Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / 8 Cara Mengusir Lembing yang Mengganggu Secara Cepat

8 Cara Mengusir Lembing yang Mengganggu Secara Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Oktober 2018

Lembing alias walang sangit adalah hama yang biasa hinggap pada tanaman padi. Namun, kini penyebaran lembing tidak hanya berpusat pada tanaman padi saja, tapi juga tanaman di rumah kita, apalagi jika tanaman tersebut berbuah. Buah yang diserang oleh hama lembing ini akan rusak, membusuk, dan tidak layak dikonsumsi.

Bagi Anda yang sudah frustasi dengan kehadiran hama lembing di rumah Anda, Bacaterus punya cara mengusir lembing yang sangat ampuh. Cara ini kami peroleh dari berbagai sumber, termasuk cara para petani mengusir hama yang merugikan ini.

8 Cara Mengusir Lembing

1. Pembersihan Gulma

Cara Mengusir Lembing

Gulma atau yang kita kenal sebagai rumput liar adalah tempat bersarang bagi lembing. Jadi, apabila saat ini Anda sedang mencari cara mengusir lembing dari pohon atau tanaman di rumah Anda, babat dulu semua gulma yang kemungkinan besar menjadi sarang bagi hama lembing.

Jika Anda masih tidak tahu bagaimana cara membabat rumput liar sampai benar-benar bersih, cobalah membaca artikel cara membasmi rumput liar agar tidak tumbuh lagi. Selanjutnya, kontrol pertumbuhan gulma Anda setiap beberapa waktu sekali. Apabila gulma sudah sangat lebat, segeralah membasmi rumput liar tersebut agar tidak ada rumah bagi lembing.

2. Parasitoid dan Jamur

Beauviria bassiana

Yang satu ini merupakan cara mengendalikan hama walang sangit secara biologi, di mana kita di sini memanfaatkan parasitoid dan jamur. Adapun jenis jamur Beauviria bassiana dan Metharizum sp dapat mengusir dan membasmi hama lembing yang sudah tidak terkontrol. Untuk mendapatkan jamur ini, Anda dapat membelinya di toko alat dan bahan pertanian.

Cara kerja jamur Beauviria bassiana dalam menjangkit lembing adalah menyerang kulit lembing sehingga mereka terinfeksi. Infeksi ini nantinya akan membentuk lapisan putih pada kulit serangga sehingga menyebabkan kematian pada hama lembing tersebut.

Meskipun terkesan sedikit kejam, cara membasmi lembing yang satu ini terbukti sudah digunakan oleh sejumlah petani untuk melindungi tanaman padinya dari serangan hama lembing. Cara ini bisa Anda coba untuk melindungi tanaman buah di pekarangan rumah Anda.

3. Perangkap Hewan

Perangkap Hewan

Jika Anda pusing mencari cara mengusir lembing yang sudah kian merajalela di tanaman Anda, mungkin saatnya mempertimbangkan untuk membasmi hama yang merugikan ini. Sebelum membasminya, buat dulu perangkap untuk membuat hama lembing ini berkumpul di satu titik.

Bahan untuk membuat perangkap bisa berupa bangkai kepiting, rajungan, ikan, dan lain-lain. Namun, yang paling sering dipakai oleh petani adalah bangkai kepiting. Tusukkan bangkai kepiting ini di tongkat kayu, lalu letakkan di tengah-tengah tanaman Anda. Hama lembing akan menghisap cairan dari bangkai kepiting dan berada di sana dalam waktu yang lama.

Setelah ada banyak lembing yang mengerubungi perangkap Anda, angkat perangkat dan bakar bangkai kepiting bersama lembing yang masih menempel. Siapkan kobaran apinya terlebih dahulu sebelum mengangkat perangkap agar walang sangitnya tidak kabur.

4. Air Sabun

Air Sabun

Apabila cara mengusir lembing di poin-poin sebelumnya terlalu ribet bagi Anda, buatlah cairan sabun untuk membasmi hama lembing. Cairan sabun ini dibuat dari larutan air dan sabun cair pencuci piring. Kemudian, masukkan cairan ke dalam botol semprot sehingga Anda bisa langsung menyemprotkannya langsung tepat ke tubuh lembing.

Perlu Anda ketahui bahwa air sabun tidak langsung membunuh lembing. Namun, air sabun ini akan membuat lapisan lilin tipis yang menyelubungi tubuh lembing sehingga lembing akan mengalami dehidrasi dan mati. Langsung semprotkan air sabun ini dalam jumlah banyak ke tubuh lembing. Carilah tanaman yang lembingnya paling banyak dan semprotkan sebanyak mungkin agar hama ini tidak lagi merusak tanaman Anda.

5. Insektisida

Semprotkan insektisida (obat pembasmi serangga)

Walang sangit adalah hama yang kerap kali merusak tanaman. Meskipun sudah diusir, hama ini akan kembali datang dan merusak habis tanaman Anda. Solusi yang tepat adalah membasmi lembing ini agar tidak semakin membuat koloni yang besar.

Insektisida yang biasa Anda sebut sebagai “obat nyamuk” bisa menjadi solusi untuk membasmi lembing. Gunakan insektisida aerosol (semprot) agar memudahkan Anda menggunakannya pada lembing. Langsung semprotkan insektisida pada tubuh lembing, dalam hitungan detik mereka akan tumbang dan mati.

Akan tetapi, kekurangan dari penggunaan insektisida ini adalah jika Anda menyemprotkan pada lembing yang hinggap di tanaman buah, otomatis buahnya akan tercemar juga dengan racun insektisida sehingga tidak layak untuk dikonsumsi. Kalau Anda masih ingin menikmati buahnya, Bacaterus merekomendasikan untuk memakai air sabun dalam membasmi lembing.

6. Larutan Alami Buatan Sendiri

Alkohol Gosok

* sumber: www.koonlo.com

Salah satu cara mengusir lembing yang merusak tanaman di rumah adalah dengan membuat larutan alami buatan sendiri. Untuk membuat larutan pembasmi lembing dibutuhkan alkohol atau pemutih pakaian. Namun, kedua bahan ini tidak dicampur, cukup pilih salah satu bahan yang ada di rumah Anda.

Tempatkan alkohol atau pemutih dalam satu wadah. Kemudian, campurkan dengan air menggunakan takaran air 3 : 1 alkohol/pemutih. Kemudian, ambil walang sangit yang sudah ditangkap secara manual. Masukkan ke dalam larutan yang Anda buat ini.

Selain itu, Anda pun dapat memasukkan larutan yang Anda buat ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan tepat langsung di tubuh walang sangit. Perlu Anda ingat jangan sesekali mencampur alkohol dengan pemutih karena dapat menghasilkan asap yang berbahaya bagi manusia.

7. Bubuk Cabai

Bubuk Cabai

Cabai adalah salah satu rempah alami yang paling ditakuti oleh serangga jenis apapun. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan bubuk cabai yang biasa dijual di pasaran untuk mengusir lembing yang membandel.

Larutkan bubuk cabai dengan air menggunakan takaran secukupnya. Kemudian, masukkan larutan air cabai ini ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan air cabai tepat di tubuh lembing yang sedang memakan tanaman Anda. Lembing akan merasakan panas dan pedas air cabai ini sehingga mereka akan langsung kabur atau jatuh.

8. Cuka

Walang Sangit

Ingin mengusir lembing tapi tidak tahan dengan aroma tubuhnya yang berbau busuk? Tenang saja, Bacaterus punya cara ampuh untuk membasmi lembing tanpa mengeluarkan aroma busuk.

Buat campuran cuka putih dengan air dalam sebuah wadah, lalu tangkap lembing dengan menggunakan pinset. Masukkan lembing yang berhasil Anda tangkap ke dalam larutan air cuka tadi. Dijamin, lembing akan mati tanpa mengeluarkan aroma busuk yang menyengat.

Cara mengusir lembing dengan cuka ini tidak berlaku jika Anda memasukkan ke dalam botol semprot lalu menyemprotkan langsung ke lembing. Anda harus memastikan bahwa lembing benar-benar terendam di dalam larutan cuka ini agar hama tersebut mati.

Itulah berbagai cara mengusir lembing dan cara membasmi hama yang sangat mengganggu tersebut. Kami menyarankan agar Anda langsung membasminya saja agar lembing tidak datang lagi untuk merusak tanaman Anda.

Perhatikan juga kebersihan pekarangan rumah Anda untuk menghindari komuni lembing yang datang kembali untuk merusak tanaman Anda. Pasalnya, serangga ini menyukai tempat yang kotor dan dipenuhi dengan gulma.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment