Bacaterus / Serba Serbi / Edukasi / 10 Cara Menjadi MC yang Baik Tanpa Harus Merasa Gugup

10 Cara Menjadi MC yang Baik Tanpa Harus Merasa Gugup

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Januari 2019

Pernah dengar kata MC? Ya, kata ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Apa sih MC itu? MC merupakan kependekan dari Master Of Ceremony yang artinya pemimpin acara atau pemandu acara dalam sebuah event, seperti acara perayaan ulang tahun, acara pernikahan, dan acara-acara lainnya.

Seorang MC harus menyenangkan dalam membawa acara dari awal hingga akhir agar para penonton tertarik untuk mengikuti acara hingga selesai. Untuk menarik perhatian para penonton, seorang MC harus memiliki beberapa kemampuan khusus. Kira-kira apa saja kemampuan khusus yang harus dimiliki seorang MC? Dan, bagaimana cara menjadi MC yang baik?

Di bawah ini kami akan memberi beberapa cara agar menjadi seorang MC yang baik sehingga bisa menarik perhatian para penonton. Simak baik-baik ya!

10 Tips untuk Menjadi Seorang MC

1. Percaya Diri

Hadapi dengan Percaya Diri

Seorang MC bertugas memimpin dan bertanggung jawab atas apa yang ia bawakan di hadapan umum. Maka dari itu, seorang MC harus memiliki tingkat percaya diri yang tinggi. Seseorang dengan tingkat percaya diri yang tinggi akan lebih santai dan lancar saat berbicara di hadapan umum yang merupakan bagian dari tugas seorang MC.

Seseorang yang percaya diri tak akan menampakkan ketegangannya dan mampu mengendalikan diri sendiri sehingga dapat memimpin sebuah acara dengan baik dan mampu menarik perhatian banyak orang. Berbeda dengan seseorang yang memiliki tingkat percaya diri yang rendah, ia akan merasa gugup saat berbicara di hadapan umum.

Jika kamu seorang pemalu, jangan khawatir dulu karena rasa percaya diri dapat dilatih dan diasah jika kamu sering melakukannya. Dengan percaya diri yang tinggi, kamu memiliki modal untuk menjadi seorang MC yang baik.

2. Mampu Beradaptasi dengan Baik

* sumber: emceelester.com

Seorang MC juga harus pandai beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Ia harus menyesuaikan di mana ia membawa acara dengan topik yang dibicarakan pada saat memimpin acara. Dengan adaptasi yang baik di lingkungan sekitar, para penonton yang hadir akan menilaimu baik pula.

3. Pandai dalam Mengatur Waktu

Cara Menjadi Juara Kelas Atur Waktu

* sumber: www.lynda.com

Managing time atau mengatur waktu adalah kemampuan berikutnya yang harus dikuasi oleh seorang MC. Dalam membawa acara, seorang MC harus membatasi tahapan-tahapan acara berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Hal ini bertujuan agar acara berlangsung dengan waktu yang efisien.

Managing time bisa dilakukan dengan membagi waktu berdasarkan tahapan acara sebelumnya. Dengan managing time yang baik dari MC, akan menghasilkan acara yang baik pula tanpa kesan bosan dan pemborosan waktu. MC dengan kemampuan managing time yang baik akan mendapatkan nilai lebih dari para penontonnya.

4. Memiliki Bahasa yang Baik

* sumber: aksi.id

Berbahasa yang baik dan benar tentu saja harus dilakukan oleh semua orang terutama seorang MC yang memimpin acara di hadapan banyak orang. maka dari itu, seorang MC harus menguasai bahasa yang baik dan benar agar semua penonton dapat mengerti terhadap apa yang MC-nya katakan.

Penggunaan bahasa yang baik dan benar maksudnya seorang MC harus tahu di mana dan dengan siapa ia berbicara sehingga harus menyesuaikan tingkat bahasa yang digunakan. Dengan kecakapan penggunaan bahasa yang baik dan benar akan memberikan kesan sopan dan ramah sehingga penonton akan tertarik pada acara yang dibawakan.

5. Memiliki Etika yang Baik

* sumber: sparkz.com.sg

Etika atau moral yang baik merupakan hal yang paling penting untuk diterapkan pada setiap diri manusia, begitu pula dengan seorang MC. Seorang MC harus memiliki etika dan moral yang baik, terlebih tugasnya adalah membawa sebuah acara yang ditontonkan di hadapan banyak orang.

Ketika etika dan moral yang ditunjukkan baik, maka respon dari para penontonpun akan baik pula. Mereka akan merasa nyaman karena dibawakan oleh seorang MC yang beretika profesi baik sesuai kaidah. Bukan hanya sedang membawakan acara di hadapan publik, bahkan kapanpun dan di manapun etika yang baik harus selalu diterapkan.

6. Punya Pengetahuan yang Luas

Menambah Pengetahuan

* sumber: jthorsson.com

 

Seorang MC juga harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang sangat luas. Hal ini berguna untuk terus-menerus mencari topik pembicaraan agar tak kehabisan ide dalam memimpin sebuah acara. Seorang MC wajib menggali berbagai informasi secara rutin agar wawasan yang ia miliki kian hari kian bertambah.

Seorang MC dengan pengetahuan serta wawasan yang luas akan mampu membawa acara dengan berbagai macam topik menarik yang tak akan membosankan untuk terus ditonton hingga akhir. Dengan topik menarik ini, semua orang akan tertarik untuk terus mengikuti alur acara yang dibawakan.

7. Punya Selera Humor yang Pas

* sumber: blog.studentjob.co.id

Seorang MC dituntut untuk selalu menyenangkan agar acara tidak membosankan. Untuk menjadikan acara agar lebih menyenangkan, seorang MC harus memiliki selera humor dan mampu menciptakan humor-humor yang mengundang tawa dan kebahagiaan bagi para penontonnya.

Sebuah acara yang dibumbui beberapa unsur humor akan lebih menyenangkan untuk terus diikuti hingga akhir. Maka dari itu, seorang MC harus pandai memadukan beberapa unsur humor pada acara yang dibawakannya. Jangan lupa untuk membawakan humor yang pas sesuai dengan penonton dan tema acara, karena seorang MC tidak bisa membawakan humor seperti anak-anak di hadapan penonton dewasa.

8. Penampilan yang Menarik

Jaga penampilan agar selalu rapi, bersih, dan wangi

Penampilan merupakan hal yang harus diperhatikan oleh semua orang terutama ketika berhubungan dengan orang lain, seperti halnya seorang MC yang selalu berhubungan dengan banyak orang. Seorang MC harus memiliki kemampuan memperindah penampilan agar baik dan menarik.

Penampilan harus diperhatikan dari mulai rambut hingga ujung kaki agar terkesan lebih rapi dan enak dipandang oleh para penonton. Dengan penampilan yang baik dan menarik, seorang MC dapat mengundang perhatian dari para penontonnya. Jadi, selalu perhatikan penampilanmu agar kamu selalu terlihat menarik dan enak dipandang.

9. Kreatif

* sumber: asepjazuli.blogspot.com

Kreatif dan inovatif adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang MC. Ya, seorang MC harus kreatif dalam mencari topik pembicaraan dan menciptakan beberapa hal-hal menarik dalam pembawaan acara. Dengan MC yang kreatif, keberlangsungan acara tidak akan membosankan karena selalu disuguhi hal-hal baru yang menyenangkan.

Maka dari itu, kekreatifan harus selalu diasah dengan selalu mencoba hal-hal baru yang dapat menarik perhatian. Dengan jiwa kreatif yang dimiliki oleh seorang MC, sebuah acara akan selalu berlangsung dengan maksimal dan memberi point plus bagi seorang MC itu sendiri.

10. Banyak Berlatih

* sumber: www.google.com

Setelah beberapa kemampuan khusus seperti di atas telah kamu kuasai, maka langkah terakhir adalah mencoba praktik dan berlatih dengan rutin dan terjadwal. Semua ini dilakukan agar ketika kamu membawakan sebuah acara yang sesungguhnya dapat berjalan baik dan lancar juga terhindar dari beberapa kesalahan.

Semakin banyak berlatih, maka peluang adanya kesalahan semakin kecil. Malah sebaliknya, peluang untuk menyukseskan acara akan semakin besar. Jadi, jangan bosan untuk terus berlatih secara rutin dan terjadwal demi kelancaran dan kesuksesan acara yang dibawakan.

Berlatihlah di hadapan cermin atau di hadapan beberapa orang terdekatmu agar rasa percaya diri semakin meningkat dan kamu dapat mengoreksi beberapa kesalahan yang sering dilakukan.

Itu dia beberapa cara menjadi MC yang baik versi Bacaterus. Bagaimana cara menjadi MC yang baik menurut versimu? Tentu saja kita semua mengharapkan seorang MC atau Master of Ceremony yang baik dan dapat menarik perhatian para penonton. Apakah kamu sudah siap untuk menjadi MC yang baik?

Atau kamu sekarang sedang gugup untuk berpidato? Jangan gugup, karena kamu bisa berpidato dengan baik dan lancar dengan membaca artikel 10 Tips Berpidato yang Baik dan Benar ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMK Negeri di Cianjur. Cita-cita utama saya adalah ingin membahagiakan orang tua,menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang, serta menjadi manusia yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Sementara cita-cita untuk karir saya sangatlah banyak. Bisa dibilang saya ingin menggeluti berbagai macam profesi seperti menjadi pengusaha, photografer, jurnalis, content creator, dan masih banyak lagi karena saya menyukai hal-hal yang baru. Hobi saya adalah travelling dan memotret.

Leave A Comment