Bacaterus / Lowongan Kerja / Cara Menolak Tawaran Kerja Tanpa Meninggalkan Kesan Negatif

Cara Menolak Tawaran Kerja Tanpa Meninggalkan Kesan Negatif

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menolak pekerjaan memang bukan sesuatu yang sulit, namun juga perlu dilakukan dengan cara yang benar agar para pelamar kerja tidak meninggalkan kesan buruk bagi Human Resource Development atau HRD yang mengadakan sesi interview.

Pentingnya melakukan penolakan dengan cara yang baik karena saat ini antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya biasanya saling menjalin komunikasi. Sehingga tak menutup kemungkinan bila citra buruk kamu akan terdengar pula di perusahaan tempat kamu melakukan sesi interview di kemudian hari.

So, untuk menghindari hal tersebut. Kali ini Bacaterus akan membahas cara menolak tawaran kerja tanpa meninggalkan kesan negatif. Seperti apa itu? Berikut adalah pemaparannya.

Menolak Sebuah Pekerjaan

Menolak Sebuah Pekerjaan

Menolak pekerjaan memang bisa terjadi karena berbagai alasan dan pertimbangan. Mulai dari alasan jabatan, gaji yang tidak sesuai dengan harapan, tidak ada tunjangan kesehatan maupun sosial selama bekerja atau mungkin karena jenjang karier yang terlalu lama atau bahkan tidak ada sama sekali.

Hal itu memang bisa membuat para pelamar harus berpikir ulang untuk mengambil keputusan bekerja di perusahaan tersebut. Hanya saja dalam beberapa kasus terdapat pula pelamar yang tiba-tiba hilang tanpa kabar atau memberitahukan penolakan pada perusahaan yang telah memberikan kesempatan baginya untuk  melakukan sesi interview di perusahaan tersebut.

Hal itu tentu bukanlah sikap yang patut untuk ditiru. Selain dapat merugikan diri sendiri, tindakan tersebut juga dapat merugikan pelamar lain yang benar-benar ingin bekerja di perusahaan tersebut.

Alasan Kamu Harus Menolak Pekerjaan dengan Cara yang Baik

Alasan Kamu Harus Menolak Pekerjaan dengan Cara yang Baik

Kenapa kamu harus melakukan penolakan kerja dengan cara yang baik? Kamu tentu pernah mendengar nasihat lama yang mengatakan ‘Jika kamu datang dengan cara yang baik, maka pergi pun harus sama seperti saat pertama kali kamu datang’.

Nah, hal tersebut memang sebuah sikap yang harus ditanamkan dalam setiap diri manusia yang memiliki nilai budi pekerti luhur, kesopanan, budaya yang berakhlak dan berpendidikan. Selain itu terdapat pula beberapa hal positif yang bisa kamu dapatkan bila melakukan hal tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • ‌Menanamkan Citra Positif di Perusahaan

‌Menanamkan Citra Positif di Perusahaan

Cara menolak sebuah pekerjaan  memang bisa memberi gambaran singkat tentang kepribadian seorang pelamar. Seperti yang sudah di bahas di atas bahwa masih saja ada pelamar yang menghilang bak ditelan bumi tanpa memberi kejelasan pada perusahaan. Hal itu akan menimbulkan citra negatif yang tentunya akan mengurangi nilai kamu di mata perusahaan.

Karena mungkin saja kamu dianggap sebagai orang yang tidak bertanggung jawab atau seseorang yang  tidak serius dalam pekerjaan. Lain halnya bila kamu melakukannya dengan baik. Perusahaan mungkin akan melihatmu sebagai pribadi yang bertanggung jawab. Sehingga tidak menutup kemungkinan bila ada posisi pekerjaan yang lebih baik kamu akan mencoba menawarkan padamu.

  • ‌Menjalin Relasi yang Baik dengan Staff

‌Menjalin Relasi yang Baik dengan Staff

Selain itu kamu juga bisa menjalin relasi yang baik dengan staff perusahaan tempat kamu melakukan interview. Hal tersebut bisa jadi merupakan shortcut bagi para pelamar untuk mendapatkan pekerjaan.

Karena baiasanya mereka tak akan segan merekomendasikanmu pada perusahaan lain atau memberitahukanmu informasi yang bagus mengenai pekerjaan di tempat lain. Hal tersebut tentu menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagimu.

  • ‌Tidak Menjadi Bumerang di Kemudian Hari

‌Tidak Menjadi Bumerang di Kemudian Hari

Ingatlah bahwa dunia pekerjaan merupakan tempat yang sempit. Sehingga tak menutup kemungkinan bila kamu akan dipertemukan dengan orang-orang yang sama ketika kamu menolak pekerjaan di perusahaan sebelumnya. Citra buruk yang kamu berikan terdahulu mungkin akan berdampak di kemudian hari. So, bisa saja itu merugikanmu.

  • ‌Melatih Negosiasi dengan Perusahaan

Melatih Negosiasi dengan Perusahaan

Bila sebuah perusahaan tertarik dengan personality serta kemampuan kamu dalam bekerja. Biasanya mereka juga akan mempertimbangkan alasan penolakanmu atau mungkin melakukan pengecualian terhadapmu. Oleh karena itu saat kamu mengabarkan penolakan. Kamu pun bisa melakukan negosiasi kembali dengan perusahaan.

Langkah-Langkah Menolak Sebuah Pekerjaan

Lalu seperti apa langkah-langkah yang harus kamu lakukan ketika menolak sebuah pekerjaan. Nah, biar lebih jelas kamu simak penjelasannya di bawah:

1. Memberi Kabar pada Perusahaan Secepatnya

Memberi Kabar pada Perusahaan Secepatnya

Setelah melalui proses interview, biasanya kamu akan diberikan kesempatan oleh perusahaan untuk berpikir dan mempertimbangkan beberapa hal-hal yang menjadi keraguanmu untuk bergabung dengan perusahaan.

Bila benefit yang ingin kamu dapatkan dari perusahaan sesuai dengan apa yang kamu harapkan tentu kamu tak perlu berpikir terlalu lama untuk membuat keputusan menerima pekerjaan tersebut. Namun, bila hal itu sebaliknya, biasanya perusahaan akan memberi tambahan waktu bagi kamu untuk mengambil keputusan.

Adapun perusahaan yang jeli melihat potensi pelamar tak akan mudah melepaskan calon karyawan apalagi dengan kualifikasi yang baik dan sesuai dengan yang mereka harapkan. Hanya saja perusahaan juga memiliki kebijakan yang tidak bisa mereka ambil sendiri tanpa persetujuan pimpinan.

Sehingga dalam masa itu biasanya mereka juga akan melakukan meeting internal yang membahas tentang penolakan yang kamu kemukakan. Hal tersebut bisa saja membutuhkan proses yang sedikit lama.

Hanya saja pada beberapa kejadian banyak pula pelamar yang mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu di tempat lain sementara di tempat sebelumnya prosesnya belum selesai.

Nah, untuk mencegah hal tersebut sebaiknya kamu memberitahukan hal itu secepatnya dengan cara mengirim email atau menelepon perusahaan secara langsung. Hal itu dilakukan agar HRD tidak membuang waktunya untuk kamu.

2. Menunjukkan Rasa Terima Kasih

Menunjukkan Rasa Terima Kasih

Proses interview merupakan hal yang sangat diinginkan oleh para pencari kerja. Selain itu proses interview juga bisa dijadikan ajang melatih diri baik mental, komunikasi, negosiasi atau cara kita mempresentasikan sesuatu.

Meskipun pada akhirnya pekerjaan di perusahaan tersebut tidak sesuai dengan kriteria yang kamu harapkan, namun kamu wajib berterima kasih atas kesempatan serta pengalaman yang diberikan perusahaan tersebut.

Gunakanlah tata bahasa yang sopan serta ucapkan dengan perasaan tulus untuk menunjukan bahwa apa yang mereka lakukan sangat berarti bagi kamu.

3. Memberikan Alasan yang Jelas

Memberikan Alasan yang Jelas

Menolak pekerjaan memang kerap terjadi dan akan berujung pada kekecewaan. Meskipun demikian perusahaan pasti akan mengerti keputusan yang kamu buat bila disertai dengan alasan yang kuat dan jelas.

Hal itu memang dapat menjadi masukan bagi perusahaan untuk perubahan di kemudian hari. Sampaikan niat kamu dengan poin yang jelas dan tidak bertele-tele agar perusahaan tidak merasa kamu mengada-ngada atau mencari alasan saja.

4. Menjalin Komunikasi

Menjalin Komunikasi

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menjalin komunikasi dengan pihak perusahaan. Karena hal itu dapat membantu kamu di masa depan. Seperti kita ketahui bahwa setiap perusahaan akan terus berevolusi atau mungkin akan semakin maju dan berkembang.

Hal itu dapat berdampak pada meningkatnya kebutuhan sumber daya manusia. Nah, dengan menjalin komunikasi yang baik, itu bisa menjadi jembatan kamu untuk mendapat karier yang lebih baik di masa depan. Jadi jalinlah kontak dengan mereka untuk mengetahui segala informasi mengenai pekerjaan.

Nah, itulah cara menolak tawaran kerja tanpa meninggalkan kesan negatif. Semoga informasi yang Bacaterus bahas di atas bisa bermanfaat bagi kamu. Bila ada saran dan kritik tulis di kolom komentar, ya!

Yuk, mampir di artikel tips mengikuti job fair agar sukses melamar pekerjaan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *