Bacaterus / Belajar Yuk! / School Tips: 10 Cara Menjadi Juara Kelas Dengan Mudah

School Tips: 10 Cara Menjadi Juara Kelas Dengan Mudah

Ditulis oleh

Siapa yang tidak ingin jadi murid berprestasi di sekolah? Atau, apakah menjadi juara kelas telah menjadi cita-cita kamu? Tidak ada orang yang dapat meraih prestasi tanpa melakukan usaha. Makanya, untuk menjadi juara kelas, ada banyak hal yang perlu disiapkan, mulai dari mental hingga fisik.

Dalam usaha untuk menjadi juara sekolah, diperlukan strategi atau cara khusus. Berikut ini telah Bacaterus rangkum 15 cara menjadi juara kelas dengan mudah. Tips dan cara ini bisa diaplikasikan langsung oleh kamu, atau bisa juga buat adik atau keponakan kamu yang masih sekolah. Yuk, disimak!

Cara Menjadi Juara Kelas Dengan Mudah

1. Atur Waktu dan Tempat

Cara Menjadi Juara Kelas Atur Waktu

* sumber: www.lynda.com

Cara menjadi juara kelas dari Bacaterus yang pertama adalah me-manage waktu dan menentukan tempat. Setiap anak memiliki pola dan waktu belajar yang berbeda-beda.

Ada anak yang harus berada di tempat sepi dan sendirian ketika belajar, ada yang harus belajar sambil mendengarkan lagu, ada yang harus sambil ngemil.. Banyak sekali style belajar, tergantung dari hobi dan kepribadian. Kalau kamu, suka belajar dengan kondisi seperti apa?

Nah, kamu harus mengetahui bagaimana cara belajar terbaik untuk kamu sendiri. Kondisi seperti apa yang membuat kamu nyaman dan dapat berkonsentrasi dengan baik. Lalu, setelah menentukan tempat, kamu juga harus mengatur waktu belajar.

Ada anak yang lebih bisa berkonsentrasi pada malam hari, sekitar jam 7 – 9 malam. Ada juga yang lebih suka langsung belajar setelah pulang sekolah, sekalian mengerjakan PR, lalu mulai membaca ulang pelajaran saat sebelum tidur.

Ada juga yang suka mengevaluasi pelajaran untuk hari ini dengan membacanya text book saat subuh. Intinya, temukan waktu dan tempat yang membuat kamu enjoy dan tidak merasa terbebani untuk belajar.

2. Memilih Duduk Paling Depan

Mind set kebanyakan orang Indonesia—entah kenapa—terbiasa untuk menghindari bangku paling depan. Alasannya bermacam-macam. Ada yang takut ditanya guru. Ada yang takut ketahuan saat main handphone (ini sih salah banget). Ada yang beralasan karena tidak bisa mengobrol (padahal kan memang dilarang mengobrol saat belajar).

Bacaterus akan memberi tahu kenapa kamu harus membiasakan diri duduk di bangku paling depan. Kelebihan duduk di bangku paling depan, guru akan menganggap kalau kamu PD dan siap menghadapi tantangan. Biasanya guru suka pada anak seperti itu.

Duduk di paling depan juga dapat membuat kamu jadi lebih konsentrasi saat belajar. Dengan duduk di bangku depan, otomatis menjadi barisan yang paling terlihat oleh guru. Dengan pola pikir seperti itu, kamu tidak akan mau membuat masalah seperti mengobrol, bermain gadget, apalagi menyontek.

3. Menyimak Pelajaran & Aktif Di Kelas

Bertanya dan Menjawab Pertanyaan Guru

Siapa, sih, yang suka kalau sedang berbicara tapi tidak diperhatikan? Apalagi guru, yang setiap harinya harus mengajar di depan puluhan anak. Pasti rasanya menyebalkan sekali jika sudah capek-capek mengajar, tapi anak yang diajarnya tidak memerhatikan. Karenanya, kamu harus memerhatikan penjelasan dari pelajaran yang sedang diberikan oleh guru kamu, ya!

Selain menyimak pelajaran, cara menjadi juara kelas yang selanjutnya adalah dengan aktif di kelas. Guru suka dengan anak yang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan. Selain mendapatkan ilmu lebih, dengan aktif di kelas, kamu juga secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa percaya diri kamu, loh. Jangan pernah takut salah saat akan menjawab pertanyaan guru adalah tipsnya.

4. Mencatat Poin Penting

Sambil memerhatikan guru ketika menjelaskan, biasakan untuk mencatat poin penting dari pelajaran tersebut. Catatannya tidak perlu sedetail yang guru jelaskan. Poin penting adalah berupa rangkuman dan garis besar dari pelajaran itu.

Catatan ini dapat membantu kamu ketika akan mengulang pelajaran untuk ulangan/ujian. Jadi, nantinya kamu tidak perlu pusing mencari poin penting dari text book yang jumlah lembarannya bisa ratusan.

5. Sopan Kepada Guru dan Orang Tua

Walaupun Indonesia terbagi menjadi banyak suku, orang Indonesia memiliki tata krama yang kurang lebih sama, yaitu sopan terhadap orang yang lebih tua. Jika di rumah, orang tua kamu (dan kakak jika ada) adalah figur “orang tua” yang patut kamu segani. Tapi, ketika sedang di sekolah, guru adalah orang tua kamu.

Maka dari itu, tanamkan dalam diri kamu untuk menuruti perintah guru, selama itu bertujuan baik. Lalu, biasakan juga untuk berlaku sopan pada guru. Hal ini bisa dimulai dari rumah. Misalnya dengan sun tangan setiap akan berangkat sekolah.

6. Baik Kepada Teman

Cara menjadi juara kelas yang ke-6 adalah dengan berbuat baik pada teman. Berbuat baik di sini bisa dari segala aspek, mulai dari kehidupan sehari-hari hingga dalam pelajaran. Jika kamu memiliki hubungan yang baik dengan teman-teman, hal ini berpengaruh juga pada eratnya hubungan pertemanan kalian, baik di dalam maupun di luar sekolah.

Cara berbuat kebaikan pada teman adalah seperti membantu teman yang kurang mengerti dalam pelajaran, ketika kebetulan kamu jago dalam bidang tersebut. Jangan merasa kalau memberi tahu teman, maka pengetahuan kamu akan jadi berkurang. Justru, pengetahuan kamu bisa bertambah karena saling sharing ilmu.

Lalu, dekatilah teman-teman yang berprestasi. Mendekati di sini bukan berarti memanfaatkan lalu “habis manis sepah dibuang”, loh, ya! Tapi, jadilah teman yang baik satu sama lain dengan anak-anak yang berbakat. Teman-teman yang pintar akan mendorong kamu untuk belajar lebih rajin. Kalian juga bisa belajar bersama untuk saling berbagi ilmu.

7. Mandi Pagi

Sepertinya semua orang Indonesia sudah pasti mandi dua kali sehari, ya? Rata-rata waktunya adalah pada pagi dan sore hari setelah selesai beraktivitas. Bacaterus mengatakan hal ini untuk mengingatkan anak yang suka malas mandi, apalagi mandi di pagi hari. Biasanya anak kuliahan yang suka skip mandi, nih. Alasannya biasanya karena bangun kesiangan, soalnya semalam habis begadang mengerjakan tugas.

Padahal, mandi pagi dapat membuat badan lebih segar dan sehat. Kulit juga akan terasa fresh, sehingga dapat membangkitkan mood serta menghilangkan kantuk. Usahakan untuk mandi lebih awal, agar kamu punya banyak waktu untuk baca-baca materi sebelum masuk kelas nantinya.

8. Sarapan

Ketika author Bacaterus kuliah dulu, banyak teman-teman author yang melewatkan sarapan. Biasanya anak-anak kosan yang sering begini. Alasannya tentu pertama: karena tidak ada yang masak, kedua: karena tidak sempat (bangun kesiangan), dan ketiga: karena malas keluar kamar untuk membeli makanan.

Padahal, nih, ya.. Sarapan itu penting banget. Sarapan dapat meningkatkan konsentrasi seseorang. Dengan meningkatnya konsentrasi, pelajaran yang disampaikan guru bisa lebih terserap ke otak kamu, kan? Sarapan juga memberikan energi pada tubuh kamu untuk belajar hingga waktu istirahat tiba.

Nanti saat makan di waktu istirahat, jangan makan terlalu banyak karbohidrat, ya! Yang ada nanti kamu jadi mengantuk saat mengikuti kelas selanjutnya.

9. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah cara menjadi juara kelas yang ke-9. Istirahat sangat berpengaruh pada kosentrasi dan fokus. Jangan pernah memaksakan waktu belajar kamu. Jika kamu sudah lelah, istirahatlah. Tapi, lelahnya jangan dibuat-buat, ya. Rata-rata waktu yang diperlukan untuk tidur yang cukup adalah 8 jam. Jadi, kalau kamu harus bangun jam 5 subuh setiap harinya, usahakan jam 9 atau 10 malam sudah tidur.

Jika kamu tidak terbiasa tidur jam 9 malam, setidaknya berhenti melakukan tugas setelah di atas jam 9 atau 10 malam. Hal ini berguna untuk mengistirahatkan mata, otak, dan tubuh kamu. Jadi, walaupun tidak langsung tidur, setidaknya tubuh kamu sudah bersantai terlebih dahulu.

10. Jangan Menunda Mengerjakan Tugas

Jangan Menunda Mengerjakan Tugas

Penyakit kebanyakan orang adalah procrastinating. Apakah kamu tahu apa artinya? Procrastinating adalah menunda-nunda pekerjaan. “Ah, nanti saja mengerjakan tugasnya.”, “Masih bisa besok, kok, ngerjain PR-nya. Sekarang mending main game dulu.”. Hayo ngaku, pasti kalimat seperti ini pernah atau malah sering terucap dari kita, para pelajar.

Tahukah kamu, kalau tugas ditumpuk, mereka bisa beranak pinak? Ketika kamu mau mulai mengerjakan tugas, eh tahunya masih ada tugas lainnya yang belum kamu kerjakan. Jadinya sudah keburu malas dan akhirnya semua tugas terbengkalai. Kalau begitu jadinya, bagaimana bisa menjadi murid berprestasi di sekolah?

Dengan mengerjakan tugas atau PR tepat waktu, guru akan memberikan kepercayaan mereka pada kamu. Ketepatan waktu dalam mengerjakan tugas pun mendidik kamu menjadi orang yang disiplin. Jika ada hal yang tidak kamu mengerti dari tugas tersebut, kamu boleh kok bertanya pada guru kamu sebelum waktu pengumpulan. Atau, kamu bisa meminta bantuan dari teman atau senior kamu yang mengerti tugas tersebut.

Tips Lainnya Agar Menjadi Juara Kelas

Selain 10 tips di atas, masih ada 10 tips lainnya yang sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin mendapatkan nilai tinggi ataupun menjadi juara kelas. Apa sajakah itu? berikut tips dan triknya:

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

6 Comments

  1. sangkot rambe at - Reply

    Makasih kaa…

    • Bacaterus
      Bacaterus at - Reply

      Sama-sama. Terima kasih telah mengunjungi Bacaterus.com 🙂

  2. Tria at - Reply

    Terima kasih kak, Sangat bermanfaat sekali, terutama bagi saya yang baru saja turun peringkat sangat jauh sekali:’

    • Bacaterus
      Bacaterus at - Reply

      Sama-sama. Terima kasih sudah mengunjungi Bacaterus.com.:)

  3. erin at - Reply

    kak , kok aku udah melakukan hampir semuanya tapi belum bisa menjadi juara kelas ya?

    • Bacaterus
      Bacaterus at - Reply

      Jangan cepat menyerah ya. Belajar lebih giat lagi!

Leave A Comment