Bacaterus / Semut / 10 Cara Mengusir Semut yang Ampuh agar Tidak Datang Lagi

10 Cara Mengusir Semut yang Ampuh agar Tidak Datang Lagi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Semut adalah serangga yang paling sering kita jumpai di mana saja. Keberadaan semut sebenarnya tidak terlalu mengganggu, tetapi hewan ini sangat sering mengerubungi makanan di meja makan. Alhasil, tak jarang kita sering menemukan semut atau bangkainya di makanan yang akan dikonsumsi.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena Bacaterus memiliki berbagai cara mengusir semut agar semut tidak betah di rumah Anda, terlebih apabila semut tersebut termasuk ke dalam jenis yang berbahaya. Selain itu, kami juga ingin mengajak Anda untuk mengenal mitos yang berkaitan dengan semut sehingga Anda bisa mempertimbangkan kembali sebelum mengusir serangga ini dari tempat tinggal Anda.

10 Cara Membasmi Semut dari Rumah

1. Kapur Semut

Kapur semut Cara Mengusir Semut

Cara mengusir semut yang pertama kali akan kami bahas adalah dengan menggunakan kapur semut. Racun semut paling ampuh ini diformulasikan dengan bahan-bahan kimia yang dapat membasmi semut. Selain itu, kapur ini tidak berbau dan sangat mudah diaplikasikan dimana saja.

Jika semut sering datang ke meja makan Anda, maka Anda hanya perlu membuat garis di setiap kaki meja makan. Semut tidak akan berani melewati garis tersebut sehingga makanan di meja makan tetap aman dari gangguan semut. Bila semut masih membandel, gunakan cara-cara yang terdapat di artikel cara menghilangkan semut di meja makan.

2. Garam

Garam

Ingin mengusir semut tapi tidak memiliki kapur semut? Yuk, gunakan saja garam yang ada di dapur Anda. Garam ternyata dapat membuat semut-semut kabur dan tidak datang lagi. Cara menghilangkan semut di keramik atau tempat lain dengan menggunakan garam dimulai dengan menaburkan garam di sudut ruangan atau di sarang semut.

Anda pun bisa membuat semprotan pengusir semut dari larutan air garam. Semprotkan larutan air garam ini di sarang semut atau langsung pada semutnya. Bila tidak memiliki garam, Anda bisa menggunakan merica bubuk.

3. Cuka Putih

Cuka putih

Siapa bilang cuka putih hanya bisa dipakai untuk membersihkan panci gosong? Aroma cuka putih yang sangat menyengat ternyata bisa Anda manfaatkan sebagai bahan untuk mengusir semut, lho. Semprotkan cuka di kaki meja makan atau tempat lain yang sering disambangi oleh semut.

Aroma cuka akan membuat semut-semut kabur dan tidak akan kembali lagi. Keunggulan menggunakan cuka untuk mengusir semut adalah aromanya tahan lama sehingga Anda tidak perlu mentyemprotkan cuka berkali-kali.

4. Bedak Bayi

bedak bayi

Semut membuat sarang di lemari pakaian? Sementara Anda tidak berani menggunakan larutan air garam atau cuka putih karena takut aromanya melekat pada pakaian Anda. Nah, Anda tidak perlu pusing mencari cara mengusir semut karena Anda dapat memanfaatkan bedak bayi untuk mengusir semut yang bersarang di lemari pakaian.

Aroma bedak bayi juga sangat friendly pada pakaian-pakaian yang disimpan di dalam lemari. Cukup taburkan bedak bayi di sekitar lemari, sarang semut, atau jalan masuk semut. Bedak bayi memiliki manfaat yang sama seperti kapur semut.

5. Daun Sirih

Daun Sirih

Bahan alami yang satu ini sering dipakai oleh orang-orang zaman dulu untuk dikunyah di dalam mulut. Di samping itu, daun sirih juga sering dipakai sebagai bahan campuran produk pembersih organ intim kewanitaan. Akan tetapi, siapa sangka jika daun sirih juga bermanfaat untuk mengusir semut?

Sama seperti cuka putih, aroma daun sirih sangat tidak disukai semut. Untuk mengeluarkan aroma daun sirih, Anda hanya perlu meremas daun agar aromanya keluar. Kemudian, sebarkan daun sirih yang sudah diremas ini di tempat-tempat yang sering didatangi semut.

Daun sirih juga bisa dipakai untuk menghilangkan semut di dalam beras. Baca cara-cara lain untuk membasmi semut di dalam beras melalui artikel cara menghilangkan semut di beras.

6. Kopi

Kopi

Sebagai manusia, mungkin kita sangat menyukai aroma kopi yang harum, tapi tidak dengan semut. Serangga ini akan menjauhi aroma kopi. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengusir semut yang bersarang di tempat tinggal Anda.

Cukup sediakan bubuk kopi instan, lalu taburkan bubuk kopi tersebut di tempat-tempat yang banyak semutnya. Anda pun dapat menaburkan bubuk kopi ini langsung di sarang semut. Perlu Anda ketahui bahwa bubuk kopi tidak membunuh semut, hanya membuat semut-semut kabur dan enggan untuk datang lagi.

7. Baking Soda

cara menghilangkan tikus baking soda

Baking soda adalah salah satu bahan yang tidak hanya bisa dipakai sebagai cara mengusir semut, tapi juga membasmi serangga yang suka hidup berkoloni tersebut. Meskipun bahan ini sering dipakai untuk membuat kue, tapi baking soda bisa menjadi racun yang mematikan untuk membasmi semut.

Campurkan baking soda dengan gula bubuk untuk memancing semut. Taburkan baking soda dan gula bubuk ini di sarang semut atau di tempat-tempat berkumpulnya semut. Gula bubuk akan mengecoh semut untuk memakan baking soda. Ragi yang terkandung di dalam baking soda bisa membunuh kumpulan semut tersebut.

8. Air Jeruk NipisAir jeruk nipis

Cara mengusir semut yang satu ini jarang digunakan oleh banyak orang. Akan tetapi, keampuhan bahan yang satu ini tidak kalah dengan cuka atau garam. Ya, air jeruk adalah cairan yang akan membuat semut pergi.

Pilih jeruk yang tidak mengandung rasa manis, seperti jeruk nipis atau jeruk limau. Kemudian, siramkan air jeruk ini ke kaki meja atau sarang semut. Aroma air jeruk yang sangat pekat akan membuat semut-semut jadi lari tunggang langgang. Selain itu, aroma air jeruk juga tidak akan mengganggu di indra penciuman kita.

9. Parfum

Parfum

Parfum atau segala jenis wewangian ternyata bisa menebarkan aroma yang dapat membuat semut-semut tidak kembali lagi ke rumah Anda. Jadi, tak perlu repot membeli bahan-bahan lain jika Anda bisa menggunakan parfum yang Anda miliki.

Ambil bola kapas yang masih bersih, lalu celupkan bola kapas ke dalam cairan parfum Anda. Selanjutnya, letakkan bola kapas tersebut di tempat yang sering disatroni oleh semut. Anda pun bisa langsung menyemprotkan parfum ke semut jika ingin membasminya.

Parfum juga dapat dipakai untuk menghilangkan semut yang bersarang di mobil. Namun, jika tidak cocok menggunakan parfum Anda bisa menemukan cara lainnya di artikel cara menghilangkan semut di mobil.

10. Mentimun

Mentimun

Mentimun adalah sayuran yang sering dipakai sebagai lalapan saat makan. Nah, kali ini Bacaterus ingin mengajak Anda untuk memanfaatkan mentimun sebagai bahan pengusir semut.

Meskipun mentimun terasa sedikit manis, tapi semut tidak menyukai rasa mentimun. Oleh karena itu, letakkan irisan mentimun di tempat yang biasa didatangi semut atau tepat di sarang semutnya.

Cara Mencegah Semut Agar Tidak Datang Kembali

Tentu yang namanya mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itulah, sebelum semut-semut datang mengganggu, sebaiknya Anda cegah terlebih dahulu. Sebenarnya, untuk mencegah agar semut tidak datang cukup mudah karena Anda hanya perlu melakukan 5 hal berikut ini.

1. Jaga Kebersihan

Jaga kebersihan rumah

Sudah menjadi rahasia umum jika semut penyuka makanan yang manis-manis. Namun, selain makanan yang manis, terkadang semut juga kerap kali mengerubungi remah-remah makanan yang berserakan meskipun itu bukanlah makanan manis. Selain makanan, binatang mati seperti kecoa pun kerap kali mengundang semut berdatangan lho.

Pernah bertanya-tanya kenapa di kasur banyak semut? Mungkin Anda sering makan di atas tempat tidur dan remah-remah makanannya berceceran. Tak perlu menggunakan obat anti semut. Cukup hindari kebiasaan makan di atas tempat tidur dan bersihkan tempat tidur setiap hari.

Bukan hanya menjaga kebersihan lingkungan sekitar, tapi bersihkan perabotan dan alat-alat elektronik Anda agar tidak dijadikan sarang semut. Misalnya, AC juga bisa menjadi sarang semut. Bahaya semut terbang keluar dari AC antara lain mengganggu pernapasan dan menggigit Anda atau si kecil. Cara mengusir semut di dalam AC atau perabotan lain adalah dengan membersihkannya secara teratur. Baca juga artikel cara menghilangkan semut di lemari pakaian jika saat ini lemari Anda menjadi sarang semut.

Nah, untuk mencegah agar semut tidak berkerubung dan mengganggu, maka Anda harus tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar Anda. Usahakan tidak ada remah-remah atau sisa makanan yang bercecer di lantai, meja, kursi, dan tempat-tempat lainnya. Juga, segera buang kecoa mati yang ada di rumah, ya.

2. Rutin Menyapu Lantai

Rutin Menyapu Lantai

Meski Anda rajin membersihkan tempat-tempat yang mungkin akan didatangi semut, namun Anda juga harus memperhatikan kebersihan lantai di rumah. Pasalnya, terkadang ada saja sisa-sisa makanan yang tercecer di lantai sehingga mengundang semut untuk datang secara terus-menerus.

Anda bisa menyapu lantai minimal dua kali sehari untuk tetap menjaga lantai bersih. Jika perlu, Anda bisa sekaligus mengepel lantai. Lingkungan rumah yang bersih tentu terbebas dari gangguan binatang atau serangga. Juga, Anda bisa terhindar dari segala macam penyakit.

3. Tutup Lubang Semut

Tutup Lubang Semut

Jika sekiranya Anda menemukan lubang semut di sekitar rumah, maka kami sarankan untuk menutup akses lubang semut tersebut. Dengan menutup lubang semut, Anda bisa mencegah semut untuk datang ke rumah. Nah, kalau sudah ditutup, Anda juga tidak perlu repot mengusir semut, kan?

4. Tutup Makanan Rapat-rapat

Tutup Makanan

Semut akan bermunculan ketika ada makanan, terutama jika ada remah-remah makanan yang berserakan di mana pun. Oleh karena itu, sebelum semut berdatangan, sebaiknya Anda menyimpan makanan di tempat yang tertutup, misalnya dimasukkan ke dalam toples, kulkas, kotak makanan, atau alat penutup makanan untuk di meja makan. Dengan begitu, semut tidak akan terpancing untuk datang mengganggu.

5. Perhatikan Sampah dan Pupuk Kompos

Perhatikan Sampah dan Pupuk Kompos

Jangan kira semut hanya akan mengerubungi makanan manis dan remah-remah makanan saja karena sampah juga merupakan hal yang disukai semut. Agar semut tidak mengerubungi sampah, pastikan juga untuk menjaga kebersihan tong sampah dan jangan biarkan sampah membusuk di tempatnya. Kalau bisa, pisahkan juga antara sampah organik dan sampah anorganik.

Selain sampah, perhatikan juga bagi Anda yang hobi berkebun. Anda harus menjaga pupuk kompos tidak berserakan. Letakkan pupuk kompos dengan benar dan tertutup rapat agar semut tidak datang ke pupuk kompos dan memasuki area rumah Anda.

Jenis semut yang sering mengerubungi sampah dan pupuk adalah semut api. Anda dapat menemukan cara membasmi jenis semut tersebut di artikel cara membasmi semut api.

Mitos Seputar Semut

Mitos seputar semut

Ada yang mengatakan bahwa kemunculan semut adalah suatu pertanda alam. Namun, hal ini hanya berlaku jika tempat tinggal Anda memang tidak pernah didatangi sekumpulan semut sama sekali. Bila tempat tinggal Anda sudah sering dikunjungi semut, bahkan hampir setiap hari, maka mitos ini sudah tidak berlaku.

Kemunculan semut hitam dalam jumlah banyak diklaim sebagai tanda bahwa si empunya rumah akan mendapatkan rejeki dalam jumlah banyak. Akan tetapi, bila muncul sekumpulan semut merah, rang rang, atau jenis semut lain yang bisa menggiggit manusia, itu adalah pertanda bahwa akan ada banyak pengeluaran selama beberapa hari ke depan.

Percaya atau tidak, itu hanyalah sebuah mitos. Setiap orang berhak untuk mempercayai atau tidak mempercayai sebuah mitos yang beredar di kalangan masyarakat. Apa pun mitosnya, Anda bisa menggunakan beberapa cara mengusir semut di atas apabila serangga ini sudah sangat mengganggu Anda. Punya cara lain? Informasikan di kolom komentar ya!

Jangan lupa untuk turut membaca artikel cara mengusir semut rangrang jika jenis semut yang bersarang di halaman rumah Anda adalah semut rangrang. Sedangkan jika di rumah Anda terdapat banyak semut hitam, Anda juga bisa membaca artikel cara mengusir semut hitam dari rumah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

20 Responses

  1. Coba dulu yaa..
    mulai terganggu dgn kehadiran semut..

  2. Ade Yayat Priyatna berkata:

    yang bawah bukan mitos ya, soalnya kehadiran semut merah, rang-rang dll bisa membuat pengeluaran membengkak. Buat beli obat pengusir semut atau alat pengus?ir semut, rang-rang dsb. Jadi, masuk akal ya

  3. Di rumah saya bnyak semut sekali bahkan ada semua jenis semut keredaannya sangat mengganggu bahkan di saat saya tiduran di lantaipun suka menggigit,bingung harus dengan cara apa mengusirnya karena di depan rumah saya ada pohon mangga yng besar punya tetangga jadi semut itu awalnya berdatangan dari pohon….
    Terimakasih

    1. Mungkin bisa mencoba cara-cara yang ditulis dalam artikel di atas. Semoga berhasil. Terima kasih. 🙂

  4. Saya pernah menggunakan bubuk kopi,menutup sarang semutnya.tetapi besoknya saya lihat bubuk kopinya sudah dikorek semut n berjatuhan semua dilantai,kenapa tidak mempan ya?

    1. Mungkin Anda bisa mencoba cara lainnya. Semoga berhasil. 🙂

  5. Saat mau tidur tiba-tiba saya melihat ratusan semut hitam sedang ngumpul lagi rapat mau pindahan rumah didinding kamar.. Saya kesal dan jengkel sekaligus karena tidak dianggap sama sekali oleh para semut.. Langsung googling cari cara balas dendam dan ketemu artikel ini.. Saya pakai semprotan parfum and it works.. most of them jadi korban walaupun ada beberapa yang berhasil kabur… terimakasih banyak untuk informasi yang berharga ini.. Saya bisa tidur nyenyakmalam ini

    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mengunjungi Bacaterus.com. Semoga semut-semutnya tidak kembali lagi.

  6. Di kamar saya banyak semut, pas saya lihat ada lubangnya, lalu lubangnya saya pakein kopi, eh ga di sangka, semutnya malah ngambil air panas sama minta gula, nglunjak ga tuh semutny

  7. Jangan percaya sama mitosnya qaqa..
    Nanti musyrik ?
    Okeeh dari artikelnya sangad membantu sekali…
    Makasih qaqa

  8. udh di pake semua emang pada mati
    tapi temen nya masih dateng lagi g abis2
    saya capek

  9. pernah coba pakai kopi dan lumayan banyak.
    masih lewat dengan santainya tuh semut2

    1. Semoga cara lainnya ada yang berhasil ya.

  10. Saya sudah koba pakai bedak bayi awalnya sih enak gk ada semut tpi selang beberapa hari semutnya muncul lagi.

    1. Silakan dicoba cara lainnya. Semoga ada yang berhasil ya.

  11. Saya sudah pakai bedak bayi tapi selang beberapa hari semutnya muncul lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *