Bacaterus / Kucing / Inilah 10 Cara Mudah untuk Menjinakkan Kucing Liar

Inilah 10 Cara Mudah untuk Menjinakkan Kucing Liar

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Halo, Catlovers! Sebagai pecinta kucing, tentu Anda sangat menyayangi semua kucing ya. Baik kucing peliharaan sendiri ataupun kucing liar yang ada di jalanan. Namun kerap kali saat sebagian orang ingin memelihara kucing liar, banyak yang melontarkan keluhan sulit untuk menjinakkan kucing tersebut.

Nah, sebelum membahas cara menjinakkan Kucing. Perlu Anda ketahui, biasanya kucing berubah menjadi galak karena beberapa faktor, hal yang paling sering kita temui adalah karena kucing berada di lingkungan yang baru ia kunjungi.

Sekalipun kucing peliharaan Anda sudah dirawat dan menjadi jinak, ketika ia berada di suatu lingkungan baru atau bertemu kucing lainnya yang belum pernah ia temui, biasanya kucing Anda akan berubah menjadi galak dan agresif.

Pada dasarnya kucing merupakan hewan yang lucu, menggemaskan dan menyenangkan. Jika Anda memelihara seekor kucing, saat bermain-main dengannya dapat menghilangkan stres yang disebabkan penatnya rutinitas sehari-hari Anda.

Nah, sedangkan untuk memelihara kucing liar ataupun jinak bukanlah hal yang sulit. Jika Anda ingin memelihara kucing liar, maka hendaklah Anda pelajari hal-hal yang harus dilakukan.  Lalu apa saja yang harus dilakukan oleh para pecinta kucing? Baiklah, mari kita simak 10 cara menjinakkan kucing liar dibawah ini.

1. Perhatikan Gerak-Gerik Kucing

Perhatikan Gerak-Gerik Kucing

* sumber: pixabay.com

Ketika Anda  memiliki atau menemukan kucing baru, hal yang paling utama untuk Anda lalukan adalah memperhatikan gerak-gerik tingkah laku si kucing. Anda dapat memperhatikannya dari jarak jauh, setelah itu Anda dapat menyimpulkan apakah kucing tersebut dapat Anda taklukkan dengan cepat atau perlahan.

Jika dirasa kucing merasa takut atau agresif dengan keberadaan Anda, hendaknya Anda jangan terburu-buru untuk mendekatinya. Biarkan kucing mengenali lingkungan serta beradaptasi terlebih dahulu. Setelah dirasa kucing sudah nyaman, barulah Anda dapat mendekat.

2. Manjakan Si Kucing

Manjakan Si Kucing

* sumber: pixabay.com

Catlovers, setelah kucing sudah terlihat nyaman dengan lingkungan barunya dan keberadaan Anda, inilah saatnya untuk memanjakan kucing kesayangan Anda. Memanjakan dengan memanggil namanya dengan nada lembut atau dengan menirukan gaya suara kucing.

Kemudian mulai memegang dan mengelus-elus si kucing agar ia merasa lebih senang berada disamping Anda. Karena sama halnya dengan manusia, kucing pun membutuhkan perhatian khusus agar mereka merasa senang dan nyaman.

Namun Anda harus tetap berhati-hati, untuk memegang kucing tidak perlu terburu-buru. Cukup dengan perlahan, dimulai dengan memegang kepala ataupun leher. Sehingga membuat kucing merasa nyaman dengan Anda.

3. Beri Makan Kucing

Beri Makan Kucing

* sumber: www.hillspet.com

Nah Catlovers, pastikan sebelum Anda mengajak kucing bermain hendaknya Anda memberikan makan terlebih dahulu. Bisa jadi kucing Anda merasa lapar dan Anda pun dapat mengetahui makanan apa saja yang disukai kucing Anda.

Ketika nanti kucing diajak bermain dengan Anda, kucing tidak akan mengeong-ngeong karena merasa kelaparan. Dengan memberi makan terlebih dahulu membuat kucing lebih yakin dengan Anda, bahwa Anda adalah orang yang tepat sebagai pemelihara si kucing.

4. Ajak Kucing Bermain

Ajak Kucing Bermain

* sumber: www.marthastewart.com

Tentunya, inilah saat-saat yang dinantikan para pecinta kucing. Akhirnya penantian untuk bermain dengan si kucing tercapai deh. Nah setelah tiga langkah sebelumnya dirasa sudah cukup membuat kucing jinak kepada Anda, saatnya Anda dapat mengajak si kucing bermain-main.

Bermain sederhana saja bersama kucing, seperti mengajaknya berlari-lari, menggelitiknya, memberikan bola kecil kepada kucing dan masih banyak lagi. Dengan Anda bermain bersama si kucing, kucing akan merasa senang dan lebih nyaman dengan Anda.

5. Beri Kandang Terbaik

Beri Kandang Terbaik

* sumber: www.rover.com

Sebagai kucing baru dilingkungan yang baru, biasanya si mpus tidak mau diganggu oleh kucing lain. Kucing baru masih harus beradaptasi dengan lingkungannya, sehingga biasanya terjadi pertengkaran antara kucing lama yang sudah jinak dengan kucing baru yang belum jinak.

Solusinya untuk Anda adalah berikan kandang untuk si kucing baru, agar ketika kucing baru melihat kucing lama Anda, ia tidak akan bisa langsung berkelahi. Dan si kucing baru akan merasa nyaman memiliki kandangnya sendiri, yang dianggap sebagai rumah atau wilayahnya.

Baca juga: Tak Perlu Kasar, Ini 10 Cara Mengusir Kucing Liar dengan Baik

6. Beri Nama Panggilan

Beri Nama Panggilan

* sumber: www.rd.com

Lagi-lagi ditekankan bahwa, kucing merupakan hewan peliharaan istimewa. Layaknya manusia, kucing pun sangat penting untuk diberikan sebuah nama. Agar kucing merasa dapat lebih akrab dengan Anda, ketika Anda memanggil namanya kucing akan merasa spesial dan nyaman jika berada di dekat Anda.

Selain itu, dengan Anda memberikan nama pada kucing, kucing akan menjadi lebih penurut dan patuh kepada Anda saat Anda memangggilnya. Hal yang sangat menyenangkan bukan sebagai catlovers.

7. Jangan Marah pada Kucing

Jangan Marah pada Kucing

* sumber: taiwan-scene.com

Ketika kucing Anda sedang menggeram karena melihat kucing lain, sehingga kucing Anda mengeluarkan suara yang keras. Maka Anda tidak perlu memarahi atau membentaknya. Sama seperti manusia, kucing pun tentu memiliki perasaan juga.

So, Anda harus belajar bersabar dalam memelihara kucing, jika Anda memarahinya, maka kucing Anda akan merasa takut dan mengeong dengan suara yang tinggi. Sebaiknya Anda perlakukan dengan baik, buat kucing menjadi nyaman agar tidak menggeram lagi.

8. Pelihara dengan Baik

Pelihara dengan Baik

* sumber: people.com

Jika Anda sudah memutuskan untuk memelihara seekor kucing, maka Anda harus bersungguh-sungguh dalam merawatnya. Seperti memberinya makan teratur, memandikannya, memotong kukunya, membuat si kucing nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan memelihara kucing dengan baik, maka kucing akan nyaman berada di dekat Anda. Karena banyak sekali pemelihara kucing dengan ditaruh dikandang saja, sehingga kucing menjadi stres ingin keluar dari kandang. Akhirnya kucing pun pergi meninggalkan pemeliharanya. Jangan sampai hal itu terjadi ya, catlovers!

9. Ajak Kucing Jalan-Jalan

Ajak Kucing Jalan-Jalan

* sumber: cattime.com

Mengajak kucing jalan-jalan merupakan hal yang tepat untuk membuat Anda dan si kucing menjadi lebih dekat. Sehingga kucing pun akan menjadi jinak. Karena kucing Anda merupakan kucing yang baru dilingkungan baru, so, Anda harus mengenalkan lingkungan barunya dengan berjalan-jalan.

Kucing pun akan mempelajari lingkungannya dan mudah beradaptasi. Dan perlu diingat, jangan sampai kucing Anda dibiarkan dikurung dikandang terus-menerus, biarkan si kucing bermain dan mendapatkan kebebasan.

Jangan khawatir kucing akan menghilang, biasanya jika kucing diperlakukan dengan baik, maka ia akan kembali ke kandangnya.  Berikan juga kepercayaan pada kucing Anda.

10. Buat Kucing Percaya Diri

Buat Kucing Percaya Diri

* sumber: petsonplace.design

Pasti Anda bertanya-tanya, bagaimana cara membuat kucing percaya diri? nah jawabannya adalah dengan tidak memarahi, tidak berbuat kasar, dan tidak menatap dengan muka marah. Hal itulah yang akan membuat kucing Anda menjadi percaya diri.

Bila perlu Anda dapat terus memanjakan si kucing, mengusap rahangnya, mengusap kepalanya dan mengelus-elus perutnya. Cara ini sangat terbukti ampuh menjinakkan kucing peliharaan Anda.

Baiklah catlovers, itulah 10 cara menjinakkan kucing liar, yang sudah Bacaterus rangkum. Semoga bermanfaat yaa!

Jika Anda memiliki saran yang lebih baik, tinggalkan komentar Anda di kolom komentar, dan jangan lupa share kepada sesama pecinta kucing.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *