengan cara beristirahat yang cukup.

Hentikan terlebih dahulu aktivitas fisik yang terlalu berat seperti olahraga atau mengerjakan sesuatu pekerjaan yang berat agar tidak membuat proses penyembuhan leher kamu semakin lama. Umumnya rasa sakit akan berangsur menghilang sekitar 2-3 hari.

10. Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

Mengonsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit

* sumber: www.netdoctor.co.uk

Nah, bila rasa nyeri pada leher kamu berlangsung lama meskipun telah melakukan berbagai cara di atas. Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.

Hanya saja untuk langkah yang satu ini kamu harus terlebih dahulu melakukan konsultasi ke dokter supaya kamu tahu obat yang tepat serta takaran yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Bila kamu termasuk orang yang anti terhadap obat-obatan kimia. Kamu juga bisa mengkonsumsi obat-obatan herbal yang relatif lebih aman bagi tubuh.

Pastikan juga obat atau jamu yang kamu konsumsi tersebut terdaftar di badan POM.

Nah, itulah 10 cara menyembuhkan sakit leher akibat salah bantal yang bisa kamu lakukan di rumah. Cara yang telah disebutkan di atas memang dipercaya mampu meredakan rasa nyeri. Meskipun begitu bukan berarti bisa menggantikan saran dokter atas keluhan yang kamu rasakan. Semoga informasi yang telah Bacaterus rangkum bisa bermanfaat untuk kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *