Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Laron adalah metamorfosis dari rayap. Keberadaan rayap memang cukup merugikan, terutama apabila hewan yang masuk dalam ordo Blattodea (kecoa) ini memakan kayu-kayu di rumah Anda.

Selain itu, laron adalah hewan yang mengerubungi sumber cahaya, tetapi hidupnya hanya satu malam saja. Setelah fajar tiba, laron-laron akan mati berguguran dan bangkainya berserakan di bawah lampu rumah Anda.

Selain muncul di musim-musim tertentu, laron juga bisa menjadi pertanda bahwa adanya rayap di rumah Anda. Kenali fakta dan cara mengusir laron yang Bacaterus berikan berikut ini agar Anda terbebas dari gangguan hewan ini.

Fakta Seputar Laron

Sebelum mencari tahu mengenai cara mengusir laron, berikut adalah beberapa fakta seputar laron yang mungkin belum semua orang mengetahuinya.

1. Laron adalah metamorfosis dari rayap

Laron adalah metamorfosis dari rayap cara mengusir laron

Tak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya laron adalah rayap. Ya, rayap memang dikenal sebagai serangga yang merugikan karena dapat memakan kayu yang menjadi fondasi rumah. Oleh karena itu, ada begitu banyak jasa pembasmi rayap yang menjamur di Indonesia.

Ketika masih menjadi rayap, hewan ini masih belum memiliki sayap. Baru setelah dewasa laron akan memiliki sayap dan terbang keluar dari sarangnya.

2. Laron tidak dapat melihat dan mendengar

Laron tidak dapat melihat dan mendengar

Tahukah Anda bahwa pada dasarnya laron adalah hewan yang buta dan tuli. Laron tidak bisa melihat maupun mendengar, tetapi hewan ini dapat membuat sarang dengan konstruksi yang cukup unik.

Pada saat musim hujan, laron dewasa yang sudah bersayap akan keluar mendekati sumber cahaya untuk menghangatkan diri. Jadi, hewan ini tidak mendekati cahaya berdasarkan apa yang Anda lihat, tapi dari yang mereka rasakan.

3. Mencari pasangan dekat dengan sumber cahaya

Mencari pasangan dekat dengan sumber cahaya

Bukan Cuma sekedar menghangatkan tubuh saja, laron akan keluar mendekati sumber cahaya untuk mencari pasangan. Laron yang menemukan pasangan akan langsung meninggalkan koloninya untuk mencari sarang baru dan bereproduksi untuk membentuk koloni baru.

4. Laron hanya hidup satu malam saja

Laron hanya hidup satu malam saja

Apabila ada laron yang berhasil menemukan pasangan dan bereproduksi, lantas bagaimana nasib laron yang tidak menemukan pasangan di malam mereka keluar mencari sumber cahaya?

Nasib laron tersebut cukup tragis karena akan mati pada malam itu juga. Jadi, bisa dibilang bahwa laron menghabiskan hidupnya sebagai rayap yang terus memakan kayu, lalu di hari pertama keluar mereka pun bisa memiliki risiko mati bila tidak mendapatkan pasangan.

5. Mahluk berkoloni yang terbagi dalam beberapa kasta

Mahluk berkoloni yang terbagi dalam beberapa kasta

Sebelum menjadi laron, rayap hidup secara berkoloni di dalam kayu atau di bawah tanah. Di dalam sebuah koloni terdapat ratu rayap yang mampu bertelur sampai dengan 30 ribu butir dalam sehari.

Sementara itu, ada pula rayap dalam kasta prajurit yang bertugas menjaga sarang dan ratu yang sedang bertelur. Kemudian, rayap dengan kepala yang paling kecil harus bekerja membuat sarang dan mengumpulkan makanan.

Cara Mengusir Laron dari Rumah

Pada umumnya, laron akan keluar mencari sumber cahaya pada awal musim hujan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bila laron keluar pada saat musim panas. Jika laron keluar tidak saat musim hujan, perhatikan rumah tetangga Anda lainnya. Pasalnya, jika laron hanya ada di rumah Anda, maka bisa jadi ada sarang rayap di dalam rumah Anda.

Ingin mencari cara mengusir laron dari rumah Anda secara cepat? Yuk, ikuti beberapa tipsnya berikut ini:

1. Jebakan dengan air

Jebakan dengan air

Cara mengusir laron yang satu ini terbukti ampuh meskipun tampak sederhana. Anda harus membuat jebakan untuk laron dengan memanfaatkan media air.

Caranya adalah letakkan air di dalam ember. Kemudian, letakkan ember berisi air tersebut di bawah sinar lampu agar cahaya lampu memantul ke air. Tunggu beberapa saat maka laron akan menghampiri pantulan cahata di air tersebut. Ketika menghampiri air tersebut, laron akan terjatuh dan mati menggenang di atas air.

2. Gantung cabe merah

Gantung cabe merah

Cabe merah mungkin tidak terlalu pedas bagi manusia. Akan tetapi, aroma dari cabe ini sangat pedas sehingga membuat laron akan berguguran. Yang Anda butuhkan adalah cabe merah besar yang dibelah menjadi dua, tapi dengan posisi tetap menyatu.

Setelah itu, gantung cabe merah tersebut di dekat lampu. Alhasil, laron yang datang menghampiri lampu tersebut akan merasa panas akibat aroma yang dikeluarkan cabe merah tersebut.

3. Semprotkan insektisida

Semprotkan insektisida (obat pembasmi serangga)

Dengan memanfaatkan insektisida, Anda bisa membasmi semua laron berserta dengan rayap yang ada di rumah Anda. Hal yang harus Anda lakukan adalah menemukan sarang rayap agar dapat menghacurkan populasinya.

Kemudian, semprot sarang tersebut dengan insektisida untuk memastikan sudah tidak ada populasi  rayap di dalamnya. Di samping itu, Anda pun dapat menyemprotkan insektisida ini langsung ke arah laron yang sedang berkumpul di dekat cahaya lampu.

4. Panggil jasa pengusir rayap

Panggil jasa pengusir rayap

Sudah berputus asa saat mencari cara mengusir laron yang tepat? Ini saatnya bagi Anda untuk mempertimbankan penggunaan jasa pengusir rayap yang banyak tersebar di Indonesia. Jasa pengusir rayap ini akan membasmi laron ketika masih menjadi sayap. Dengan menggunakan jasa ini, populasi laron akan berkurang seiring jalannya waktu.

5. Matikan lampu

Matikan lampu

Mengingat laron adalah hewan yang selalu berkoloni menghangatkan tubuhnya, maka pikirkan untuk mematikan lampu yang menjadi sumber cahaya yang menarik perhatian laron.

Meskipun Anda harus bergelap-gelapan sedikit, tetapi cara ini terbilang cukup ampuh untuk membuat kawanan laron ini menyingkir dari rumah Anda. Matikan lampu di sekitar rumah agar laron menjauhi rumah Anda.

Mitos Seputar Laron

Di Indonesia, mitos-mitos seputar hewan tertentu memang sangat banyak. Salah satu hewan yang tak luput dari mitos yang tersebar luas di masyarakat adalah laron. Berikut adalah mitos seputar laron yang dipercaya oleh sebagian masyarakat hingga saat ini:

  • Laron adalah pertanda musim hujan

Laron adalah pertanda musim hujan

Kemunculan laron sering dikaitkan akan musim hujan yang akan datang. Namun, hal tersebut memang benar adanya jika kawanan laron akan keluar dari sarangnya untuk mencari sumber cahaya pada beberapa hari menjelang musim hujan. Mitos yang satu ini lebih cocok disebut fakta karena pada umumnya laron memang lebih banyak muncul saat menjelang musim hujan.

  • Laron berasal dari kuku mayat

Laron berasal dari kuku mayat

Mungkin Anda pernah mendengar mitos bahwa kunang-kunang adalah hewan yang berasal dari serpihan kuku mayat, bukan? Pun begitu dengan laron. Di daerah tertentu masyarakat mempercayai bahwa laron berasal dari kuku-kuku mayat. Bahkan, ada beberapa orang yang membenarkan bahwa melihat kawanan laron keluar dari kuburan.

Hal ini sebenarnya hanya mitos belaka mengingat laron juga bisa bersarang di rumah kita. Hewan ini tinggal di tanah pemakaman karena di sana memiliki banyak pohon dan tanah lembab yang disukai laron.

Punya cara mengusir laron selain cara yang kami sebutkan di atas? Bagikan kepada kami dan pembaca lainnya mengenai cara mengusir laron dari rumah, yuk!