Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Desember 2018

Semut hitam sebenarnya tidak terlalu merugikan. Pasalnya, semut ini memang suka mengerubungi makanan, tetapi semut hitam berukuran kecil biasanya tidak menggigit. Hanya semut hitam berukuran besarlah yang terkadang menggigit manusia. Namun, jika Anda tetap merasa terganggu dengan keberadaan semut hitam, gunakan beberapa bahan alami untuk mengusirnya.

Sejatinya, semut hitam dapat dibasmi dengan insektisida (obat nyamuk semprot) atau kapur semut. Akan tetapi, kedua bahan tersebut tidak aman jika di tempat Anda terdapat anak-anak dan hewan peliharaan. Gunakan cara mengusir semut hitam dengan bahan-bahan alami yang direkomendasikan Bacaterus ini.

10 Cara Mengusir Semut Hitam Secara Alami

1. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis Cara Mengusir Semut Hitam

Jeruk nipis memiliki rasa kecut yang sudah pasti tidak akan disukai oleh semut-semut hitam. Berbeda dengan jeruk manis atau sunkist, air perasan jeruk nipis ini pasti membuat semut hitam kabur dan enggan untuk menyantap makanan atau minuman yang diletakkan di sekitar air perasan jeruk nipis.

Cara mengusir semut hitam dengan jeruk nipis adalah peras air jeruk nipis, lalu sisihkan di dalam sebuah wadah. Teteskan air perasan jeruk nipis ini di tempat-tempat yang sering dilalui semut hitam. Anda juga bisa meneteskan air jeruk nipis di sekitar makanan dan minuman agar tidak dirubung oleh semut.

2. Bubuk Cabai

Bubuk Cabai

Suka menyantap makanan dengan menaburkan bubuk cabai siap pakai yang saat ini banyak dijual di pasaran? Nah, jadikan bubuk cabai siap pakai untuk sebagai sarana untuk mengusir semut hitam di rumah. Rasa dan aroma dari bubuk cabai tersebut sudah pasti tidak akan disukai oleh semut, apapun itu jenis semutnya.

Taburkan saja bubuk cabai di tempat penyimpanan makanan atau langsung di sarang semutnya jika Anda memang telah menemukan sarang semutnya. Setelah itu, tunggu beberapa saat maka semut akan langsung berhamburan dan meninggalkan tempat yang sudah ditaburi dengan bubuk cabai itu.

3. Lada Putih

Lada Putih

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan sebagai sarana untuk mengusir semut hitam adalah lada putih. Bubuk lada putih yang biasa Anda pakai untuk memasak dapat menjadi “alat” untuk mengusir semut hitam dari sarangnya dan mencegahnya mendekati makanan.

Cara mengusir semut hitam menggunakan lada putih sama dengan ketika Anda memakai bubuk cabai. Taburkan saja bubuk lada putih ini di tempat yang dilewati semut sekaligus di sarangnya. Lada putih juga bersifat panas dan pedas, sehingga semut-semut akan langsung pergi ketika tempat tinggalnya ditaburi dengan bumbu dapur ini.

4. Bubur Jagung

Bubur Jagung

Makanan yang satu ini dikenal dapat membunuh semut perlahan-lahan. Semut pasti akan menyantap bubur jagung yang ada sebarkan di beberapa titik. Bubur jagung yang sebelumnya dicampur dengan soda kue akan mengembang setelah dikonsumsi. Semut yang memakan bubur jagung tubuhnya pasti mengembang dan lama kelamaan mati secara perlahan.

Bubur jagung tak hanya sekedar mengusir semut, tapi juga membasmi populasi semut hitam yang berada di tempat tinggal Anda. Tugas Anda hanya menebar bubur jagung di dekat sarang semut atau tempat yang biasa disambangi oleh semut.

Selanjutnya, tunggu sampai semut-semut itu makan bubur jagung yang Anda jadikan jebakan. Semut memang tidak langsung mati saat itu jaga, tapi dalam waktu beberapa jam semut hitam akan keok setelah memakan bubur jagung.

