Bacaterus / Rumah / 10 Cara Menjaga Lingkungan yang Wajib Dilakukan Masyarakat

10 Cara Menjaga Lingkungan yang Wajib Dilakukan Masyarakat

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai makhluk hidup yang ada di bumi sudah selayaknya kita menjaga kelestarian lingkungan supaya alam menjadi tempat tinggal yang nyaman dan aman bagi kita dan generasi selanjutnya. Dalam hal ini pemerintah sendiri sebenarnya telah mengeluarkan berbagai kebijakan serta imbauan bagi masyarakat terkait kelestarian lingkungan. Hanya saja masih banyak pula masyarakat yang melanggar.

Hal ini tentu akan memberikan dampak buruk bila terus dibiarkan. Nah, karena saat ini kita sedang membahas tentang lingkungan. Kali ini Bacaterus telah merangkum 10 cara menjaga lingkungan yang wajib masyarakat lakukan agar kualitas hidup lebih baik. Seperti apa itu? Yuk, simak to do list yang harus kamu lalukan ini.

1. Hemat Air

Hemat Air

* sumber: www.acehtrend.com

Air bersih merupakan salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup. Hanya saja keberadaan air yang semakin hari semakin menipis bisa menimbulkan masalah serius Seperti yang kita ketahui semakin banyak populasi manusia di dunia semakin berkurang pula pasokan air.

Air sendiri merupakan kebutuhan yang tak bisa lepas dalam kegiatan sehari-hari. Sehingga tak menutup kemungkinan bila jumlah air bersih yang ada di dunia akan berkurang dari waktu ke waktu seiring meningkatnya jumlah pemakaian.

Hal ini mungkin akan menimbulkan krisis air yang berkepanjangan bila tidak ditangani sejak dini. Nah, untuk membantu melestarikan lingkungan. Cara sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah adalah dengan melakukan penghematan air.

2. Membuang Sampah pada Tempatnya

Membuang Sampah pada Tempatnya

* sumber: siedoo.com

Membuang sampah pada tempatnya adalah hal sederhana yang mudah dilakukan, namun sangat sulit dalam praktiknya. Kebiasaan buruk manusia dalam membuang sampah memang bisa menjadi penyebab serius datangnya permasalahan mulai dari kuman penyakit, bencana banjir, mengurangi estetika lingkungan, bahkan bisa menghambat jalannya roda perekonomian masyarakat.

Hal tersebut tentu sangat merugikan banyak pihak. Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, maka pentingnya meningkatkan kesadaran setiap anggota masyarakat dalam menjaga lingkungan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

3. Mengurangi Pemakaian Plastik

Mengurangi Pemakaian Plastik

* sumber: www.pmjnews.com

Sampah plastik adalah salah satu masalah yang kerap ditemui hampir di setiap wilayah yang ada di seluruh dunia. Keberadaannya sendiri memang bisa menjadi masalah besar serta memiliki dampak buruk bagi lingkungan sekitar.

Sampah plastik sendiri merupakan material yang tidak mudah terdekomposisi atau terurai serta mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak lingkungan. Mengingat zat-zat yang terdapat dalam plastik bisa membunuh hewan-hewan pengurai yang berguna bagi kesuburan tanah.

Nah, karena masalah yang ditimbulkan oleh plastik cukup serius, maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga lingkungan adalah dengan mengurangi pemakaian plastik.

4. Hemat Listrik

Hemat Listrik

* sumber: www.pikiran-rakyat.com

Listrik merupakan kebutuhan yang cukup penting untuk menunjang segala aktivitas manusia. Sama seperti air, penggunaan listrik yang berlebihan pun akan berdampak pada krisis energi, bahkan bisa menimbulkan bahaya berskala besar.

Perlu diketahui bahwa konsumsi listrik yang tinggi menyebabkan semakin tinggi pula emisi karbon yang dihasilkan dari pembangkit listrik. Bila hal ini berlangsung terus menerus maka akan mempercepat terjadinya pemanasan global yang akan berdampak pada meningkatnya suhu bumi.

Untuk mencegah hal tersebut, maka kamu juga bisa ikut berpartisipasi dengan cara menghemat penggunaan listrik atau mungkin mencari energi alternatif yang lebih ramah lingkungan.

5. Tebang Pilih

Tebang Pilih

* sumber: m.solopos.com

Hal penting lainnya yang harus dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan melakukan tebang pilih. Tebang pilih sendiri merupakan istilah yang banyak digunakan dalam bidang kehutanan. Dimana sumber daya alam yang telah siap dipanen akan ditebang sementara yang lainnya akan dibiarkan tetap tumbuh sampai pada masa panen berikutnya.

Biasanya setelah melakukan penebangan maka akan dilanjutkan dengan penanaman kembali bibit pohon untuk mencegah kerusakan ekosistem. Tujuan dilakukan tebang pilih sendiri adalah untuk mengatasi kerusakan hutan.

Baca juga: Inilah Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan yang Benar

6. Melakukan Penghijauan

Melakukan Penghijauan

* sumber: www.provoke-online.com

Melakukan penghijauan adalah salah satu cara untuk menjaga hutan atau lingkungan sekitar kita tetap terjaga. Keberadaan pohon dan tumbuhan memang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Selain dapat menghasilkan oksigen di udara, pohon juga memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida yang berbahaya bagi manusia.

Disamping itu penghijauan sendiri berguna untuk mencegah banjir, menjaga kualitas air yang ada di tanah, menjaga habitat flora dan fauna, serta berfungsi sebagai pengontrol cuaca untuk mencegah dampak buruk akibat pemanasan global.

7. Tidak Menggunakan Bom Air

Tidak Menggunakan Bom Air

* sumber: www.profauna.net

Menangkap ikan dengan cara merusak adalah tindakan yang tidak bertanggung jawab, bahkan bisa dikategorikan dalam sebuah kejahatan. Kasus seperti ini memang sering terjadi di masyarakat, khususnya di lingkungan nelayan.

Menggunakan bom air saat menangkap ikan memang sering dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang ingin mendapatkan hasil tangkapan ikan yang melimpah. Padahal dampak dari perbuatan tersebut sangat merugikan diri sendiri, orang lain, bahkan generasi selanjutnya yang hidup dari hasil laut.

Mengingat penggunaan bom sendiri dapat merusak habitat dan ekosistem laut yang berdampak pada berkurangnya hasil tangkapan ikan bagi nelayan di kemudian hari.

8. Membersihkan Lingkungan

Membersihkan Lingkungan

* sumber: infopublik.id

Kegiatan membersihkan lingkungan merupakan langkah tepat untuk mendapatkan lingkungan sekitar yang nyaman, bersih dan juga sehat. Membersihkan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat.

Langkah ini memang dianggap efektif untuk mencegah timbulnya permasalahan akibat penumpukan sampah yang berlarut-larut. Dengan lingkungan yang bersih dan bebas dari sampah, kualitas kehidupan masyarakat pun akan jauh lebih baik karena penyebaran penyakit serta bencana banjir akan lebih diminimalisir.

9. Menggunakan Barang yang Ramah Lingkungan

Menggunakan Barang yang Ramah Lingkungan

* sumber: ultimagz.com

Sampah adalah masalah utama yang kerap menimbulkan banyak permasalahan bagi lingkungan. Sampah sendiri bisa dikategorikan dalam beberapa jenis berdasarkan komposisi bahannya. Umumnya sampah yang sering menjadi  masalah adalah jenis sampah yang tidak mudah diurai serta mengandung zat berbahaya yang dapat mencemari lingkungan seperti tanah, air dan udara.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, maka masyarakat sendiri bisa menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan seperti sendok kayu, botol minum kaca, sedotan stainless untuk mengurangi jumlah sampah buangan.

10. Mengelola Limbah Daur Ulang

Mengelola Limbah Daur Ulang

* sumber: smpn1kranggan.blogspot.com

Masalah limbah memang telah dijelaskan serta diatur oleh pemerintah. Seperti yang kita ketahui limbah sendiri memiliki beragam jenis, mulai dari yang biasa sampai yang berbahaya. Limbah berbahaya sendiri tidak dapat dibuang di tempat pembuangan akhir. Jenis limbah ini biasanya harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu sebelum akhirnya dibuang ke tempat pembuangan.

Untuk ikut menjaga lingkungan, masyarakat pun bisa ikut berpartisipasi mengelola limbah dengan cara memanfaatkan limbah daur ulang untuk keperluan sehari-hari. Hal ini tentu dianggap efektif. Selain dapat mengurangi jumlah sampah, hasil dari limbah daur ulang pun terkadang memiliki nilai jual yang dapat membantu perekonomian masyarakat.

Nah, demikianlah 10 Cara menjaga lingkungan yang wajib masyarakat lakukan agar kualitas hidup lebih baik. Lingkungan yang bersih dan sehat akan berdampak pada kebahagiaan. Oleh karena itu sebagai manusia bertanggung jawab sudah selayaknya kita ikut menjaga melestarikan alam. Semoga informasi yang telah Bacaterus rangkum di atas bisa menjadi motivasi kita untuk hidup lebih baik.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *