Bacaterus / Tokek / Ini Dia 8 Cara Paling Jitu Untuk Mengusir Tokek dari Rumah

Ini Dia 8 Cara Paling Jitu Untuk Mengusir Tokek dari Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 April 2019

Ada tokek di rumah dan kamu merasa terganggu? Hmm.. Pertimbangkan untuk menangkapnya atau mengusirnya. Jika kamu merasa “jijik” saat harus menangkap tokek, mungkin kamu bisa memilih opsi lainnya, yaitu mengusir tokek tersebut.

Mengusir tokek tidak semudah mengusir cecak. Pasalnya, tokek memiliki ukuran tubuh yang besar dan tidak terlalu gesit. Jika seekor tokek sudah merasa betah di sebuah tempat, maka ia bisa menetap di tempat tersebut selama berhari-hari hingga berbulan-bulan.

Tokek yang menetap di rumah akan menimbulkan suara yang cukup keras. Belum lagi jika kotoran tokek tersebut mengotori rumahmu. Nah, jika kamu pun merasa terganggu dengan kehadiran tokek, coba lakukan cara mengusir tokek dari Bacaterus berikut ini.

1. Kulit Telur

Kulit Telur

* sumber: mommiesdaily.com

Jangan buang kulit telur ayam yang sudah dipakai. Pasalnya, kulit telur adalah benda yang ditakuti tokek dan bisa membuatnya kabur dari rumah. Kulit telur tersebut tidak perlu dicuci agar bau amisnya mengundang tokek untuk mendekat.

Setelah melihat kulit telur yang kamu pasang di beberapa tempat yang biasa dilalui si tokek, maka tokek akan mengira bahwa kulit tersebut adalah predator. Tempat kulit telur di beberapa sudut agar tokek itu kabur meninggalkan rumahmu. Agar kulit telur tidak berbau menyengat dan mengganggu seisi rumah, ganti kulit telur setiap 3-4 hari sekali.

2. Bawang Merah atau Bawang Putih

Tokek Berbintik

Tak hanya manusia yang kerap kali merasa terganggu dengan aroma bawang mentah, tokek pun juga. Gunakan jenis bawang merah atau bawang putih untuk mengusir tokek, tapi kami lebih menyarankan untuk memakai bawang merah.

Parut dua butir bawang merah sampai halus, lalu masukkan ke dalam botol semprot dan campur dengan air. Ambil beberapa bawang merah lagi lalu iris tipis-tipis dan letakkan di tempat yang biasa dilalui tokek. Ketika melihat tokek, segera semprot tubuhnya dengan larutan bawang merah tadi. Bawang merah bisa membuat tubuh tokek terasa pedih sehingga ia cepat kabur meninggalkan rumah.

Sementara aroma bawang merah yang kamu iris juga mengganggu bagi penciuman tokek. Tokek tidak akan betah tinggal di tempat yang beraroma bawang merah.

3. Daun Kering yang Dibakar

Daun Kering yang Dibakar

* sumber: www.hometownlife.com

Sudah mencoba berbagai cara mengusir tokek, tapi tokek tetap tidak mau pergi dari rumahmu? Coba pertimbangkan untuk menggunakan asap daun kering yang dibakar. Percaya atau tidak, aroma asap daun kering yang dibakar bisa membuat tokek pergi meninggalkan rumahmu.

Pertama-tama, kumpulkan daun keringnya terlebih dahulu. Sesudah itu, tempatkan daun kering di dalam wadah kaleng dan bakar di dalam kaleng tersebut. Dekatkan kaleng berisi daun kering yang sedang dibakar itu ke tempat yang disinyalir sebagai sarang tokek. Bau asap daun terbakar akan membuat tokek keluar dari persembunyiannya dan meninggalkan ruangan tersebut.

4. Kapur Barus

Kapur Barus

* sumber: www.trialgame.id

Benda yang satu ini sangat ditakuti oleh serangga. Namun, kapur barus tidak hanya bisa mengusir serangga saja, tapi bisa juga dipakai untuk menyingkirkan tokek. Aroma kapur barus mungkin terasa biasa saja di indera penciuman kita, tapi aroma ini sangat mengganggu bagi tokek.

Cara terbaik untuk menggunakan kapur barus saat mengusir tokek adalah hancurkan kapur barus sampai teksturnya menjadi bubuk. Kemudian, oleskan bubuk kapur barus ke dinding atau sarang tokek. Tokek akan meninggalkan tempat yang sudah tercemar oleh kapur barus ini.

5. Ampas Kopi dan Tembakau

Tokek Macan

* sumber: www.thesprucepets.com

Usai ngopi, jangan keburu membuang ampas kopi hitamnya. Pasalnya, ampas kopi hitam bisa menjadi senjata yang efektif untuk mengusir tokek. Kombinasikan ampas kopi dengan tembakau karena aromanya akan jadi sangat menyengat dan sudah pasti tidak akan disukai tokek.

Buat bola-bola seukuran biji jagung dari ampas kopi dan tembakau. Kemudian, letakkan bola-bola tersebut ke tempat yang menjadi sarang tokek. Tunggu selama beberapa saat, maka kamu akan melihat tokek keluar dan kabur meninggalkan sumber aroma ampas kopi dan tembakau.

6. Air Merica

Air Merica

* sumber: www.anthonythespicemaker.com

Kamu sering bersin ketika mencium bau merica yang menyengat? Itu tandanya aroma merica memang kurang bersahabat bagi indera penciuman manusia. Akan tetapi, aroma pekat dari merica ternyata tidak hanya mengganggu penciuman manusia, lho. Penciuman tokek pun akan terganggu setelah mencium aroma merica.

Oleh karena itu, manfaatkan merica sebagai alat untuk mengusir tokek. Caranya sangat mudah karena kamu hanya perlu membuat larutan air merica, lalu tempatkan ke dalam botol semprot. Setelah itu, semprotkan larutan merica di sarang tokek, lebih bagus jika air merica ini tepat mengena ke tubuh tokek.

Selain karena aromanya yang sangat kuat, tubuh tokek yang terpapar air merica akan terasa perih. Alhasil, si tokek pasti akan lari tunggang langgang jika sarangnya di rumahmu sudah tercemar oleh aroma merica.

7. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

* sumber: www.heilenbiopharm.shop

Bagi manusia aroma kulit jeruk memang terasa sangat menyegarkan, tapi bagi tokek aroma kulit jeruk bisa membuatnya menyingkir dari sarangnya. Apabila kamu tak ingin menggunakan kulit telur yang berbau amis, manfaatkan saja kulit jeruk untuk mengusir tokek.

Kamu boleh menggunakan kulit jeruk utuh atau kulit jeruk yang sudah diparut. Letakkan kulit jeruk ini di tempat yang biasa disambangi oleh tokek. Setelah seharian, cek kembali tempat tersebut. Jika tokeknya hilang, maka kamu sudah berhasil mengusirnya dengan kulit jeruk.

8. Pembasmi Serangga

Pembasmi Serangga

* sumber: travelclinic.vch.ca

Satu lagi cara mengusir tokek yang bisa memberikan hasil sangat cepat. Ya, kamu bisa mengandalkan pembasmi serangga dalam bentuk aerosol (semprot) untuk mengusir tokek. Selain mengandung racun untuk membasmi serangga, aroma produk pembasmi serangga sudah pasti akan mengganggu penciuman tokek.

Saat kamu melihat tokek melintas di dalam rumah, segera semprotkan pembasmi serangga ke arahnya. Tokek tidak langsung mati jika kamu menyemprotnya di bagian tubuh, bukan di wajahnya. Dijamin, tokek pasti akan langsung kabur setelah semprotan pertama.

Perlu kamu ingat bahwa penggunaan pembasmi serangga bisa membuat tokek mati. Jika kamu memang hanya ingin mengusirnya tanpa membunuh, sebaiknya jangan gunakan pembasmi serangga.

Sejatinya, ada beberapa ciri tempat yang disukai tokek, di antaranya adalah tempat gelap, dingin, kotor, dan sepi. Jika kamu ingin rumahmu bebas tokek, bersihkan rumah secara berkala dan beri penerangan yang cukup.

Berbagai cara mengusir tokek dari rumah ini bisa langsung kamu coba sekarang juga jika kamu mendapati ada tokek yang bersarang di rumah. Baca juga artikel mitos tokek paling terkenal untuk menambah wawasanmu mengenai urban legend tokek yang beredar di kalangan masyarakat Indonesia.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar