Bacaterus / Lebah / Inilah Cara Mengusir Lebah dan Tawon dari Rumah Anda

Inilah Cara Mengusir Lebah dan Tawon dari Rumah Anda

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2019

Tawon dan lebah adalah dua jenis Hymenoptera yang berbeda, tapi sering dianggap sama karena bentuk fisiknya memang mirip. Keduanya sama-sama memiliki sengat dan tidak segan untuk menyengat manusia apabila mereka merasa terancam. Keberadaan dua jenis hewan ini di rumah tentu bisa membuat Anda khawatir. Pasalnya, selain sarangnya mengotori rumah, Anda pun juga takut disengat oleh hewan ini.

Apakah saat ini Anda merasa terganggu dengan lebah dan tawon yang membuat sarang di rumah Anda? Berikut ini Bacaterus akan memberikan beberapa cara mengusir lebah dan tawon dari rumah yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengusir Lebah dan Tawon dari Rumah

1. Singkirkan sarang lebah dan tawon

Singkirkan sarang lebah dan tawon cara mengusir lebah dan tawon

Salah satu cara mengusir lebah dan tawon di sekitar rumah kita adalah menyingkirkan sarangnya. Tawon hitam adalah hewan yang paling sering membuat sarang di rumah-rumah manusia. Bahkan, hewan ini sering membuat sarang di tempat yang tak terduga, seperti atap rumah, plafon, sampai di mesin AC.

Tawon di atap rumah sebenarnya tidak terlalu mengganggu. Akan tetapi, Anda dapat menyingkirkan sarangnya bila tidak ingin hewan ini berterbangan di sekitar rumah Anda.

Cara menyingkirkan sarang tawon sangat mudah, Anda hanya perlu mencermati saat-saat di mana tawon pergi meninggalkan sarangnya. Kemudian, ketika tawon atau lebah pergi, kikis sarangnya dengan pisau sampai hancur.

Ketika hewan ini kembali dan mendapati rumahnya telah tiada, ia akan meninggalkan tempat tersebut. Lakukan cara ini saat tawon atau lebah tidak sedang berada di sarangnya jika Anda tak ingin disengat.

2. Usir dengan memanfaatkan ban bekas

Usir dengan memanfaatkan ban bekas

Punya ban bekas yang tidak terpakai di gudang? Ban bekas tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengusir lebah dan tawon yang membuat sarang di sekitar rumah Anda, lho. Bagaimana cara menggunakan ban bekas ini untuk mengusir tawon?

Bakar ban bekas tersebut hingga mengeluarkan bau yang khas. Dekatkan ban bekas ke dekat sarang tawon dan lebah, lalu Anda harus bersembunyi dari jangkauan tawon dan lebah yang mulai berterbangan. Suhu panas dan aroma ban bekas yang dibakar akan membuat tawon dan lebah lari berhamburan. Setelah sarangnya kosong, buanglah sarang tersebut.

3. Buat perangkap dari cuka

Cuka putih

Untuk melakukan cara mengusir lebah dan tawon yang satu ini Anda perlu membuat ramuan khusus. Ada dua jenis metode perangkap lebah dan tawon yang bisa Anda buat, yakni:

  • Pertama, ambil botol soda bekas dengan ukuran 1,5 liter. Kemudian potong seperempat dari bagian atas botol. Masukkan potongan tersebut dalam keadaan terbalik ke ¾ bagian botol. Isilah botol dengan larutan cuka apel dan sabun cair pencuci piring. Selanjutnya, masukkan daging mentah untuk memancing tawon dan lebah. Gantung botol tersebut di dekat sarang tawon, maka tawon akan masuk ke dalam botol tersebut dan tenggelam.
  • Kedua, perangkap yang satu ini hampir sama dengan perangkap yang pertama. Hanya saja, Anda tidak perlu repot memotong dan menggantung botol soda bekas. Sediakan beberapa ember atau wadah apa pun. Selanjutnya, isilah ember tersebut dengan air gula, cuka, dan sabun cair pencuci piring. Baik tawon maupun lebah akan tertarik mendekati perangkat ini sampai akhirnya mereka masuk dan tenggelam di dalamnya.

4. Ubah lingkungan tempat tinggal

Ubah lingkungan tempat tinggal

Cara yang satu ini mungkin sedikit mahal karena Anda harus mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk membuat lebah dan tawon tidak kembali lagi di rumah Anda. Mulailah dari menebang pohon yang biasa dijadikan sarang bagi tawon atau mengecat tembok yang biasa juga dibuat menjadi sarang tawon.

Suasana yang nampak baru dan berbeda ini akan membuat tawon maupun lebah kebingungan dan enggan mencari tempat tinggal baru untuk membuat sarangnya. Walau pun cara ini tidak terlalu efektif, tetapi cara ini sangat baik bagi Anda yang ingin merenovasi rumah.

5. Semprot dengan insektisida

Semprot dengan insektisida

Keberadaan tawon dan lebah memang cukup mengganggu. Apalagi jika Anda dan keluarga pernah mengalami sengatannya secara langsung. Cara mengusir lebah dan tawon yang sangat ampuh adalah menyemprot sarang mereka dengan insektisida.

Carilah waktu di saat tawon-tawon masih berada di dalam sehingga Anda dapat membasmi hewan ini dengan jumlah yang lebih banyak. Sebagai persiapan, gunakan baju yang tertutup dan helm khusus yang melindungi wajah dan leher dari sengatan lebah atau tawon yang keluar berhamburan dari sarangnya.

6. Panggil jasa pembasmi tawon dan lebah

Panggil jasa pembasmi tawon dan lebah

Putus asa mencari cara mengusir lebah dan tawon yang tidak meningkatkan risiko disengat oleh kedua jenis hewan ini? Mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan jasa pembasmi tawon dan lebah.

Jasa profesional akan membantu Anda mengusir tawon dan lebah dari tempat tinggal Anda. Selain mudah, Anda pun bisa tidak perlu khawatir disengat tawon asalkan Anda tidak berada dekat dari petugas jasa pembasmi tawon yang sedang mengusir hewan hymenoptera ini.

Tips Menghindari Sengatan Lebah dan Tawon

Tips menghindari sengatan lebah dan tawon

Apa yang terjadi ketika manusia disengat tawon? Kulit yang disengat akan membengkak dan terasa perih apabila disentuh. Selain itu, sengatan tawon dan lebah tidak menyebabkan kematian, kecuali Anda disengat oleh tawon maupun lebah dalam jumlah banyak.

Sayangnya, terkadang tanpa diganggu pun hewan ini akan mengejar dan berusaha menyengat kita. Adakah hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari sengatan lebah maupun tawon ini? Yuk, ikuti beberapa tips berikut ini.

  • Hindari penggunaan parfum atau wewangian lain

Hindari penggunaan parfum atau wewangian lain

Indra penciuman yang dimiliki lebah dan tawon sangat kuat, sehingga hewan ini bisa mencium aroma tubuh Anda dari kejauhan. Oleh karena itu, hindari penggunaan parfum atau wewangian yang bisa memancing perhatian tawon dan lebah. Namun, ini bukan berarti Anda tidak diperbolehkan menggunakan wewangian. Boleh saja asalkan Anda tidak sedang berada di taman atau di dekat sarang tawon.

  • Bilas botol minuman manis sebelum dibuang

Bilas botol minuman manis sebelum dibuang

Percaya atau tidak, tawon dan lebah menyukai minuman yang manis. Jadi, apabila Anda hendak membuang botol minuman manis, sebaiknya bilas terlebih dahulu botol tersebut dengan air sebelum dibuang ke tempat sampah. Hal ini mencegah tawon dan lebah berada di dekat tempat sampah di rumah Anda.

  • Jangan mengganggu lebah dan tawon

Jangan mengganggu lebah dan tawon

Hal ini berlaku ketika Anda sedang berada di peternakan lebah atau taman yang dipenuhi tawon dan lebah. Ya, Anda tidak diperkenankan untuk mengganggu hewan ini jika tidak ingin disengat. Pasalnya, mereka akan segera merasa terancam apabila Anda mengganggu aktivitas mereka.

Inilah cara mengusir lebah dan tawon berserta tips untuk menghindari sengatan hewan ini. Jika Anda memiliki cara lain untuk mengusir lebah dan tawon, silakan tulis cara yang Anda sarankan di kolom komentar di bawah ini. Semoga cara dan tips dari Bacaterus ini bermanfaat untuk Anda.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

4 Responses

  1. Dirumah saya ada sarang tawon kami semua ga bisa nanganin nya ,caranya gimana ya

    1. Mungkin mba Renita bisa mencoba salah satu cara yang disebutkan di artikel di atas. Semoga berhasil. Terima kasih. 🙂

  2. Sarang tawon dirumah sayaa yang keras sekali dan bisaaa bertambah besar

    1. Semoga tips di atas dapat membantu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *