Bacaterus / Membasmi Hama / 10 Cara Mengusir Lalat Secara Alami Tanpa Insektisida

10 Cara Mengusir Lalat Secara Alami Tanpa Insektisida

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 November 2019

Lalat adalah jenis serangga yang masuk dalam ordo Diptera, yang artinya serangga yang memiliki dua sayap. Hewan ini masih satu jenis dengan nyamuk, ngengat, dan agas. Walaupun nampaknya tidak terlalu mengganggu, tetapi hewan ini suka berterbangan dan hinggap di makanan Anda.

Alhasil, makanan yang dihinggapi bisa tercemar jika sebelumnya lalat ini pernah hinggap di sampah dan kotoran. Tidak perlu menggunakan insektisida (obat nyamuk atau pembasmi serangga) untuk membunuh lalat. Pasalnya, Bacaterus akan memberikan 10 cara mengusir lalat secara alami yang lebih aman. Namun Sebelumnya, mari kita ketahui terlebih dahulu penyebab kemunculannya.

Penyebab Munculnya Lalat

Banyaknya lalat yang bermunculan, tentu ada sebabnya. Lalat tidak serta-merta muncul begitu saja, bisa dikatakan lalat akan muncul dan terpancing dengan tempat bau dan kotor. Itulah salah satu penyebab munculnya lalat. Namun, seperti apakah tempat kotor dan berbau yang sangat disukai lalat? Untuk mengetahuinya, Anda bisa simak 5 penyebab munculnya lalat berikut ini.

1. Sampah

Sampah

* sumber: www.merdeka.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa memang lalat doyan hinggap di tempat kotor, maka dari itulah tempat sampah menjadi salah satu spot tervaforit bagi lalat. Sampah juga punya bau tak sedap yang sangat menyengat. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab munculnya lalat.

Oleh karena itu, jika ada suatu ruangan atau tempat yang berserakan sampah, maka segera bersihkan tempat itu. Jika tidak cepat dibersihkan, lalat akan berdatangan dan bertelur di area yang penuh dengan sampah. Lalat yang sudah menebar telur, tentu akan menjadi sarang penyakit bagi siapapun yang berada di dekatnya.

2. Bangkai

Bangkai

Selain sampah, bangkai juga menjadi salah satu penyebab lalat bermunculan. Bangkai ini disinyalir punya aroma bau yang sangat menyengat sehingga mengundang lalat untuk berdatangan. Tak jarang, lalat juga justru bertelur di area bangkai. Alhasil, sekitaran ruangan atau tempat yang ada bangkainya akan terpenuhi lalat dan menjadikan lingkungan tidak sehat. Kalau sudah begini, segera usir lalat dengan 10 cara di atas.

3. Sisa Makanan

* sumber: www.vemale.com

Tidak baik menyimpan makanan berhari-hari di luar kulkas. Ya, selain akan membuat makanan menjadi basi, menyimpan sisa makanan juga akan menggoda lalat untuk bersarang di tempat tersebut. Bau makanan basi tentu memancing lalat untuk bertelur dan bersarang. Jadi, kami sarankan untuk tidak menyimpan sisa makanan terlalu lama dan usahakan untuk memisahkan antara sampah makanan dengan sampah plastik.

4. Saluran Air yang Kotor

* sumber: jabar.tribunnews.com

Masih dengan penyebab munculnya lalat, untuk mencegah munculnya lalat maka Anda juga harus rutin mengecek dan membersihkan saluran air di rumah. Pastikan saluran air di rumah tidak terhambat. Terlebih lagi jika wilayah rumah Anda baru terkena bencana banjir, segera cek dan bersihkan saluran airnya!

Lalat ini juga senang dengan saluran air yang kotor. Biasanya, saluran air yang kotor disebabkan oleh sampah-sampah yang menumpuk sehingga membuat saluran air tidak bisa mengalir dengan lancar. Akhirnya, saluran air tersebut akan menjadi sarang yang disukai oleh para lalat.

5. Kotoran Hewan

* sumber: 101berita.blogspot.com

Jika Anda adalah seseorang yang hobi memelihara hewan, maka Kami anjurkan untuk selalu menjaga kebersihan kandang hewan dan ruangan sekitar kandang hewan peliharaan Anda. Pasalnya, kotoran hewan juga mampu memikat lalat untuk berdatangan lho.

Kotoran hewan yang punya bau menyengat inilah yang disinyalir mampu untuk mengundang lalat. Selain itu, kotoran hewan juga menjadi tempat bersarangnya kuman-kuman dan bakteri. Jadi, jika Anda ingin punya lingkungan yang sehat maka rajinlah untuk membersihkan daerah sekitar rumah, termasuk kandang hewan peliharaan.

Cara Mengusir Lalat Secara Alami

1. Daun pandan

Daun pandan cara mengusir lalat

Daun pandan bisa dipakai untuk mengusir semut, tetapi Anda juga bisa memanfaatkan daun yang memiliki aroma harum ini sebagai cara mengusir lalat. Selain alami dan aromanya harum, daun pandan tidak akan mencemari makanan Anda.

Cara memanfaatkan daun panda sebagai pengusir lalat alami adalah dengan mengiris daun pandan ini kecil-kecil, lalu letakkan di mangkuk atau piring. Kemudian, tempatkan wadah berisi daun pandan ini di tempat yang sering disinggahi lalat, terutama di meja makan. Lalat akan menyingkir karena tidak menyukai aroma daun panda tersebut.

2. Lilin

Lilin

Pernahkah Anda melihat ada lilin yang dipasang di warung-warung makan pada siang hari? Lilin ini tidak berfungsi sebagai penerangan, melainkan untuk mengusir lalat yang berterbangan di sekitar makanan.

Ya, hawa panas yang dikeluarkan dari api di lilin-lilin yang dipasang akan membuat lalat tidak berani berada di dekatnya. Itulah sebabnya mengapa banyak warung makan yang meletakkan lilin di dekat makanan yang disajikan. Akan tetapi, hati-hati dalam menggunakan lilin agar tidak kebakaran.

3. Cuka Apel

cuka apel

Lalat adalah hewan yang sangat mudah dijebak. Anda bisa membuat jebakan dengan menggunakan cuka apel yang aromanya cukup menarik perhatian lalat.

Pertama, gunakan botol air mineral bekas yang digunting di bagian tengahnya, lalu isi botol tersebut dengan cuka apel sampai separuhnya. Setelah itu, buat tutup untuk botol tersebut dari kertas, lalu lubangi kertas dengan ukuran bisa dimasuki oleh lalat. Letakkan botol berisi cuka apel ini di tempat yang banyak lalatnya, maka tidak lama lalat akan masuk ke dalam botol.

Perlu Anda ketahui bahwa lalat bukanlah hewan yang cukup pintar untuk menemukan jalan keluar. Jadi, lalat akan terjebak di dalam botol dan mati karena terendam cuka apel.

4. Tanaman Pengusir Serangga

Lavender

Cara mengusir lalat tanpa perlu membunuhnya adalah dengan meletakkan tanaman pengusir serangga di dalam rumah. Apa saja tanaman yang dapat mengusir serangga tersebut? Lavender, tomat, kantung semar, dan pennyroyal adalah sejumlah tanaman yang bisa mengusir lalat.

Cukup letakkan tanaman-tanaman ini di dekat jendela atau pintu masuk rumah agar lalat tidak berani masuk. Jika tidak ingin menanam tanaman pengusir serangga, ambil saja beberapa tangkai bunga lavender lalu letakkan di dalam rumah Anda.

5. Cengkeh

Cengkeh

Kita semua tahu bahwa aroma cengkeh sangatlah pekat. Oleh karena itu, kami merekomendasikan cengkeh untuk mengusir lalat secara alami. Yang Anda butuhkan adalah biji cengkeh. Kemudian, rendam biji cengkeh tersebut di dalam wadah berisi air. Letakkan wadah tersebut di tempat yang banyak lalatnya.

Aroma cengkeh sangat tidak disukai oleh lalat. Selain itu, Anda bisa mengombinasikan cengkeh dan apel. Caranya adalah kupas buah apel yang sudah matang, lalu lapisi buah apel ini dengan bunga cengkeh. Letakkan apel yang sudah ditutupi dengan cengkeh ini di atas meja makan, maka dijamin lalat tidak akan berani mendekat ke meja makan Anda.

6. Plastik Berisi Air

Plastik berisi air

Yang satu ini merupakan cara mengusir lalat yang cukup tradisional, dimana Anda harus mengisi kantong bening dengan air. Selanjutnya, letakkan kantong tersebut di bawah lampu yang ada di ruang makan Anda.

Air di dalam plastik ini mampu membiaskan cahaya lampu sehingga dapat mengacaukan penglihatan lalat. Ketika penglihatannya menjadi kacau, si lalat akan merasa kebingungan dan segera mencari cara untuk segera meninggalkan tempat tersebut.

7. Jeruk Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon

Kita semua tahu bahwa aroma dari jeruk lemon atau jeruk nipis sangat harum dan menyegarkan? Akan tetapi, aroma dari buah ini dibenci oleh lalat. Manfaatkan buah ini sebagai bahan untuk mengusir lalat secara alami.

Iris buah lemon atau jeruk nipis, lalu tusukkan biji cengkeh ke dalam irisan buah tersebut. Letakkan buah lemon atau jeruk nipis ini di dekat makanan yang sering dihinggapi lalat. Aroma kuat dari buah jeruk yang dipadukan dengan cengkeh ini akan membuat lalat-lalat menjauhi makanan Anda.

8. Susu dan Lada

susu murni

Susu adalah jenis minuman yang cukup sering menarik perhatian lalat. Tak heran jika gelas susu di rumah Anda akan segera dikerubungi oleh serangga ini jika tidak ditutup dengan rapat. Manfaatkan susu sebagai cara mengusir lalat yang cukup praktis.

Pertama, Anda harus merebus susu ini di dalam panci, lalu tambahkan gula pasir secukupnya. Masukkan lada bubuk ke dalam susu dan rebus selama 10 – 15 menit. Letakkan larutan susu ini di dalam sebuah gelas atau mangkuk dan sajikan di atas meja makan.

Lalat akan tertarik pada aroma gula dan susu, tetapi serangga ini akan mati apabila hinggap di larutan susu ini, karena rasa dari lada bubuk yang sangat memabukkan.

9. Pasang Tirai atau Kasa Nyamuk

Pasang tirai atau kasa nyamuk

Yang satu ini bukan merupakan cara mengusir lalat, melainkan cara untuk mencegah serangga ini berkeliaran di rumah Anda. Memasang tirai atau kasa nyamuk adalah solusi yang tepat untuk mengatasi populasi lalat di rumah. Selain itu, jangan biarkan pintu dan jendela terbuka begitu saja apabila tidak ingin serangga ini keluar-masuk dengan mudah ke rumah Anda.

Tak hanya itu saja, untuk melindungi makanan yang berada di atas meja makan Anda pun bisa membeli tudung saji. Tutup makanan jika tidak sedang dimakan agar terhindar dari pencemaran yang dilakukan oleh lalat.

10. Bersihkan Sampah di Sekitar Rumah

Bersihkan sampah di sekitar rumah

Dimana ada sampah, di situ pasti ada sekawanan lalat yang asik berkerubung. Solusi untuk mengusir lalat dari rumah Anda adalah membersihkan tempat sampah dan halaman di sekitar rumah secara teratur.

Jika perlu, tutup tempat sampah Anda agar terhindar dari kerumunan lalat. Apabila lingkungan tempat tinggal Anda sangat bersih dan higienis, maka lalat juga tidak akan betah singgah di rumah Anda.

Itulah tadi beragam cara mengusir lalat yang sangat sederhana dan tidak terlalu berbahaya bagi keselamatan kita. Selain itu, bahan-bahan di atas juga tidak meninggalkan aroma yang dapat mencemari makanan atau mengganggu indra penciuman kita.

Punya masalah dengan lalat yang bertebaran di rumah? Yuk, bagikan pengalaman Anda mengenai cara mengusir lalat yang benar dengan menulis penjelasannya di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar