Bacaterus / Membasmi Hama / 10 Cara Mengusir Kelelawar Secara Ampuh dan Mudah

10 Cara Mengusir Kelelawar Secara Ampuh dan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 November 2019

Kelelawar adalah jenis mamalia yang kerap muncul pada malam hari. Pada umumnya, hewan ini bisa ditemukan di dalam gua karena kelelawar suka bergelantungan di langit-langit gua. Akan tetapi, di jaman sekarang kelelawar sudah bisa hidup di perkotaan. Bahkan, burung yang juga dikenal dengan nama kalong ini bisa masuk ke rumah Anda dan mengotori rumah.

Bila Anda sudah mulai jenuh dengan keberadaan kelelawar yang membuat kotor rumah Anda, ikuti beberapa cara mengusir kelelawar secara ampuh dan mudah ini dari Bacaterus. Cara ini bisa Anda praktekkan untuk mengusir kelelawar dari rumah Anda.

10 Cara Mengusir Kelelawar Secara Ampuh

1. Nyalakan lampu di loteng dan bagian luar rumah

Nyalakan lampu di loteng dan bagian luar rumah cara mengusir kelelawar

Bukan rahasia lagi jika kelelawar suka berada di tempat yang gelap. Hal ini bisa Anda ketahui dari tempat tinggal kelelawar yang biasanya berada di gua atau atap rumah Anda. Jika saat mengusir laron Anda harus mematikan lampu, sebaliknya cara mengusir kelelawar dari rumah Anda adalah dengan memasang dan nyalakan lampu yang sangat terang di luar rumah dan loteng.

Cahaya lampu tersebut akan membuat kelelawar tidak merasa nyaman. Pilih lampu yang terang agar mamalia ini tidak berani singgah di tempat Anda lagi. Koloni kelelawar di rumah Anda akan berkurang dengan sendirinya.

2. Pasang jaring-jaring di atas loteng

Pasang jaring-jaring di atas loteng

Jaring-jaring yang dipasang di langit-langit rumah atau loteng bisa menjadi jebakan yang cukup baik untuk menangkap dan mengusir kelelawar. Jaring yang dipasang berfungsi untuk menjerat kelelawar yang berterbangan.

Meskipun tidak menjamin semua kelelawar yang masuk ke rumah Anda dapat terjerat jaring ini, tetapi tak ada salahnya bila Anda ingin mencobanya. Apabila ada kelelawar yang terjerat, maka keesokan harinya Anda akan melihat kelelawar tersebut terperangkap pada jaring tersebut.

3. Gunakan aplikasi suara ultrasonik

Gunakan aplikasi suara ultrasonik

Kelelawar adalah hewan yang menggunakan gelombang ultrasonik untuk navigasi. Anda dapat mengecoh navigasi hewan ini dengan mengunduh aplikasi yang memancarkan suara ultrasonik. Perlu Anda ketahui bahwa manusia tidak mampu mendengar gelombang ultrasonik. Jadi, cara ini tidak akan mengganggu Anda maupun tetangga.

Setelah Anda berhasil mengunduh aplikasi suara ultrasonik di perangkat Anda, nyalakan aplikasi tersebut dan letakkan perangkat di tempat yang biasa disinggahi kelelawar. Cara mengusir kelelawar dengan suara ultrasonik ini bisa membuat hewan tersebut tidak nyaman dan meninggalkan rumah Anda.

4. Pangkas ranting pohon yang berada di dekat rumah

Pangkas ranting pohon yang berada di dekat rumah

Seperti yang kita ketahui kelelawar adalah hewan pemakan buah. Rumah Anda sangat rawan disinggahi hewan ini apabila Anda memiliki pohon dengan buah yang ranum di pekarangan rumah Anda.

Untuk mencegah kelelawar yang singgah di pohon masuk ke rumah, pangkaslah ranting pohon yang berada di dekat rumah Anda. Jika Anda mengetahui kelelawar ini sering memakan buah-buahan Anda, pertimbangkan untuk memotong pohon tersebut.

5. Gunakan aroma belerang

Gunakan aroma belerang

Tahukah Anda jika ada beberapa jenis bau yang tidak disukai kelelawar? Ya, salah satu aroma yang tak disukai kelelawar adalah aroma belerang. Manfaatkan belerang ini untuk mengusir kelelawar di rumah Anda. Bakar belerang dan pastikan asapnya terbang hingga ke atap rumah, tempat di mana kelelawar bersarang.

Cara yang satu ini cukup ampuh karena kelemahan dari kelelawar adalah aroma belerang yang sangat menyengat ini. Di samping itu, harga belerang yang cukup terjangkau membuat Anda tak perlu merogoh kocek terlalu besar untuk mengusir hewan mamalia ini.

6. Tutup jalan masuk kelelawar

Tutup jalan masuk kelelawar

Cara yang satu ini sedikit ribet jika kelelawar bertengger di atap rumah Anda. Itu artinya, Anda harus menutup lubang yang biasa digunakan sebagai jalan masuk kelelawar. Dengan begitu kelelawar tidak akan singgah lagi di atap rumah.

Lakukan penutupan lubang ini pada saat kelelawar tidak sedang berada dalam. Jika kelelawar ada di bawah atap, usir dengan membakar belerang atau mendekatkan suara ultrasonik ke dekat kelelawar.

7. Pelihara katak di rumah

Katak masuk rumah pertanda kesialan

Beberapa waktu lalu Bacaterus sempat memberikan cara mengusir katak yang berkeliaran di dalam atau sekitar rumah. Jika di rumah Anda terdapat katak-katak liar, tangkap katak tersebut untuk dipelihara. Pasalnya, kelelawar akan merasa terganggu dengan suara katak. Bila perlu letakkan katak ini dalam suatu wadah tertutup, tapi masih diberi celah untuk udara.

Kemudian, letakkan wadah berisi katak ini di atap atau dekat kelelawar berkeliaran di rumah Anda. Apabila katak tersebut aktif mengeluarkan suara, maka bisa dipastikan kelelawar tidak akan kembali lagi ke rumah Anda.

8. Letakkan terasi di dekat sarang kelelawar

Letakkan terasi di dekat sarang kelelawar

Terasi adalah salah satu bumbu dapur yang terkenal dengan aromanya yang sangat menyengat. Bahkan, terkadang ada beberapa orang yang juga tidak menyukai aroma terasi. Pun begitu dengan kelelawar, mamalia ini akan langsung kabur ketika mencium aroma terasi yang sangat menyengat ini.

Cara mengusir kelelawar dengan terasi sangatlah mudah. Anda cukup meletakkan terasi di atap atau tempat lain yang biasa disinggahi kelelawar. Bila perlu oleskan terasi di tempat kelelawar biasanya menggantung. Selain lebih hemat, cara ini juga praktis dan sangat mudah, bukan?

9. Semprotkan insektisida

Semprotkan insektisida (obat pembasmi serangga)

Insektisida atau obat pembasmi serangga juga terkenal dengan aromanya yang sangat kuat. Bila mencium bau insektisida terlalu lama, manusia akan menjadi pusing. Akan tetapi, Anda bisa memanfaatkan insektisida ini sebagai produk untuk mengusir kelelawar.

Anda hanya perlu menyemprotkan insektisida ke tempat di mana biasa kelelawar bertengger. Di samping itu, Anda pun dapat mengintai kelelawar dari jauh, lalu semprotkan inseksitida langsung ke tubuhnya. Meskipun kelelawar tersebut tidak mati, tapi cara ini cukup efektif untuk membuat burung ini meninggalkan rumah Anda.

10. Usir dengan benda yang panjang

Usir dengan benda yang panjang

Cara yang satu ini banyak dipakai oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Ya, hanya perlu benda tajam, seperti sapu atau linggis, untuk mengusir kelelawar. Namun, Anda harus melakukannya ketika kelelawar tersebut bertengger di rumah Anda.

Angkat benda yang Anda bawa, lalu gapailah kelelawar tersebut untuk mengusirnya pergi. Lakukan cara ini berulang kali setiap kelelawar datang ke tempat Anda.

Mitos seputar kelelawar

kelelawar drakula

Kelelawar adalah hewan yang tidak luput dari mitos atau cerita rakyat jaman dulu. Ada kepercayaan yang mengatakan bahwa kelelawar adalah mahluk jadi-jadian. Sama halnya seperti mitos kebudayaan barat yang banyak menceritakan bahwa kelelawar adalah mahluk jelmaan vampir atau drakula.

Di Indonesia sendiri, tepatnya di Soppeng, Sulawesi Selatan merupakan kota yang dijuluki sebagai “Kota Kalong” yang artinya kota kelelawar. Ada mitos yang mengatakan bahwa raja pertama di sana yang hidup ratusan tahun yang lalu, yakni Raja Latemmamala membuat perjanjian dengan sekumpulan kelelawar untuk tidak mengganggu masyarakat di sana.

kelelawar soppeng

Kelelawar tersebut juga dilarang untuk memakan buah-buahan milik warga dan hanya boleh tinggal di pohon asam. Sang raja meminta kepada kelelawar untuk memberitahu masyarakat jika akan terjadi bencana di Soppeng. Masyarakat di sana percaya bahwa ketika kawanan kelelawar meninggalkan kota mereka, maka bencana akan terjadi.

Cara mengusir kelelawar ini cukup ampuh dan mudah, lho. Apakah Anda punya tips lain untuk mengusir kelelawar di rumah? Jika ya, silakan tulis tips Anda di kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

3 pemikiran pada “10 Cara Mengusir Kelelawar Secara Ampuh dan Mudah”

  1. Mengusir Kelelawar Dengan Menyetel Rekaman Suara Orang Mengaji Al’wakiah

  2. usir denga uang cepe,an,…..😆😆!!!!

Tinggalkan komentar