Bacaterus / Belajar Yuk! / 9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Bijaksana dan Berwibawa

9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Bijaksana dan Berwibawa

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Siapa sih yang tak tahu tentang jabatan ketua osis? Pastinya semua orang sudah paham bahkan berambisi menjadi ketua OSIS. Menurut Wikipedia menyampaikan bahwa OSIS adalah suatu organisasi intrasekolah baik SMP atau SMA dimana organisasi tersebut dikelola oleh siswanya sendiri. Satu organisasi tersebut dipimpin oleh seseorang yang kemudian diberi jabatan sebagai Ketua OSIS.

Ketua OSIS ini punya peran penting dalam menjembatani antara pengurus OSIS dengan siswa, ataupun OSIS dengan para guru. Selain itu, ketua OSIS juga menjadi teladan dan idola favorit bagi siswa-siswi di setiap sekolah masing-masing. Makanya, jiwa kepemimpinan, teladan, berkarisma, dan mengayomi wajib dimiliki bagi mereka yang menjabat menjadi ketua OSIS.

Hal tersebut perlu diasah dengan berbagai kegiatan edukasi dan kegiatan sekolah yang menunjang softskill ketua OSIS. Jika saat ini Anda berencana ingin menjadi Ketua OSIS, maka baca dulu ulasan berikut ini agar menjadi pemimpin yang berkualitas dan bijaksana.

9 Cara Menjadi Ketua OSIS yang Baik

1. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

* sumber: hub.n2growth.com

Memiliki jiwa kepemimpinan adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang ketua OSIS. Hal ini memiliki relevansi yang sangat erat karena peran ketua adalah menjadi pemimpin dalam setiap hal dan memberikan sikap yang mantap dalam berbagai pengambil keputusan dan penyelesaian masalah.

Sifat leadership ini tidak bisa dimiliki oleh semua orang tanpa sebuah usaha dan jam terbang yang tinggi. Jiwa leadership merupakan kumpulan dari berbagai karakter yang bagus untuk menjadi pemimpin teladan dan baik.

Mengikuti berbagai kegiatan yang menguatkan jiwa leadership, seperti LDK, FGD serta berbagai studi kasus mampu menanamkan jiwa leadership bagi setiap orang. Anda juga dapat mengambil andil suatu event dan pecahkan sebuah masalah yang muncul dari berbagai event yang Anda ikuti.

2. Menghargai Orang Lain

Menghargai Orang Lain

Ternyata menghargai orang lain adalah aspek yang juga sangat penting ketika menjadi ketua OSIS. Bukan hanya jabatan ketua OSIS, tetapi semua kalangan bahkan diri kita sendiri sangat wajib menerapkan sistem menghargai orang lain.

Bentuk cara menghargai orang lain tidak perlu dengan hal yang rumit, cukup selalu bersifat positif terhadap orang lain serta dapat menghargai usaha orang lain dengan tidak meremehkannya. Hal ini sangat banyak diterapkan oleh orang sukses di dunia, seperti steve jobs, mark zuckerberg, sampai jack ma.

3. Meraih Performa Belajar Terbaik

* sumber: frenchcrazy.com

Performa belajar yang baik di dalam kelas membuat Anda menjadi lebih fokus untuk menjadi ketua OSIS yang baik. Hal ini didasari pada cara berpikir dan personal branding yang mumpuni. Di dalam kelas, Anda juga wajib aktif dalam proses belajar mengajar, tidak ada alasan lelah karena menjadi ketua OSIS maka prestasi di kelas menjadi menurun.

Justru ketika Anda menjadi ketua OSIS buktikan bahwa di dalam kelas juga masih aktif dan dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Kerjakan PR tepat waktu seusai pulang sekolah dan tidak menunda pekerjaan adalah hal yang sangat penting untuk diterapkan ketika menjadi ketua OSIS.

4. Memotivasi Diri untuk Terus Berkembang

* sumber: www.apperson.com

Menjadi ketua OSIS bukan berarti sudah berhenti berkembang dan mengembangkan prestasi, melainkan jadikan jabatan ketua OSIS sebagai ajang pengembangan diri untuk belajar dan terus melaju meraih kesuksesan. Mengembangkan diri baik secara soft skill maupun hard skill, hal ini perlu didukung oleh diri sendiri dan lingkungan.

Jadi, ketika ingin menjadi ketua OSIS yang baik dan teladan, tentunya wajib mengembangkan diri dengan terus berusaha belajar apapun yang menurut Anda baru. Anda juga perlu mengembangkan bakat dan pengetahuan mengenai berbagai aspek yang mendukung Anda untuk menjadi lebih sukses kelak.

5. Sikap Emosional yang Stabil

* sumber: www.123rf.com

Berpikir dengan emosi yang stabil adalah ciri Anda sudah menjadi ketua OSIS yang baik. Kecerdasan emosi merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang, khususnya bagi Anda seorang pemimpin.

Hal ini sesuai dengan tujuan seorang pemimpin sejati adalah mampu menstabilkan emosi sendiri, lalu menyelesaikan masalah eksternal. Kecerdasan dalam menentukan sikap dan emosi ketika menghadapi masalah adalah kunci problem solving yang baik bagi seorang pemimpin.

Hal ini didasari kepada keseimbangan sikap IQ, EQ, dan SQ yang saling melengkapi, dalam artian Anda memiliki kejiwaan yang normal dan cocok menyandang sebutan pemimpin yang baik.

6. Selalu Menghargai Waktu

* sumber: www.quora.com

Sikap disiplin, khususnya selalu menghargai waktu adalah hal yang sangat penting untuk menilai apakah seseorang memiliki sikap leadership atau tidak. Hal ini sesuai dengan perilaku orang-orang sukses yang selalu mengutamakan waktu sebagai hal yang dapat dikatakan adalah uang.

Menghargai waktu dengan datang rapat tidak terlambat, komitmen, dan selalu datang tepat waktu ketika membuat janji, bahkan tidak menyia-nyiakan waktu dengan melakukan hal yang tidak penting.

Orang-orang dengan gaya kepemimpinan yang mampu menghargai waktu akan juga dihargai oleh orang lain, bahkan mereka akan lebih dipercaya ketimbang mereka yang hanya pintar dalam pengetahuan namun tidak dapat menghargai waktu dengan baik.

7. Mampu Bekerja dengan Tim

* sumber: fortune.com

Seorang ketua OSIS yang baik adalah mereka yang mampu bekerja dengan tim. Hal ini tidak akan membuat pemimpin bersikap otoriter, semaunya sendiri, dan egois. Bekerja dalam tim juga melambangkan bahwa kamu bersikap demokratif.

Hal ini sangat diutamakan ketika dipilih menjadi ketua OSIS, bekerja dengan kelompok adalah hal yang biasa dan sering dilakukan. Berdiskusi dan melakukan brainstroming adalah pemecahan masalah yang baik bagi suatu organisasi.

8. Bersikap Adil dan Tidak Diskriminatif

* sumber: www.lawfoundation.on.ca

Bersikap adil dan tidak diskrimatif sudah pasti harus dimiliki oleh mereka para pemimpin dunia teladan. Hal ini sangat berpengaruh juga untuk penilaian lingkungan terhadap diri Anda yang menjadi ketua OSIS.

Bersikap adil di sini, seperti selalu memecahkan masalah sebagai penengah ketika proses diskusi atau rapat menimbulkan kegaduhan akibat perbedaan pendapat. Ketika Anda menjadi ketua OSIS, seharusnya mampu memecahkan masalah dengan berbagai pilihan, seperti voting, mencari ide yang lain, atau mengabungkan kedua ide menjadi satu bagian.

9. Membereskan Beberapa Hal Kecil

* sumber: www.huffingtonpost.com

Menjadi seorang ketua OSIS yang baik memang tidak mudah, untuk itu Anda wajib memecahkan masalah sekecil mungkin. Anda juga wajib membereskan berbagai hal dengan bentuk apapun seperti membuang sampah pada tempatnya, mengerjakan tugas sesuai arahan guru, bahkan menolong orang tua menyebrang jalan.

Sifat-sifat tersebut akan menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang tinggi tanpa disadari. Sifat kecil yang dimulai dari diri sendiri juga akan membentuk pribadi yang berkarakter dan penuh dengan talenta.

Itulah tadi kesembilan tips agar menjadi ketua OSIS yang bijaksana dan berwibawa. Ternyata banyak aspek yang harus dikuasai, terutama dalam hal leadership dan sikap. Nah, apakah Anda sudah memiliki semua hal di atas tadi? Atau punya saran lain dalam menjadi ketua OSIS yang baik? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Oh iya, selain ketua OSIS, ada juga beberapa kriteria yang harus Anda tahu sebagai ketua kelas. Ingin tahu kriteria dan tipsnya? Yuk, segera kunjungi artikel 10 Cara Menjadi Ketua Kelas yang baik dan favorit.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya seorang perawat yang punya hobby menulis, menyukai senja dan penikmat kopi putih, mari berproses bersama dalam hidup.

Leave A Comment