Bacaterus / Membasmi Hama / Serba-serbi Cara Mengusir Kupu Putih dan Mencegahnya Kembali

Serba-serbi Cara Mengusir Kupu Putih dan Mencegahnya Kembali

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 April 2019

Kupu putih alias ngengat merupakan hama pengganggu. Biasanya hewan ini merupakan “musuh” bagi para petani karena mereka menggerogoti padi. Meskipun kupu putih dianggap sebagai hama tanaman padi, hewan ini tak hanya berkeliaran di sawah saja. Kupu putih juga bisa berdiam di rumah Anda. Bahkan, jika dibiarkan begitu saja kupu putih dapat menggerogoti pakaian, makanan, atau tempat tidur.

Mau tahu cara yang tepat untuk mengusir kupu putih dari rumah? Bacaterus akan berbagi informasinya untuk Anda. Kami juga akan memberikan tips untuk mencegah ngengat datang kembali. Yuk, simak informasi selengkapnya di sini.

Cara Mengusir Kupu Putih di Lemari Pakaian

Ngengat Lemari

* sumber: kliknclean.com

Lemari pakaian adalah tempat favorit bagi kupu putih. Hewan ini akan bersarang dan bertelur di antara pakaian-pakaian yang disimpan di dalam lemari. Yang membuat miris, ngengat tidak hanya bertelur di pakaian, tetapi lama-lama mereka akan menggerogoti pakaian. Jadi, jangan heran jika tiba-tiba Anda menemukan pakaian yang berlubang. Bisa jadi itu merupakan ulah kupu putih.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir kupu putih. Namun sebelumnya Anda wajib membersihkan lemari terlebih dahulu. Keluarkan semua pakaian dan cuci sampai bersih dengan deterjen.

  • Bersihkan Lemari dengan Air Cuka
Bersihkan Lemari dengan Air Cuka

* sumber: blog.minwax.com

Untuk menetralisir lemari, bersihkan dulu lemari pakaian tersebut. Buat larutan air cuka untuk mengelap seluruh bagian lemari. Cuka memiliki bahan aktif yang mampu membasmi telur kupu putih.

Setelah semua bagian lemari dibersihkan dengan air cuka, lanjutkan dengan proses vakum. Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa larva dan ngengat. Biarkan lemari terbuka sampai bagian dalamnya kering.

  • Letakkan Kamper di dalam Lemari

Letakkan Kamper di dalam Lemari

Selanjutnya, sebelum memasukkan pakaian ke dalam lemari, letakkan beberapa butir kamper di setiap sudutnya. Gunakan kamper yang dibungkus kemasan agar pakaian Anda tidak tercemar oleh warna kamper.

  • Pakai Pengharum Lemari

Pakai Pengharum Lemari

Kupu putih sangat menyukai lemari yang lembab dan berbau. Jadi, cara efektif untuk mengusir ngengat dan mencegahnya datang kembali adalah dengan meletakkan pengharum lemari. Kunjungi artikel merk pengharum lemari pakaian ini untuk menemukan produk yang tepat.

  • Bersihkan Lemari Secara Berkala
Bersihkan Lemari Secara Berkala

* sumber: calstate.aaa.com

Setelah selesai membersihkan lemari yang tercemar oleh kupu putih, kini saatnya memasukkan kembali pakaian-pakaian yang sudah dicuci bersih. Untuk mencegah kupu putih kembali lagi, silakan bersihkan lemari secara berkala.

Itulah cara mengusir dan mencegah kupu putih datang kembali di lemari pakaian. Asalkan Anda selalu menjaga kebersihan lemari, dapat dipastikan kupu putih tidak akan kembali bersarang di sana.

Cara Mengusir Kupu Putih di Kasur

Kupu Putih

* sumber: butterfly-conservation.org

Selain lemari pakaian, kupu putih kerap kali bersarang di kasur. Jika Anda tidak menggunakan sprei atau spreinya tidak menutup kasur dengan sempurna, maka ngengat akan bersarang di kasur.

Lantas, bagaimana cara mengusir kupu putih yang berdiam di kasur? Simak informasinya berikut ini.

  • Jemur Kasur
Jemur Kasur

* sumber: travelingyuk.com

Memang cukup berat membawa kasur (terutama spring bed) untuk dijemur di luar rumah. Namun, apabila kupu putih sudah mencemari kasur, maka tak ada jalan lain untuk mengusirnya selain dengan menjemur di bawah sinar matahari.

Jemur kasur di bawah sinar matahari selama 2-3 jam. Sesekali tepuk kasur dengan sapu lidi (penebah) untuk mengusir kupu putih dan membuang larvanya.

  • Taburkan Baking Soda
Taburkan Baking Soda

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Saat dijemur, taburkan baking soda ke atas kasur. Bubuk baking soda akan membuat kupu putih kabur sekaligus membasmi telur-telurnya. Gunakan masker agar bubuk baking soda tidak terhirup.

  • Tuntaskan dengan Vacuum Cleaner
Tuntaskan dengan Vacuum Cleaner

* sumber: bee.net.nz

Untuk membersihkan bubuk baking soda dan sisa-sisa telur kupu putih, gunakan vacuum cleaner. Alat ini akan menyedot bubuk baking soda dan telur kupu putih secara efektif sehingga kasur jadi bersih kembali.

Usai membersihkan kasur, bawa kembali kasur ke dalam rumah. Setelah itu, tutup kasur dengan sprei bersih dan ganti sprei secara berkala. Bagi Anda yang tinggal di tempat yang tidak memungkinkan untuk menjemur kasur (seperti apartment), panggil saja jasa membersihkan kasur yang saat ini sudah menjamur di berbagai kota.

Cara Mengusir Kupu Putih di Dapur

Ngengat Dapur

Hama kupu putih tidak hanya menyerang pakaian dan tempat tidur saja, makanan yang ada di dapur pun bisa menjadi sasaran. Bahkan, jika Anda tidak menyimpan beras di tempat tertutup, ngengat ini bisa hinggap di tumpukan beras dan bertelur di sana.

Ciri-ciri makanan yang sudah tercemar ngengat adalah berbau apek, berlendir, dan ada kotorannya berwarna titik-titik hitam. Makanan yang biasa tercemar oleh kupu putih adalah beras, kacang hijau, dan biji-bijian lainnya. Bila Anda menemukan makanan yang sudah tercemar, sebaiknya segera buang makanan tersebut.

Berikut adalah cara mengusir kupu putih di dapur:

  • Masukkan Makanan dalam Wadah Tertutup
Masukkan Makanan dalam Wadah Tertutup

* sumber: www.cgtrader.com

Langkah utama setelah mengetahui ada ngengat yang bersarang di dapur adalah memasukkan makanan ke dalam wadah yang tertutup. Pindahkan makanan yang tidak bisa disimpan di dalam wadah tertutup ke tempat yang steril, seperti kulkas.

  • Semprotkan Insektisida
Pembasmi Serangga

* sumber: travelclinic.vch.ca

Untuk membasmi kupu putih yang sudah mencemari bagian dapur, Anda memerlukan insektisida aerosol. Semprotkan obat nyamuk ini ke seluruh bagian dapur, tak terkecuali sudut-sudut yang biasa dihuni ngengat.

  • Lakukan Pembersihan Menyeluruh
Lakukan Pembersihan Menyeluruh

* sumber: whooshhomejoy.com

Cara terbaik untuk mengusir dan mencegah kupu putih adalah membersihkan dapur secara menyeluruh. Jika selama ini dapur Anda kotor dan berbau, maka wajar saja ada kupu putih yang bersarang di sana. Kupu putih sangat menyukai tempat yang kotor dan berbau.

Sudah tahu cara mengusir kupu putih dari dapur? Saatnya Anda menjaga kebersihan dapur secara berkala. Setelah memasak, bersihkan kompor dan dapur Anda. Selain itu, jangan biarkan tumpukan piring dan alat memasak yang kotor dalam jangka waktu lama. Segera cuci semua peralatan makan dan masak setelah digunakan.

Tips Mencegah Kupu Putih Masuk ke Rumah

Ngengat Moth

* sumber: www.kansasforests.org

Berbeda dengan cecak atau rayap yang keberadaannya sulit dideteksi, ngengat tergolong hama yang mudah terlihat. Bentuknya yang tidak terlalu kecil dan pergerakannya yang lambat membuat kupu putih sangat mudah terdeteksi.

Nah, bagi Anda yang ingin rumahnya bebas dari ngengat alias kupu putih, silakan ikuti tips berikut ini:

  • Jaga Kebersihan Rumah

Tak ada jaminan bahwa rumah bersih bakal bebas dari kupu putih. Namun setidaknya risiko rumah Anda jadi sarang kupu putih lebih kecil jika Anda selalu menjaga kebersihan rumah, termasuk kebersihan lemari pakaian dan tempat tidur – tempat yang identik sebagai sarang ngengat.

  • Pastikan Sirkulasi Udara Bagus

Ngengat sangat suka berdiam di tempat yang apek dan pengap. Jadi, pastikan sirkulasi udara di rumah sangat baik. Rumah yang sejuk juga lebih kecil risikonya dijadikan sarang ngengat.

  • Buat Rumah Selalu Wangi

Selain memperhatikan sirkulasi udara, Anda pun wajib membuat rumah selalu wangi. Caranya adalah dengan menggunakan pewangi ruangan atau aromatherapy yang disebarkan melalui diffuser.

Cara-cara ini akan membantu Anda mencegah dan mengusir kupu putih secara efektif. Jika Anda bisa mengusirnya sendiri, untuk apa memanggil jasa pembasmi ngengat?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar