Bacaterus / Lifestyle / Romansa / 10 Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh agar Hubungan Tetap Awet

10 Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh agar Hubungan Tetap Awet

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Dalam menjalin hubungan, tidak semua pasangan dapat selalu bersama dalam satu tempat. Ada yang menjalin hubungan di tempat yang berbeda, entah itu berbeda kota, pulau, atau negara. Banyak yang merasa bahwa hubungan jarak jauh sulit untuk dipertahankan. Kecemburuan, keraguan, kesalahpahaman semuanya akan muncul.

Bukan jarak yang menjadi penghalang dalam sebuah hubungan, tapi ketidakpercayaan yang akan menumbuhkan seluruh prasangka-prasangka buruk yang akan menimbulkan konflik. Konsisten terhadap rasa saling percaya dapat membantu menghilangkan pikiran-pikiran negatif.

Bagi yang sedang mengalami hubungan jarak jauh atau yang akan mencoba menjalin hubungan jarak jauh, berikut cara atau tips dalam menjaga hubungan jarak jauh.

10 Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh

1. Jaga Komunikasi

* sumber: www.okwave.com

Komunikasi menjadi jembatan dalam menjaga hubungan. Bukan hanya untuk pasangan kekasih tapi semua orang pasti diharuskan untuk berkomunikasi agar dapat memenuhi syarat sebagai makhluk sosial. Terkhusus untuk pasangan kekasih yang menjalin hubungan jarak jauh, sangat penting untuk menjaga komunikasi.

Tapi, sering kali komunikasi juga menjadi salah satu penyebab timbulnya konflik. Bukan komunikasinya yang salah, namun terdapat kekeliruan dalam pemaknaan komunikasi tiap orang. Salah satu contohnya, jika pasangan tersebut sedang LDR, salah satu pihak (perempuan) selalu ingin dihubungi setiap saat, baik dalam bentuk mengirim pesan teks atau telepon.

Namun, satu pihaknya lagi (pria) merasa bahwa komunikasi tidak harus dilakukan setiap saat. Itulah salah satu kondisi di mana adanya perbedaan pendapat terkait komunikasi.

Nah, dalam menghadapi masalah tersebut, perlu adanya satu pemahaman bahwa ketika pasangan tidak selalu cepat dalam membalas pesan, berpikirlah positif bahwa pasangan kita sedang dilanda kesibukan atau kegiatan lain sehingga tidak sempat untuk membalas pesan. Di saat itulah sebuah kepercayaan dipertaruhkan.

2. Selalu Memberi Kabar

Selalu Memberi Kabar

* sumber: bppp-tegal.com

Jika komunikasi sudah dijaga, maka perlunya ada tindakan untuk menguatkan rasa kepercayaan. Caranya cukup mudah, berilah kabar jika akan melakukan sesuatu, sehingga pasangan dapat saling mengerti dan membayangkan bahwa pasangannya sedang melakukan suatu kegiatan.

Salah satu contohnya ketika si cowok akan bermain sepak bola, tidak ada salahnya jika memberi kabar kepada pacarnya. Hal itu akan membuat pacarnya tahu sehingga tidak akan berpikir negatif jika pesan atau teleponnya tidak dibalas.

Memberi kabar juga menjadi salah satu obat rindu. Hubungan yang sehat tercipta dari komunikasi yang baik dan akan membuat seseorang dikendalikan oleh rasa nyaman meskipun tidak bertemu secara fisik, namun dapat bertemu pada rasa yang sama. Itulah sesungguhnya pasangan yang klop ketika satu sama lain saling merasakan rasa yang sama.

3. Selalu Mengingat Kebaikan Pasangan

Selalu Mengingat Kebaikan Pasangan

* sumber: bisikan.com

Hubungan jarak jauh memiliki banyak rintangan, terlebih lagi jika keadaan masing-masing individu sedang tidak baik atau sedang lelah akan kegiatan sehari-hari maka emosi akan mudah tersulut. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu terus selalu mengingat kebaikan pasangan.

Jika dalam sebuah pasangan yang diingat hanya kesalahan atau keburukan pasangan, maka kesalahpahaman kecil akan dibesar-besarkan. Hal tersebut dapat memicu keretakan sebuah hubungan. Maka dari itu, dengan selalu mengingat kebaikan pasangan, akan lebih mudah untuk menyelesaikan kesalahpahaman dan dapat meredakan emosi yang sedang terjadi.

4. Jangan Mengingat Masa Lalu Pasangan

* sumber: id.m.wikihow.com

Hal yang paling tidak disukai oleh pasangan adalah ketika sang kekasih mengungkit-ungkit kisah masa lalu pasangan. Biasanya, kisah tersebut diungkit ketika sedang terjadi perselisihan dalam hubungan dan adanya rasa kurang percaya terhadap pasangan. Hal tersebut dapat menjadi batu sandungan dalam sebuah hubungan yang dapat mengancam kelangsungan sebuah pasangan.

Ketika Anda mengungkit masa lalu pasangan, yang Anda dapatkan hanyalah sebuah pertengkaran karena pasangan merasa Anda tidak mempercayainya. Sebisa mungkin hindari mengungkit-ungkit masa lalu, entah terkait mantan atau kehidupan pasangan Anda yang dinilai kurang baik. Selalu motivasi diri Anda untuk mempercayai pasangan, dan yakin bahwa Anda dan pasangan hidup bukan untuk masa lalu tapi untuk masa depan.

5. Selalu Saling Menyemangati

Selalu Saling Menyemangati

* sumber: www.tersenyumlah.com

Meskipun jauh, tidak ada salahnya jika dalam sebuah hubungan adanya rasa saling menyemangati. Terkadang, serangkai kalimat dari sang kekasih membuat pasangannya semangat dalam menghadapi lelahnya rutinitas sehari-hari.

Seringkali, dalam sebuah hubungan menuntut untuk saling perhatian, dan menyemangati merupakan bentuk perhatian kecil yang memiliki dampak besar. Menjadi sebuah kebanggan tersendiri ketika kita dianggap sebagai moodboster pasangan kita.

6. Merancang Masa Depan

Merancang Masa Depan

* sumber: m.brilio.net

Biasanya, wanita akan merasa senang jika sang kekasih memiliki rancangan untuk masa depan bersama. Tidak hanya wanita, mungkin pria juga merasa hal yang sama ketika sang pujaan hatinya sudah siap dan bersedia untuk menjadi bagian dalam kehidupannya nanti. Dan bagi yang sudah menikah, tidak ada salahnya jika membicarakan kembali rencana untuk sepuluh tahun kedepan, dua puluh tahun kedepan, atau bahkan sampai kakek-nenek.

7. Berkomunikasi Baik dengan Keluarga Pasangan

* sumber: segiempat.com

Ada yang mengatakan bahwa kita menikah bukan hanya kepada kekasih kita, tapi keluarga pasangan juga memiliki peran penting dalam membantu kelancaran dalam sebuah hubungan. Ketika LDR, tidak hanya hubungan kekasih yang harus dijaga tapi hubungan keluarganya juga agar menjadi sumber informan kedua ketika sang kekasih tidak ada kabar.

Dengan kita berkomunikasi baik dengan keluarga pasangan, maka kita akan merasa memiliki orang yang tepat ketika kita ingin bercerita terkait hubungan kita. Keluarga pasangan mungkin jauh lebih mengenal pasangan kita sehingga ketika ada masalah, maka berkomunikasi dengan keluarga menjadi salah satu kunci mencari jalan keluar.

8. Sering Memberi Kejutan

* sumber: miignon.com

Kejutan tidak hanya dilakukan dengan tiba-tiba berada di depan rumah pasangan atau membawakan boneka, bunga, dan sebagainya. Kejutan dapat dilakukan melalui hal kecil.

Contohnya ketika sedang menjalani hubungan jarak jauh, kejutan dapat dilakukan melalui bantuan orang lain dengan meminta sahabat pasangan untuk datang menghibur ketika sedang sedih, mengirimkan hasil kreativitas sendiri, atau mengirimkan hal yang sedang diinginkan atau dibutuhkan pasangan melalui jasa online.

9. Saling Mendewasakan Diri

Saling Mendewasakan Diri

* sumber: learningmindsgroup.com

Dalam menjalin hubungan, sikap saling mendewasakan diri juga menjadi penting untuk diperhatikan. Mendewasakan diri di sini maksudnya yaitu saling mengerti akan kesibukan masing-masing, melihat sebuah masalah dari berbagai sudut pandang, dapat meredakan emosi, tidak membiarkan masalah kecil menjadi besar, dan lain sebagainya.

Ketika pasangan saling bersikap dewasa, maka mereka mampu menyelesaikan masalah dengan mencari solusi menggunakan logika, kata hati, dan melihat dari berbagai sudut pandang. Dengan begini, kalian pun akan menemukan keluar yang menguntungkan untuk hubungan yang lebih romantis.

10. Percaya Kata Hati

Percaya Kata Hati

* sumber: momenpelajar.blogspot.com

Dalam menjalani hubungan jarak jauh, godaan demi godaan selalu datang menghampiri. Pasangan harus tutup mata dan tutup telinga jika ada berita atau info buruk terkait pasangan kita yang belum tentu kebenarannya. Kita harus menyaring informasi terkait pasangan kita.

Dalam hal ini, kepercayaan diuji dan hanya kata hati yang mampu memberikan arahan sebelum berita atau informasi tersebut dikonfirmasi kebenarannya. Pasangan yang percaya dengan pasangannya akan memberikan kata hati positif yang mampu mendamaikan suasana.

Itulah 10 cara menjaga hubungan jarak jauh agar hubunganmu dengan kekasih lebih awet dan lengket. Apakah cara di atas sudah pernah kamu coba? Atau punya cara yang lebih ampuh? Bagikan pengalaman LDR-an kalian di kolom komentar, ya. Jangan lewatkan juga, artikel 10 cara agar LDR tidak membosankan dengan melakukan hal-hal yang seru!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Mahasiswa tingkat akhir jurusan Ilmu Komunikasi

Leave A Comment