Bacaterus / Susu / Ini Dia Cara Menyeduh Susu Bubuk Formula yang Benar

Ini Dia Cara Menyeduh Susu Bubuk Formula yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Mei 2019

Susu bubuk formula umumnya diberikan kepada bayi yang mungkin tidak dapat memperoleh ASI eksklusif. Bahkan, susu ini juga bisa tetap diberikan hingga anak mencapai usia 12 tahun. Ada berbagai gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam susu formula bubuk. Namun, tahukah Anda bahwa kesalahan saat menyeduh susu bubuk ternyata dapat menghilangkan sebagian nutrisi di dalamnya?

Ada beberapa aturan yang harus Anda cermati ketika menyeduh susu bubuk, terutama susu formula untuk buah hati Anda. Cara ini wajib dilakukan untuk menjaga nutrisi yang terdapat di dalam susu tersebut. Nah, di kesempatan kali ini Bacaterus akan membahas cara menyeduh susu bubuk yang benar sekaligus menjabarkan kesalahan yang biasa dilakukan ketika menyeduh susu.

Cara Menyeduh Susu Bubuk Formula yang Benar

Menyeduh susu bubuk tidak terlihat sesederhana itu, lho. Ada beberapa tahapan yang harus Anda lalui untuk membuat susu bubuk yang berkualitas untuk buah hati. Jika buah hati Anda masih berusia di bawah 2 bulan, maka cobalah lebih hati-hati ketika menyeduh susu bubuk.

Berikut ini adalah langkah-langkah menyeduh susu bubuk formula yang benar:

1. Bersihkan Tangan dan Wadah Susu

Bersihkan Tangan dan Wadah Susu

* sumber: thechampatree.in

Sebelum membuat susu, pastikan kedua tangan Anda benar-benar bersih. Cucilah tangan dengan sabun untuk memastikan tidak ada bakteri yang menempel pada tangan.

Di samping itu, kebersihan wadah susu mulai dari botol sampai dot juga harus diperhatikan. Pastikan wadah susu sudah dicuci dan disterilkan terlebih dahulu. Kemudian, keringkan dengan handuk bersih sebelum dipakai untuk membuat susu.

2. Rebus Air Sampai 70 Derajat Celcius

Rebus Air Sampai 70 Derajat Celcius

* sumber: www.freep.com

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang suhu air ideal untuk membuat susu? Sebagian ibu mungkin tidak memperhatikan hal ini. Padahal, suhu air yang dipakai untuk menyeduh susu ini sangat penting, lho.

Suhu air ideal yang paling tepat untuk menyeduh susu bubuk formula adalah 70 derajat cekcius. Pada suhu ini, bakteri Enterobacter sakazakii pada susu bubuk dijamin mati. Memakai air di bawah suhu 70 derajat cekcius mungkin tidak akan mematikan bakteri tersebut.

Sebaliknya, jika Anda memakai air rebusan bersuhu di atas 70 derajat (hingga 100 derajat), probiotik di dalam susu bubuk akan mati. Susu bubuk yang tidak mengandung probiotik tentu saja jadi tidak bermanfaat. Namun, jika menyeduh susu dengan suhu di bawah 70 derajat celcius, probiotik dalam susu tidak akan “bangun” dan tidak bisa memberikan manfaat sehat untuk saluran cerna.

3. Masukkan Air Panas ke dalam Botol

Masukkan Air Panas ke dalam Botol

Setelah air mendidih pada suhu 70 derajat celcius, kini tiba saatnya untuk memasukkan air ke dalam botol susu. Masukkan air ke dalam botol secara perlahan-lahan, jangan sampai terkena tangan Anda. Hindari mengisi air sampai botol penuh karena Anda belum memasukkan susu bubuknya.

4. Masukkan Susu Bubuk Formula

Masukkan Susu Bubuk Formula

* sumber: www.videoblocks.com

Masukkan beberapa sendok susu bubuk ke dalam botol yang sudah diisi dengan air panas. Kemudian, tutup botol dan kocok sampai susunya tercampur rata. Pastikan tidak ada susu yang menggumpal agar buah hati Anda bisa meminumnya dengan mudah.

5. Dinginkan Botol dalam Air Dingin

Dinginkan Botol dalam Air Dingin

* sumber: www.wikihow.com

Menyeduh susu bubuk dengan air bersuhu 70 derajat celcius bukan berarti Anda harus menyajikan susu dengan suhu panas tersebut kepada anak. Lidah dan tenggorokan anak dapat terbakar jika Anda menyajikan susu cair yang panasnya mencapai 70 derajat celcius.

Nah, agar suhu susu di dalam botol jadi lebih adem, sediakan wadah berisi air dingin, lalu rendam botol berisi susu panas ke dalam air selama beberapa saat. Sebelum memberikan susu kepada anak, cek dulu apakah suhunya sudah bersahabat. Cara mengecek suhu susu adalah dengan meneteskannya ke punggung tangan.

Apabila Anda sudah yakin bahwa susu itu telah mencapai suhu normal yang layak untuk dikonsumsi si kecil, berikan susu tersebut agar si kecil pun bisa langsung menghabiskannya. Susu yang nikmat adalah yang tidak terlalu hangat, tapi juga tidak benar-benar dingin.

Nah, itulah cara menyeduh susu bubuk formula yang benar. Pada awalnya, cara ini mungkin terkesan sedikit ribet karena Anda harus membeli termometer suhu air untuk memantau suhu air yang akan dipakai menyeduh susu. Namun, lama kelamaan Anda pasti akan terbiasa melakukannya. Untuk kebaikan buah hati, Anda pasti selalu ingin memberikan yang terbaik, kan?

Kesalahan dalam Menyeduh Susu Bubuk Formula

Setelah mencermati cara menyeduh susu bubuk formula secara tepat, kini saatnya Anda mengenal kesalahan yang sering dilakukan ketika menyeduh susu bubuk. Dari kesalahan-kesalahan ini, Anda bisa menghindarinya agar dapat menyajikan susu yang lebih baik untuk buah hati.

  • Memasukkan Susu Sebelum Air
Memasukkan Susu Sebelum Air

* sumber: www.nct.org.uk

Kesalahan yang cukup sering dilakukan dalam membuat susu bubuk adalah memasukkan susu ke dalam botol terlebih dahulu baru setelah itu menuang air. Bubuk susu lebih mudah larut jika dituang ke dalam wadah yang sudah berisi air panas. Memasukkan susu terlebih dahulu hanya akan memperbanyak gelembung udara yang memungkinkan si kecil jadi kembung.

  • Takaran Susu Terlalu Sedikit atau Banyak
Takaran Susu Terlalu Sedikit atau Banyak

* sumber: www.myrecipes.com

Sangat penting untuk memperhatikan takaran susu bubuk sebelum dibuat. Pasalnya, terlalu banyak atau terlalu sedikit memberikan takaran susu bubuk juga bisa berakibat fatal. Sebagai contoh, takaran susu yang terlalu banyak bisa menyebabkan anak jadi diare. Sebaliknya, jika takaran susunya terlalu sedikit, kebutuhan gizi dan nutrisi anak tidak terpenuhi.

  • Menyajikan Susu Terlalu Panas
Menyajikan Susu Terlalu Panas

* sumber: www.mnn.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suhu air 70 derajat celcius digunakan untuk menyeduh susu, bukan suhu mutlak untuk menyajikan susu kepada anak. Susu yang suhunya masih panas akan membuat tenggorokan anak terbakar. Tes dulu suhu susu pada kulit tangan Anda sebelum memberikannya kepada si kecil.

  • Menyimpan dan Memberikan Sisa Susu Formula
Menyimpan dan Memberikan Sisa Susu Formula

* sumber: www.health.harvard.edu

Pernahkah Anda mendapati bahwa susu yang diberikan kepada si kecil ternyata tidak habis? Karena susunya masih banyak, Anda jadi berinisiatif untuk menyimpan susu itu dan memberikannya beberapa saat ke depan.

Sayangnya, susu bubuk formula yang sudah diseduh tidak dianjurkan untuk disimpan lebih dari satu jam. Bahkan, menyimpan susu sisa di dalam kulkas justru membuat susu tersebut mengandung bakteri.

  • Memanaskan Susu di Microwave
Memanaskan Susu di Microwave

* sumber: www.rd.com

Beberapa orang memilih menghangatkan susu di dalam microwave ketimbang menyeduh susu di dalam air panas. Ketahuilah bahwa ini merupakan tindakan yang salah. Selain membuat susu menggumpal dan tidak larut secara merata, cara ini justru membuat bibir anak jadi berisiko terluka.

Cara menyeduh susu bubuk formula yang benar ini bisa mulai Anda lakukan ketika nanti hendak membuatkan susu untuk buah hati. Hindari kesalahan-kesalahan dalam membuat susu bubuk agar Anda bisa menyajikan susu yang bergizi dan berkualitas untuk si kecil. Jangan lupa untuk turut membaca artikel rekomendasi susu untuk meningkatkan kecerdasan otak anak ini bila Anda ingin memberikan susu terbaik untuk si kecil.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar