Bacaterus / Belajar Yuk! / 10 Cara Menjaga Lingkungan Sekolah agar Bersih dan Rapi

10 Cara Menjaga Lingkungan Sekolah agar Bersih dan Rapi

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 September 2018

Sekolah adalah sebuah tempat bagi para pelajar menuntut ilmu. Di indonesia, sekolah terbagi menjadi 3 tingkatan, yaitu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, dan Sekolah Menengah Atas. Sekolah bisa dikatakan sebagai rumah kedua bagi para siswanya, semua ini karena para siswa menghabiskan sebagian waktunya untuk belajar di sekolah

Seperti rumah, sekolah pun harus selalu bersih dan terawat agar semua warga sekolah bisa merasa nyaman. Untuk menjaga lingkungan sekolah, tidak hanya tugas dari petugas kebersihan, akan tetapi semua warga sekolah harus ikut serta menjaga kebersihan sekolah karena ini merupakan tanggung jawab bersama dan harus saling membantu mewujudkan kondisi lingkungan sekolah yang bersih dan terawat.

Cara menjaga lingkungan sekolah sebenarnya tidak sulit jika kita semua melakukannya bersama-sama. Lalu, bagaimana cara menjaga lingkungan sekolah agar selalu bersih dan terawat? Bacaterus telah merangkum beberapa tips menjaga lingkungan sekolah di bawah ini.

10 Cara Menjaga Lingkungan Sekolah

1. Bersihkan Kolong Meja

* sumber: dmy-official.blogspot.com

Untuk menjaga lingkungan sekolah, mulailah dari hal-hal terkecil yang ada di sekitarmu. Di sekolah, biasanya kita diberikan fasilitas kursi dan meja di mana hal tersebut menjadi tanggung jawab pribadi setiap orang yang mendudukinya. Pada sebuah meja yang digunakan di sekolah biasanya memiliki sebuah ruangan kecil di bawahnya atau yang sering disebut kolong meja.

Setiap orang pasti memiliki kolong mejanya masing-masing. Maka dari itu, semua orang harus merawat kolong mejanya dengan baik dengan cara tidak membuang sampah ke dalamnya. Jika sampah dibiarkan berhari-hari di dalam kolong meja hingga menumpuk, hal tersebut akan menimbulkan bersarangnya kuman dan bakteri. Tentu saja hal ini bisa menyebabkan bau yang tidak sedap atau bahkan bisa mengganggu kesehatan.

2. Membuang Sampah pada Tempatnya

membuang sampah pada tempatnya

* sumber: mrasyiduddin.blogspot.com

Sadarilah bahwa sampah dapat merusak lingkungan. Maka dari itu, selalu buanglah sampah yang telah kita gunakan pada tempatnya. Tidak membuang secara sembarangan mengingat bahaya dari membuang sampah sembarangan sangatlah berakibat fatal bagi lingkungan.

Sampah yang dibuang hendaknya dipisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik, hal ini bertujuan mempermudah memilah sampah-sampah mana yang ramah terhadap lingkungan dan mana yang tidak baik untuk lingkungan. Selain itu, sampah organik juga bisa dimanfaatkan untuk diletakan ke dalam lubang biopori. Mau bikin lubang biopori sendiri? Silakan baca artikel Cara Membuat Lubang Biopori ini.

3. Kurangi Penggunaan Plastik

Kurangi penggunaan plastik

* sumber: golgon.co.id

Plastik merupakan salah satu limbah yang sulit diuraikan. Penggunaan plastik secara berlebihan dapat merusak lingkungan karena seratnya yang tak mudah diuraikan dan merusak lingkungan. Maka dari itu, kurangilah penggunaan plastik dengan cara membawa makanan dan minuman dari rumah dengan wadah yang bisa dipakai berulang kali. Dengan ini, maka penggunaan plastik dan segala dampak negatifnya dapat diminimalisir.

4. Jaga Kebersihan Toilet

* sumber: mtsn15ciamis.blogspot.com

Hampir setiap sekolah pasti memiliki toilet. Toilet yang terawat merupakan toilet yang sangat diinginkan oleh semua orang. Toilet sekolah merupakan toilet yang bersifat umum yang selalu digunakan berulang kali dengan bebas oleh para warga sekolah.

Jika toilet tak terawat tentu saja itu menimbulkan ketidaknyamanan bagi yang ingin menggunakannya. Maka dari itu, selalu jagalah kebersihan toilet demi kenyamanan bersama. Tidak membuang sampah di toilet, selalu bersihkan kembali toilet ketika telah digunakan, dan yang lainnya.

5. Melakukan Kegiatan Jumat Bersih

* sumber: smpnsatusuruh.blogspot.com

Bagi sebagian sekolah, sudah tak asing lagi dengan kegiatan ini. Kegiatan Jumat bersih merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pada hari Jumat. Kegiatan ini biasanya dilakukan secara bersama-sama dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah. Dengan adanya kegiatan Jumat bersih yang rutin, lingkungan sekolah akan lebih terawat kebersihannya.

6. Melakukan Piket Kelas

* sumber: m.bernas.id

Selain melakukan kegiatan rutin Jumat bersih, kegiatan piket kelas pun harus dihidupkan. Kegiatan ini harus selalu dilaksanakan mengingat ruang kelas setiap hari digunakan dan tak lepas dari sampah atau debu yang berserakan.

Dengan adanya kegiatan piket kelas yang dilaksanakan rutin berdasarkan regunya, dinilai mampu meminimalisir kotoran-kotoran yang ada di ruang kelas. Melakukan piket kelas bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya menyapu lantai, mengepel lantai, membersihkan kaca, membersihkan langit-langit, membersihkan papan tulis, dan masih banyak lagi.

7. Rawat Taman Sekolah

* sumber: gambarfurniturekeren.com

Setelah ruang kelas mampu teratasi masalah kebersihannya, maka mulailah merawat lingkungan luar kelas, misalnya taman. Taman sekolah merupakan komponen yang sangat penting untuk keindahan sekolah. Dengan adanya taman sekolah, bisa menambah nilai keindahan di dalamnya apalagi jika taman tersebut bersih dan terawat.

Pada taman sekolah biasanya terdapat rumput, pohon, bunga, atau bahkan ada kolam kecil. Agar taman tetap terawat, maka semua warga sekolah harus ikut menjaga kelestarian setiap tumbuhan yang ada di dalamnya, seperti menyiramnya setiap pagi dan tidak merusaknya tumbuhan yang berdiri di atasnya.

8. Bersihkan Saluran Air

* sumber: nemamulgy.blogspot.com

Di depan kelas biasanya terdapat gorong-gorong tempat aliran air. Saluran air merupakan salah satu tempat yang biasanya terdapat banyak sampah yang menumpuk, baik itu sampah dedaunan yang gugur atau bahkan sampah yang dibuang secara sembarangan. Hal itu bisa menyumbat aliran air jika terjadi hujan dan menyebabkan air meluap.

Selain itu, biasanya saluran yang dipenuhi sampah akan terlihat kotor dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Maka dari itu,  selalu perhatikan saluran air agar tetap bersih dan terawat. Tak ada ruginya untuk kita jika kita rajin membersihkan selokan yang biasanya berada di depan kelas. Malah sebaliknya, hal itu akan bermanfaat untuk kita dan kepentingan umum.

9. Rawat Ruang Kelas dan Barang-barangnya

Rawat ruang kelas dan inventaris

* sumber: chemistry.uii.ac.id

Pada sebuah ruang kelas tentunya terdapat beberapa barang yang menjadi fasilitas sekolah untuk kita, seperti meja, kursi, papan tulis, dan yang lainnya. Hal itu menjadi tanggung jawab untuk kita semua yang menggunakan barang tersebut. Ruang kelas dan semua barang harus digunakan dan dirawat dengan semaksimal mungkin, misalnya dengan cara tidak mencurat-coret tembok dan meja.

10. Melaksanakan Tata Tertib dengan Baik

Melaksanakan tata tertib dengan baik

Menjaga lingkungan sekolah tidak hanya dengan menjaga kebersihannya saja. Lebih jauh dari itu, lingkungan sekolah harus dijaga secara keseluruhannya, seperti ketertiban dan keutuhan. Untuk menjaga ketertiban dan keutuhan lingkungan sekolah, biasanya sekolah telah menyediakan beberapa tata tertib yang harus dipatuhi. Hal itu bertujuan untuk menjaga ketertiban lingkungan sekolah.

Untuk ikut serta mewujudkan lingkungan sekolah yang tertib, maka kita harus mengikuti seluruh tata tertib yang telah dibuat oleh sekolah, seperti menjaga kebersihan, datang tepat waktu, mengerjakan tugas, dan yang lainnya. Dengan mengikuti tata tertib, lingkungan sekolah akan lebih terjaga dan tentram.

Nah, itu dia 10 tips cara menjaga lingkungan sekolah dimulai dari hal terkecil. Ternyata dengan menjaga lingkungan sekolah sangatlah bermanfaat untuk kita semua. Selain dari segi kebersihan, tata tertib sekolahpun harus terus dijaga, ya.

Selain petugas kebersihan yang setiap hari membersihakan sekolah, kita semua sebagai warga sekolah harus ikut serta mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih. Hal ini dilakukan untuk kepentingan bersama. Jika lingkungan sekolah terjaga kebersihan dan kerapiannya, hal itu akan menambah rasa nyaman bagi semua warga sekolah dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajarnya.

Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan dan menjadi motivasi untuk kita semua dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang terjaga dan terawat. Punya tips dan saran lainnya? Langsung tuliskan di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMK Negeri di Cianjur. Cita-cita utama saya adalah ingin membahagiakan orang tua,menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang, serta menjadi manusia yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Sementara cita-cita untuk karir saya sangatlah banyak. Bisa dibilang saya ingin menggeluti berbagai macam profesi seperti menjadi pengusaha, photografer, jurnalis, content creator, dan masih banyak lagi karena saya menyukai hal-hal yang baru. Hobi saya adalah travelling dan memotret.

Leave A Comment