Bacaterus / Daya Tahan Tubuh / 10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tidak ada seorang pun yang menginginkan jatuh sakit. Ketika sakit, aktivitas sehari-hari menjadi terganggu, tubuh terasa tidak enak, dan ada banyak hal lain yang membuat kita merasa tersiksa. Sayangnya, jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang lemah maka Anda akan mudah terserang penyakit.

Biar tidak mudah sakit, Bacaterus memberikan 10 cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan melakukan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. 10 cara yang akan kami bagikan berikut ini sangat mudah dan dekat dengan kebiasaan Anda sehari-hari. Jadi, kalau ingin punya tubuh yang sehat dan tidak gampang sakit, cek ulasannya berikut ini.

10 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Cukup Tidur Setiap Hari

Percaya atau tidak, seseorang yang kurang tidur pasti lebih mudah jatuh sakit. Tubuh perlu istirahat minimal 6-8 jam setiap malam. Kurang dari waktu tersebut maka daya tahan tubuh Anda melemah dan metabolisme tubuh menjadi kacau. Akibatnya, Anda akan lebih mudah terinfeksi virus maupun bakteri penyakit.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh dapat dimulai dengan tidur selama 6-8 jam setiap malam. Selain itu, sangat disarankan untuk tidur tidak lewat tengah malam. Terjaga hingga tengah malam ternyata dapat merusak sistem kekebalan tubuh Anda secara perlahan tapi pasti.

2. Kelola Stres

Kelola Stres

Percayakah Anda bahwa seseorang yang sedang stres karena menghadapi begitu banyak masalah dapat lebih mudah sakit? Ya, stres ternyata memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang. Bila seseorang tersebut tidak pandai mengelola stres, maka daya tahan tubuhnya akan menurun dan lebih mudah sakit.

Cara mengembalikan kekebalan tubuh yang paling sederhana adalah mengelola stres. Jika Anda mengalami masalah yang dapat membuat stres, carilah kegiatan yang dapat membantu Anda untuk melupakan permasalahan tersebut dan lebih rileks dalam menjalani hidup. Masalah memang tak bisa dihindari, tapi kita harus bisa menyiapkan diri untuk menghadapi masalah tersebut tanpa stres.

3. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Sebagian orang menghindari sinar matahari dengan alasan takut kulitnya menjadi gelap. Padahal, sinar matahari pagi sejak pukul 07:00 – 09:00 dapat mempertahankan sistem kekebalan tubuh, lho. Usahakan untuk berjemur sesaat di bawah sinar matahari pukul 07:00 – 09:00.

Sinar matahari mengandung Vitamin D yang dapat mencegah penyakit autoimun dan kanker. Di samping itu, ultraviolet dalam sinar matahari pagi dapat meningkatkan fungsi kerja sel T dalam tubuh manusia. So, biarkan diri Anda terpapar sinar matahari pagi selama 5-10 menit untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat.

4. Olahraga Secara Teratur

Olahraga Secara Teratur

Olahraga adalah aktivitas sederhana yang sangat besar manfaatnya. Sayangnya, banyak orang tidak mengindahkan hal tersebut dan cenderung malas berolahraga. Olahraga merupakan cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Dengan berolahraga secara teratur tubuh Anda menjadi lebih bugar. Selain itu, sistem kekebalan tubuh pun jadi meningkat jika Anda rutin berolahraga. Apabila tidak sempat berolahraga di pusat kebugaran, cukup lakukan latihan sendiri di rumah, entah itu berjalan sehat, melakukan gerakan-gerakan peregangan tubuh, atau berlatih yoga.

5. Konsumsi Buah dan Sayur yang Mengandung Vitamin C

Konsumsi Buah dan Sayur yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C memiliki peran penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Di samping itu, Vitamin C dapat memperkuat linfosit sehingga tubuh mampu mendeteksi adanya virus atau bakteri berbahaya dan mempersiapkan sel darah putih untuk melawan infeksi tersebut.

Bila Anda ingin memiliki tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit, mulailah perbanyak konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Anda juga dapat mengonsumsi Vitamin C dalam bentuk suplemen. Bacalah artikel multivitamin yang bagus untuk menemukan produk suplemen Vitamin C yang tepat.

6. Konsumsi Bawang Putih

Konsumsi Bawang Putih

Di dalam artikel makanan penambah daya tahan tubuh, bawang putih merupakan salah satu makanan imun-booster yang sangat ampuh. Orang yang mengonsumsi bawang putih setiap hari akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibanding orang yang tidak makan bawang putih mentah setiap hari.

Tak hanya sekedar meningkatkan daya tahan tubuh, bawang putih dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker jika dikonsumsi setiap hari. Bahkan, khasiat bawang putih ini jauh lebih hebat dibanding suplemen-suplemen yang dijual di pasaran.

7. Minum Yogurt

Minum Yogurt

Pada artikel minuman penambah daya tahan tubuh, yogurt diklaim sebagai salah satu minuman yang dapat meningkatkan kinerja sistem imunitas Anda. Hal ini membuktikan bahwa yogurt bukan sekedar minuman untuk melancarkan sistem pencernaan saja.

Yogurt mengandung Vitamin D yang memiliki peran untuk menambah daya tahan tubuh. Bahkan, minuman probiotik ini dapat mengurangi risiko penyakit flu pada diri Anda, lho. Yang menarik, sarapan dengan yogurt plain ternyata dapat membuat suasana hati kita jadi lebih baik. Nah, berminat untuk menjadi lebih sehat dan bahagia dengan konsumsi yogurt?

8. Hindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol

Tidak Merokok

Rokok dan alkohol memang dapat membuat seseorang jadi kecanduan meskipun penggunaannya belum dilarang setegas penggunaan narkotika. Meskipun keduanya tidak membunuh manusia secara langsung, tapi kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dapat melemahkan daya tahan tubuh sehingga Anda lebih mudah terserang penyakit yang ringan sampai yang berbahaya.

Racun yang terdapat di dalam rokok dapat meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan menyebabkan insomnia. Jika Anda kurang tidur, tentu saja daya tahan tubuh Anda akan melemah. Sementara konsumsi minuman beralkohol juga dapat melemahkan fungsi sel T. Sistem ketahanan tubuh akan terus melemah jika Anda mempertahankan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol ini.

9. Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Suka menyantap junk food dan sebagainya? Mulailah meninggalkan makanan-makanan tersebut karena bila Anda ingin meningkatkan daya tahan tubuh, maka Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat dengan nutrisi yang seimbang.

Cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah menyantap makanan sehat yang diolah sendiri. Jangan melulu mengonsumsi daging, sesekali imbangi juga dengan konsumsi ikan, sayur, dan buah. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, berat badan menjadi lebih ideal dan sistem imun di dalam tubuh semakin kuat.

10. Mengonsumsi Suplemen Penambah Daya Tahan Tubuh

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Mengkonsumsi Suplemen Penambah Daya Tahan Tubuh

Anak-anak, dewasa, sampai lansia harus mengonsumsi suplemen yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Makanan yang kita makan sehari-hari belum tentu dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian yang diperlukan tubuh. Jadi, konsumsi suplemen adalah jalan terbaik untuk mendapat asupan vitamin dan mineral yang seimbang.

Apabila vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sudah terpenuhi, maka daya tahan tubuh pun akan meningkat. Jika ingin mengonsumsi vitamin khusus lansia, temukan produk yang tepat dalam artikel vitamin untuk orang tua dan lansia.

Nah, 10 cara meningkatkan daya tahan tubuh ini bisa mulai Anda coba agar selalu sehat dan tidak mudah sakit. Ingin tahu sejumlah faktor yang dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda? Cek artikel penyebab daya tahan tubuh menurun ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *