Bacaterus / Belajar Yuk! / 10 Cara Menjadi Ketua Kelas yang Baik dan Juga Favorit

10 Cara Menjadi Ketua Kelas yang Baik dan Juga Favorit

Ditulis oleh

Menjadi ketua kelas ternyata tidak semudah yang kamu bayangkan, lho. Pasalnya, ketua kelas bertanggung jawab atas ketertiban kelasnya. Selain bertanggung jawab kepada gurumu, kamu juga harus tetap menjalin komunikasi yang baik dengan teman-teman sekelas agar mereka tidak menganggapmu carmuk alias cari muka.

Untuk kamu yang baru saja terpilih menjadi ketua kelas atau berminat mencalonkan diri sebagai ketua kelas, Bacaterus punya beberapa tips mengenai cara menjadi ketua kelas yang baik dan favorit. Melalui tips ini, kamu bisa jadi ketua kelas terbaik yang disukai para guru dan disegani oleh teman-teman.

10 Cara Menjadi Ketua Kelas yang Baik

1. Tegas dan tidak semena-mena

Tegas dan tidak semena-mena Cara Menjadi Ketua Kelas yang Baik

Cara menjadi ketua kelas yang baik adalah membangun sikap tegas dalam diri sendiri. Namun, perlu kamu ketahui bahwa tegas bukan berarti semena-mena, ya! Kamu harus tegas terhadap teman-teman yang melanggar peraturan. Jangan segan untuk memberikan konsekuensi terhadap teman-teman sekelas yang berbuat kesalahan atau membuat ricuh di dalam kelas.

Meskipun kamu punya wewenang untuk melaporkan teman kepada guru atau memberikan hukuman, tapi kamu tidak boleh memanfaatkan jabatanmu ini untuk memberi pelajaran kepada teman yang tidak kamu sukai.

2. Adil dan bijaksana

Adil dan bijaksana

Seorang ketua kelas yang baik harus bersikap adil dan bijaksana. Misalnya, hari ini adalah giliran sahabatmu satu geng-mu untuk melakukan piket. Namun, dia sedang malas melakukan piket dan memintamu untuk menunjuk teman yang lain. Jangan hanya karena dia adalah sahabatmu lantas kamu bisa memberikan kelonggaran kepadanya.

Kamu harus tetap adil dalam membagi tugas kepada teman-teman sekelas. Jika temanmu memang bersalah, kamu harus tetap memberikan hukuman atau melaporkan kepada guru. Pun begitu ketika hendak mengambil keputusan bersama. Ketua kelas harus lebih bijaksana dalam membuat keputusan. Keputusan yang kamu ambil harus merupakan yang terbaik bagi seisi kelas, bukan terbaik untuk dirimu sendiri.

3. Ramah dan murah senyum

Ramah dan murah senyum

Jadi ketua kelas memang harus bersikap tegas, tapi bukan berarti kamu harus pasang wajah angker dan bersikap dingin kepada teman-temanmu. Kalau sikapmu sangat dingin, teman-temanmu justru akan meninggalkanmu. Di balik sikap tegas, kamu juga harus bersikap ramah dan murah senyum kepada teman-teman atau guru.

Jika sikapmu selalu hangat seperti ini, teman-teman pasti tidak akan segan meminta pertolonganmu dan selalu mengandalkanmu. Kamu juga bisa memiliki lebih banyak teman, lho! Wah, asyik banget kan?

4. Bisa mengendalikan emosi

Bisa mengendalikan emosi

Saat tidak ada guru, kamu harus tetap menjaga ketenangan kelasmu agar tidak mengganggu kelas-kelas lainnya. Akan tetapi, teman-temanmu malah membuat keributan. Kalau menuruti keinginan hati, kamu pasti sudah sangat emosi, bukan? Akan tetapi, cara menjadi ketua kelas yang baik adalah harus pandai mengendalikan emosi.

Ketika menghadapi teman-teman yang sulit diatur, kamu bisa memberikan teguran yang cukup tegas selama beberapa kali. Jika sudah ditegur sebanyak 3 kali tapi mereka tidak bergeming, jangan ragu memberikan hukuman atau mengadukan ke kepala sekolah.

5. Berani bertanggung jawab

Berani bertanggung jawab

Konsekuensi menjadi ketua kelas adalah siap disalahkan jika kamu tidak berhasil menertibkan kelas. Jadi, meskipun kamu merasa tidak melakukan kesalahan, tapi kalau kamu tidak dapat mengatur teman-temanmu, maka kamu yang harus bertanggung jawab.

Tanggung jawab sebagai ketua kelas memang lebih besar dibanding siswa-siswa lainnya. Selain menjaga ketertiban kelas, kamu juga harus bertanggung jawab kepada teman-teman yang sudah memilihmu menjadi ketua kelas. Jadilah ketua kelas yang amanah dalam menjalankan tugas sehingga teman-teman dan gurumu tidak menyesal telah mempercayakan jabatan tersebut kepadamu.

6. Dapat berkomunikasi dengan baik

Dapat berkomunikasi dengan baik

Seorang ketua kelas biasa mendapatkan mandat dari teman-temannya yang ingin menyampaikan pendapat kepada guru, begitu pun sebaliknya terkadang guru juga memberikan pesan yang harus disampaikan oleh si ketua kelas kepada teman-temannya. Jadi, ketua kelas harus mampu berkomunikasi dengan baik untuk menghindari kesalahpahaman.

Bangun komunikasi dengan teman-temanmu agar mereka merasa nyaman menyampaikan pendapat atau pesan tertentu kepada gurumu. Saat menyampaikan pesan dari guru, kamu juga bisa lebih santai dan terbuka saat harus memberitahukannya kepada teman-teman.

7. Bagi tugas dengan wakil ketua kelas

Bagi tugas dengan wakil ketua kelas

Setia ketua kelas pasti memiliki wakil. Kamu harus melibatkan wakilmu dalam setiap kesempatan. Jangan memonopoli tugas sendiri agar kamu tidak kewalahan dan tidak dianggap ingin cari muka. Kamu harus bekerjasama dengan wakilmu untuk menertibkan kelas. Setidaknya, bekerja berdua akan terasa lebih mudah dibanding harus bekerja sendiri.

Misalnya, ketika tidak ada guru, wakilmu akan menertibkan kelas, sedangkan kamu dapat melapor ke ruang guru bahwa di kelasmu tidak ada guru. Suasana kelas juga jadi lebih tenang karena selama kamu meninggalkan kelas, wakilmu lah yang bertugas menertibkan teman-temanmu.

8. Jujur

Jujur

Kejujuran adalah hal yang harus dimiliki oleh semua pemimpin. Cara menjadi ketua kelas yang baik tentu saja kamu harus jujur dalam segala hal, baik kepada guru maupun teman-teman. Kejujuran akan membuatmu jadi orang yang bisa dipercaya dan diandalkan.

Saat seorang sahabatmu kedapatan menyontek, kamu dapat menegurnya secara baik-baik, tapi jika ia mengulanginya lagi maka kamu harus menceritakan secara jujur kepada gurumu. Meskipun dia adalah sahabat baikmu, kamu tetap harus bertindak jujur selaku ketua kelas. Toh yang terpenting kamu sudah mengingatkan dia sebelumnya tapi dia tetap tidak bergeming.

9. Ringan tangan terhadap guru dan teman

Ringan tangan terhadap guru dan teman

Ketika menjadi ketua kelas, kamu akan menjadi andalan bagi guru dan teman-temanmu. Agar kamu menjadi ketua kelas favorit yang disukai oleh banyak orang, bersikaplah ringan tangan. Tak perlu ragu saat harus membantu guru atau teman-teman sekelas yang memerlukan bantuan. Meskipun mereka tidak meminta pertolongan langsung kepadamu, kita harus peka bahwa mereka memerlukan bantuan.

Seorang ketua kelas yang ringan tangan dalam membantu orang lain tentu saja akan mendapatkan apresiasi dari guru maupun teman-teman. Seketika kamu langsung menjadi ketua kelas paling favorit di sekolahmu!

10. Jadilah contoh yang baik

Jadilah contoh yang baik

“Hey, jangan makan di kelas!” Kamu bisa menegur temanmu yang sedang makan di kelas secara baik-baik. Akan tetapi, beberapa hari kemudian kamu juga menyantap cemilan saat berada di dalam kelas. Tentu saja itu bukan contoh yang baik dari seorang ketua kelas.

Ketua kelas harus bisa menjadi teladan bagi teman-teman sekelasnya. Kamu harus menaati tata tertib dan peraturan sekolah, serta menjauhi berbagai larangan yang ada. Bila suatu saat kamu melakukan kesalahan, kamu harus berbesar hati dalam menerima hukuman.

Ternyata cara menjadi ketua kelas yang baik dan favorit tidak terlalu susah, bukan? Dengan menjadi ketua kelas, kamu akan mempelajari ilmu kepemimpinan yang kelak akan berguna saat kamu memasuki dunia kerja. Jadi, mulai sekarang yang pernah takut untuk menjadi ketua kelas. Bahkan, dengan menjadi ketua kelas kamu sudah ikut berpartisipasi dalam mewujudkan lingkungan belajar yang tertib dan nyaman.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

2 Comments

  1. Alin at - Reply

    Untuk orang lebih memahami

Leave A Comment