5. Daun Mint

Daun Mint

Aroma daun mint terasa sangat menenangkan bagi manusia, tetapi aroma dan rasa daun ini cukup “pedas” untuk membuat semut-semut pergi dari rumah Anda. Ya, bahan alami lain yang bisa Anda pakai untuk mengusir semut hitam adalah daun mint. Daun yang satu ini biasa kita seduh bersama teh dan kita hirup aromanya sebelum meminum.

Pertama-tama, Anda harus menjemur daun mint sampai kering terlebih dahulu. Setelah kering, tumbuk daun mint hingga menjadi bubuk halus. Cara mengusir semut hitam memakai daun mint adalah menaburkan bubuk daun mint yang Anda buat di sarang semut atau di sekitar meja makan. Aroma kuat dari daun mint sudah cukup untuk mengusir semut-semut hitam yang berusaha mendekati makanan Anda.

6. Bawang Putih

Bawang Putih

Sebagian orang khawatir saat harus menggunakan kapur semut ketika ia memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumahnya. Mereka khawatir jika kapur semut tersebut menjadi “racun” yang tidak sengaja tertelan oleh anak-anak maupun hewan peliharaannya.

Solusi pengganti kapur semut yang tidak kalah ampuh adalah bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini akan menghalau semut mendekati makanan Anda atau justru membuat koloni semut hitam ini hijrah dari tempat tinggal Anda.

Bawang putih yang sudah dikupas harus diiris tipis atau dicincang sampai halus. Letakkan bawang putih ini di titik-titik sarang semut atau di dekat makanan (sebagai pancingan). Semut tidak menyukai rasa dan aroma bawang putih, sehingga mereka memilih pergi dan tidak berada di dekat bawang putih tersebut.

7. Cuka

Cuka

Manusia saja tidak terlalu menyukai bau cuka yang menyengat, apalagi semut? Cuka dapat menjadi bahan alami untuk mengusir semut yang bersarang di rumah. Tak percaya? Coba saja masukkan larutan air dan cuka ke dalam botol semprot.

Setelah larutan cuka telah siap, semprotkan larutan cuka langsung di sarang semut. Dalam hitungan detik, semut akan berhamburan keluar dari sarangnya. Cairan cuka tidak membunuh semut, hanya saja koloni semut hitam pasti akan segera pergi dari sarang yang mereka buat.

8. Meniup Semut Hitam

Meniup Semut Hitam

Cara mengusir semut hitam tanpa membunuhnya sebenarnya mudah. Kalau ada semut hitam merubung makanan atau tangan Anda, cukup tiup semut itu. Semut akan langsung terjatuh, tapi tidak mati. Apalagi semut hitam adalah jenis semut yang paling mudah diusir. Hanya dengan sekali tiupan saja, mereka pasti akan pergi dari makanan dan minuman Anda.

9. Mengibaskan Semut Hitam

Mengibaskan Semut Hitam

Kalau ada semut hitam yang merubung makanan atau barang-barang Anda dalam jumlah banyak, Anda tidak perlu membunuh semut itu. Menyemprot insektisida tak hanya membunuh semut, tetapi juga membuat makanan yang dirubung jadi tidak bisa dimakan.

Cukup kibaskan semut dari makanan dan benda yang dirubung. Kibaskan beberapa kali agar semut-semutnya berjatuhan. Tanpa membunuh semut, kita sudah berhasil mengusirnya dengan cara yang sederhana ini.

10. Mengusir dengan Perkataan

Mengusir dengan Perkataan

Boleh percaya atau tidak, cara mengusir semut hitam yang berikut ini cukup ampuh mengusir koloni semut tanpa membunuhnya. “Rasulullah SAW melarang kita membunuh semut, lebah, burung hudhud, dan burung shurad.” – HR Ahmad dan Abu Daud.

Kita dapat mengusir semut dengan mengucapkan, “Hadza li Wakilil Qadhi” yang artinya “Ini adalah milik wali hakim” atau dengan berucap, “Hadza li Rosulil Qadhi” artinya “Ini adalah milik utusan hakim” Dengan izin Allah, semut tidak akan mendekati makanan dan minuman Anda.

Itulah 10 cara mengusir semut hitam yang aman tanpa khawatir membahayakan anak-anak maupun hewan peliharaan di rumah. Baca juga artikel cara mengusir berbagai jenis semut untuk menambah wawasan Anda.