bacaterus web banner retina

10 Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Mudah dan Alami

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 27 April 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor PERMANEN LINK

Setiap organ tubuh manusia tentu sangat penting untuk menunjang berbagai aktivitas kita sehari-hari, tak terkecuali mata. Indera penglihatan ini akan membantu kita melihat setiap hal yang ada di sekitar.

Sayangnya, meskipun mata merupakan salah satu organ penting, kita sering mengabaikan kesehatannya. Apabila kita mengabaikan kesehatan mata, maka semakin bertambahnya usia semakin berkurang pula kualitas penglihatan kita.

Di era digital ini, anak-anak maupun orang dewasa jadi lebih sering menggunakan gadget. Padahal, penggunaan gadget yang terlalu lama dapat mengganggu kesehatan mata. Agar Anda memiliki mata yang jernih dan sehat sampai tua, Bacaterus ingin berbagi 10 cara menjaga kesehatan mata secara alami.

1. Konsumsi Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Konsumsi Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Cara Menjaga Kesehatan Mata

Cara menjaga kesehatan mata yang paling dini adalah mengkonsumsi sejumlah makanan yang dapat memberikan vitamin dan nutrisi untuk mata.

Adapun vitamin dan nutrisi yang dapat membantu menjaga kesehatan mata adalah Omega-3, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zinc, dan Lutein. Anda dapat menemukan sejumlah nutrisi tersebut di dalam sayuran hijau, ikan, telur, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Kurangi konsumsi makanan berlemak tinggi jika Anda ingin memelihara kesehatan mata. Pasalnya, makanan dengan kadar lemak yang tinggi dapat mempersempit aliran darah menuju ke arteri mata.

2. Mengistirahatkan Mata Setelah Lama Menatap Monitor

Mengistirahatkan Mata Setelah Lama Menatap Monitor

Pernahkah Anda merasa pusing dan lelah setelah bekerja di depan monitor selama berjam-jam? Itu artinya mata Anda membutuhkan istirahat. Menatap layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan mata minus, penglihatan kabur, sakit kepala, sampai dengan bahu dan leher terasa tegang.

Istirahatkan mata Anda secara berkala jika Anda bekerja di depan komputer setiap hari. Setiap 20 menit sekali, alihkan pandangan dari komputer ke objek lainnya (selain gadget) selama beberapa detik. Jika mata terasa kering, kedipkan mata berkali-kali dan cobalah untuk memejamkan mata sejenak.

3. Gunakan Kacamata Hitam

Gunakan Kacamata Hitam

Kacamata hitam yang dipakai saat berada di luar ruangan pada siang hari bukan sekedar untuk bergaya. Ya, kacamata hitam dapat melindungi mata dari sinar matahari yang mengandung Ultraviolet (UV). Paparan sinar UV terus menerus dapat menyebabkan katarak, kornea mata terbakar, penyakit makula degenerasi, sampai dengan kanker kelopak mata.

Gunakan kacamata hitam yang dapat menangkal sinar UVA dan UVB. Bila perlu, selalu gunakan topi ketika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

4. Tidak Merokok

Tidak Merokok

Berhentilah merokok sekarang juga apabila Anda ingin menjaga kesehatan mata. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula, sampai dengan kerusakan saraf optik yang bisa merusak retina dan menyebabkan kebutaan.

Tak hanya itu saja, ada bahaya rokok lainnya yang berdampak pada kesehatan mata, yaitu meningkatkan plak pada aliran darah dan melemahkan aliran darah menuju arteri mata.

5. Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebih ternyata dapat menyebabkan kebutaan permanen karena efek dari alkohol pada saraf optik.

Di samping itu, alkohol juga menghambat laju komunikasi antara neurotransmitter, utusan kimia yang mengirimkan informasi dari otak ke seluruh bagian tubuh. Keterlambatan komunikasi antara otak dan mata dapat melemahkan koordinasi otot mata. Alhasil, penglihatan jadi seperti terdistorsi.

Selain itu, alkohol juga dapat mengurangi fungsi penyerapan vitamin dalam hati. Asupan vitamin yang semestinya ditujukan untuk mata jadi berkurang dan kualitas penglihatan pun menjadi tidak optimal.

6. Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Mata

Cuci Tangan Sebelum Menyentuh Mata

Apakah Anda sering mengucek mata ketika terasa gatal? Ingat, bakteri yang terdapat di tangan Anda bisa berpindah ke mata dan menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, selalu cuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum menyentuh mata.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang sering mengganti kontak lensa. Pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih sebelum Anda melepas dan memasang kontak lensa. Jangan lupa untuk selalu mengingat masa kadaluarsa softlens Anda, sehingga Anda bisa langsung mengganti yang baru jika yang lama sudah expired.

7. Hindari Membaca di Tempat Remang atau Gelap

Hindari Membaca di Tempat Remang atau Gelap

Tahukah Anda bahwa kebiasaan membaca dalam ruangan dengan pencahayaan yang kurang baik dapat membuat mata jadi lebih tegang? Mata juga harus bekerja lebih keras ketika dipakai membaca pada tempat dengan pencahayaan yang kurang.

Salah satu cara menjaga kesehatan mata secara alami, Anda harus mengurangi kebiasaan membaca di tempat remang atau gelap. Pastikan ruangan yang Anda pakai membaca terang benderang. Apabila mata terasa lelah, sebaiknya berhenti sejenak dan pejamkan mata beberapa menit.

8. Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup

Apa hubungan antara kurang tidur dengan kesehatan mata? Menurut beberapa penelitian, mata membutuhkan waktu tidur minimal 5 jam setiap malam untuk recharge setelah dipakai beraktivitas seharian penuh. Kurang tidur dapat menyebabkan kejang mata dan ketegangan pada pembuluh darah di sekitar mata.

Waktu tidur yang kurang cukup juga membuat mata menjadi lebih kering. Dampak buruk dari mata kering ini antara lain adalah sakit kepala, sensitivitas cahaya, gatal, kemerahan, dan pandangan menjadi kabur.

9. Rajin Berolahraga

Rajin Berolahraga

Olahraga dapat mengurangi risiko berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatan kita. Perlu Anda ketahui bahwa kerusakan mata bisa disebabkan oleh komplikasi dari penyakit diabetes, hipertensi, penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Dengan rutin berolahraga, risiko penyakit yang menyebabkan komplikasi pada gangguan penglihatan pun jadi berkurang.

10. Konsumsi Vitamin Mata

Konsumsi Vitamin untuk Kesehatan Mata

Di era digital seperti ini, kita tentu lebih sering menghabiskan waktu menatap smartphone, tablet, atau komputer. Aktivitas seperti ini tentu dapat berdampak pada kualitas penglihatan kita.

Selain melakukan sembilan cara di atas, Anda juga perlu menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi vitamin khusus mata. Pilih produk vitamin mata yang berkualitas agar dapat memelihara kesehatan mata Anda secara optimal.

Adapun vitamin mata yang dapat menjaga kesehatan mata secara alami adalah Eyevit. Produk vitamin mata ini tersedia dalam bentuk sirup dan tablet. Eyevit bukan sekedar vitamin biasa karena mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk memelihara kesehatan mata, seperti:

  • Bilberry

Buah yang mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan pembuluh darah dan penyakit mata. Kandungan zat aktif antioksidan dalam bilberry dapat menjadi vitamin mata alami. Flavonoid yang terdapat di dalam bilberry juga dapat membangun kolagen dalam pembuluh darah mata.

  • Lutein

Lutein merupakan zat aktif yang dapat menjaga kesehatan mata dengan cara mencegah pertambahan minus pada mata. Zat ini juga dapat memperbaiki fungsi penglihatan dalam waktu 1-2 minggu sejak dikonsumsi.

  • Zeaxanthin

Zeaxanthin yang dikombinasikan dengan lutein merupakan jenis karotenoid satu-satunya dalam makula mata. Mengkonsumsi vitamin mata yang mengandung zeaxanthin dapat memperjelas penglihatan dalam waktu 15 hari sejak dikonsumsi pertama kali.

Sejumlah cara menjaga kesehatan mata secara alami ini sangat bermanfaat untuk memelihara fungsi penglihatan. Mata adalah organ tubuh yang penting, sehingga kita juga harus menjaganya dengan baik.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram