Bacaterus / Nyamuk / 10 Cara Mudah Mengusir Nyamuk yang Mengganggu dari Rumah

10 Cara Mudah Mengusir Nyamuk yang Mengganggu dari Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Keberadaan nyamuk di sekitar kita memang sering menimbulkan rasa tak nyaman. Mereka menghisap darah manusia sehingga kita yang dihisap akan merasa gatal-gatal. Belum lagi jika nyamuk tersebut adalah nyamuk aedes aegypti yang membawa virus dengue penyebab demam berdarah. Wah, jika sudah terkena demam berdarah aktivitas sehari-hari menjadi kacau karena Anda harus bed rest bahkan opname di rumah sakit!

Untuk mencegah demam berdarah, Anda memerlukan cara mengusir nyamuk yang jitu. Nyamuk juga dapat membuat tidur Anda jadi tidak tenang. Oleh karena itu, Bacaterus akan berbagai 10 cara yang jitu dan mudah untuk mengusir nyamuk di sekitar Anda.

1. Kulit jeruk

Kulit Jeruk

Sehabis makan jeruk, jangan buang kulitnya karena kulit jeruk bisa menjadi bahan yang ampuh untuk melengkapi cara mengusir nyamuk. Kulit jeruk mengeluarkan aroma yang sangat kuat dan tidak disukai nyamuk, sehingga keberadaan kulit jeruk di tempat yang banyak nyamuknya ini disinyalir cukup ampuh untuk mengusir nyamuk.

Letakkan saja kulit jeruk di atas piring, lalu tempatkan piring ini di sudut-sudut ruangan yang biasanya dipenuhi dengan nyamuk. Aroma jeruk yang harum juga tidak terlalu mengganggu bagi kita.

2. Serai

Serai Cara Mengusir Nyamuk

Yang satu ini juga merupakan bahan alami yang aromany tidak disukai nyamuk. Ya, sejak dulu serai selalu digunakan sebagai pengusir nyamuk tradisional yang persiapannya sangat mudah. Yang perlu Anda lakukan hanya memotong serai tipis-tipis, lalu meletakannya di atas piring. Tempatkan piring ini di bawah tempat tidur, meja, atau sudut-sudut ruangan yang biasa menjadi sarang nyamuk.

Untuk perlindungan diri sendiri, oleskan minyak serai di bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Dijamin nyamuk tidak akan berani mendekati Anda karena mereka membenci aroma serai.

3. Lilin Aromatherapy

Aromatherapy

Jika biasanya Anda menyalakan lilin aromatherapy pada saat berendam atau rileksasi saja, kini manfaatkan lilin aromatherapy ini untuk mengusir nyamuk. Aroma harum yang dikeluarkan dari lilin tersebut akan membuat nyamuk-nyamuk kabur.

Sayangnya, mengingat harga lilin aromatherapy ini tidaklah murah, maka Anda harus menyiasati hal ini dengan menggunakan lilin aromatherapy pada saat tidur saja. Selain menggunakan lilin, aromatherapy lain dengan jenis apa pun juga bisa mengusir nyamuk di ruangan Anda.

4. Lavender dan ragi

Gunakan minyak pohon teh atau minyak lavender

Pernah mencium aroma lavender? Aroma bunga berwarna ungu itu mungkin terasa harum dan segar di penciuman kita, tetapi aroma lavender akan membuat nyamuk KO dan tidak ingin mendekat lagi. Cara mengusir nyamuk dengan lavender adalah menggunakan minyak lavender yang banyak dijual di apotek atau toko bahan-bahan aromatherapy.

Kemudian, campurkan minyak lavender ini dengan sedikit air dan tambahkan ragi ke dalamnya. Wadah berisi campuran lavender dan ragi ini bisa diletakkan di ruangan yang banyak nyamuknya. Aroma pengusir nyamuk ini juga tidak akan mengganggu indera penciuman manusia.

5. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih

Aroma minyak kayu putih yang sangat pekat ini juga akan membuat nyamuk pusing dan tidak akan kembali. Ada 2 cara untuk memanfaatkan minyak kayu putih untuk mengusir nyamuk. Yang pertama, oleskan minyak kayu putih di bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian. Nyamuk yang akan menggigit Anda akan membatalkan niatnya.

Cara kedua untuk memanfaatkan minyak kayu putih sebagai pengusir nyamuk adalah dengan mencampur minyak kayu putih dengan air. Masukkan larutan air dan minyak kayu putih itu ke botol spray. Semprotkan larutan minyak kayu putih ini di tempat yang banyak nyamuknya. Minyak kayu putih bisa menjadi pengganti obat nyamuk yang tentunya lebih aman ketika terhirup pernapasan.

6. Lada dan minyak mimba

Daun Mimba

Minyak mimba adalah minyak yang berasal dari daun mimba. Daun yang diklaim memiliki senyawa anti-kanker ini juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Apabila daun mimba sudah diolah menjadi minyak, maka khasiatnya bisa dipakai untuk mengusir nyamuk.

Campurkan minyak mimba dengan lada putih bubuk, selanjutnya tempat di dalam sebuah wadah atau botol bekas air mineral yang tutupnya sudah dilubangi. Wadah berisi minyak mimba dan lada ini harus ditempatkan di sudut-sudut ruangan yang menjadi sarang nyamuk. Aroma minyak mimba dan lada putih yang sangat menyengat ini akan membuat nyamuk menyingkir dari ruangan itu. Minyak mimba sendiri bisa Anda peroleh di apotek atau toko obat.

7. Vitamin C dan B2

Buat pasta vitamin C

Pernahkah Anda memakai lotion pengusir nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk? Lotion tersebut belum 100 persen aman bila terserap di pori-pori kulit Anda. Cara mengusir nyamuk yang lebih aman adalah dengan membuat lotion pengusir nyamuk sendiri.

Untuk membuat lotion pengusir nyamuk, Anda hanya memerlukan kapsul atau tablet Vitamin C dan Vitamin B12. Haluskan kedua vitamin ini dan tambahkan sedikit air. Oleskan lotion dari Vitamin C dan B12 ini ke tubuh Anda. Bacaterus menjamin bahwa bahan-bahan ini lebih ampuh dibanding memakai lotion pengusir nyamuk.

8. Kemangi

Daun Kemangi

Sama dengan ketika Anda memakai lotion pengusir nyamuk dari Vitamin C dan B12, kemangi juga bisa diolah menjadi lotion anti nyamuk yang alami. Aroma wangi dari daun kemangi ini akan membuat nyamuk tidak berani mendekati Anda, apalagi menggigit Anda.

Bahan yang dibutuhkan hanyalah segenggam daun kemangi yang segar. Setelah itu, haluskan daun kemangi itu. Selanjutnya, oleskan daun kemangi yang sudah dihaluskan ke beberapa bagian tubuh yang terbuka. Nyamuk-nyamuk akan segera menjauh dan Anda pun dapat kembali melakukan aktivitas dengan lebih nyaman.

9. Warna kuning

Warna kuning

Meskipun kendengarannya sedikit konyol, tapi menggunakan semua yang berwarna kuning di dalam sebuah ruangan bisa membuat nyamuk enggan berada di dalam ruangan ini. Dimulai dari warna dinding, tirai, perabotan, sampai pakaian Anda sendiri harus berwarna kuning.

Bila perlu, pakailah lampu yang juga berwarna kuning, tapi jangan terlalu redup. Lampu putih yang biasa Anda pakai bisa dibungkus dengan kertas berwarna kuning agar sinarnya memancarkan warna kuning di seluruh ruangan tersebut.

10. Alat penangkal nyamuk elektrik

Alat penangkal nyamuk elektrik

Tidak mau ribet dengan semua cara mengusir nyamuk di atas? Simple aja sih! Anda hanya perlu membeli alat penangkal nyamuk elektrik. Hidupkan alat ini di ruangan sepanjang hari.

Jika diperhatikan, banyak nyamuk yang terperangkap di dalam alat ini. Populasi nyamuk di tempat Anda juga jadi lebih berkurang. Perlu Anda ketahui, alat ini tidak mengeluarkan aroma apa pun sehingga lebih aman dan nyaman bagi pernapasan kita.

Cara Mengusir Nyamuk

Itulah sejumlah cara mengusir nyamuk menggunakan bahan alami atau beberapa cara tertentu. Selalu ada cara mengusir nyamuk tanpa perlu menggunakan obat nyamuk. Cara-cara di atas juga aman untuk ruangan bayi. Selain sejumlah cara di atas, Anda pun dapat menanam tanaman pengusir nyamuk. Punya cara ampuh lainnya untuk mengusir nyamuk? Yuk, bagikan kepada kami dan pembaca lain melalui kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *