Bacaterus / Nutrisi Otak / 10 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Otak yang Wajib Dicoba

10 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan Otak yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 April 2019

Tak ada kata terlambat untuk menjadi cerdas. Meskipun saat ini usia Anda tak lagi muda, Anda tetap bisa memiliki kecerdasan otak di atas rata-rata, lho. Lantas, apa saja yang harus dilakukan jika ingin meningkatkan kecerdasan?

Lakukan beberapa latihan jika ingin meningkatkan kecerdasan otak secara berkala. Bacaterus akan membagikan sejumlah hal yang harus Anda lakukan untuk membuat kecerdasan otak terus meningkat. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini.

1. Konsumsi Makanan yang Bagus untuk Otak

Konsumsi Makanan yang Bagus untuk Otak

* sumber: www.prevention.com

Sama seperti organ tubuh lainnya, otak juga membutuhkan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan otak dengan mengkonsumsi makanan yang tepat.

Kunjungi artikel makanan yang bagus untuk otak ini jika Anda ingin memenuhi kebutuhan nutrisi otak. Tak hanya memberikan nutrisi saja, makanan-makanan yang dibahas di dalam artikel tersebut juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan mencegah risiko penyakit yang dapat merusak otak.

2. Perbanyak Kegiatan Membaca

Perbanyak Kegiatan Membaca

* sumber: waylandlibrary.org

Adakah dari Anda yang masih malas membaca? Membaca tidak hanya sekadar menambah pengetahuan saja, tapi bisa juga untuk meningkatkan kecerdasan otak. Dengan membaca, kita jadi memahami segala macam hal yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya.

Membaca adalah terapi sederhana untuk meningkatkan kecerdasan otak. Namun, Anda juga harus pandai-pandai dalam memilih bacaan karena tidak semua bacaan bisa meningkatkan kecerdasan otak. Bacalah surat kabar atau buku yang memberikan edukasi atau setidaknya pengetahuan untuk Anda. Otak akan menyimpan informasi yang Anda baca.

3. Latih dengan Permainan

Latih dengan Permainan

* sumber: bettingtips365bd.com

Siapa bilang game menghambat kecerdasan otak? Beberapa jenis permainan justru dapat melatih ketangkasan otak. Salah satu permainan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak adalah bingo. Dalam memainkan bingo, otak akan dilatih untuk berkonsentrasi dan bertindak secara cepat.

Selain bingo, jenis permainan lain yang dapat menambah kecerdasan otak adalah teka-teki silang (TTS). Beli saja buku TTS yang banyak dijual di pasaran. Saat senggang, berlatih lah mengisi semua TTS yang tersedia. Dijamin, Anda akan jadi lebih cerdas dalam berpikir dan menyelesaikan masalah.

4. Berpikir Sebelum Bertindak

Berpikir Sebelum Bertindak

* sumber: www.generationcode.com

Pernahkah Anda melihat seseorang yang gegabah dalam mengambil keputusan pasti menuai hasil yang kurang memuaskan? Nah, berkaca dari hal tersebut, Anda harus berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Seseorang yang cerdas pasti terbiasa mempertimbangkan untung-rugi terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan.

Apabila Anda ingin melatih otak agar lebih cerdas, mulailah mempraktekkan kebiasaan ini. Berpikir lah masak-masak sebelum mengambil suatu tindakan. Jangan ragu untuk mempertimbangkan untung-rugi terlebih dahulu sebelum membuat keputusan, terlebih jika itu merupakan keputusan penting.

5. Perbanyak Berdiskusi

Perbanyak Berdiskusi

* sumber: www.ucem.ac.uk

Seseorang yang cerdas cenderung lebih suka berdiskusi untuk bertukar pikiran dengan orang lain. Kini, apabila Anda sedang dalam usaha meningkatkan kecerdasan otak, tak ada salahnya jika hari-hari Anda diisi dengan diskusi bersama orang lain.

Dari pikiran orang lain, Anda bisa mempelajari begitu banyak hal. Selain itu, diskusi adalah latihan sederhana untuk mengasah otak. Jika Anda atau kerabat memiliki masalah, cobalah untuk mengajak mereka diskusi. Secara tidak langsung otak akan berlatih memecahkan masalah yang sedang didiskusikan tersebut.

6. Bicara dengan Orang Lain

Bicara dengan Orang Lain

* sumber: quotabulary.com

Selain diskusi, obrolan ringan dan santai ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak, lho. Bahkan, bicara dianggap sebagai cara yang lebih ampuh dibanding sekadar bermain bingo atau mengisi teka-teki silang.

Berbicara dapat meningkatkan fungsi otak. Terapi bicara juga sudah banyak diterapkan pada orang-orang yang memiliki gangguan fungsi kognitif. Alhasil, seseorang yang sering bersosialisasi dengan berbicara memiliki kemampuan kognitif dan kecerdasan yang meningkat.

Berbicara tidak harus selalu bertatap muka kok. Anda bisa berbicara melalui telepon dengan keluarga atau teman. Namun, tentu akan lebih baik lagi jika Anda bisa berbicara secara tatap muka dengan orang lain.

7. Tidur Siang

Tidur Siang

* sumber: www.sheknows.com

Tidur siang bisa bikin kecerdasan otak bertambah, benarkah? Ya, tentu saja benar. Siang hari otak mengalami penurunan fungsi kognitif. Istirahat sejenak bisa membuat otak kembali berfungsi dengan baik setelahnya.

Lantas, bagaimana jika Anda bekerja di kantor dan tidak memungkinkan untuk tidur siang? Manfaatkan jam istirahat yang ada. Usai makan, tidur siang saja selama 20-30 menit. Jangan lupa untuk memasang alarm agar Anda tidak kebablasan tidur sampai waktu istirahat usai.

Setelah tidur siang sejenak, otak akan kembali segar dan bisa berfungsi dengan baik. Ketika fungsi otak sudah kembali normal, level kecerdasan otak pun juga bertambah.

8. Jalan Kaki Setiap Hari

Jalan Kaki Setiap Hari

* sumber: www.shareyouressays.com

Sekilas memang tak ada hubungan antara jalan kaki dengan peningkatan kecerdasan otak. Akan tetapi, studi membuktikan bahwa berjalan kaki selama 15 menit dalam waktu tiga kali seminggu bisa membuat fungsi otak meningkat hingga 15%. Semakin banyak frekuensi Anda berjalan kaki, maka semakin tinggi pula peningkatan fungsi otak Anda.

Pilih waktu di pagi hari untuk berjalan kaki. Selain cuacanya belum terlalu panas, udara pagi yang segar juga bisa mempengaruhi kesegaran pikiran. Anda dapat melakukan kegiatan ini sambil ngobrol dengan pasangan atau mendengarkan musik. Lakukan hal-hal yang bisa membuat Anda enjoy saat sedang berjalan kaki.

Perlukah Anda berjalan kaki setiap hari? Jika kondisinya memungkinkan, mengapa tidak? Toh jalan kaki memberikan manfaat tidak hanya untuk otak saja, tapi juga untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

9. Biasakan Menulis

Biasakan Menulis

* sumber: www.pexels.com

Walaupun Anda tidak memiliki basic atau hobi menulis, Anda bisa mulai membiasakan kegiatan ini. Pasalnya, menulis adalah salah satu cara yang dapat meningkatkan kecerdasan dan mengasah pola pikir secara alami.

Apa yang harus Anda tulis? Apa saja yang Anda mau, mulai dari buku harian, blog pribadi, sampai dengan caption atau status pada akun media sosial. Secara tidak langsung sebelum menulis Anda akan berpikir sejenak mengenai hal yang ingin dituliskan. Tentu saja aktivitas ini akan sangat merangsang kecerdasan alami otak.

10. Selalu Belajar dan Eksplorasi

Selalu Belajar dan Eksplorasi

* sumber: www.sunleafmedical.com

Ingin tahu tips terampuh meningkatkan kecerdasan otak? Belajar dan eksplorasi. Kedua hal tersebut adalah cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan. Pasalnya, belajar dan eksplorasi sama-sama melatih otak untuk berpikir dan menyimpan memori.

Kalau sudah besar, apa yang harus dipelajari?” Ingat, belajar tidak hanya terbatas pada bangku sekolah saja, lho. Anda bisa belajar mengenai banyak hal yang mungkin tidak Anda pahami sebelumnya. Semakin sering Anda belajar dan eksplorasi, semakin tinggi pula kecerdasan otak Anda.

Sudah tahu berbagai cara untuk meningkatkan kecerdasan, bukan? Kini, saatnya Anda menerapkan cara-cara ini dalam kehidupan sehari-hari. Ingat, tak ada kata terlambat untuk menjadi orang  yang cerdas. Siapapun bisa menjadi cerdas tanpa terbatas latar belakang pendidikan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *