Bacaterus / Kopi / Begini 10 Cara Menikmati Kopi yang Benar Bagi Pemula

Begini 10 Cara Menikmati Kopi yang Benar Bagi Pemula

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Januari 2019

Kopi merupakan minuman yang cukup banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari peran negara kita sebagai penghasil kopi yang diekspor ke berbagai negara. Sebut saja Kopi Toraja atau Kopi Luwak yang sangat mendunia. Kedua kopi tersebut benar-benar asli Indonesia, lho.

Tidak semua orang suka minum kopi. Namun, bagi Anda para pemula yang tertarik untuk minum kopi, Anda harus mengetahui 10 cara menikmati kopi yang benar ini. Kopi yang Anda minum akan terasa nikmat hingga berkali-kali lipat jika Anda meminumnya dengan cara yang tepat.

10 Cara Menikmati Kopi yang Benar

1. Kenali Jenis Kopi yang Diminum

Kenali Jenis Kopi yang Diminum Cara Menikmati Kopi

Bagi penikmat kopi, mereka pasti bisa membedakan jenis kopi hanya dengan sekali merasakannya. Namun bagi pemula, tentu butuh kerja keras untuk bisa membedakan satu jenis kopi dan lainnya. Cara menikmati kopi bagi pemula adalah mengetahui jenis kopinya terlebih dahulu.

Seperti yang Anda ketahui, ada puluhan jenis kopi yang berasal dari Indonesia maupun dari luar negeri. Apabila Anda benar-benar ingin menjadi penikmat kopi sejati, Anda harus bisa membedakan setiap jenis kopi dari cita rasanya.

Sebagai contoh, Kopi Toraja memiliki cita rasa yang berbeda dengan Kopi Kintamani. Toraja rasanya pahit tapi rasa pahit tersebut cepat hilangnya. Sementara Kitamani rasanya lebih ringan dan lembut dan ada sedikit sentuhan rasa buah-buahan karena penanamannya melalui proses tumpang sari bersama tanaman buah.

2. Hindari Kopi Instan

Hindari Kopi Instan

Penikmat kopi sejati pasti berusaha menghindari kopi instan sebisa mungkin. Rasa kopi instan tentu saja tidak senikmat kopi yang memang berasal dari biji kopi yang baru digiling dan langsung diseduh. Jika Anda ingin menikmati kopi yang benar-benar enak, Bacaterus menyarankan Anda untuk menikmati kopi yang terbuat dari biji kopi yang dihaluskan dan langsung diseduh.

Di samping rasanya yang kurang nikmat, kopi instan sudah dicampur dengan krimer, gula, dan bahan tambahan lainnya sehingga Anda tidak benar-benar bisa menikmati rasa kopi yang sebenarnya. Jika terpaksa minum kopi instan, pilih saja kopi hitam tanpa tambahan gula, susu, dan krimer.

3. Jangan Minum Kopi Selagi Panas

Jangan Minum Kopi Selagi Panas

Secangkir kopi panas memang sangat nikmat, tetapi jika kopinya terlalu panas makan lidah Anda bisa terbakar. Bacaterus menyarankan Anda untuk tidak minum kopi terlalu panas agar Anda bisa menikmati cita rasa kopi tersebut.

Alangkah baiknya jika Anda menunggu 5 menit setelah kopi diseduh baru Anda bisa meminumnya. Menurut para penikmat kopi dan barista profesional, suhu terbaik untuk menikmati kopi adalah 60 derajat celcius. Sedangkan untuk kopi hitam, sebaiknya tidak diseduh dengan air yang suhunya melebihi 88 derajat celcius. Semakin panas airnya, semakin pahit rasa kopinya karena kafein akan melebur lebih cepat pada suhu air yang tinggi.

4. Perhatikan Waktu Terbaik Menyeduh Kopi

Perhatikan Waktu Terbaik Menyeduh Kopi

Waktu terbaik menyeduh kopi bukan soal waktu di mana Anda bisa menikmati kopi dalam hidup Anda. Waktu yang kami maksud di sini adalah waktu penyeduhan biji kopi yang sudah digiling. Biji kopi yang baru digiling akan terasa nikmat jika langsung diseduh. Kesimpulannya, semakin lama kita menyimpan kopi bubuk, semakin menurun pula cita rasanya.

Roasted coffee lebih nikmat diseduh satu bulan setelah digiling. Sementara itu, green coffee harus segera diseduh sebelum dua minggu agar aromanya tidak berubah. Nah, kenali dulu jenis kopi yang akan dinikmati dan cari tahu waktu yang tepat untuk menyeduh kopi tersebut.

5. Seduh dengan Metode 1:10

Seduh dengan Metode 1 10

Cara menikmati kopi juga tergantung dari cara penyeduhannya. Jika Anda terbiasa membuat kopi instan, tentu saja Anda tidak memerlukan metode penyeduhan secara khusus. Akan tetapi, jika Anda menyeduh bubuk kopi yang digiling, maka Anda harus menggunakan metode ini.

Agar kopi terasa nikmat, seduhlah dengan metode 1:10. Artinya, 1 sendok makan bubuk kopi harus diseduh dengan 10 sendok makan air. Cara ini menghasilkan kopi dengan rasa dan tekstur yang pas. Anda tak perlu khawatir kopi menjadi kental atau terlalu encer jika menyeduh dengan metode ini.

6. Hirup Aroma Kopi

Hirup Aroma Kopi

Setiap jenis kopi pasti menghasilkan aroma sedap tersendiri. Sebelum menikmati kopi yang sudah diseduh dengan beragam cara, Anda pun harus merasakan keharuman aroma kopi yang menggugah selera.

Sambil menunggu suhu panas kopi hilang, dekatkan cangkir kopi ke hidung Anda dan hiruplah dalam-dalam aroma kopinya. Aroma kopi yang barusan Anda cium juga akan memberikan sugesti pada rasanya. Bila Anda merasa aroma kopinya nikmat, maka Anda pun akan merasa cita rasa kopinya juga luar biasa enak.

7. Minum Secara Perlahan

Minum Secara Perlahan

Untuk bisa menikmati cita rasa kopi, alangkah baiknya jika Anda meminum kopi secara perlahan dengan cara menyeruput kopinya. Setiap kopi yang masuk ke dalam mulut Anda tentu akan memberikan kesegaran dan rasa nikmat yang tidak akan terlupakan.

Cara minum kopi secara perlahan juga menghindari kita dari risiko tersedak. Selain itu, kalau kopinya masih panas mau tidak mau kita juga pasti akan meminumnya secara perlahan-lahan, bukan?

8. Nikmati dengan Kudapan Lezat

Nikmati dengan Kudapan Lezat

Hidup Anda akan menjadi lebih indah ketika Anda berhasil menemukan kopi yang nikmat. Sayangnya, acara minum kopi tersebut akan terasa berbeda karena tidak ada kudapan yang menemani acara minum kopi kali ini.

Nah, saatnya Anda mencari kudapan yang lezat untuk menikmati kopi. Jika di negara-negara lain terbiasa menyantap kue (cookies). Nah, di Indonesia kopi ternyata bisa dinikmati bersama dengan kue basah, pisang goreng, dan masih banyak lagi.

9. Minum dalam Dosis Kecil

Minum dalam Dosis Kecil

Bagi Anda pemula yang masih bingung mengenai cara menikmati kopi, kami menyarankan Anda untuk minum dalam dosis kecil saja. Pasalnya, Anda perlu terbiasa dengan rasa kopi sehingga Anda harus menyesuaikannya melalui dosis kecil terdahulu.

Apabila Anda sudah terbiasa minum kopi, minumlah dengan dosis yang lebih banyak. Akan tetapi, ingatlah bahwa kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan Anda mengalami insomnia. Selain itu, nikmati kopi hitam tanpa menambahkan krimer, gula, atau bahan-bahan lain agar Anda bisa merasakan cita rasa alaminya.

10. Hindari Minum Kopi Sebelum Makan

Hindari Minum Kopi Sebelum Makan

Alih-alih ingin menikmati kopi, semuanya akan kacau jika Anda meminum kopi tersebut dalam kondisi perut yang kosong, terutama pagi hari sebelum sarapan. Kandungan kafein di dalam kopi menstimulasi usus sehingga menimbulkan rasa mulas pada pagi hari.

Tak cukup sampai di situ, menikmati kopi sebelum makan dapat meningkatkan produksi asam lambung. Akibatnya, perut akan terasa mual, kembung, bahkan muntah. Jadi, jangan lupa untuk makan dulu sebelum menikmati kopi favorit Anda.

10 cara menikmati kopi bagi pemula ini hanya pengetahuan dasar agar pemula bisa menikmati kopi dengan cara yang benar. Setiap orang memiliki kebiasaan minum kopi sendiri-sendiri. Nah, nikmati kopi dengan cara Anda sendiri agar rasanya lebih enak. Baca juga artikel cara menyeduh kopi hitam di rumah agar Anda tidak perlu repot-repot berkunjung ke kedai kopi mahal hanya untuk menikmati secangkir kopi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar