Bacaterus / Serba Serbi / Basmi Hama / 6 Cara Mengusir Semut Rangrang yang Ampuh dan Efektif

6 Cara Mengusir Semut Rangrang yang Ampuh dan Efektif

Kalau Anda biasa memelihara burung yang diberi pakan kroto, tentu Anda sudah sangat familiar dengan semut rangrang. Ya, ini merupakan semut berwarna jingga kemerahan dengan ukuran yang agak besar dari ras semut pada umumnya. Semut ini memiliki telur yang ukurannya cukup besar sehingga bisa dijadikan sebagai pakan burung.

Di balik manfaatnya sebagai makanan untuk burung, keberadaan semut rangrang di rumah memang cukup mengganggu, apalagi jika semut-semut tersebut sampai menggigit anak-anak atau diri Anda sendiri. Meskipun tidak menyebabkan kematian, tapi tetap saja gigitan semut rangrang ini terasa sakit dan perihnya akan terasa sampai berhari-hari.

Agar rumah Anda bebas dari semut rangrang, Bacaterus akan memberikan 6 cara mengusir semut rangrang sekaligus membasminya agar tidak bersarang di rumah Anda lagi. Tak perlu memanggil jasa pembasmi hama jika Anda bisa melakukannya sendiri dengan cara berikut ini.

6 Cara Membasmi dan Mengusir Semut Rangrang

1. Abu Kayu

Abu kayu adalah bahan yang bisa dipakai untuk melengkapi cara mengusir semut rangrang. Abu ini diperoleh dari sisa pembakaran kayu. Penggunaan abu kayu memang cukup praktis dan aman. Namun, saat mengaplikasikan abu kayu ke sarang semut rangrang sebaiknya gunakan masker agar abunya tidak terhirup.

Cara efektif untuk mengusir semut rangrang di pohon dengan menggunakan abu kayu adalah dengan menaburkan abu di sekitar pohon dan ranting-ranting yang dilalui semut rangrang. Agar tidak digigit semut rangrang sebaiknya taburkan juga abu kayu di tempat-tempat di bagian dalam rumah yang biasa dilewati semut rangrang.

2. Buah Mengkudu Busuk

Mengkudu

Mengkudu adalah buah dengan bau yang sangat khas. Nah, buah ini adalah musuh alami semut rangrang karena baunya yang cukup menyengat. Usut punya usut, ternyata mengkudu bisa menjadi bahan untuk mengusir semut rangrang, lho. Akan tetapi, gunakan buah mengkudu yang sudah membusuk agar lebih ampuh.

Cara paling ampuh mengusir semut rangrang dengan buah mengkudu busuk adalah dengan menghaluskan buah mengkudu busuk, peras airnya dan campurkan dengan sedikit air. Komposisi yang digunakan adalah 1 kilogram buah mengkudu busuk dan 5 liter air. Masukkan cairan mengkudu busuk ini ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan ke pohon atau tempat-tempat yang dilalui oleh semut rangrang.

Semprotan dari buah mengkudu busuk ini adalah bahan alami yang ditakuti semut rangrang. Cobalah untuk menyemprotkan cairan ini secara rutin setiap hari agar semut-semut di rumah Anda kabur.

3. Tembakau

Tembakau

Selama ini tembakau dikenal sebagai bahan baku pembuatan rokok. Namun, tahukah Anda jika tembakau bisa menjadi salah satu cara membasmi dan mengusir semut rangrang yang paling ampuh? Yuk, coba beli tembakau dan mulai meraciknya agar menjadi bahan ampuh pengusir semut rangrang.

Pertama-tama, ambil segenggam tembakau dan campurkan dengan 2-3 liter air. Aduk tembakau dan air sampai warna airnya berubah menjadi kecoklatan. Siramkan air larutan tembakau ini ke tempat-tempat yang sering dilewati semut rangrang.

Cara ini cukup ampuh untuk membuat semut rangrang menyingkir. Namun, Anda harus menyiramkan air tembakau ini setiap hari agar aromanya tetap kuat. Jika tidak ada tembakau, cobalah menggunakan bahan-bahan lainnya, seperti garam atau bubuk vanila.

4. Metode Pengasapan

Semut Rangrang

* sumber: jempolkaki.com

Bingung mencari cara mengusir semut rangrang? Anda dapat membaca artikel mengenai cara mengusir semut berikut ini. Akan tetapi, Bacaterus juga memiliki cara ampuh yang bisa Anda pakai untuk mengusir sekaligus membasmi semut rangrang dengan cepat, yakni dengan menggunakan metode pengasapan.

Yang dimaksud dengan metode pengasapan adalah sampah dahan, ranting, dan daun yang ditimbun menjadi satu diletakkan tepat di bawah pohon yang dipenuhi semut rangrang. Kemudian, bakar sampah tersebut dan biarkan asapnya menyelimuti pohon yang menjadi sarang semut rangrang.

Metode pengasapan ini memang murah dan praktis. Sayangnya, pengasapan hanya berlaku untuk cara mengusir semut rangrang di pohon. Anda tidak dapat membakar sampah ranting dan daun di dalam rumah. Namun, jika Anda sudah stuck untuk mengusir semut rangrang yang hinggap di pohon yang memiliki buah yang manis, silakan gunakan cara berikutnya.

5. Memangkas Pohon

Memangkas Pohon

Semut rangrang sangat senang membuat sarang di pohon. Beberapa jenis pohon seperti pohon mangga dapat digunakan oleh semut rangrang sebagai sarangnya untuk bertelur. Manfaat semut rangrang untuk kehidupan sehari-hari adalah untuk pakan burung. Akan tetapi, jika Anda tidak ingin memanfaatkannya sebaiknya usir saja semut rangrang yang bersarang di pohon atau tanah yang berada di sekitar pohon.

Pohon yang rimbun dapat menutupi dahan dan membuat tanah di bawah pohon jadi lebih lembab. Kondisi seperti ini sangat pas untuk dijadikan sarang bagi semut rangrang. Oleh karena itu, sebaiknya pangkas dahan dan ranting pohon yang dibuat sarang semut rangrang.

Ketika dahan pohon yang rindang dipangkas, otomatis tanah yang berada di bawahnya menjadi lebih sering terpapar sinar matahari dan membuat semut rangrang ogah berlama-lama terkena panasnya sinar matahari. Kesimpulannya, pangkas saja pohon yang menjadi sarang semut rangrang itu, dijamin tak lama kemudian semut rangrang akan hengkang dari pohon tersebut.

6. Insektisida

Semut Rangrang Kroto

Jika Anda sudah mencoba berbagai macam cara mengusir semut rangrang tapi belum ada yang berhasil, mungkin Anda harus mengandalkan bantuan insektisida. Tidak hanya sekedar mengusir, insektisida dapat menjadi pembasmi semut rangrang yang cukup ampuh hingga ke sarangnya.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari sarang semut rangrang. Setelah Anda mengetahui sarangnya, tuangkan cairan insektisida ke dalam sarangnya. Sangat disarankan untuk menggunakan insektisida cair agar Anda dapat lebih praktis saat menuangnya ke sarang semut rangrang.

Tak hanya itu saja, Anda juga perlu menyediakan insektisida dalam bentuk semprot. Insektisida semprot ini bisa disemprotkan langsung ke setiap semut rangrang yang lewat. Penggunaan insektisida secara berkala dapat membuat populasi semut rangrang yang berada di rumah Anda jadi berkurang.

Fakta Unik Seputar Semut Rangrang

Semut Rangrang Gula

Setelah mengetahui cara mengusir semut rangrang, Bacaterus akan membagikan beberapa fakta unik terkait semut berwarna merah dan berukuran besar ini. Ada sejumlah fakta mengenai semut rangrang yang mungkin belum pernah Anda duga sebelumnya:

  • Pembasmi Hama

Masyarakat di Negeri Tirai Bambu memanfaatkan semut rangrang sebagai pembasmi hama. Mereka akan membawa sarang semut rangrang ke perkebunan mereka. Kemudian, semut rangrang ini akan mengatasi hama yang berada di perkebunan tersebut.

  • Menjadi Umpan untuk Memancing

Setelah mengetahui cara mengusir semut rangrang, tak ada salahnya jika kita membahas mengenai manfaat semut rangrang. Sejak dulu hingga sekarang semut rangrang dimanfaatkan sebagai umpan. Konon, burung dan ikan sangat menyukai aroma dari semut rangrang ini.

Nah, itulah serba-serbi mengenai cara membasmi dan mengusir semut rangrang yang benar. Sebagai semut dengan ukuran tubuh yang besar, tentu saja gigitan semut rangrang sangat sakit dan bisa meninggalkan bekas berhari-hari. Jadi, hati-hati saat Anda berada di dekat semut rangrang karena mereka dapat menggigit orang-orang yang ada di sekitarnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment