Bacaterus / Kecantikan / Kosmetik Bibir / 5 Cara Menyambung Lipstik yang Patah Agar Tetap Bisa Dipakai

5 Cara Menyambung Lipstik yang Patah Agar Tetap Bisa Dipakai

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2018

Meskipun zaman sekarang sudah ada lip tint, lipstik konvensional tetap memiliki tempat di hati sebagian besar wanita. Apalagi brand lipstik ternama seperti YSL, MAC, atau Bobbi Brown masih menggunakan kemasan lipstik padat yang konvensional. Kekurangan lipstik padat ini hanya satu, yakni rentan patah. Kalau kita memberikan tekanan terlalu keras ketika memoles lipstik di bibir bisa-bisa lipstik padat ini akan patah.

Tak perlu panik jika lipstik padat Anda patah menjadi dua. Bacaterus akan memberikan cara menyambung lipstik yang patah agar tetap bisa dipakai. Kalau pun tidak ingin menggunakannya sebagai lipstik, Anda juga bisa memanfaatkan lipstik patah itu menjadi beberapa ide cerdas yang akan kami bagikan berikut ini.

5 Cara Menyambung Lipstik yang Patah

1. Pemanasan dengan Api

Pemanasan dengan Api Cara Menyambung Lipstik yang Patah

Lipstik patah menjadi dua bukan akhir dari segalanya kok. Anda masih bisa menyatukan kembali lipstik yang patah dengan menggunakan media api. Yuk, ikuti panduan cara menyambung lipstik yang patah dengan metode pemanasan:

  • Putar lipstik yang masih berada di dalam tempatnya hingga semua bagian yang tersisa bisa terlihat.
  • Ratakan bagian bawah lipstik yang patah dengan menggunakan cotton bud.
  • Bakar bagian lipstik yang masih berada di dalam tempatnya dengan menggunakan korek api.
  • Bakar juga bagian bawah lipstik yang patah sampai agak meleleh. Namun, hati-hati jangan sampai apinya terkena jari Anda.
  • Kembali ratakan bagian bawah lipstik yang patah dengan cotton bud dan sambungkan ke dalam sisa lipstik.
  • Agar patahan dan sisa lipstik melekat dengan erat, bakar bagian tengah sambungannya.
  • Diamkan selama beberapa menit sampai kedua sambungannya menyatu dengan erat.
  • Putar kembali lipstik untuk memastikan kedua bagian sudah tersambung dengan baik.

Setelah lipstik kembali disambungkan, sebaiknya jangan digunakan selama 1-2 jam ke depan. Biarkan kedua bagian tersambung sampai erat dulu, baru cobalah untuk memoleskan lipstik ke bibir.

2. Pemanasan dengan Hair Dryer

Pemanasan dengan Hair Dryer

Yang satu ini adalah cara menyambung lipstik yang patah dengan suhu panas juga. Namun, agar lebih aman maka kita menggunakan hair dryer yang mengeluarkan udara panas. Untuk mencegah hawa panas dari hair dryer, gunakan sarung tangan plastik. Selanjutnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Nyalakan hair dryer dan arahkan ke bagian bawah patahan lipstik. Untuk membuat bagian bawahnya meleleh, Anda perlu waktu sekitar 10 menit.
  • Setelah bagian bawah patahan lipstik terlihat meleleh, segera satukan kembali dengan sisa lipstik yang masih ada di dalam tabungnya.
  • Putar tabung lipstik hingga semua bagian lipstik masuk ke dalamnya.
  • Letakkan lipstik ke dalam lemari es selama 30 menit agar kedua bagian dapat tersambung secara sempurna.

Cara ini dapat menyatukan lipstik yang patah secara lebih aman ketimbang Anda menggunakan api. Namun, daya rekat yang dihasilkan memang tidak sebaik ketika Anda memanaskan lipstik dengan api.

3. Lelehkan Seluruh Bagian Lipstik

Lelehkan Seluruh Bagian Lipstik

Apabila kedua cara sebelumnya tidak cukup mampu merekatkan lipstik yang patah, Anda dapat mencoba cara menyambung lipstik yang patah dengan melelehkan semua bagian lipstik. Hah? Kok bisa? Simak cara selengkapnya berikut ini:

  • Letakkan patahan lipstik dalam sebuah wadah, kemudian ambil sisa lipstik yang masih ada di dalam tabung dengan cara mencongkelnya dengan jarum atau tusuk gigi.
  • Pindahkan patahan lipstik dan sisa-sisa lipstik dari tabung ke atas sebuah sendok stainless steel.
  • Nyalakan lilin dan dekatkan bagian bawah sendok ke api lilin tersebut.
  • Lipstik yang berada di atas sendok akan meleleh. Segera pindahkan lelehan lipstik tadi ke dalam tabungnya.
  • Masukkan tabung lipstik ke dalam lemari es selama 1-2 jam. Lelehan lipstik tadi akan menjadi padat dan bisa kembali Anda pakai untuk memoles bibir.

4. Jadikan Lipstik Palette

Jadikan Lipstik Palette

Cara menyambung lipstik yang patah memang bisa menjadi solusi agar lipstik patah tersebut tidak perlu dibuang dan menjadi mubazir begitu saja. Apalagi jika lipstik tersebut mahal tentu saja sangat sayang jika harus membuangnya.

Selain menyambung kedua bagian lipstik, ada cara lain yang membuat Anda tetap bisa memanfaatkan lipstik patah tadi menjadi pewarna bibir, yakni dengan menyulapnya menjadi lipstik palette. Bagaimana sih mengubah lipstik padat yang dikemas dalam sebuah tabung menjadi lipstik palette? Berikut adalah panduan mengubah lipstik padat yang patah menjadi lipstik palette:

  • Ambil sisa lipstik di tabungnya dengan mencongkel memakai jarum atau tusuk gigi.
  • Letakkan semua bagian lipstik yang patah di atas sendok yang terbuat dari stainless steel.
  • Panaskan bagian bawah sendok dengan menggunakan api yang berasal dari sebuah lilin.
  • Siapkan palette atau wadah kosong untuk menempatkan lelehan lipstik padat tadi.
  • Tuangkan cairan lipstik ke dalam wadah yang tersedia.
  • Diamkan dalam suhu ruangan selama 2 jam atau masukkan ke dalam lemari es selama 1 jam agar lelehan lipstik tadi kembali padat.
  • Setelah lipstiknya padat, Anda bisa menggunakan lipstik palette untuk mewarnai bibir.

Penggunaan lipstik palette ini harus menggunakan kuas khusus bibir. Meskipun cara penggunaannya berbeda dengan lipstik padat yang dikemas dalam tabung, tapi cara ini membantu Anda tetap bisa memanfaatkan lipstik yang patah agar bisa dipakai kembali. Meskipun kami tidak menjamin bahwa kualitas warnanya tetap sama seperti sebelum dilelehkan.

5. Jadikan Blush On

Jadikan Blush On

Kualitas lipstik padat tentu saja akan berbeda dengan lipstik yang sudah dilelehkan dan disulap menjadi lipstik palette. Sebagai contoh, jika sebelumnya lipstik tersebut berjenis matte, belum tentu lipstik itu akan memberikan hasil matte pada bibir setelah melalui proses pemanasan dan pembekuan. Mau tidak mau Anda pun memilih untuk membeli lipstik yang baru.

Akan tetapi, Anda tidak perlu membuang lipstik patah yang sudah terlanjur disulap menjadi lipstik palette. Manfaatkan saja lipstik palette tadi menjadi blush on perona pipi. Coba aplikasikan lipstik palette ini ke bagian pipi Anda dan lihat warnanya di kaca.

Kalau Anda cocok dengan warnanya, gunakan saja sebagai blush on. Tak selamanya blush on berbentuk bedak, ada juga cream blush atau tint blush yang teksturnya hampir serupa dengan lipstik palette. Jadi, lipstik palette tadi tidak mubazir kalau Anda bisa memanfaatkannya sebagai perona pipi.

Tips Agar Lipstik Tidak Patah

Tips Agar Lipstik Tidak Patah

Anda memang bisa kembali menyambungkan lipstik yang patah, tetapi tentu saja lebih nyaman jika memakai lipstik yang masih utuh dan tidak patah sama sekali. Untuk mencegah lipstik patah, silakan ikuti tips berikut ini:

  • Jangan menekan lipstik ketika memoleskannya ke bibir.
  • Gunakan kuas khusus bibir meskipun Anda memakai lipstik padat yang dikemas di dalam tabung.
  • Aplikasikan lipstik dengan menggunakan jari, yakni colek lipstik dengan jari lalu usapkan jari Anda ke seluruh bagian bibir.

Itulah 5 cara menyambung lipstik yang patah sekaligus trik untuk memanfaatkannya agar tidak dibuang begitu saja. Kalau masih bingung memilih warna lipstik, kami sarankan untuk membaca artikel cara memilih lipstik yang cocok dengan bibir Anda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment