Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / 6 Cara Menyalakan Arang dengan Cepat dan Praktis

6 Cara Menyalakan Arang dengan Cepat dan Praktis

Mau menyalakan arang untuk memanggang BBQ atau sate? Ada banyak cara menyalakan arang dengan cepat dan praktis. Kita tidak perlu menunggu lama untuk menghidupkan bara api pada arang. Bahan-bahan yang bisa dipakai untuk menyalakan arang ini ternyata sangat familiar dalam kehidupan kita sehari-hari, meskipun ada beberapa media untuk menyalakan arang yang harus dibeli terlebih dahulu.

Yang kita tahu, cara menyalakan arang yang cepat adalah menggunakan media minyak tanah. Namun, ketika saat ini minyak tanah sudah langka dan sulit ditemukan, Anda bisa menggunakan media lainnya untuk menyalakan arang. Tanpa minyak tanah pun arang juga bisa dinyalakan dan tahan lama kok!

6 Cara Menyalakan Arang dengan Cepat

1. Minyak Tanah

Cara Menyalakan Arang

Berbicara mengenai media yang paling ampuh dan banyak dipakai untuk menyalakan arang, tentu pikiran kita tidak bisa lepas dari minyak tanah. Bahan bakar dengan aroma yang menyengat ini memang bisa membantu Anda menyalakan arang dengan sangat cepat. Dalam sekejap, arang bisa terbakar api setelah disiram minyak tanah.

Bacaterus akan memberikan panduan cara menyalakan arang dengan minyak tanah yang aman:

  1. Sebarkan arang di tempat pemanggang secara merata dan yang bagian tengah dibuat sedikit menggunung.
  2. Tuangkan minyak tanah secara merata ke seluruh bagian arang. Sebelum memantik api, biarkan minyak tanah meresap ke dalam arang. Dengan cara ini, api akan menyala dengan mudah dan lebih besar.
  3. Nyalakan api untuk membakar arang. Usahakan menggunakan tusuk bambu yang cukup panjang agar tangan tidak terbakar saat api mulai menyala.
  4. Biarkan arang terbakar selama 10-15 menit dulu, kemudian baru panggang makanan di atas arang.

2. Cerobong Arang

Cerobong Arang

Ingin tahu cara menyalakan arang lainnya tanpa minyak tanah? Anda bisa menggunakan cerobong arang yang sudah banyak dijual di pasaran. Cerobong ini dapat dipakai untuk membakar arang biasa atau arang briket. Bahkan, penggunaan cerobong arang ini dinilai lebih aman dan tidak berpotensi membakar tangan Anda saat menyulut api.

Pastikan Anda sudah menyediakan cerobong arang terlebih dahulu sebelum mengikuti langkah-langkah cara menyalakan arang dengan cerobong. Sediakan juga koran bekas sebagai media untuk menyalakan api. Selanjutnya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Isi cerobong dengan arang briket atau arang biasa sampai penuh.
  2. Lipat koran menjadi seperti batang rokok, lalu masukkan koran tersebut ke lubang-lubang kecil yang berada di tepi-tepi bawah cerobong. Jangan melipat koran sampai lubangnya penuh karena untuk menyalakan api diperlukan oksigen.
  3. Bakar koran yang diselipkan di bawah cerobong dengan korek api, dalam beberapa waktu ke depan api yang membakar koran akan menjalar hingga membakar arang.
  4. Diakan selama 10-15 menit sampai arang terus terbakar dan warnanya menjadi putih keabuan.
  5. Setelah arang sudah mengeluarkan bara api, pindahkan arang ke tempat pemanggang agar bisa dipakai untuk membakar makanan.

3. Kertas Bekas

Kertas Bekas

Rahasia cara agar arang tahan lama adalah tetap membakar arang dengan menambahkan arang saat sedang membakar. Untuk mempertahankan arang yang sudah dibakar, gunakan media berupa kertas bekas. Kertas ini dapat menghidupkan bara api dengan aman tanpa khawatir membakar tangan Anda. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghidupkan arang secara cepat dan tahan lama:

  1. Letakkan arang secara berjajar di tempat pemanggangan.
  2. Gulung beberapa buah kertas bekas yang sudah tidak terpakai, lalu letakkan kertas-kertas itu di atas arang yang akan dibakar.
  3. Bakar gulungan kertas tadi dan biarkan semua kertas membakar arang-arang yang berada di bawahnya.
  4. Untuk menjaga agar arang tetap menyala sampai jangka waktu lama, terus tambahkan arang-arang baru sebeum arang lama mulai padam.
  5. Sesekali Anda boleh menambahkan kertas bekas untuk membuat arang yang dibakar memiliki bara api yang lebih besar.

4. Api Kompor

Api Kompor

Cara menyalakan arang yang satu ini sejatinya paling mudah dan minim risiko. Hanya saja, cara menyalakan arang hitam atau arang kelapa dengan cara ini sedikit lebih lama dibanding metode lainnya. Api kompor adalah media yang paling mudah untuk menyalakan arang. Anda hanya perlu membakar arang di atas api kompor sampai bara apinya keluar.

Masih bingung bagaimana cara menyalakan arang dengan menggunakan api kompor? Simak penjelasan singkatnya berikut ini:

  1. Letakkan arang di dalam penjepit panggangan.
  2. Nyalakan kompor Anda dengan api sedang.
  3. Bakar arang yang sudah dimasukkan ke dalam penjepit di atas api kompor.
  4. Tunggu selama beberapa saat sampai arang mengeluarkan bara api.
  5. Setelah arang sudah menyala, pindahkan arang ke tempat pemanggangan dan mulailah memanggang makanan di atas arang tersebut.

5. Parafin

Parafin

Untuk membuat bara api dari arang dengan sangat cepat, Anda bisa membeli parafin yang dijual di supermarket atau toko bahan kimia. Parafin sendiri adalah bahan untuk membuat lilin, bentuknya berupa balok dan memang mirip dengan lilin. Jika Anda ingin menyalakan arang dengan parafin, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Letakkan ΒΌ bagian parafin di atas arang.
  2. Lelehkan parafin dengan api, Anda bisa membakarnya dengan korek api.
  3. Hanya dalam beberapa detik saja, parafin akan meleleh dan membuat bara api di atas arang.
  4. Tunggu sampai arang terbakar baru Anda bisa memanggang makanan di atasnya.

Parafin cenderung lebih aman dibanding minyak tanah karena baunya tidak menyengat. Selain itu, parafin juga tidak menghasilkan uap yang dapat mencemari makanan yang dipanggang di atas arang.

6. Minyak Sayur

Minyak Sayur

Membuat bara api dari minyak tanah memang dapat membuat makanan yang dipanggang di atas api tersebut jadi berbau minyak tanah. Oleh karena itu, cobalah membuat arang menyala dengan minyak sayur alias minyak goreng. Selain tidak berbau, minyak goreng juga aman untuk makanan yang dipanggang di atas arang tersebut.

Bagaimana cara menyalakan arang dengan menggunakan minyak sayur? Berikut adalah tutorial selengkapnya:

  1. Letakkan arang kelapa atau arang briket di atas alat pemanggang.
  2. Percikkan sedikit minyak goreng di atas arang.
  3. Bakar satu buah arang di atas kompor sebagai sumber api untuk membakar arang yang lainnya.
  4. Letakkan arang yang sudah terbakar di atas arang lain yang sudah diberi percikan minyak goreng.
  5. Tunggu sampai semua arang terbakar.
  6. Jangan terlalu sering menambahkan minyak pada arang yang sudah terbakar karena hal tersebut dapat memadamkan bara api dari arang itu.

Setelah arang terbakar, segera kipasi arang tersebut agar bara apinya semakin besar. Angin memang memberikan pengaruh yang besar untuk menghidupkan api. Itu sebabnya mengapa pedagang sate terus mengipasi sate-sate yang sedang dibakar, tujuannya agar bara api keluar dari arang dan makanan yang dipanggang di atasnya segera matang.

Cara menyalakan arang ini cukup mudah, bukan? Anda dapat memilih cara yang paling nyaman dan aman menurut Anda. Sebisa mungkin, hindari penggunaan minyak tanah, spirtus, dan bensin untuk menyalakan arang. Jika Anda tahu cara yang lebih aman, mengapa harus memilih cara yang lebih berisiko?

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment